Pengertian Pariwisata Secara Umum

shares |

Pariwisata atau turisme menurut wikipedia adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas tersebut. Seorang wisatawan atau turis sendiri adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumah tau tempat tinggalnya dengan tujuan rekreasi atau liburan, dan ini merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.

Sedangkan untuk pengertian definisi yang lebih lengkap,turisme adalah industri jasa bagi mereka menangani jasa yang berkaitan dengan pariwisata mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan dll. Kegiatan trisme ini juga menawarkan seperti tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan,pengalaman baru dan kegiatan lainnya.

Pariwisata Indonesia, Pariwisata Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan
Img: indonesia.tripcanvas.co.id

Banyak negara yang ekonominya bergantung banyak dari sektor industri pariwisata sebagai salah satu dari sekian banyak sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perekonomian melalui berbagai penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal. 


Pariwisata Indonesia

Pengertian Pariwisata Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan, adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Sedangkan di Indonesia sendiri untuk mengembangkan pariwisata khususnya di perkotaan adalah usaha untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pajak hotel dan restoran, dan sekaligus meningkatkan aktivitas ekonomi di perkotaan. Pengembangan pariwisata apapun jenis dan namanya memerlukan fungsi pengelolaan yang kreatif dan inovatif berdasarkan atas perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten, dan evaluasi yang terukur dan konstruktif. 

Pembangunan wisata kota adalah pembangunan yang terintegrasi dan holistik yang akan mewujudkan kepuasan semua pihak. Perlunya integrasi aspek-aspek terkait yang terdiri dari: 

(1)Aspek daya tarik destinasi, ini merupakan atribut daerah tujuan wisata yang berupa apa saja yang berkaitan dan dapat menarik  wisatawan. setiap destinasi yang ada pasti memiliki daya tarik tersendiri, baik daya tarik berupa alam maupun masyarakat dan budaya yang ada. 

(2)Sedangkan untuk Aspek transportasi atau sering disebut aksesibilitas merupakan atribut akses bagi wisatawan domestik dan mancanegara agar dengan mudah dapat mencapai tujuan ke tempat wisata baik secara internatsional maupun akses terhadap tempat-tempat wisata pada sebuah destinasi wisata. 

(3)Untuk Aspek fasilitas utama dan fasilitas pendukung juga merupakan atribut amenitas yang menjadi salah satu faktor penting yang merupakan syarat suatu daerah tujuan wisata agar wisatawan dapat berasa betah dan nyaman tinggal lebih lama pada sebuah destinasi wisata. 

(4)Aspek kelembagaan seperti sumberdaya manusia, sistem, dan kelembagaannya berupa lembaga pariwisata yang akan mendukung sebuah destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi wisatawan, aspek kelembagaan ini bisa berupa dukungan lembaga keamanan, lembaga pariwisata sebagai pengelola destinasi, dan lembaga pendukung lainnya yang dapat menciptakan kenyamanan setiap wisatawan datang. 

Related Posts