Mengeksplor Sorong, Sebuah Gerbang Menuju Surga Dunia di Papua Barat

shares |

Tempat Wisata Kota SorongMungkin Anda sudah mendengar mengenai cantiknya panorama Raja Ampat yang telah tersohor hingga penjuru dunia. Pesona keindahan Papua Barat tersebut memang bisa membuat tercengang para wisatawan yang berkunjung. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada satu lagi pesona Papua Barat yang tidak kalah indahnya yaitu Kota Sorong.

Kota Sorong adalah kota terbesar kedua di Papua Barat dan memiliki populasi penduduk melebihi 190.000 jiwa. Jumlah yang sedikit ini membuat suasana kota Sorong masih sepi dan tenang, jauh dari keriuhan khas perkotaan. Karena itu Sorong bisa menjadi salah satu destinasi berlibur yang santai dan rileks.

Selama ini kota Sorong menjadi gerbang masuk dan keluar banyak orang menuju dan meninggalkan provinsi Papua Barat. Letak bandara dan pelabuhan yang berada di Sorong menjadikannya sebagai tempat persinggahan menuju kota-kota lain di Papua Barat. Karena itu Sorong memiliki potensi yang besar untuk dapat menjadi salah satu pusat wisata di Papua Barat.

objek wisata papua barat potensi wisata papua barat paket wisata papua barat wisata sorong papua

Nama Sorong sendiri berasal dari kata “Soren” yang dalam bahasa Biak Namfor, salah satu etnik di Papua, berarti “laut yang dalam dan bergelombang.” Kota Sorong sendiri memiliki gunung, bukit, lereng, dataran rendah serta hutan lindung yang mengelilinginya. Keragaman keadaan topografi ini menciptakan pemandangan yang cantik dan indah untuk dipandang mata.

Menuju Kota Sorong

Perjalanan menuju kota Sorong dapat dilakukan dengan dua cara yaitu via udara dengan pesawat terbang serta via laut dengan kapal. Perjalanan menuju bandara Sorong dengan pesawat dari kota Makassar membutuhkan waktu kurang lebih dua jam.

Ada beberapa maskapai penerbangan yang telah melayani perjalanan jalur Jakarta-Sorong dengan biaya sekitar 4 juta rupiah. Selain itu perjalanan ke kota Sorong juga bisa menggunakan kapal laut menuju pelabuhan kota Sorong.

Jarak antara bandara dan pelabuhan tidaklah jauh, hanya membutuhkan kurang lebih waktu 10 menit. Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan angkutan umum, taksi, atau becak. Karena suasana jalanan yang lengang maka kita tidak perlu merasakan kemacetan.

Tempat Wisata Kota Sorong

Tidak kalah dari Raja Ampat kota Sorong juga memiliki pemandangan yang indah dan cantik. Berikut ini adalah tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi selama kunjungan Anda ke kota Sorong.

1. Pantai Tanjung Kasuari

Tanjung Kasuari menjadi salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi di kota Sorong. Hampir setiap hari pengunjung datang untuk menikmati panoramanya yang indah.

Pantai Tanjung Kasuari pantai tanjung kasuari di kota sorong
Sumber img: http://wisatari.blogspot.co.id/2014/08/wisata-pantai-tanjung-kasuari-kota.html

Pantai ini berada di pinggiran kota Sorong sekitar 7 km dari pusat kota dan terletak di balik Tanjung Kasuari. Perjalanan menuju pantai dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau dengan menyewa angkutan umum. Selama perjalan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan perkampungan penduduk asli dan juga hijaunya pepohonan hutan.
Pantai Tanjung Kasuari pantai tanjung kasuari di kota sorong
Sumber Img: http://wisatari.blogspot.co.id/2014/08/wisata-pantai-tanjung-kasuari-kota.html

Pantai Tanjung Kasuari memiliki daya tarik tersendiri dengan pasir putihnya yang bersih dan halus serta air lautnya yang biru jernih. Sejauh mata memandang Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari pepohonan yang rimbun di sekitar pantai.

Anda dapat menikmati cantiknya Pantai Tanjung Kasuari sambil memasang tenda di pinggir pantai. Selain itu Anda juga bisa berenang dan merasakan sejuknya air pantai. Agar tidak terlalu ramai dan penuh sesak oleh wisatawan sebaiknya Anda mengunjung Pantai Tanjung Kasuari di hari kerja.

2. Pulau Doom

Pulau Doom terkenal sebagai kota tuanya Sorong karena menyimpan banyak sejarah. Pulau Doom juga kaya akan peninggalan sejarah Perang Dunia ke-2 seperti benteng, goa, dan bangunan-bangunan Belanda yang masih utuh mau pun yang sudah mengalami renovasi. Pulau ini menonjolkan sisi historis dari Papua Barat.

pulau doom sorong papua pulau doom papua barat pulau doom papua pulau doom kota sorong
Sumber img: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/nostalgia-sejarah-pulau-doom 

Pulau Doom juga sangat mudah untuk dicapai. Pertama-tama Anda perlu mendatangi dermaga Sorong dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang akan banyak Anda temukan. Kemudian Anda bisa menggunakan transportasi laut untuk menyebrang dari dermaga Sorong ke Pulau Doom.

 sejarah pulau doom pt. pulau doom sejarah pulau doom sorong
Sumber img: http://kasdiawati.blogspot.co.id/2014/09/pulau-doom-yang-memikat.html

3. Pulau Um

Pulau Um menawarkan pemandangan laut yang masih belum terjamah oleh banyak orang. Terletak di utara kota Sorong yaitu di distrik Makbon, pulau ini menjadi salah satu destinasi wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Sorong. Pulau kecil ini menyajikan suasana pantai yang tenang dan damai karena masih jauh dari sentuhan para pengunjung.

