5 Tempat Wisata Tercantik Selain Pantai di Papua Yang Paling Populer

shares |

Tempat Wisata Tercantik Selain Pantai di Papua- Jika kamu berpikir bahwa Indonesia tak lebih indah dari negeri Eropa, maka kamu salah besar. Negeri ini memiliki sejuta lebih keindahan alam yang tak akan habis kita jelajahi dari Sabang sampai Merauke.

Kali ini, cobalah berkunjung ke Papua!Sebuah provinsi yang terkenal dengan penduduknya yang berkulit hitam ini ternyata memiliki sangat banyak tempat wisata yang akan membuatmu terpukau dan bangga menjadi warga Indonesia.


Tempat Wisata Tercantik Selain Pantai di Papua Yang Paling Populer

Papua memang terkenal dengan pantainya, namun sebenarnya wilayah ini masih punya banyak tempat wisata cantik selain pantai yang dapat kamu kunjungi. Berikut ini 5 Tempat Wisata Tercantik Selain Pantai di Papua yang bisa jadi destinasi liburanmu.

Tempat Wisata Tercantik Selain Pantai di Papua Yang Paling Populer
1. Puncak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya

Puncak Jayawijaya adalah salah satu bentuk keajaiban di dunia. Bagaimana tidak? Indonesia sebagai negara beriklim tropis sepanjang tahun tidak memungkinkan untuk turunnya salju. Namun, salju abadi di Puncak Gunung Jayawijaya menjawab bahwa setiap keajaiban dapat terjadi dimana saja, Termasuk Indonesia.

Salju abadi ini terhampar luas di puncak gunung tertinggi di Indonesia tersebut. Keindahannya yang luar biasa telah dikenal oleh berbagai wisatawan baik lokal maupun asing. Ketika matahari bersinar cerah, hamparan salju abadi akan memantulkan cahaya matahari yang menyilaukan mata namun sungguh menakjubkan.

Puncak Jayawijaya atau yang dikenal juga sebagai Piramida Cartenz termasuk dalam Tujuh Puncak Benua (SevenSummit) yaitu tujuh puncak yang menjadi incaran para pendaki di dunia. Berada di puncaknya merupakan impian para pendaki gunung. Butuh perjuangan yang berat untuk sampai di sana.

Berbagai macam tantangan yang berat harus kamu hadapi dimana jika kamu ingin menaklukannya maka perlu persiapan fisik yang kuat. Kondisi alam di sekitar Puncak Jayawijaya begitu terjal, temperatur rendah (sangat dingin), angin kencang dan kadar oksigen yang rendah.
2. Lembah Baliem

Lembah Baliem
Lembah Baliem dikenal juga sebagai Grand BaliemValley. Tempat ini merupakan tempat tinggal Suku Dani yang terletak di Desa Wosilimo, sekitar 27 km dari Wamimena, Papua. Lembah ini menjadi tujuan paling utama turis yang ingin menyaksikan keindahan alam yang luar biasa dan penduduknya yang sederhana.

Suku Dani disebut sebagai suku asli peradaban jaman batu yang merupakan salah satu dari peninggalan peradaban tertua yang masih bertahan, lepas dari kondisi yang berat dan kemajuan teknologi di era yang semakin modern ini.
Lembah Baliem memiliki sebuah perayaan yang membuatnya terkenal hingga mendunia. Perayaan itu adalah Festival Budaya Lembah Baliem atau yang disebut juga Festival Lembah Baliem. Festival Lembah Baliem merupakan kegiatan berupa prosesi perang di antara 3 suku yaitu Suku Dani, Suku Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan.

Festival ini menjadi ajang adu kekuatan antarsuku dan telah berlangsung turun-temurun. Meski demikian, festival ini tentunya aman untuk kamu nikmati. Festival ini digelar selama tiga hari berturut-turut pada bulan Agustus bertepatan dengan bulan perayaan kemerdekaan Indonesia. Bagi mereka, perang merupakan tradisi yang telah turun-temurun dimana perang tersebut memiliki makna yang dalam.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Papua Terkenal Yang Perlu Anda Tahu

3. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz
Sumber: (https://www.triptrus.com/destination/1804/taman-nasional-lorentz)

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional Papua yang dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO pada tahun 1999.Nama taman ini sendiri diperoleh dari penjelajah asal Belanda yang bernama HendrikusAlbertus Lorentz yang telah melakukan ekspedisi pada tahun 1909.
Beliau telah melakukan ekspedisi ke tempat tersebut sebanyak 10 kali, loh!Taman Lorentz memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang luar biasa baik dari segi tanaman asli, hewan dan budaya dari penduduk aslinya.

