5 Objek Wisata Alam Terunik di Payakumbuh Yang Wajib Kamu Kunjungi

shares |

Obyek Wisata Alam Terunik di Payakumbuh- Payakumbuh adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota yang telah meraih banyak penghargaan ini ternyata memiliki begitu banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pesona alam yang ditampilkandari perpaduan dataran tinggi dan pegunungan yang menjulang tinggi tampak sangat indah sehingga mampu menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Obyek Wisata Alam Payakumbuh tempat wisata alam payakumbuh tempat wisata alam di payakumbuh objek wisata alam di payakumbuh

Begitu banyak obyek wisata yang bisa jadi destinasi liburanyang recomended. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat 5 Objek Wisata Alam Terunik di Payakumbuh Yang Wajib Kamu Kunjungi jika kamu berencana berlibur di sini.

Obyek Wisata Alam Terunik di Payakumbuh

1. Batu Gong di Ngalau Indah

 Batu Gong di Ngalau Indah
Sumber: (https://www.kaskus.co.id/thread/576eb2f598e31bf1548b456b/objek-wisata-ngalau-indah-goa-alam-kota-payakumbuh/)

Ngalau Indah merupakan obyek wisata yang berbentuk gua alam dengan keindahan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi di dalamnya. Obyek wisata yang berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh ini memiliki panjang sekitar 80 km. Kawanan kelelawar menghuni gua ini sehingga menimbulkan suara riuh yang hampir bisa didengar setiap saat. Selain itu, diantara celah-celah langitnya bersarang puluhan burung walet. 

Ngalau Indah berada pada ketinggian 640 meter di atas permukaan laut. Gua ini terdiri atas beberapa bagian dengan bentuk yang unik dan khas. Salah satunya adalah Batu Gong. Batu Gong adalah sebuah batu berlubang yang memiliki bentuk menyerupai kerucut berongga atau mirip dengan lonceng. Batu tersebut berada tepat di sisi kiri dari pintu masuk gua. Batu Gong ini dapat menghasilkan pantulan suara yang nyaring karena keunikan bentuknya. 

Selain Batu Gong, ada juga dua buah batu yang secara vertikal terletak berdampingan dan bentuknya seperti gajah dan jamur. Batu yang berbentuk menyerupai kelambu, payung dan manusia pun ada di sini. Selain menjelajahi gua yang berisi batuan dengan bentuk-bentuk yang unik, kamu juga bisa menikmati indahnya panorama Kota Payakumbuh dari tengah taman Ngalau Indah, ditemani rimbunnya pepohonan dan semilir angin.


2. Air Terjun Lubuk Bulan

Air Terjun Lubuk Bulan
Sumber: (http://id.finspi.com/photo/air-terjun-lubuk-batu-bulan-lima-puluh-koto-sum-1744288)

Air terjun yang terletak di Jorong Kota Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat atau sekitar 4-5 jam dari Payakumbuh ini memiliki pemandangan unik yang pasti akan membuatmu terpukau. Namun, sebelum menikmatinya, kamu harus melewati rute yang cukup berat dan terjal dimana sebaiknya kamu menggunakan motor trail untuk menuju lokasinya, karena memang hanya dapat diakses dengan kendaraan roda dua yang sanggup melewati rute yang menantang. 

Tidak sampai di situ, kamu masih harus berjalan kaki melewati jalan setapak dan ladang kaki yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Air Terjun Lubuk Bulan, dinamakan demikian karena kucuran air yang jatuh ke kolam atau dinamakan juga lubuk yang berbentuk cekungan batu menyerupai bulan. Uniknya, aliran air yang jatuh ke lubuk tidak memiliki aliran seperti sungai, melainkan jatuh menghilang ke bawah lubuk. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata, adanya fenomena ini terjadi karena terdapat sebuah gua yang panjang di bawah lubuk sehingga air yang jatuh langsung terserap ke dalamnya. Air yang jatuh tersebut dapat ditemukan lagi setelah kurang lebih satu kilometer ke arah hilir atau mengalir ke sawah-sawah penduduk. 

Namun belum bisa diketahui pasti ke mana aliran air terjun yang ke bawah tersebut,bahkan oleh penduduk setempat. Uniknya lagi, begitu sampai di Air Terjun Lubuk Bulan ini seperti ada rasa untuk tidak ingin beranjak meninggalkannya. Tertarik untuk mencoba?

3. Lembah Harau

lembah harau
Sumber: (http://www.abcmagz.com/2016/01/objek-wisata-pemandian-sumatera.html)

Jika California, Amerika Serikat memiliki panorama tebing tinggi yang disebut Yosemite. Maka Indonesia punya Lembah Harau yang tak kalah indahnya. Lembah Harau adalah sebuah ngarai yang terletak di dekat Kota Payakumbuh, tepatnya di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Panorama alam Lembah Harau sangat unik dan menakjubkan. Lembah yang diapit oleh dua bukit terjal ini memiliki ketinggian hingga 150 meter dan dikelilingi oleh batu granit terjal yang berwarna-warni dengan ketinggian sekitar 100 – 500 meter.

