5 Wisata Alam Paling Terkenal di Jawa Barat

shares |

Wisata Alam di Jawa Barat- Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan Suku Sunda sebagai penduduk aslinya. Provinsi yang memiliki wilayah yang cukup luas dengan Bandung sebagai ibukotanya ini, menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia sebagai destinasi wisata.

Keindahan alam obyek wisata yang ada di Jawa Barat begitu menakjubkan sehingga menarik banyak wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara.

Wisata Alam di Jawa Barat objek wisata alam di jawa barat wisata alam terindah di jawa barat obyek wisata alam di jawa barat wisata alam di kuningan jawa barat wisata alam di garut jawa barat

Bagi kamu yang berada atau ingin berwisata ke Jawa Barat, sangat disayangkan jika sampai melewatkan 5 Wisata Alam Paling Terkenal di Jawa Barat ini. 

Wisata Alam Paling Terkenal di Jawa Barat

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu  gunung tangkuban perahu meletus gunung tangkuban perahu terletak di gunung tangkuban perahu bandung gunung tangkuban perahu lembang gunung tangkuban perahu sebelum meletus gunung tangkuban perahu subang gunung tangkuban perahu di gunung tangkuban perahu meletus 2015 gunung tangkuban perahu berada di provinsi
Sumber:(http://www.ragamtempatwisata.com/2013/09/gunung-tangkuban-perahu-wisata-favorite bandung.html)

Gunung Tangkuban Perahu terkenal sebab bentuknya yang menyerupai perahu terbalik dan menjadikannya sebagai maskot dan wisata alam yang terkenal hingga ke luar negeri.Gunung yang terletak sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung atau tepatnya di Cikole, Lembang inimemiliki pemandangan yang aduhai indahnya.

Panorama yang ditampilkan dari perpaduan hutan pinus yang rimbun dan hamparan hijaunya kebun teh di sekitarnya adalah salah satu yang diincar wisatawan. Di sini, suhu harian pada siang hari sekitar 17oC dan sekitar 2oC pada malam hari. Jadi, bagi kamu yang tidak tahan dengan suhu rendah, persiapkan jaket tebal ya!

Gunung Tangkuban Perahu ini masih berstatus aktif dengan catatan letusan terakhir pada tahun 2013. Meski demikian, gunung ini dinilai masih berstatus aman untuk dikunjungi. Hampirsetiap tahunnya di hari libur nasional, Gunung Tangkuban Perahu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain karena pesona alamnya yang sangat eksotis, di sini kamu juga bisa menikmati keindahan dan keunikan 3 kawah terkenal, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas. Untuk menikmati semua fasilitas menarik dari Gunung Tangkuban Perahu, pada hari Senin – Jum’at kamu cukup mengeluarkan Rp 20.000,-/orang saja sebagai tiket masuknya. 

Sedangkan untuk biaya parkir mobil Rp 25.000, bus Rp 110.000,- dan motor Rp 12.000,-. Sementara pada akhir pekan (Sabtu - Minggu) tiket masuk naik menjadi Rp 30.000,-/orang. Sedangkan untuk biaya parkir mobil menjadi Rp 35.000, bus Rp 150.000,- dan motor Rp 17.000,-. Harga yang cukup terjangkau untuk memanjakan diri dengan pemandangan yang menakjubkan.

2. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran pantai pangandaran 2016 pantai pangandaran hari ini pantai pangandaran batu hiu pantai pangandaran bandung pantai pangandaran terdapat di pantai pangandaran cilacap pantai pangandaran tasikmalaya pantai pangandaran barat pantai pangandaran batu karas pantai pangandaran pananjung pangandaran jawa barat
Sumber:(http://www.wovgo.com/2016/01/26/pantai-pantai-di-jawa-barat/pantai-pangandaran/)

Pantai Pangandaran terletak di bagian tenggara Provinsi Jawa Barat atau tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan Pantai Kuta di Bali. Baca Juga: Tempat wisata Dekat Pantai Kuta Bali Sayang Untuk Anda Lewatkan.

Karena keindahan yang dimilikinya, Pantai Pangandaran dinobatkan sebagai Pantai Terbaik di Jawa Barat. Maka tak heran, jika obyek wisata yang satu ini telah dikenal oleh sebagian besar wisatawan baik lokal maupun internasional.

Hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Pantai Pangandaran adalah panorama alam dari pasirnya yang putih halus, perairannya yang jernih dan bersih. Pantai ini menjadi favorit banyak orang, apalagi di akhir pekan atau hari libur nasional.

Kamu bisa berfoto, menyusuri pantai, berenang atau menikmati indahnya bawah laut melalui permukaan dengan menyewa perahu nelayan di sekitarnya. Jika kamu belum punya cukup uang untuk menikmati indahnya Pantai Kuta di Bali, maka Pantai Pangandaran bisa jadi yang paling recomended untuk kamu kunjungi terlebih dahulu.


3. Green Canyon

Green Canyon green canyon indonesia green canyon karawang green canyon banten green canyon ciamis green canyon bogor green canyon pandeglang green canyon cariu green canyon semarang green canyon majalengka
Sumber:(http://piknikasik.com/green-canyon-pangandaran-wisata-alam-jawa-barat-yang-harus-kamu-kunjungi)

Green Canyon atau yang dikenal dengan Cukang Taneuh terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Pangandaran. Destinasi wisata yang bisa ditempuh sekitar 31 km dari Kota Pangandaran ini dinamakan Green Canyon karena air sungainya yang begitu jernih kehijauan dan sisi-sisi tebing yang ditumbuhi lumut hijau yang berlimpah.

