Mengagumi Indahnya Air Biru Sulamadaha, Pantai Cantik di Pulau Ternate

shares |

Mengagumi Indahnya Air Biru Sulamadaha- Keindahan alam Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Dengan wilayahnya yang luas serta topografi yang beragam membuat Indonesia menyajikan berbagai panorama yang sangat cantik. Mulai dari sejuknya pegunungan hingga birunya air pantai bisa didapatkan dari pemandangan yang ditawarkan Indonesia.

Karena alasan itu tidak heran bila banyak wisatawan dalam negeri mau pun luar negeri yang menghabiskan waktu liburannya untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata di Indonesia. Indonesia sebagai negara maritim memiliki garis pantai yang panjang.

pantai sulamadaha pantai sulamadaha malut unik dan mempesona pantai sulamadaha wikipedia pantai sulamadaha ternate maluku utara pantai sulamadaha di ternate maluku pantai sulamadaha ternate maluku pantai sulamadaha ternate indonesia pantai sulamadaha kota ternate
Sumber img: http://www.telusurindonesia.com/wisata-pantai-sulamadaha.html

Ada berbagai pantai di Indonesia yang bisa dikunjungi bagi orang-orang yang mendambakan pemandangan yang indah dan suasana yang damai. Salah satu pantai indah tersebut adalah Pantai Sulamadaha yang terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara. Artikel Terkait: Pantai Sulamadaha Sebening Kaca di Ternate Maluku Utara.

Kecantikan Air Biru yang Jernih

Pantai Sulamadaha terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara dan berjarak sekitar 14 km dari pusat kota. Pulau ini kini telah menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di nusantara dan banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

letak pantai sulamadaha sejarah pantai sulamadaha ternate tentang pantai sulamadaha keindahan pantai sulamadaha profil pantai sulamadaha
Sumber img: https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku-utara/kejernihan-air-pantai-sulamadaha.html

Pantai eksotis nan cantik ini menawarkan pemandangan air biru sejernih kaca. Karena kejernihannya ini ketika berenang di Pantai Sulamadaha Anda bisa melihat langsung panorama yang berada di bawah laut dan seakan-akan sedang melayang di atas air.

Banyak wisatawan datang berkunjung untuk menikmati kegiatan diving dan snorkling di pantai ini. Pemandangan bawah laut seperti terumbu karang dan gerombolan ikan langka akan menemani kegiatan menyelam Anda. Selain itu hamparan pasir kehitaman dan bebatuan karang di pinggir pantai juga menambah pesona dan keunikan pantai ini.

Bila Anda berkunjung ke Pantai Sulamadaha maka bersiaplah untuk disambut dengan segarnya angin pesisir pantai dan aroma khas air laut. Tidak hanya itu telinga Anda juga akan dimanjakan dengan suara deburan ombak laut dan kicauan burung yang merdu.

Perjalanan Menuju Pantai Sulamadaha

Untuk menuju pulau ini Anda bisa berangkat dari pusat kota Ternate. Perjalanan menyusuri 14 km akan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum, atau pun memakai mobil sewaan untuk mencapai Pulau Sulamadaha.

pemandangan pantai sulamadaha paket wisata pantai sulamadaha pantai sulamadaha di ternate pantai sulamadaha 'pantai kaca' ternate indonesia

Sumber img: http://lifestyle.liputan6.com/read/2042387/pantai-sulamadaha-ternate-favorit-untuk-diving-dan-snorkling

Banyak jasa penyewaan mobil yang bisa Anda temukan di Bandara Sultan Babullah. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju pantai. Perjalanan menuju pantai akan membutuhkan sedikit perjuangan karena Anda harus berjalan menanjak selama 15 menit.

Namun perjalanan menuju pantai tidak akan terasa melelahkan karena Anda akan disuguhkan dengan pemandangan cantik dari Pulau Sulamadaha. Untuk memasuki lokasi pantainya Anda perlu membeli karcis seharga Rp 2.500,00 per orang.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan

Air laut Pantai Sulamadaha yang biru dan jernih akan menggoda Anda untuk segera menceburkan diri dan berenang merasakan sejuknya air. Air di pantai ini terasa sejuk karena banyak pepohonan dan tebing di pinggir yang menaungi pantai dari sinar mentari yang terik.

Anda bisa melakukan diving dan snorkeling untuk menjelajahi dunia bawah laut Pantai Sulamadaha. Agar pemandangan yang Anda dapatkan bisa maksimal sebaiknya Anda mencari tempat menyelam yang terbaik.

Tempat terbaik untuk melakukan diving dan snorkeling adalah zona Telaganita Point. Oleh masyarakat sekitar zona ini sering disebut juga dengan hol. Untuk menuju hol Anda bisa menggunakan motor atau berjalan kaki.

