10 Objek Wisata di Kabupaten Rokan Hulu Riau Paling Populer

shares |

Objek Wisata Rokan Hulu Riau- Kabupaten Rokan Hulu dengan ibukota Kabupaten yang berkedudukan di Pasir Pengaraian, Jika dari  ibukota Provinsi Riau yaitu Kota Pekanbaru dapat ditempuh sekitar tiga jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan atau sekitar 180 km.

Mengunjungi Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Rokan Hulu tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Objek wisata di Rokan Hulu riau Indonesia. Banyak sekali Wisata alam yang bisa anda jadikan tujuan rekreasi saat liburan.

Bagi anda yang memang berasal dari Kabupaten rokan hulu tentu sedikit banyaknya sudah mengetahui dimana saja tempat wisata di rokan hulu, paling tidak sudah pernah mendengar dan sudah mengetahui letak atau tempat-tempat objek wisata di kabupaten Rokan Hulu.

objek wisata rokan hulu riau tempat wisata rokan hulu tempat wisata rokan hulu riau obyek wisata rokan hulu objek wisata kabupaten rokan hulu objek wisata di rokan hulu riau objek wisata daerah rokan hulu objek wisata di kabupaten rokan hulu objek wisata di daerah rokan hulu 12 objek wisata di rokan hulu daftar objek wisata di rokan hulu tempat objek wisata di rokan hulu tempat wisata kabupaten rokan hulu obyek wisata rokan hilir dan rokan hulu objek wisata yang ada di rokan hulu objek wisata di rokan hulu

Namun jika anda berasal dari Luar Kkabupaten rokan hulu atau bahkan di luar provinsi Riau, pasti belum tahu tempat-tempat menarik yang bisa anda kunjungi sebagai tempat rekreasi. Untuk lebih jelasnyanya Objek wisata di Kabupaten Rokan Hulu Riau bisa anda baca informasinya sebagai berikut.

Daftar Objek Wisata di Kabupaten Rokan Hulu Riau Paling Populer

1. Sungai Bungo


Sungai Bungo

Sungai Bungo adalah salah satu dusun yang terletak di Desa Sialang, Kecamatan Rambah, kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Untuk sampai kesana kalian harus melewati jalan sempit yang melintasi hutan rimba.

Pintu masuk menuju daerah ini terletak di bendungan Danau Cipogas yang juga merupakan salah satu objek wisata di Rokan Hulu. Daerah yang asli perkampungan tanpa pengaruh modernisasi dan terisolir sekitar 1 jam perjalanan dari bendungan Cipogas.

Tempat ini cocok dijadikan Ecotourism, dimana segala kegiatan yang memiliki sifat menjauhkan diri dari keramaian dan tidak menuntut fasilitas yang baik, sifat berpetualang dan berkemah dipinggir kampung, serta melihat rutinitas masyarakat kegiatan yang menarik dilakukan disini.

2. Wisata Air Sungai Rokan Kiri


 Wisata Air Sungai Rokan Kiri

Wisata Air Sungai Rokan Kiri adalah salah satu tempat wisata populer di Kabupaten Rokan Hulu, Sungai yang mengalir melintasi kota ujungbatu ini salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk wisata air deras, atau wisata petualangan dengan menggunakan boat ke hulu sungai yang deras dengan tebing-tebing sungai yang cadas.

Selain itu dapat juga sekalian menyaksikan hutan sekunder disepanjang sungai, sambil melihat kehidupan tepi sungai sekitar 1 jam perjalanan dan setelah itu akan menjumpai air terjun hujan lobek di tebing sungai, dihulu sungai ada dua air terjun yang cukup tinggi yaitu air terjun sungai murai dan air terjun sungai tolang.

3. Sumber Air Panas Pawan


Sumber Air Panas Pawan

Destinasi wisata di Kabupaten Rokan hulu yang populer lainnya adalah Sumber air panas pawan yang Terletak di desa Pawan sekitar 9 km dari Pasirpengaraian. Tempat ini sangat diminati oleh wisatawan, dengan keunikan ada dua sumber air panas dari gejala post vulkanis.

Masing-masing sumber berbeda panas airnya (Suhu sisi kiri 600oC dengan debit air 7200 ml/dtk, sisi kanan 480-580oC dengan debit air 1800 ml/dtk), yang disalurkan ke beberapa pancuran yang jatuh di tepi sungai kecil yang airnya dingin dan bersih lagi jernih dengan suhu 200-250 oC.

Tempat ini baik untuk rekreasi kesehatan, sambil bersantai bersama keluarga, yang didukung oleh alam yang asri serta tempat parkir yang luas, tersedia pula Camping Ground, jadi sangat tepat jika anda jadikan tempat rekreasi di akhir pekan.

4. Air Terjun Aek Martua


Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua ini objek wisata di Kabupaten rokan hulu yang paling populer, karena air terjun ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri karena memiliki beberapa tingkat, sehingga sering pula disebut Air Terjun Tangga Seribu.

Oleh karena itu tempat ini banyak dikunjungi wisatawan, selain keunikan yang menjadi daya tarik objek wisata air terjun aek mertua, tempat ini juga memiliki pemandangan alam yang indah untuk dinikmati, lokasi  Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan.

Nama Aek Martua ini adalah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada dan berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah.