Destinasi wisata yang satu ini menawarkan banyak fasilitas yang membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjunginya. Pertama, kamu bisa menyusuri sungainya yang super jernih dengan ban sambil menikmati pemandangan ikan-ikan yang berenang di dalamnya.

Kedua, kamu dapat melakukan aktivitas susur gua dan mengamati keindahan stalaktit dan stalagmit di sepanjang gua menggunakan perahu. Ketiga, kamu bisa memacu adrenalin dengan memanjat tebing atau terjun ke sungai dari tebing batu yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Dan masih banyak fasilitas lainnya yang bisa membuat liburanmu terasa menyenangkan.

Wow... sensasi yang luar biasa, bukan? Semua fasilitas menarik tersebut bisa kamu nikmati dengan membayar tiket masuk berkisar Rp 150.000,- - Rp 250.000,- atau tergantung pada paket wisata yang kamu ambil.

4. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey kawah putih ciwidey 2016 kawah putih ciwidey tiket masuk kawah putih ciwidey jawa barat kawah putih ciwidey tutup jam berapa kawah putih ciwidey penginapan kawah putih ciwidey harga tiket
Sumber: (http://gambaru.me/tempat-wisata-di-ciwidey-bandung/)

Kawah Putih Ciwidey adalah sebuah danau yang tercipta akibat dari letusan Gunung Patuha.Kawah Putih merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal karena pemandangan alamnya yang sangat indah, unik dan mempesona.

Lokasinya berada di Ciwidey, Jawa Barat atau sekitar 50 km dari arah selatan Kota Bandung. Tanah di sekitar kawah ini berwarna putih akibat dari percampuran unsur belerang. Keunikan dari tempat wisata yang satu ini adalah warna air danaunya dapat berubah-ubah.Terkadang berwarna putih kehijauan, putih salju atau menyesuaikan dengan kadar belerang yang terkandung di dalamnya, suhu dan cuaca.

Destinasi wisata yang berada di ketinggian 2400 meter dari permukaan laut ini memiliki suhu yang terbilang rendah, yakni sekitar 8-22oC. Bagi kamu yang tidak tahan dengan udara dingin, sangat disarankan untuk memakai jaket tebal dan masker.

Selain sebagai tempat wisata, Kawah Putih Ciwidey juga kerap menjadi tempat aktivitas atau kegiatan lain, seperti lokasi syuting film, foto prewedding, mendaki atau obyek sebuah lukisan. Harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey yaitu Rp 15.000,-/orang setiap harinya. Ya, dari Senin – Minggu. Harga yang cukup terjangkau untuk pengalaman berwisata yang mempesona. 

5. Puncak Bogor

Puncak Bogor puncak bogor jawa barat puncak bogor hari ini puncak bogor tempo dulu puncak bogor kabupaten cianjur jawa barat indonesia puncak bogor malam puncak bogor macet puncak bogor hotel puncak bogor pagi hari
Sumber: (http://www.inditourist.com/read/udara-segar-dan-kebun-teh-di-puncak-bogor.html)

Destinasi wisata yang terkenal di Jawa Barat selanjutnya adalah Puncak Bogor. Kawasan wisata yang selalu menjadi incaran warga ibukota maupun sekitarnya di libur nasional ini sudah sangat terkenal karena keindahan alamnya yang sangat memukau.

Puncak Bogor memiliki berbagai sarana rekreasi yang akan memanjakan kamu dan keluarga. Ada hamparan luas Perkebunan Teh  Gunung Mas dan Gantole (Paralayang).Selain itu, kamu bisa berkunjung ke Taman Wisata Matahari, Taman Safari, Kebun Bunga, Riung Gunung dan Masjid Atta’awun, sebuah masjid yang memiliki arsitektur yang khas.

Ada juga beberapa curug atau air terjun yang memiliki panorama alam yang indah. Diantaranya adalah Curug Panjang yang terletak di kawasan wisata Megamendung. Kamu bisa menjelajahi sungainya yang jernih dan berbatu licin. Curug Cilember yang berada di Desa Jojogan, Kecamatan Cisarua Puncak, yang memiliki keunikan tersendiri yakni terdapat 7 curug yang terletak berderetan dengan pemandangannya yang luar biasa indah.

Dan masih banyak lagi tempat-tempat menarik di dalamnya yang bisa kamu kunjungi. Jika kamu ingin berwisata ke Puncak Bogor, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi (mobil) agar banyak tempat yang bisa kamu datangi dengan leluasa karena akses kendaraan umum cukup sulit di sini.

Itulah beberapa tempat Wisata Alam Paling terkenal di Jawa Barat yang pasti membuat liburanmu makin seru. Berliburlah dengan bijak dan jangan lupa membuang sampah pada tempatnya. Ajaklah keluarga, sahabat, teman dan orang-orang kesayanganmu untukmenikmati indahnya wisata alam Jawa Barat! Baca juga: Pesona Wisata Alam Telaga Warna Puncak Bogor.

Related Posts