Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul Jogja Yang Menarik Dikunjungi

shares |

Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul Jogja- Provinsi Yogyakarta memang sudah sangat terkenal di Indonesia maupun mancanegara, karena memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah serta berbagai macam seni budaya yang sangat menarik untuk dinikmati.

Saat ini kondisi pariwisata di jogja semakin mengalami peningkatan, hal ini bisa anda lihat dengan banyaknya biro perjalanan yang menawarkan berbagai macam paket wisata di Yogyakarta serta ketersediaan hotel dengan berbagai macam tarif. 

tujuan Wisata Seni dan Budaya Bantul

Namun kalai ini akan mengulas Salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta adalah Kabupaten Bantul. Kabupaten Bantul seperti kabupaten di DIY lainnya juga memiliki berbagai macam tempat wisata Bantul yang bisa anda jadikan tujuan wisata,

Jika artikel sebelumnya mengulas mengenai 10 Tempat Wisata di Kabupaten Bantul Jogja Paling Populer dan 7 Wisata Alam Gua di Bantul Jogja Yang Terkenal, namun kali ini akan menyajikan mengenai Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul Jogja.

Jogjakarta memang terkenal dengan daerah wisata dengan berbagai keunikan serta kekayaan budaya Khususnya untuk kabupaten bantul. Bicara mengenai budaya Jogja menang dikenal sebagai pusat kebudayaan dan seni Jawa.

Bagi Anda pecinta seni dan budaya, ada banyak tempat wisata di bantul Yogyakarta yang bisa Anda jadikan destinasi wisata seni dan budaya yang sangat menarik untuk anda jadika sebagai tujuan wisata di bantul, berikut ulasannya:

Tempat Wisata Seni dan Budaya Bantul Jogja Yang Menarik Dikunjungi

1. Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon merupakan museum yang mengoleksi berbagai macam jenis wayang. Kekayon sendiri dalam pementasan wayang memiliki kata lain gunungan dan memiliki simbol-simbol kehidupan.

koleksi museum wayang kekayon alamat museum wayang kekayon yogyakarta tiket masuk museum wayang kekayon

Lokasi Museum wayang kekayon lokasinya Terletak di Jl. Wonosari Km 7 No. 277, Yogyakarta, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, kurang lebih 1 km dari Ring Road Timur. Museum ini didirikan oleh dokter spesialis kesehatan jiwa bernama Prof. Dr. dr. KRT. Soedjono Prawirohadikusumo dan resmi dibuka pada tanggal 5 Januari 1991.

Museum Wayang Kekayon dibuka untuk umum, tiketnya dibagi menjadi 2: Pelajar/Umum: Rp. 7.000 dan Wisatawan: Rp.10.000 (+Rp 10.000 untuk yang membawa kamera).

harga tiket museum wayang kekayon maksud pendirian museum wayang kekayon tujuan didirikan museum wayang kekayon

Fasilitasnya pun sudah lengkap, antara lain: bangunan utama untuk penyimpanan wayang dan ruang pamer, ruang auditorium, audio visual, pendopo, longkang, peringitan dan pendopo yang luas yang biasa digunakan untuk acara pernikahan, pelatihan, kesenian, dll.

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata bantul ini bisa menggunakan Akses Menuju Museum Wayang Kekayon dengan Lokasi Museum Wayang Kekayon berada di Jl. Wonosari, sejauh 1 km dari Ring Road, 6 km dari Bandara Adisutjipto, 5 km dari terminal Giwangan, dan sekitar 10 km dari pusat kota Malioboro.

2. Museum Batik Imogiri

Museum batik Joglo Cipto Wening sendiri merupakan Joglo tua yang telah berusia 200 tahun. Cipto Wening ini pernah dianugerahi peringkat 2 Rumah tradisional dalam kategori Joglo terbaik se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum Lingkungan Batik “Joglo Cipto Wening” memiliki 250 hingga 300 koleksi batik dari Jogja dan Solo.

Museum Batik museum batik pekalongan museum batik jakarta museum batik danar hadi museum batik solo museum batik indonesia

Batik Jogja sendiri berasal dari batik Imogiri, Bantul. Jogo Cipto Wening juga menyimpan koleksi batik yang berusia lebih dari 100 tahun. Konon, beberapa dari koleksi batik museum ini pernah dikenakan oleh Pakualam VII dan Pakualam VIII. 

Cipto Wening berdiri dengan tradisi sebagai sebuah museum batik. Museum Lingkungan Batik "Joglo Cipto Wening" berada di dusun Paseban, desa Ketandan Tengah, tak jauh di utara pasar utama Kecamatan Imogiri, Bantul. Museum Lingkungan Batik “Joglo Cipto Wening” adalah milik pribadi Linda Heri Diyana Bondan Gunawan yang pertama kali diresmikan pada 18 maret 2004.