Namun supaya Anda semakin optimal merasakan sensasi liburan di pulau ini sebaiknya Anda berjalan kaki saja sambil melihat-lihat panorama di perjalanan. Sesampainya di hol Anda akan melihat air pantai yang indah.

Di bagian pinggir airnya berwarna bening jernih dan semakin dalam akan berwarna biru kehijauan. Di bawah laut Anda dapat menikmati pemandangan batu karang yang berwarna-warni dan tidak ketinggalan juga ikan-ikan khas Ternate seperti ikan jagungan, ikan buntal, dan ikan kerapu tutul.

Air laut yang bebas dari sampah dan pencemaran ini membuat jarak pandang di dalam laut semakin luas. Jika Anda hendak diving dan snorkeling di pantai ini maka Anda harus membawa sendiri perlengkapannya karena tidak ada jasa penyewaan perlengkapan menyelam di sini.

Kondisi air yang tenang dan tidak berombak juga cocok bagi penyelam pemula yang masih asing dengan pergerakan air laut. Sambil berenang Anda dapat menyaksikan indahnya tebing-tebing tinggi yang mengelilingi pantai.

Selain itu hutan bakau di sepanjang garis pantai yang masih hijau dan asri akan menyegarkan mata Anda. Tidak heran kalau pantai ini menjadi tempat menyelam yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Anda tidak perlu khawatir kalau tidak bisa berenang karena banyak pelampung yang bisa Anda sewa. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyewa pelampung juga tidak banyak yaitu sekitar Rp 10.000,00. Selain itu ada juga penyewaan ban seharga Rp 6.000,00. Ombak laut Pantai Sulamadaha juga tenang sehingga aman untuk menyelam. Karena itu Anda tidak perlu merasa takut akan terbawa arus laut.

Selain berenang Anda juga bisa mendayung menyusuri pantai dengan perahu kano yang disewakan seharga Rp 35.000,00 per orang. Satu perahu bisa memuat 3-4 orang. Bila Anda ingin melakukan kegiatan yang sedikit lebih menantang adrenalin maka Anda bisa naik banana boat dengan tarif Rp 35.000,00.

Walaupun Pantai Sulamadaha tidak seluas pantai-pantai lainnya namun pemandangannya tidak kalah cantik dari yang lain. Selama berada di sini Anda tidak akan berhenti berdecak kagum menyaksikan keindahan mahakarya Tuhan ini.

Pesona Lain yang Ditawarkan Sulamadaha

Selain cantiknya Pantai Sulamadaha yang mempesona Anda dapat juga melihat pemandangan indah Pulau Hiri di seberang pantai. Pulau yang menyerupai bukit yang muncul di permukaaan laut ini pernah menjadi tempat pengasingan Sultan Iskandar Muhammad Jabir Syah, yaitu ayah dari Sultan Ternate sekarang. Pada saat itu beliau diasingkan agar bebas dari tentara Belanda yang ingin menangkapnya.

pantai kaca sulamadaha ternate lokasi pantai sulamadaha pantai sulamadaha maluku pantai sulamadaha maluku utara sejarah pantai sulamadaha pantai sulamadaha ternate paket wisata ke pantai sulamadaha
Sumber img: http://www.telusurindonesia.com/wisata-pantai-sulamadaha.html

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Hiri maka Anda dapat menyewa perahu untuk menyeberang seharga Rp 20.000,00. Namun perlu diingat sebelum pergi ke Pulau Hiri Anda perlu mempersiapkan perlengkapan yang lengkap seperti makanan, minuman, dan tenda sebagai tempat Anda beristirahat.

Memandang jauh ke arah timur maka Anda akan disuguhkan pemandangan puncak Gunung Gamalama yang menjulang tinggi di balik bebukitan. Gunung Gamalama menyajikan keindahan alam yang masih hijau dan asri. Anda dapat menghabiskan waktu dengan bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan lepas pantai.

Tidak cukup hanya dengan pemandangan pulau dan gunung, Anda dapat berjalan 15-20 menit ke arah barat pantai. Anda akan menemukan Teluk Sulamadaha dengan pasirnya yang halus dan pemandangan bawah laut yang tidak kalah bagusnya. Teluk ini berbentuk menyerupai piramid dan dihiasi dengan pasir putih yang bersih.

Setelah puas menikmati pemandangan spektakuler di hadapan mata Anda bisa beristirahat sejenak dan menikmati suguhan yang dijual oleh masyarakat di pinggir pantai. Anda bisa menikmati lezatnya pisang goreng mulut bebek, yaitu cemilan khas Ternate yang disajikan dengan sambal tore sebagai bumbunya.

Pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Sulamadaha menjadi bukti bahwa masih banyak kekayaan alam Indonesia yang perlu digali dan dikembangkan. Dengan memperkenalkan pantai ini ke masyarakat di seluruh dunia maka tidak menutup kemungkinan bahwa Pantai Sulamadaha dan Pulau Ternate dapat menjadi seterkenal Pulau Bali. 

Related Posts