Benteng Orange Wisata Sejarah di Ternate Maluku Utara

shares |

Benteng Orange- Bukan hanya wisata bawah laut saja yang bisa anda nikmati saat berada di Maluku Utara, disini anda juga bisa traveling ke tempat-tempat bersejarah salah satunya wisata sejarah di Ternate, Maluku Utara Indonesia adalah Benteng Orange.

Benteng ini merupakan benteng peninggalan pada masa kolonial belanda pertama yang ada di Nusantara, di bangun pada tahun 1607 di Ternate, Maluku Utara oleh Gubernur Jendral Belanda Matelief De Jonge. Benteng ini merupakan peniggalan benteng tua yang dibangun oleh Melayu yang diberi nama Benteng Malayo. 

Benteng Orange ternate benteng oranje ternate benteng oranje di ternate

Sekilas mengenai sejarah Benteng Orange dulunya pernah menjadi pusat pemerintahan tertinggi Hindia Belanda, yang dipimpin oleh Gubernur Jendral VOC Pieter Both, Laurenz Real, Herarld Reyist dan J.C Coum. Benteng ini terletak di pusat kota Ternate dengan kondisi fisik bnagunan yang masih berdiri kokoh sampai saat ini.

Cuma kondisinya kurang terawat sehingga di dalam benteng ini didiami oleh kesatuan POLRI dan Angkatan Darat. Pada tahun 1822 benteng ini juga pernah menjadi tempat pengasingan Sultan Badarudin II dari Palembang. Sehingga pada tahun 1852 Sultan Badarudin II meninggal dan dimakamkan di kecamatan Santiong.

gambar benteng orange ternate sejarah singkat benteng orange ternate sejarah benteng oranye di ternate benteng oranje kota ternate

Benteng ini sangat berperan penting dengan didukung letaknya dilokasi strategi, sehingga pada zaman dahulu terkenal dengan kemampuannya untuk menghadang musuh baik dari laut maupun darat.

Saat anda mengunjungi benten orange ini anda masih bisa melihat sisa peninggalan penjajah berupa 13 meriam di dalam benteng ini, namun sayangnya beberapa bagian meriam telah di ambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bangunan ini dibangun menggunakan kombinasi batu karang, batu kali dan pecahan kaca, jadi tampak menarik, hingga kini pun sisa-sisa kemegahan benteng tersebut masih nampak. Pintu masuk kedalam benteng ini pun tidak terlalu menonjol, karena tertutup oleh pedagang kaki lima yang berjualan di depan benteng.

Untuk mengunjungi sisa-sisa peninggalan sejarah tersebut Anda perlu waktu satu hari penuh. Selain bisa menggunakan angkutan umum atau mikrolet, Ojek merupakan alat transportasi yang disarankan bagi anda yang ingin mengelilingi wisata ini, selain murah sepeda motor juga akan lebih cepat melintasi jalan-jalan di sudut kota Ternate dibandingkan kendaraan lain.

Jangan lupa selain mengunjungi tempat wisata sejarah di ternate anda juga bisa mengunjungi Danau Tolire Tempat Liburan Menyenangkan di Ternate Maluku Utara.

Akses Lokasi Benteng Orange Ternate

Untuk berkunjung ke tempat wisata sejarah ternate Benteng orange askes Lokasi sangat mudah karena berada kawasan komersial dari pusat Kota Ternate. Benteng Oranje terletak di Jalan DR. Hasan Boesoiri, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Selain Benteng Orange ternate, di ternate ini anda juga bisa mengunjungi pula wisata sejarah lainnya yang merupakan sisa-sisa peniggalan benteng Portugis, Spanyol dan Belanda, Seperti Benteng Kalamata, Benteng Tolukko, Bentang Kastela dan Benteng Kota. Namun anda ingin melihat benteng yang masih bagus terawat bisa mengunjungi Benteng Toluko dan Kalamata.

Related Posts