10 Tempat Wisata di Bengkalis Riau Paling Populer

shares |

Tempat Wisata di Bengkalis-  Provinsi Riau terdiri dari beberapa Kabupaten salah satunya Kabupaten Bengkalis. Wilayahnya mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, Ibukota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera.

Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri di kecamatan Mandau. Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. 

Tempat Wisata di Kabupaten Bengkalis  tempat wisata di kabupaten bengkalis riau tempat wisata di kabupaten bengkalis tempat wisata kabupaten bengkalis tempat wisata kab bengkalis objek wisata kabupaten bengkalis obyek wisata kabupaten bengkalis

Jika dilihat dari Letak geografis Kabupaten Bengkalis terdiri dari pulau-pulau dengan daerah pantai pesisir yang menghadap langsung ke Selat Malaka dengan pemandangan yang indah, sehingga Kabupaten ini banyak menjadi perhatian para turis, berpusat di Pulau Rupat.

Untuk akomodasi bagi para pengunjung, maka disediakan beberapa hotel di Bengkalis, Duri, Sungai Pakning dan Tanjung Lapin serta Rupat Utara. Untuk lebih jelasnya Tempat wisata di kabupaten Bengkalis Riau bisa anda baca informasinya sebagai berikut:

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Bengkalis Riau 

1. Wisata Hutan Lindung Bukit Batu


 Wisata Hutan Lindung Bukit Batu di Bengkalis Riau

Tempat populer di Bengkalis yang pertama bisa anda kunjungi adalah objek wisata berupa sebuah kawasan Hutan Lindung Bukit Batu. Kawasan ekowisata hutan rawah gambut ini merupakan tempat yang sangat asri dengan kekayaan flora dan fauna.

Hutan Lindung dan Kawasan Konversi Margasatwa terdapat di daerah Bukit Batu dan kecamatan Mandau yang dimiliki oleh Departemen Kehutanan RI. Daerah Sebanga – Duri yang berjarak ± 40 km dari kota Pekanbaru merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata menghabiskan liburan anda,

Di tempat ini anda akan menyaksikan beberapa gajah dilatih untuk melakukan berbagai atraksi yang dapat menghibur pengunjung. Kawasan Konservasi Gajah ini merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim.

2. Taman Pelatihan Gajah Bukit Batu

Taman Pelatihan Gajah Bukit Batu di Bengkalis Riau

Masih Berada di kawasan yang sama yaitu Hutan Raya ada satu tempat yang populer yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu  Pusat Pelatihan Gajah. Di tempat ini para pengunjung bisa dapat berinteraksi secara langsung dengan Gajah yang telah dilatih bahkan Anda dapat menunggangi gajah tersebut.

Gaja-gajah terlatih ini sangat atraktif dengan berbagai atraksi yang memukau pengunjung. Maksud dan tujuan didirikan Pusat Latihan Gajah (PLG). Sasaran dari Pusat Latihan Gajah (PLG) adalah untuk menangkap gajah-gajah pengganggu (gajah liar).

Gajah-gajah ini biasanya menggangu daerah pertanian masyarakat, daerah pemukiman transmigrasi dan daerah perkebunan yang kemudian dijinakkan dan dilatih untuk dapat dimanfaatkan sebagai gajah tangkap/gajah latih, gajah atraksi dan gajah kerja.

3. Rumah Adat Melayu Bengkalis
Rumah Adat Melayu Bengkalis  di Bengkalis Riau

Ditempat wisata budaya rumah adat melayu ini dulunya para tokoh adat dan pemuka masyarakat beraktifitas sehari-hari dalam mengembangkan dan memajukan kebudayaan Melayu Riau. Bagi Anda penggemar wisata budaya, Balai adat melayu Bengkalis dapat Anda jadikan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika ke Bengkalis.

Rumah adat yang melambangkan kebesaran budaya melayu ini memiliki arsitektur dan desain ruang yang unik dan khas melayu. Balai adat ini berlokasi di Jl. Gatot Subroto di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

4. Masjid Agung Istiqomah Bengkalis


Masjid Agung Istiqomah Bengkalis

Masjid Agung Istiqomah merupakan salah satu tujuan tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi di Bengkalis. Masjid yang memiliki arsitektur yang sangat indah ini adalah masjid kebanggaan masyarakat Bengkalis.