Setelah sempat mengalami kerusakan berat akibat gempa Jogja tahun 2006 lalu, museum ini secara resmi kembali dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 12 November 2007.

museum batik kuno danar hadi surakarta jawa tengah museum batik yogyakarta daerah istimewa yogyakarta museum batik di yogyakarta

Menurut pemilik Museum ini, tujuan pendirian museum batik adalah untuk melestarikan batik-batik kuno asal Bantul, Yogyakarta, dan wilayah sekitarnya. Disamping menampilkan koleksi ratusan batik kuno, museum ini juga menyediakan ruang untuk memamerkan hasil karya pengrajin Batik di wilayah Imogiri khususnya dan Bantul umumnya.

Mengunjungi Museum Batik Ciptowening, Anda bukan hanya dapat mengenal batik Jogja lebih mendalam, tapi juga dapat menikmati suasana desa yang asri dengan balutan bangunan kuno. Bila anda tertari untuk mengunjungi tempat wisata ini lokasinya berada Samping bekas Terminal Imogiri di Ketandan Tengah Imogiri Bantul.

Untuk akses Menuju ke museum, bisa ditempuh melalui Jalan Imogiri Barat terus ke selatan menuju Imogiri. Museum Batik Buka: Selasa – Minggu Pukul 09.00 – 15.00 wib. Tiket masuk kemuseum batik tidak ada alias gratis dan anda bisa sepuasnya melihat koleksi yang ada di museum batik ini.

3.Padepokan Seni Bagong Kusudiarjo

Padepokan Seni Bagong Kussudiarja merupakan teempat wisata berupa rumah budaya yang dikelola oleh Yayasan Bagong Kussudiarja (YBK). Padepokan Seni yang terletak di dekat Gunung Sempu, Bantul ini menjadi rumah bagi para seniman.

Padepokan Seni Bagong Kusudiarjo padepokan seni bagong kussudiardja padepokan seni bagong kussudiardja daerah istimewa yogyakarta padepokan seni tari bagong kussudiardja

Padepokan ini memiliki ruang multifungsi berupa studio besar, studio arena, dan sebuah studio yang dibangun menyerupai pendopo. Selain itu, di tempat ini juga terdapat studio rekaman audio digital, ruang latihan musik karawitan, kantor, toilet, dan area parkir yang nyaman. 

Fasilitas lain yang menunjang keberadaan dan fungsinya sebagai rumah budaya adalah adanya wisma dan beberapa kamar yang bisa digunakan oleh para seniman, partisipan program, atau para tamu yang datang berkunjung. Setiap bulan sekali di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja selalu ada acara bertajuk "Jagongan Wagen".

Padepokan ini juga sebagai studio permanent untuk 3 group kelompok seni yakni Kua Etnika, Sinten Remen, dan Teater Gandrik serta sebagai pusat latihan tari. Padepokan ini mempunyai acara rutin antara lain Jagongan wagen dan Among Sedulur.

Jagongan Wagen merupakan pergelaran dan apresiasi karya seni yang diselenggarakan setiap bulannya setiap hari yang kebetulan pas jatuh pada hitungan hari jawa Wage.  jangan lupa juga untuk mencoba Kuliner Makanan Khas Jogja Yang Populer yang memang terkenal enak.

Jagongan wage ini terbuka untuk umum  dan banyak ditunggu karena merupakan penyajian karya seni serta suasana keakaraban sangat terjalin. Sedangkan Among Sedulur merupakan pembelajaran dan aktivitas seni yang mengangkat serta menyertakan masyarakat sekitar dengan seniman.

Among sedulur terbagi menjadi 2 kegiatan utama yaitu Anjangsana dan Among Seni.  Anjansana merupakan pertunjukan pergelaran yang mempunyai nilai edukasi terhadap masyarakat. Sedangkan among seni merupakan kegiatan yang mengikut sertakan masyarakat dengan basis seni untuk menciptakan kreatifitas, sehingga masyarakat secara langsung dapat mengolah dan menciptakan kreativitas  seni itu sendiri.

Bagi anda pecinta seni dan buadaya bisa mengunjungi tempat wisata Padepokan Seni Bagong Kusudiarjo dan  Untuk akses menuju lokasi ini bisa menggunakan kendaraan umum jurusan Wates dan melewati Ringroad dari terminal Giwangan Yogyakarta dan turun di perempatan Tamantirto dan dilanjutkan dengan naik becak atau ojek hingga ke lokasi. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Related Posts