5. Museum Kupu-Kupu

Museum Kupu-Kupu

Museum Kupu- Kupu adalah pusat penangkaran kupu-kupu yang diklaim merupakan satu-satunya penangkaran kupu-kupu di Sumatra. Penangkaran ini berada di objek wisata air panas bumi Hapanasan, Desa Kaiti, Kecamatan Rambah. 

Museum Kupu-Kupu ini merupakan objek wisata edukasi yang ada di Kabupaten Rokan Hulu riau, karena tujuan pembangunan Museum Kupu-Kupu ini ditujukan untuk pendidikan dan penelitian tentang kupu-kupu yang ada di Sekitar Areal Museum dan Seluruh Rokan Hulu. 

Dengan adanya pusat informasi dan penangkaran kupu-kupu itu, setidaknya Pemerintah Rohul cukup serius dalam mengembangkan objek wisatanya sekaligus melestarikan alam dan lingkungan. Di gedung ini juga terdapat data dinding dalam bentuk visual penelitian mulai sejak tahun 2003.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

6. Goa Huta Sikafir

Goa Huta Sikafir

Goa Huta Sikafir merupakan goa yang berada di Rokan Hulu, sekitar dua kilometer dari pusat kota Pasir pangaraian di Desa Pawan. Goa ini berada di kawasan hutan dan di tempat tersebut Ada banyak goa-goa besar maupun kecil yang memiliki nama-nama seperti goa marmut, landak, Goa mata dewa, atau Lepong. 

Menyusuri goa-goa ini cukup membuat lelah berpetualang. Jika lelah berjalan menyusuri Goa Huta Sikafir, tidak jauh dari sana ada sumber mata air panas pawan. Di sana bisa melepas penat dengan mandi dengan sumber mata air panas langsung. 

Dipercaya mandi dengan air panas ini bisa mengobati penyakit kulit, sebab dalam airnya terkandung material belerang. Bila anda belum hafal jalan dan takut tersesat anda bisa meminta pemandu lokal yang bisa anda jadikan penunjuk jalan.

7. Rumah Batu Serombou

Rumah Batu Serombou

Terletak di desa Serombou Indah sekitar 12 km dari jalan propinsi masuk melalui Jl. Simpang Karya Mulya, Langkitin terus melalui Jl. Poros Karya Mukti dengan kondisi jalan dapat dilalui kendaraan roda empat pada musim kemarau.

Terdapat 3 batu berbentuk rumah secara radial menonjol keluar seperti payung, bagian bawah menjorok berlobang, hutan dan bebatuan yang berbentuk binatang serta benda-benda rumah yang terlihat tidak jelas dan nyata (Gejala alam yang beraturan). 

Dikisahkan sebuah dongeng tentang sumpah seorang yang sakti terhadap warga kampung yang durhaka tidak menjalankan syariat Islam hingga satu kampung disumpah menjadi batu. Dekat daerah ini terdapat sebuah kampung yang dahulu terisolir dari modernisasi tempat ini dikenal orang dengan desa Tanjung Botong, dan Sekarang Daerah ini sudah maju.

8. Benteng Tujuh Lapis

Benteng Tujuh Lapis

Setelah melihat makam kita bisa langsung melanjutkan dengan kendaraan ke daerah Dalu-dalu Kecamatan Tambusai sekitar 23 km dari makam raja-raja Rambah. Benteng tanah yang dibuat masyarakat dalu-dalu pada zaman penjajahan Belanda atas petuah Tuanku Tambusai di atas bumbun tanah ditanam bambu atau aur berduri. 

Bekas benteng tersebut yang ditinggalkan Tuanku Tambusai pada tanggal 28 Desember 1839. Disekitar daerah dalu-dalu ini juga terdapat beberapa benteng-benteng yang disebut Kubu.

9. Istana Rokan

 Istana Rokan

Istana Rokan merupakan wisata sejarah yang sudah sangat populer di mayarakat kabupaten Rokan hulu (Rumah Tinggi), istana ini terletak di desa Rokan IV Koto sekitar 46 km dari Pasir Pengarayan. Istana Rokan adalah peninggalan kesultanan “Nagari Tuo” berumur 200 tahun.

Istana dan beberapa rumah penduduk sekitar ini memiliki koleksi ukiran dan bentuk bangunan lama khas melayu (Rumah tinggi).

10. Mesjid Tua Kunto Darussalam

Mesjid Tua Kunto Darussalam

Mesjid Tua Kunto Darussalam  merupakan salah satu objek wisata sejarah di Kabupaten Rokan Hulu yang Terletak sekitar 62 km dari kota Pasirpengarayan yang didirikan pada tahun 1937 oleh R.T. Selain sebagai wisata sejarah anda juga sekaligus berwisata religi dimasjid ini. 

Dikawasan masjid ini anda bisa ziarah di makam  dan 3 ahli Suluk (Khalifah) Tengku Imam Khalifah Muda dan Imam Nawawi.Muhammad Alie  Mesjid Tua Kunto Darussalam ini sebagai pusat Tarkat Na’syahbandiyah, dalam perkembangan selanjutnya dibangun “bangunan suluk” pada tahun 1958.


Mungkin cukup itu saja mengenai 10 Objek Wisata di Kabupaten Rokan Hulu Riau Paling Populer, Informasi ini semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin berkunjung di kabupaten Rokan hulu, semoga liburan anda bisa makin menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat menarik di indonesia khususnya ditempat wisata Provinsi Riau.

Related Posts