Lembah Harau merupakan salah satu lembah terindah di Indonesia. Tidak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan, di lembah ini kamu dapat menemukan banyak air terjun. Salah satunya yaitu Air Terjun Bunta atau Bunta Waterfall yang memiliki nama lokal Sarasah Bunta. Air Terjun Bunta ini memiliki pancaran air terjun yang berunta-unta indah jika terpancar oleh sinar matahari. 

Sungguh bagaikan bidadari yang tengah mandi. Oleh karena itu, dinamakan Sarasah Bunta. Ada pula Air Terjuh Sarasah Aie Luluih yang konon ada suatu kepercayaan bahwa bagi siapa yang menggunakan air Sarasah Bunta untuk membasuh muka atau mandi, maka wajahnya akan terlihat cantik dan awet muda. Airnya dipercaya dapat mengobati jerawat. Jadi, bagi kamu yang ingin mengobati jerawat, mungkin Air Terjuh Sarasah Aie Luluih bisa jadi rekomendasi menarik buat kamu. Artikel terkait: Pesona Lembah Harau Kota Payang Kumbuh Sumatera Barat.

4. Danau Tingga di Gunung Sago

 Danau Tingga di Gunung Sago
Sumber: (http://www.kompasiana.com/akbarisation/gunung-sago-misteri-di-balik-sejuta-keindahan_551073d8813311583bbc62ed)

Gunung Sago terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota Payakumbuh. Gunung ini termasuk dalam gugusan gunung yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Gunung yang memiliki keindahan panorama ini memiliki ketinggian 2261 meter di atas permukaan laut. Dikenal juga dengan nama Gunung Melintang. Keunikan dari Gunung Sago adalah di puncaknya terdapat sebuah danau yang bernama Danau Tingga. 

Danau Tingga di Gunung Sago
Sumber: (http://www.panoramio.com/photo/95453003)

Danau Tingga memiliki air yang berwarna hijau dan bau khas belerang. Danau Sago memiliki pemandangan yang sangat indah dengan luas sekitar 1,5 km2. Setiap tahun, di kawasan Gunung Sago diadakan acara Bakajang, yaitu serangkaian kegiatan yang biasanya berupa pidato dan prosesi adat setempat. Kemudian diramaikan dengan berbagai lomba yang berkaitan dengan air. 

Bakajang sendiri merupakan kapal atau sampan yang terbuat dari tripleks dan dilengkapi lubang pada bagian-bagiannya. Uniknya lagi, acara Bakajang ini umumnya diselenggarakan selama lima hari berturut-turut dari satu jorong ke jorong lainnya secara bergilir. Wah, kamu bisa merencanakan liburanmu sambil menyaksikan acara Bakajang yang unik!

5. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram
Sumber: (http://www.lihat.co.id/wisata/tempat-wisata-di-payakumbuh-sumatera-barat.html/attachment/kapalo-banda-taram)

Kapalo Banda Taram terletak di Desa Taram, Kanagarian Taram, Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat. Lokasinya dapat ditempuh sekitar dua puluh menit dari Kota Payakumbuh menggunakan kendaraan bermotor. Obyek wisata yang satu ini terbilang unik karena dilihat dari proses terbentuknya dimana dulunya Kapalo Banda adalah bagian sungai yang dibendung guna saluran irigasi bagi ladang atau sawah penduduk setempat. 

Namun ternyata di tempat ini memiliki potensi yang besar sebagai obyek wisata. Kini Kapalo Banda dikenal sebagai sungai wisata di Payakumbuh. Terdapat pemandangan yang indah di Kapalo Banda dimana di sekelilingnya terdapat pegunungan-pegunungan yang hijau rimbun, airnya yang jernih sehingga terlihat jelas batuan yang berwarna-warni. 


Selain itu, terdapat terasering atau tingkatan seperti tangga di sungai ini. Sungguh pemandangan yang sangat indah. Kamu bisa menikmati panorama sekitarnya sambil menaiki sampan tradisional yang terbuat dari bambu. Tapi ingat untuk tetap berhati-hati, ya!

Itulah 5 Objek Wisata Alam Terunik di Payakumbuh Yang Wajib Kamu Kunjungi ketika kamu berada di sana. Kota dengan sejuta lebih keindahannya ini menyuguhkan panorama yang menakjubkan mata sehingga membuat kamu kembali segar setelah melihatnya. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen indahmu! Selamat berlibur!

Related Posts