Perpaduan gaya arsitektur melayu, arab dan turki  membuat masjid ini terlihat sangat indah dan menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah. Masjid ini terletak JL. Kapten Patimura, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau. 

5. Pantai Selat Baru


Pantai Selat Baru di Bengkalis Riau

Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menjadikan pantai selat baru ini sebagai salah satu objek wisata andalan di kabupaten Bengkalis riau. Terbukti di kawasan itusering digelar pesta pantai setiap tahunnya. Pada event tersebut diadakan berbagai perlombaan, seperti lomba perahu jong, gasing, dan layang-layang.

Pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai atraksi kesenian dan budaya tradisional daerah setempat. Terletak di Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia. Di tempat ini pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti berjemur (sun burning) di pantai, berselancar (surfing), berperahu (boating), berenang (swimming), dan memancing (fishing). 

6. Taman Laut Prapat Tunggal 


Taman Laut Prapat Tunggal  di Bengkalis Riau

Salah satu tempat terindah di Bengkalis lainnya adalah Taman Laut Prapat Tunggal. Tempat ini amat terkenal dengan keindahan alam yang berpadu dengan aktivitas nelayan yang lalu lalang setiap harinya.

Keindahan lainnya adalah keindahan bawah laut dan keeksotisan sunset kala senja tiba benar-benar mengundang banyak wisatawan untuk datang ketempat ini saat liburan. Benar-benar luar biasa. Di tempat ini tersedia berbagai tempat makan dengan citarasa yang begitu luar biasa.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

7. Pantai Rupat Utara


Pantai Rupat Utara di Bengkalis Riau
foto by: eri - communicator

Pantai Rupat Utara merupakan pantai yang memiliki pemandagangan yang sangat indah. Pulau Rupat merupakan deretan pulau yang berada di Garis terdepan Indonesia. Pantai ini terletak di desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Untuk sampai ke pulau nan eksotis ini, dari kota Pekanbaru Anda harus melakukan perjalanan menuju pelabuhan Dumai dengan jarak sekitar 181 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.  

Sudah terdapat Fasilitas cukup lengkap di Rupat Utara, seperti sudah Tersedia penginapan dan beberapa tempat makan yang akan membuat perjalanan wisata Anda begitu menarik dan nyaman.

8. Pantai Jangkang


Pantai Jangkang di Bengkalis Riau

Pantai Jangkang adalah sebuah pantai yang indah yang terletak di Desa Jangkang.  Pantai ini sangat indah sehingga selalu rame dikunjungi wisatawan terutama saat liburan tiba. Pantai berjarak sekitar 25 kilometer dari ibukota Bengkalis.

Pantai dengan pasir hitam ini, sangat indah jika dinikmati sore hari. Namun, untuk fasilitas di pantai ini masih sangat minim. Untuk berkunjung ke tempat ini Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu demi kenyamanan wisata anda.

9. Pantai Tenggayun


Pantai Tenggayun di Bengkalis Riau

Objek wisata di bengkais lainnya adalah Pantai tenggayun yang berada di desa Tenggayun. Letak dari desa Tenggayun berada di tepi jalan lintas Dumai- Sungai Pakning. Pantai Tenggayun memiliki tekstur berpasir abu abu dengan sedikit lumpur tanah liat dan ini pula yang menjadi daya tarik tersendiri.

Karena berada di sisi timur pulau Sumatera, pantai Tenggayun merupakan pantai untuk melihat matahari terbit. Pohon-pohon dan tunggul bakau mempermanis pemandangan matahari terbit di pantai ini.

10. Tasik Putri Pepuyu


Tasik Putri Pepuyu di Bengkalis Riau

Tempat wisata pantai tasik putri pepuyu adalah tempat wisata di bengkalis yang berlokasi Desa Tanjung Padang / Pulau Padang Merbau, dan ini merupakan daerah ditengah hutan lindung yang belum banyak disentuh oleh manusia, sehingga masih tampak alami karena belum ada kerusakan dan perubahan.

Tasik Putri Pepuyu terkenal denga legenda tentang cinta Raja Terubuk dan Putri Pepuyu yang tidak kesampaian. Tasik Putri Pepuyu mempunyai potensi wisata seperti berkemah, berperahu dan lain-lain. jangan lupa baca juga: 16 Tempat Wisata Riau Paling Populer.

Related Posts