Taman Mini Indonesia Indah, Objek Wisata Favorit Keluarga di Jakarta

shares |

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata yang bertema tetntang budaya Indonesia berada di Jakarta Timur. Taman wisata ini memiliki seluas area kurang lebih sekitar 150 hektare.  Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia mulai dari sabag sampai marauke, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat seluruh provinsi di Indonesia.

Semuanya ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII Anda akan menemukan sebuah danau yang menjadi miniatur kepulauan yang ada di Indonesia dari sabang sampai meraoke. 

Objek Wisata Taman Mini Indonesia Indah tempat wisata taman mini indonesia indah obyek wisata taman mini indonesia indah jelaskan objek wisata taman mini indonesia indah obyek wisata di taman mini indonesia indah objek wisata yang ada di taman mini indonesia indah

Disini anda juga dapat melihat berbagai macam pakaian adat, tarian daerah, berbagai museum, rumah ibadah tiap agama resmi yang ada di Indonesia dan masih banyak yang lainnya. Berkunjung ke objek wisata Taman Mini Indonesia Indah Anda akan merasakan suasana seperti halnya Anda mengunjungi semua wilayah Indonesia dengan berbagai budaya yang ada. 

Taman ini banyak bisa jadikan kunjungan seperti kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota Jakarta. 

Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. 

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah

Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. 

Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita. TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. 

Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektare. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. 

Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan landscap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia sesuai dengan aslinya. Apabila Anda mengunjungi objek wisata TMII sama halnya pergi mengunjungi daerah - daerah di Indonesia.

Di sini juga Anda akan menemukan berbagai macam wahana yang menggambarkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, dan wahana - wahana yang disuguhkan dikelompokan menjadi beberapa kelompok diantaranya adalah.

1. Anjungan Daerah TMII

Anjungan Daerah TMII

Mengunjungi Anjungan daerah, Di kawasan ini Anda dapat melihat kebudayaan - kebudayaan yang ada di provinsi di seluruh Indonesia. dan setiap provinsi dilengkapi dengan anjungan yang menampilkan keunikan budaya masing-masing seperti rumah adat, busana pernikahan, pakaian tradisional, peralatan rumah tangga sampai dengan senjata khas dari provinsi tersebut. 

Disetiap anjungan juga disediakan panggung yang digunakan untuk menampilkan pertunjukan musik, tarian tradisional, makanan khas serta upacara adat khas masing - masing daerah. untuk bisa menikmati pertunjukan biasanya diselenggarakan pada hari Minggu, dimana pada hari tersebut jumlah pengunjung yang ke TMII mengalami peningkatan dibandingkan hari - hari biasa.

2. Museum TMII

Museum TMII

Di Taman Mini Indonesia Indonesia, Selain memiliki berbagai miniatur budaya tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai museum sesuai dengan perkembangan sejarah dan kekayaan alam di Indonesi. 

Beberapa museum yang bisa Anda kunjungi di TMII adalah Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Perangko, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Telekomunikasi, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Komodo dan Museum Serangga. 

Semua Museum tersebut bisa anda nikmati dengan mengunjungi museum di TMII, ini sebagai wisata edukasi terutama bagi anak-anak agar lebih tahu tentang perkembangan bangsa Indonesia dari waktu ke waktu.

3. Bangunan Keagamaan TMII

Bangunan Keagamaan TMII

Berbagai miniatur bangunan rumah ibadah sesuai agama dan keyakinan yang ada di Indonesia juga anda bisa anda temukan di Taman Mini Indonesia Indah, diantaranya adalah Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Catharina, Gereja Protestan Haleluya, Kuil Konghucu Kong Miao, Pura Panataran Agung Kertabumi, Vihara Arya Dwipa Arama dan Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa.

Dengan bangunan megah bisa anda saksikan dikawasan TMII, bagunan yang menampilkan ciri khas daerah di Indonesia ini akan menambah daftar wisata kunjungan anda.

4. Sarana Rekreasi dan Teater TMII

Sarana Rekreasi dan Teater TMII

Setelah puas berkeliling mengunjungi berbagai miniatur budaya yang ada di Indonesia dan mengunjungi museum - musium di TMII, anda bisa melanjutkan ke salah satu lokasi di TMII yang dikhususkan untuk rekreasi yang menyenangkan untuk keluarga khususnya untuk anak - anak. 

Disini Anda akan menemukan berbagai macam wahana seperti Istana Anak-anak Indonesia, Kereta gantung, Perahu angsa, Snow Bay, Pusat Peragaan IPTEK dan Taman Flora dan Fauna. Untuk Teater sendiri dibedakan menjadi 3 lokasi yang dikhususkan untuk pertunjukan - pertunjukan tertentu. 

Misalnya Teater IMAX Keong Mas ( Digunakan untuk memutar film kebudayaan Indonesia dan juga lingkungan, selain itu juga pernah digunakan untuk memutar film - film Box Office ), Teater Tanah Airku ( Untuk pertunjukan seni ), Teater 3D ( Digunakan untuk memutar film - film 3D ).

5. Pusat Oleh - Oleh TMII

Pusat Oleh - Oleh TMII

Berkunjung ke objek wisata taman mini Indonesia Indah rasanya tidak lengkap jika pulang tidak membawa oleh-oleh, apa lagi jika anda yang tinggalnya berada di Luar Kota Jakarta. Oleh-oleh dari Jakarta khususnya dari Taman Mini Indonesia Indah. 

Di TMII anda bisa memilih bebagai macam yang bisa anda jadikan oleh-oleh khas TMII berupa kerajinan tangan seperti tas mungil dengan bahan dasar batok kelapa atau rotan, angklung, serta spanduk kaligrafi, topi, dompet, sepatu, aksesoris gelang dan kalung bermotif manik-manik yang kesemuanya dapat Anda peroleh di toko - toko yang ada di sekitar TMII.

Baca Juga: Taman Wisata Akuarium Air Tawar Jakarta, Tempat Favorit Liburan Keluarga

Akses Rute Taman Nasional Indonesia

Bangi anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah sangatlah aksesnya sangatlah mudah, karena lokasinya yang berada di pusat kota dan banyak sekali transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju ke tempat wisata ini. 

Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan menggunakan mode transportasi udara, Anda bisa transit terlebih dahulu di Bandara Halim Perdanakusumah - Jakarta, karena lokasi bandara ini yang paling dekat dengan TMII dibandingkan dengan Bandara Soekarno-Hatta. 

Dari Bandara Halim Perdanakusumah, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke perempatan cawang UKI dengan menggunakan kendaraan umum. Dari sini Anda lanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum jurusan Celilitan - Arundina kemudian turun di halaman TMII.

Apabila Anda memilih akses menggunakan transportasi darat, bisa menggunakan sarana transportasi Kereta Api dan kemudian turun di Stasiun / Terminal Pasar Minggu, lokasi stasiun ini yang paling dekat dengan TMII, dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju TMII dengan menggunakan transportasi umum jurusan Ragunan - TMII dan kemudian turun di pintu 2 TMII. 

Apabila Anda menggunakan mode transportasi laut Anda bisa transit di Pelabuhan Tanjung Priok kemudian dilanjutkan dengan menggunakan transportasi umum jurusan Tanjung Priok-Kampung Rambutan dan turun di perempatan Garuda Taman Mini. Setelah itu Anda bisa melanjutkan kembali perjalanan ke TMII dengan menggunakan transportasi umum dengan rute Pekayon-Kampung Rambutan.

Related Posts