7 Tips Liburan Ke Bali Ala Backpacker

shares |

Tips Liburan Ke Bali Ala Backpacker- Kegiatan atau rutinitas yang menyibukkan tentu akan membuat penat apabila tidak diselangi dengan berlibur. Liburan tentu sangat diinginkan oleh semua orang untuk melepas rasa penat akibat aktivitas sehari-hari. Jika kamu mulai penat, tandanya kamu harus pergi berlibur. Berliburlah ke suatu tempat yang memiliki daya tarik yang untuk di kunjungi. 

Siapa yang tidak tahu akan Bali? Bali sangat terkenal dengan keindahan alam dan obyek wisatanya. Bali merupakan wisata yang menjadi sorotan para turis, baik dari turis lokal maupun mancanegara. Wisata yang menjadi andalan di Bali adalah Bedugul dan Pantai Kuta yang memiliki panorama pantai yang sangat indah. 

Tips Liburan Ke Bali Ala Backpacker tips wisata ke bali ala backpacker tips liburan di bali ala backpacker tips liburan ke bali ala backpacker

Sebagian orang pasti ingin pergi berlibur ke Bali. Sebagian orang yang ingin pergi berlibur ke Bali, belum pernah kesana dan disanapun tidak memiliki kenalan ataupun keluarga. Ada juga yang ingin pergi berlibur ke Bali namun hanya memiliki sedikit budget. 

Walaupun berlibur ke Bali terkenal mahal, tetapi sebenarnya biaya pergi ke Bali bisa menjadi murah apabila kita telah merencanakan semua hal yang diperlukan dengan matang. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin berlibur ke Bali dengan budgetminim, terapkan “Tips Liburan Ke Bali Ala Backpaker” ini yang akan buat liburanmu di Bali lebih seru.

Terakhir, jangan lupa rencanakan kapan kamu akan pulang dari Bali setelah selasai berlibur. Sedangkan untuk anggaran, persiapkan uang sesuai dengan keperluan untuk mengantisipasi pengeluaran liburan yang berlebih. Supayatimbul rasa aman saat mengeluarkan anggaran berlibur, hendaklah untuk tidak menarik uang cash terlalu banyak, jadi gunakan uang di-ATM (jika ada) seperlunya saja. 

Jika kamu tidak punya ATM, maka kamu harus pandai-pandai berhemat dan mengatur keuanganmu. Jangan Boros ya, guys!

Padahal tujuan awalnya ingin menikmati indahnya Bali dengan ketenangan, tapi justru bising yang kamu dapatkan. Oh, tidak!Kalian bisa mengambil cuti dari pekerjaan selain hari libur nasionalagar dapat berwisata ke Bali. Selanjutnya, dianjurkan untuk mengunjungi Bali pada saat musim yang bagus (red: bukan ketika cuaca buruk), supaya liburan kalian tidak akan terganggu oleh cuaca yang tak bersahabat.

Apabila keberangkatan/ kepulangan ke Bali menggunakan pesawat terbang dianjurkan untuk membeli tiket dengan penerbangan pada malam hari,  karena penerbangan pada pagi atau siang hari lebih mahal daripada malam hari. Membeli tiket pesawat pada jauh-jauh hari juga akan berpotensi mendapatkanpromo murah. Biasanya berupa potongan harga tiket.

Tempat yang menjadi rekomendasi terakhir yaitu di daerah Nusa Dua, dimana tarif permalamnya adalah sekitar 160 ribu sampai 180 ribu rupiah. Biaya penginapan tersebut akan menjadi lebih murah lagi apabila menginap selama tiga hari berturut-turut. 

Meskipun harga penginapan tersebut terbilang murah, tapi jangan khawatir akan fasilitasnya. Penginapan tersebut memiliki fasilitas yang cukup bagus, dimana kamarnya dilengkapi dengan kamar mandi dalam, tempat tidur dan kipas angin. 

Banyak sekali penyewaan kendaraan di Bali yang dapat kita pinjam. Menyewa kendaraan tentu lebih murah dibandingkan menaiki jasa transportasi, sehingga dapat menghemat pengeluaran. Bagi wisatawan yang tidak menyewa kendaraan, untuk mengunjungi wisata yang akan didatangi juga bisa menggunakan transportasi umum. Salah satu transportasi umum yang memiliki tarif terjangkau adalah bus, dokar dan bemo.

Namun yang menjadi pokok permasalahan dari mencari tempat makan di Bali adalah, tidak semua tempat makan menyajikan makan halal. Bagi kamu yang muslim, halal tentu menjadi prioritas utama, bukan? Maka dari itu carilah informasi dari tempat makan tersebut sebelum membeli makan di tempat tersebut. 

