Taman Nasional Wakatobi Keindahan Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

shares |

Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi TenggaraTaman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional Wakatobi ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 2002, dengan total luas area sekitar 1,39 juta Ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia Selain Bunaken di Manado dan Raja Ampat di Papua

Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut. Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Di samping keindahan yang disajikan oleh beraneka ragam terumbu karang, taman tersebut juga memiliki ragam spesies ikan. 

taman nasional wakatobi sulawesi taman nasional wakatobi terletak di sulawesi bagian taman nasional wakatobi melindungi taman nasional wakatobi pdf taman nasional wakatobi 2010 taman nasional wakatobi berada di manfaat taman nasional wakatobi sejarah taman nasional wakatobi balai taman nasional wakatobi gambar taman nasional wakatobi

Bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam bawah laut dapat melakukan beberapa kegiatan di Taman Nasional Wakatobi, seperti menyelam, snorkeling dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan berbagai hewan bawah laut dan juga menyaksikan berbagai kebudayaan masyarakat setempat.

Wakatobi sendiri merupakan sebuah daerah/kawasan yang berupa kepulauan berada di propinsi sulawesi tenggara dan salah satu bagian dari daerah Buton yang terkenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata menarik di Indonesia khususnya tentang wisata bahari. Jika anda anda rencana berwisata di Taman Nasional Wakatobi, ada beberapa tempat wisata Pulau di wakatobi yang bisa anda jadikan tujuan wisata di  Sulawesi Tenggara diantaranya adalah sebagai berikut:

Pulau Wangi wangi

Pulau Wangi wangi

Pertama saat anda berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi yang memang terkenal dengan wisata bahari/taman bawah launya anda bisa mengunjungi Pulau Wangi-wangi. Pulau Wangiwangi atau juga masyarakat sekitar menyebutnya Pulau Wanci adalah sebuah pulau di Sulawesi Tenggara yang terkenal akan keindahan lautnya. Di bagian barat berbatasan dengan Pulau Kapota jaraknya cukup dekat sekitar 10 kilometer. 

Di pulau Wangi-wangi terdapat kampung Bajo Mola, masyarakat sekitar banyak yang tinggal di perairan merupakan keunikan kampung ini. Untuk kesana anda bisa menggunakan perahu warga sekitar. Di kampung Bajo kondisi perairannya surut pada sore hari anda bisa mencari dan melihat banyak biota laut karena airnya dangkal. 

Di Pulau ini juga ada bulu babi yang merupakan kiliner favorit warga pulau wangi-wangi. Jika anda penasaran ingin mencobanya, saat di pulau ini anda bisa mencicipi kuliner langsung yang bernama bulu babi tersebut. 

Selain itu yang perlu anda tahu Pulau Wangi-wangi dikenal pula sebagai pusat administrasi Wakatobi. Penduduknya yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan yang sangat ramah terhadap wisatawan yang datang ke pulau ini. Jadi jangan ragu untuk singgah ke sini sebelum melangkahkan kaki ke gugusan Wakatobi lainnya.

Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa merupakan sebuah pulau yang berada di gugusan kepulauan di wilayah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.  terletak di sebelah selatan dari pulau Wangi-wangi, di sebelah utara dari pulau Tomia dan di sebelah barat dari pulau Hoga. 

Melihat lokasinya yang berada di antara gugusan kepulauan di Indonesia, tentu anda sudah bisa membayangkan keindahan alam pulau ini Terutama keindahan bahari dengan jutaan populasi biota laut didalamnya. 

pulau Kaledupa memang masih asing di kalangan traveler, namun jika mendengar kata Wakatobi semua orang pasti langsung terbayang keindahan baharinya yang sudah tidak diragukan lagi. Di pulau kaledupa ada peraturan unik yang harus di patuhi yaitu Jika anda berada di danau anda tidak diperbolehkan membunuh udang merah karena merupakan salah satu peraturan yang telah ada di sana sejak lama. 

Kita tahu menjaga kelestarian danau dan menjaga keaslian alam danau merupakan salah satu tujuan adanya peraturan tersebut di buat. maka dari itu sebagai wisatawan yang baik wajib mentaati peraturan yang ada di Pualau tersebut.

Pulau Tomia

Pulau Tomia

Pulau ini terdapat dua kecamatan yang pertama adalah kecamatan Tomia Induk dan yang kedua adalah kecamatan Tomia Selatan. Di pulau ini juga telah disediakan penginapan untuk di sewa oleh wisata dari luar negeri maupun wisatawan Indonesia yang bernama Tandiono Wakatobi Dive Center harga penginapan di sana lumayan bersahabat. 