Di taman ini kamu bisa melihat berbagai jenis satwa, seperti kanguru, kuskus, kucing liar, walabies, babirusa, kasuari, beo, burung udang, burung cendrawasih dan masih banyak lagi lainnya. Taman Nasional Lorentz memiliki luas sekitar 2,4 juta hektar. Taman inimerupakan taman nasional terbesar yang terdapat di Asia Tenggara.
Wilayah Lorentz ditunjuk sebagai taman nasional sejak tahun 1997. Fasilitas atau sarana untuk menunjang akses pengunjung masih sangat terbatas.Sebagian objek dan daya tarik wisata alam di Taman Nasional Lorentzbelum diidentifikasi dan dikembangkan.

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam, mengamati berbagai spesies langka yang mungkin tidak akan kamu temui di kebun binatang atau hutan manapun. Selain itu, ada sebanyak 34 tipe vegetasi yang menempati wilayah ini.

Tipe vegetasi tersebut antara lain yaitu hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput dan lumut kerak.Wow, menakjubkan sekali ya! Artikel terkait: Taman Nasional Lorentz Situs Warisan Dunia.
4. Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja
Sumber:(http://pesonawisataindonesia.com/pesona-wisata-manokwari-taman-wisata-alam-twa-gunung-meja/)
Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja di pusat kota Manokwari, Papua Barat memiliki fungsi utama sebagai pariwisata dan rekreasi alam, perlindungan sistem penyangga kehidupan dan pengawetan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan keunikan alam.

Meski demikian, pemerintah setempat belum memberikan perhatian yang khusus dalam menangani dan menyikapi kawasan pelestarian tersebut.TWA Gunung Meja memiliki ketinggian hingga 175 meter di atas permukaan laut.

Kawasan Gunung Meja memiliki topografi yang bervariasi, Mulai dari daratan yang berbentuk datar sampai bergelombang ringan hingga berat, pada beberapa daerah di tempat tersebut dijumpai jurang yang terjal dan lereng yang tajam.
Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru di TWA Gunung Meja, antara laintracking, hiking (mendaki) dan lain-lain. Pemandangan yang ada di dalamnya akan memanjakan mata kamu. Apalagi terdapat beraneka ragam flora hutan tropis yang memiliki bentuk unik.

Destinasi wisata yang satu ini dipercaya memiliki ratusan jenis pohon, puluhan jenis perdu, semak, liana dan paku serta tanaman herbal. Ada pula belasan jenis anggrek dan beberapa jenis palem dan rotan yang hidup di dalamnya.

Pastinya wisata alam ini sangat tepat untuk sarana berlibur dan juga edukasi agar kita lebih mencintai tanah air.Artikel terkait: Taman Wisata Alam Gunung Meja, Manokwari Papua Barat.
5. Tugu MacArthur

Tugu MacArthur
Sumber: (https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g6208762-d8504728-i156973655-MacArthur_Monument-Sentani_Papua.html)
Tugu MacArthur terletak di Ifar Gunung, Jayapura yang merupakan tugu penghormatan bagi Jenderal Douglas MacArthur yakni Jenderal Besar Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Tugu MacArthur sendiri adalah sebuah tugu setinggi 3 meter yang berwarna kuning dan hitam dengan lambang anak panah dan pedang di tengahnya.

Terdapat tulisan sejarah tentang Jenderal Douglas MacArthur dalam Bahasa Indonesia dan Inggris di atasnya. Selain itu, di sana terdapat sebuah museum dimana kamu bisa melihat peninggalan sejarah berupa foto-foto dan tulisan sejarah perjalanan militer Jenderal MacArthur.

Tugu MacArthur merupakan saksi kejayaan jenderal besar yang telah membuat strategi perang besar. Selain mengamati tentang sejarah, di sini kamu bisa menikmati panorama alam Kota Jayapura, Danau Sentani dan Lapangan Terbang BandaraSentani dari ketinggian.

Kamu bisa beristirahat sambil duduk santai di kursi taman yang telah disediakan tepat di bawah pohon besar yang rindang.
Itulah 5 Tempat Wisata Tercantik Selain Pantai di Papua Yang Paling Populer bisa kamu kunjungi. Kamu bukan hanya bisa berwisata, tetapi juga mengenal dan belajar tentang biologi dan sejarah di tempat-tempat tersebut. Jadi, semakin bangga dan bersyukur menjadi bagian dari negeri tercinta ini, Indonesia!

Related Posts