Para supir transportasi umum seperti taxi juga dapat mengantarkan kita pada tempat makan yang halal apabila kita memintanya. Pasar Seni di Bali yang bisa kamu kunjungi yaitu Pasar Kumbasari, Pasar Seni Sukawati, danPasar Seni Tanah Lot yang ada di daerah Denpasar. 

Di pasar tersebut menjual berbagai macam cenderamata yang memiliki kualitas yang sama seperti yang dijual di toko modern, namun istimewanya di sini kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang jauh lebih murah.Kamu dapat memborong cenderamatasebagai oleh-oleh bagi teman dan keluarga dengan harga yang murah dan kualitas yang bagus.

1. Buatlah Rencana dan Persiapkan Anggaran
Sebelumpergi ke Bali tentunya kita harus membuat rencana. Pertama, rencanakan kapan waktunya kita akan pergi berlibur ke Bali. Kedua, rencanakan apa saja perlengkapan yang akan dibawa kesana supaya kita tidak harus membawa perlengkapan yang terlalu berat. 

Bawalah hanya barang-barang yang dibutuhkan saja. Selanjutnya rencanakan juga ke mana saja tempat yang akan dikunjungi, kalau bisa buatlah jadwal perjalananmu untuk mengefisiensikan waktu. 

2. Carilah Jadwal Keberangkatan yang Tepat untuk Pergi ke Bali
Carilah waktu yang tepat saat akan pergi berlibur ke Bali. Hindarilah berlibur pada saat hari libur nasional, karena bisa dipastikan pada saat musim liburan harga wisata di Bali akan meningkat drastis. Ini bisa menguras isi kantongmu secepat kilat. 

Pada saat libur nasional juga merupakan musim padat pengunjung, sehingga kamu bakal mengalamiantrian yang cukup panjang dan keramaian area wisata yang pasti menggagu liburan kalian. 

3. Pesanlah Tiket Keberangkatan dan Kepulangan dari  Bali 
Sebaiknya kamu memesan tiket keberangkatan ke Bali dan juga kepulangan dari Bali jauh-jauh hari sebelum hari-H. Hal ini dilakukan supaya kamu mendapatkan tiket keberangkatan atau kepulangan dengan harga yang lebih terjangkau. 

Apabila kita membeli tiket pada hari-H keberangkatan/ kepulangan, biasanya kita akan mendapatkan tiket yang lumayan mahal. 

4. Carilah Penginapan yang Paling Tepat
Carilah tempat penginapan untuk tempat kita bermalam saat berlibur di Bali. Banyak sekali hotel atau tempat penginapan di Bali. Jadi, pilihlah yang tepat yakni penginapan yang sesuai dengan kamu namun harga tetap terjangkau. Rekomendasi buat kamu, penginapan tersebut dapat kita temukan di daerah Jalan Legian dan Jalan Poppy Lane. 

Di daerah tersebut kita hanya membayar penginapan berkisar antara 100 ribu sampai 350 ribu rupiah. Di daerah Kuta juga terdapat losmen yang harganya mulai 70 ribu rupiah per malam. 

5. Sewalah Kendaraan atau Carilah Alat Transportasi
Tips ke 5 agar mempermudah kita pada saat mengunjungi tempat wisata di Bali yang telah direncanakan sebelumnya, sewalah kendaraan di Bali baik motor ataupun mobil. Mungkin kita juga bisa hanya dengan berjalan kaki untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, tetapi apabila kita ingin mengunjungi tempat wisata yang cukup jauh dari tempat penginapan serta kita ingin mengelilingi kota Bali tentu diperlukansatu kendaraan. 

6. Carilah Tempat Makan yang Sesuai
Tempat makan di Bali tentu menjadi salah satu wisata yang kita datangi sebagai wisata kuliner. Banyak sekali tempat makan di Bali yang tidak hanya menyajikan makanan-makanan yang enak namun juga menyajikan tempat yang bagus dan unik serta terjangkau oleh wisatawan. 

Suasana tempat makan tersebut tersaji secara tradisional sampai modern. Tempat makan di Bali juga ada yang bersifat outdoor yaitu tempat makan di pinggir pantai sambilmenikmati sunset. 

7. Membeli Souvenir/Oleh-oleh
Pada saat kita pergi berlibur pastinya akan ada teman atau para saudara yang mengharapkan agar dibawakan oleh-oleh setelah berlibur. Tapi tanpa permintaan dari merekapun,sebaiknya kamumembelikan sebuah cenderamata dari Bali untuk orang spesial (red: jika budget-mu memadai). 

Jangan khawatir bagi kalian yang tidak memiliki budget yang cukup banyak, kalian bisa mendapatkan harga cenderamata dengan harga miring di Pasar Seni. 


Jadi itulah beberapa “Tips Liburan Ke Bali Ala Backpaker” yang bisa kamu praktekkan. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang berencana liburan ke Bali.

Related Posts