5 Tempat wisata di Kepulauan Meranti Riau Yang Menarik

shares |

Tempat wisata di Kepulauan MerantiMungkin banyak yang belum tahu dengan nama Kepulauan meranti yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau. Kabupaten ini terletak disebelah timur pulau Sumatra atau disebelah selatan Selat Malaka. Jika dilihat dari nama dan letak geografisnya Kabupaten meranti adalah daerah kepulauan yang didominasi oleh tiga pulau, yaitu pulau Merbau, Rangsang dan Tebing Tinggi.

Nama “Meranti” Sendiri diambil dari singkatan masing-masing pulau tersebut. Kepulauan meranti termasuk kota padat, itulah sebabnya kabupaten ini merupakan jalur akses bagi masyarakat Riau menuju ke provinsi Kep. Riau (Batam, T. Pinang, Balai Karimun), selain itu juga merupakan jalur penghubung perjalanan dengan negara tetangga yaitu Malaysia jika mengunakan transportasi laut.

Tempat wisata di Kepulauan Meranti objek wisata di kepulauan meranti tempat wisata di kabupaten kepulauan meranti tempat wisata kepulauan meranti objek wisata di kabupaten kepulauan meranti

Namun selain itu semua, kabupaten meranti juga seperti kabupaten lain di Indonesia juga mempunyai destinasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi, tentu tempat wisata di Kepulauan Meranti sebagian besar didominasi wisata Bahari (wisata pantai). Bagi yang belum tahu dan penasaran silahkan anda simak ulasannya dibawah ini.

Tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Meranti Riau Yang Menarik

1. Pantai Ceria

Pantai ceria lokasi pantai ceria meranti riau

Pantai Ceria adalah objek wisata di kabupaten meranti yang menarik dan memiliki keindahan yang alami. Ceria sendiri singkatan dari Centai, Riau, Indonesia, nama Pantai tersebut diambil dari nama lokasi tempat pantai ini berada di Desa Centai, Pulau Merbau kabupaten Meranti Indonesia.

Objek wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisaawan dan warga setempat, apalagi pada saat hari liburan. Di pantai Ceria anda bisa melihat keeksotisan wisata laut selat malaka yang luas dan tenang.

Namun selain itu anda juga dapat menemukan keunikan lain di pantai ini, yaitu hadirnya biota laut yang disebut masyarakat sekitar dengan sebutan Mentarang. Mentarang adalah sejenis hewan laut (biota laut) mirip tiram dan masih termasuk kedalam keluarga kerang-kerangan.

Uniknya hewan yang biasanya dijadikan masakan ini hanya ada pada musim-musim tertentu saja, dan biasanya berbarengan dengan musim durian didaerah tersebut.

2. Desa Wisata Bokor

Desa Wisata Bokor meranti riau

Tempat wisata menarik di Meranti yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah Desa wisata Bokor yang merupakan sebuah desa wisata yang ada di kabupaten kepulauan meranti. Pada saat musim buah anda akan melihat pemandangan menarik dengan warna-warni buah yang bergelantungan pada setiap pohon.

Buah-buahan tersebut adalah buah rambutan, buah cempedak, buah mangga, manggis dan durian, dan ada juga terdapat perkebunan sunkis, dan masih banyak buah lainnya di Desa Wisata Bokor ini. Untuk menarik minat wisatawan berkunjung di Desa wisata Bokor, setiap tahunnya pemerintah daerah bersama para masyarakat setempat mengadakan pesta rakyat yang mendatangkan tamu-tamu dari luar negeri seperti vietnam, singapure, malaysia, tailand dan negara-negara lain.

Selain mengadakan pertunjukan kesenian, ada juga permainan rakyat yang diselenggarakan pada event tersebut, salah satunya lari di atas tual Sagu, permainan ini mirip dengan permainan ninja.
3. Pantai Motong

 Pantai Motong di meranti riau

Motong atau tanjung motong merupakan wilayah pesisir di Kep meranti, letak daerah ini berada di ujung barat pulau rangsang tepatnya di desa Permai (dulunya desa Bantar). Pantai motong sangat indah, dari pantai ini anda bisa melihat laut Selat malaka yang luas dan tenang, ada juga bebatuan yang sengaja di taruh dipinggir pantai sebagai pemecah ombak,

Bebatuan inilah yang kemudian menambah daya tarik dan keeksotisan pantai. Selain menikmati indahnya laut, di pantai motong anda juga bisa menikmati beberapa kuliner termasuk “Mie Sagu” (kuliner khas meranti), Sebab disini terdapat caffe sederhana yang siap menyambut kedatangan anda.

Selain itu ada juga pondopo kecil dan peranginan yang dibuat secara tradisional (dari atap daun rumbia/ daun sagu) untuk bersantai dan melepas lelah disini.

4. Wisata Mangrove

wisata magrove di Kepulauan Meranti Riau

Wisata Mangrove di Kabupaten Meranti merupakan objek wisata berupa sebuah tanaman laut yang ditanam dibibir pantai yang bertujuan sebagai penahan tanah agar tidak mengalami abrasi. Di kepulauan meranti lokasi mangrove yang terkenal terletak di desa Anaksetatah, Rangsang Barat.

Selain sebagai pusat kajian lingkungan, tempat ini juga dijadikan objek wisata menarik bagi masyarakat, sebab selain tempat ini asri suasananya juga sangat sejuk dan menyenangkan untuk liburan.

Bagi anda yang juga hoby memancing lokasi ini juga dapat menjadi tempat andalan, pada saat air pasang besar ikan-ikan sangat senang bermain dibawah pohon mangrove, sebab terdapat banyak makanan disini, seperti lumut-lumut kayu, pumpun (cacing laut) dan planton.

Bagi anda yang ingin memancing ditempat ini disarankan untuk memilih waktu yang tepat, sebab jika anda salah seperti air sedang surut, air laut mancapai 3 KM dari bibir pantai maka anda akan sia-sia datang ketempat ini.
5. Kolam Telaga Bening

Kolam renang telaga bening di kepulauan meranti riau

Kola telaga bening merupakan objek wisata yang menarik anda kunjungi saat berada di kabupaten meranti. Kolam Telaga bening ini lokasinya terletak dipusat kota Selat panjang, tepatnya di jalan Merdeka (depan kantor POS Selatpanjang).

Kolam dengan ukuran 30 Meter persegi ini menurut mitosnya merupakan saluran air yang terhubung ke laut selat air hitam, maka apabila laut surut maka air kolam pun akan tanpak turun, namun demikian rasa air dikolam ini tetap tawar.

Tempat wisata Kolam ini sering digunakan sebagai tujuan wisata untuk bersantai khususnya bagi kaula muda sambil memandangi ikan yang berenang mondar mandir dikolam ini. Terdapat pula peranginan yang dapat anda duduki, jika anda berekreasi ditempat jangan lupa untuk mencicipi kuliner yaitu Es Campur Selatpanjang.

Mungkin untuk saat ini cukup 5 Tempat wisata di Kepulauan Meranti Riau Yang Menarik, semoga informasi wisata di meranti ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tempat liburan di Provinsi Riau Khususnya di kabupaten Meranti.

Related Posts