Wisata Sejarah di Ternate Dengan Mengunjungi Benteng Tolukko

shares |

Benteng Tolukko Ternate- Pulau Ternate di Maluku Utara mendapat julukan sebagai Pulau Seribu Benteng, ini bukan tanpa alasan karna di sana memang terdapat banyak sekali benteng peninggalan mulai dari peninggalan Portugis sampai Belanda.

Tempat-tempat bersejarah tersebut saat ini menjadi destinasi wisata di Ternate Maluku utara yang banyak menarik wisatawan untuk mengunjunginya, Salah satu benteng yang banyak dikunjungi di Ternate adalah Benteng Tolukko dan dahulu benteng Tolukko ini dikenal dengan nama Benteng Hollandia. 

Benteng Tolukko benteng tolukko di ternate benteng tolukko maluku utara sejarah benteng tolukko wisata benteng tolukko sejarah benteng tolukko di ternate letak benteng tolukko benteng tolukko ternate

Benteng Tolukko ini adalah benteng peninggalan Portugis dibangun oleh seorang panglima Portugis yang bernama Fransisco Serao, pada tahun 1540, yang merupakan sebagai benteng pertahanan dalam menguasai cengkih dan juga menguasai dominasinya di antara bangsa Eropa yang lain.

Menurut sejarah Benteng ini diambil alih oleh Belanda pada tahun 1610 dan direnovasi oleh Pieter Both Pada tahun 1864, oleh Residen P. van der Crab, benteng Tolukko ini dikosongkan sementara karena sebagian bangunannya  telah banyak yang mengalami kerusakan.

Pada tahun 1996 sampai dengan tahun 1997 Pemerintah Republik Indonesia mulai melakukan pemugaran benteng agar tetap terjaga sebagai sejarah dan tidak hilang begitu saja termakan oleh waktu.

sejarah benteng tolukko ternate benteng oranje kota ternate sejarah benteng oranye di ternate sejarah benteng oranje di ternate sejarah benteng fort oranje sejarah benteng oranye gorontalo sejarah benteng oranye gorontalo utara sejarah benteng oranje nassau

Benteng Tolukko saat liburan banyak dikunjungi wisatawan, karena memang selain anda bisa menikmati wisata sejarah di ternate ini, benten ini juga lokasinya berada di pada sebuah kompleks taman yang asri.

Jika dilihat benteng ini cenderung dimensi yang kecil, namun jika dilihat dari depan, bangunan Benteng Tolukko terlihat cukup megah karna berada pada posisi tanah yang lebih tinggi. Benteng ini memiliki tiga buah bastion (kubu pertahanan). 

Untuk menuju ke atas benteng kita akan melewati sebuah lorong sempit yang hanya muat dilalui dua orang. Itu pun sudah sangat sempit. Bagian atas benteng ini berbentuk persegi empat. Ada juga sebuah ruangan bawah tanah yang dulu difungsikan untuk menyimpan amunisi perang. 

Untuk memasuki ruangan bawah tanah tersebut terdapat sebuah tangga terbuka yang bisa dilewati siapa saja yang sedang berkunjung ditempat ini.

sejarah singkat benteng tolukko sejarah benteng orange ternate sejarah benteng oranje ternate sejarah singkat benteng orange ternate sejarah benteng kalamata di ternate sejarah benteng kalamata ternate benteng oranje di ternate

Di luar benteng anda akan menemukan pemandangan menarik yaitu banyak kios yang menjual berbagai macam oleh-oleh seperti kaos dengan tulisan “Ternate” bisa dengan mudah anda dapatkan. Tidak ketinggan pula anda dapat menemukan penjual yang menjajakan cengkeh.

Karena di Ternate dari zaman dulu sudah sangat terkenal dengan cengkehnya. jangan lupa jika anda berkunjung dibenteng tolukko ternate ini untuk mengabadikan pemandangan pantai yang sangat indah bisa anda lihat dari atas bangunan benteng.

Baca Juga: Benteng Orange Wisata Sejarah di Ternate Maluku Utara

Lokasi Benteng Tolukko Ternate

Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang yang bisa anda kunjungi alamtanya berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. 

Itu tadi sekilas ulasan singkat mengenai wisata sejarah di Ternate dengan mengunjungi Benteng Tolukko, selain itu anda juga bisa melanjutkan perjalanan untuk menikmati wisata alam Pantai Sulamadaha Sebening Kaca di Ternate Maluku Utara, tempat ini merupakan tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan dengan daya tarik kejernihan air lautnya.

Related Posts