Di pulau Tomia selain keindahan pantainya anda juga dapat melihat situs benteng bersejarah yaitu Benteng Patua tempat itu merupakan situs cagar budaya yang ada di kepulauan Tomia, keberadaan situs tersebut di atas bukit yang lumayan tinggi. 

Pulau Hoga

Pulau Hoga

Pulau Hoga sendiri merupakan salah satu pulau di gugusan kepulauan ddi wilayah Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia, yang juga merupakan pulau wisata bawah laut terindah di Dunia. 

Pulau ini terletak di timur Pulau Kaledupa. di tempat ini anda akan disuguhkan berupa deburan ombaknya yang khas dan tenang, Pulau Hoga memang dijadikan salah satu tujuan wisata favorit yang dikunjungi, karena keindahan pantai pasir putihnya yang alami.

Di pulau Hoga anda bisa melihat pesona pantai yang mempesona luar biasa indah, Selain itu anda akan melihat keindahan fauna ikan- ikan yang bewarna-warni di antara terumbu karang yang akan membuat betah anda berlama-lama disini. Di Pulau Hoga anda dapat melakukan freediving menikmati biota bawah laut yang indah inilah yang akan membuat anda bangga dengan keindahan alam Indonesia.

Pulau Binongko

Pulau Binongko


Tujuan wisata yang tak kalah menajubkan dari pulau-pulau yang ada di wakatobi di kawasan taman nasional wakatobi dengan keindahan wisata bahari yaitu pulau Binongko, pulau ini merupakan salah satu gugusan kepulauan di wilayah kabupaten Wakatobi. 

Letak pulau ini tepat di selatan pulau Tomia. Di sana anda dapat menikmati keindahan pantai dan bisa juga Diving dan Sonrkeling di air laut yang jernih dengan kekayaan biota dan terumbu karang yang tidak kalah dengan pulau lainnya di Wakatobi.

Penginapan di Kawasan Taman Nasinal wakatobi Sulawesi Tenggara

Bila Anda sedang liburan di Taman Nasional Wakatobi khususnya di Pulau wakatobi dimana anda juga harus mengetahui tempat penginapan (hotel) di Wakatobi saat berwisata di tempat tersebut, agar anda dapat menentukan dengan mudah mana yang cocok dan nyaman ditempati, tentu saja sesuai dengan budget. 

Menurut informasi ada beberapa penginapan yang direkomendasikan untuk anda. Penginapan yang tersedia di Wakatobi terdiri dari Villa, Resort, dan Bunglow, di pusat kota Wakatobi terdapat hotel yaitu Hotel Wakatobi namun harganya lumayan mahal.


Berikut Penginapan Murah yang Rekomensasikan saat di Wakatobi

Jika wisatawan ingin menginap di Pulau wangi wangi dan iingin tempat yang lebih bersahabat anda juga bisa memilih Hotel Lina yang terletak di Jln. Wolter Monginsidi Mandati II di pulau Wangi-wangi ada juga hotel Al Azizah di wangi-wangi selatan. 

Di Pulau Tomia terdapat sebuah resort kelas internasional tentu saja harganya tidak murah, Resort Patuno Wakatobi anda bisa memilih jikan ingi menginap tentu harus menyeseuaikan budget 

Untuk anda yang ingin menginap di Wakatobi anda dapat menginap di Hotel terdekat dari Wakatobi dan banyak Resort yang sudah tersedia, Bahkan anda bisa menyewa rumah penduduk. Untuk menginap di Hotel atau Menyewa rumah tarifnya bisa berkisaran ratusan ribu.

Rute / Akses Perjalanan Menuju Kawasan Taman Nasional Wakatobi Sulteng

Jika anda ingin berwisata ke taman nasional wakatobi khususnya di Pulau wakatobi dimana anda harus tahu terlebih dahulu akses wisata ke wakatobi. jika anda ke Wakatobi anda dapat mengakses langsung melalui jalur udara, jalur laut dan tidak melalui jalur darat. 

Untuk perjalanan udara anda bisa menggunakan Penerbangan Matahora di Wangi-wangi (Wanci) dari Makassar dan ada juga dari Kendari ke Wakatobi. Bisa juga menggunakan cara lain yaitu dengan jalur laut, anda bisa menggunakan Kapal laut dengan rute Kendari - Bau-bau - Wanci dan Kendari - Wanci. 

Untuk dapat masuk ke Taman Nasional Wakatobi anda akan melalui Pintu Gerbang utama yakni Pulai Wangi-wangi atau Wanci. Jangan lupa baca juga: 12 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi.

Related Posts