Pulau Um terletak kurang lebih 40km dari kota Sorong dan membutuhkan waktu tempuh 2-3 jam. Anda dapat mencapai Pulau Um dengan menyebrang dari dermaga Pantai Makbon selama 30 menit lalu dilanjutkan dengan menggunakan speed boat.

Pulau Um
Sumber img: http://www.imgrum.net/user/ras_mahmet/2634474736

Suasana Pulau Um yang masih tenang dan sepi membuat kita serasa sedang berada di pulau pribadi. Deburan ombak dan kicauan burung akan menemani kita bersantai menikmati pemandangan laut yang indah. Anda juga bisa snorkling atau diving untuk melihat berbagai fauna bawah laut seperti penyu, lobster dan teripang.

Pulau Um juga terkenal sebagai pulau kelelawar karena ada ribuan kelelawar yang tinggal di pulau ini. Kelelawar ini tinggal di antara pepohonan dan hidup secara bergantungan. Tidak hanya itu, Pulau Um juga ditempati oleh banyak burung camar.

Pulau Um
  Sumber img: http://www.panoramio.com/photo/121719469

4. Taman Wisata Alam Sorong

Taman wisata alam Sorong terletak agak ke pinggir kota Sorong yaitu sekitar 14km dari pusat kota. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Sorong Klamono, Sorong. Bila Anda berkunjung ke sini maka Anda akan merasa puas menikmati rimbunnya pohon hijau dan juga udara yang masih segar.

Mengeksplor Sorong, Sebuah Gerbang Menuju Surga Dunia di Papua Barat
Sumber img: http://pesonawisataindonesia.com/pesona-wisata-sorong-taman-wisata-alam-sorong/

Taman wisata alam Sorong dilengkapi oleh berbagai jenis fauna dan flora dan masih sangat terjaga keasriannya. Karena terletak di pinggir kota maka suasana pun masih tenang dan jauh dari hiruk pikuk masyarakat. Tidak hanya itu di dalam taman wisata ini juga terdapat air terjun setinggi 5 meter dengan air yang masih bersih dan jernih. Baca Juga: Taman Wisata Alam Gunung Meja, Manokwari Papua Barat.

Taman Wisata Alam Sorong
Sumber img: http://gratiscatanku.blogspot.co.id/2017/01/pesona-wisata-sorong-taman-wisata-alam.html

Keindahan taman wisata alam Sorong juga dilengkapi dengan banyaknya jenis burung yang bisa Anda di beberapa titik pengamatan burung serta berbagai vegetasi yang membuat Anda serasa berada di dalam hutan liar. Ada juga penangkaran buaya di mana Anda bisa melihat proses pembiakan buaya yang mulai terancam punah.

5. Pulau Dofior

Pulau Dofior memiliki ukuran yang kecil dan berada di paling barat Papua. Pulau ini terletak di antara pusat kota Sorong Pulau Doom. Di pulau ini terdapat tugu selamat datang yang akan menyambut setiap wisatawan yang datang. Tugu ini menjadi ikon dari kota Sorong dan sayang bila tidak Anda abadikan dengan berfoto di depannya.

Pulau Dofior
Sumber img: http://www.panoramio.com/photo/63217465

Di sekitar Pulau Dofior terdapat beberapa lampu mercusuar yang berfungsi sebagai pemandu bagi kapal-kapal yang ingin menepi ke Pulau Dofior. Lampu ini dinyalakan setelah pukul 6 sore. Selain itu pulau ini juga memiliki tembok Dofior, yaitu suatu spot di mana Anda bisa menikmati pemandangan matahari yang sedang terbenam. Matahari senja yang berwarna jingga menambah keindahan suasana pulau ini di sore hari.

Para pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan di pulai ini, misalnya memotret pemandangan pulau, melihat cakrawala langit dari tugu, sampai berenang dan menyelam bersama lumba-lumba. Jangan sampai melewatkan keindahan pulau ini saat Anda berkunjung ke Sorong.

Pulau Dofior
Sumber img: https://www.indonesiakaya.com/kanal/foto-detail/malam-minggu-di-tembok-berlin-kota-sorong

Sungguh indah bukan pesona yang dimiliki oleh kota Sorong? Kota Sorong menjadi bukti bahwa masih banyak kekayaan alam Indonesia yang belum dikelola secara maksimal. Semoga ke depannya pariwisata Sorong tidak kalah dari pesona-pesona tempat wisata lainnya. Permata alam yang belum terasah ini bisa menjadi pilihan destinasi liburan Anda selanjutnya. Baca juga: 9 Wisata Papua Barat Yang Mulai di Minati Para Traveller.

Related Posts