7 Wisata Paling Unik di Pangandaran Yang Buat Kamu Makin Hitz

shares |

Wisata Paling Unik di Pangadaran- Berwisata, piknik atau sekedar jalan-jalan santai telah menjadi konsumsi yang perlu kamu lakukan. Entah itu di akhir pekan, akhir bulan atau akhir tahun. Bagi kamu yang super sibuk dengan tanggungan pekerjaan yang menumpuk seperti gunung, pasti bosan jika hari libur hanya berdiam diri di rumah. Sesekali pergilah berwisata untuk menyegarkan pikiran Anda agar kembali fresh. Ajaklah keluarga, teman dan orang-orang tercinta untuk mengeksplor keindahan alam Indonesia. 
Salah satu destinasi wisata yang recommended buat kamu adalah Pangandaran. Selain terkenal dengan keindahan pantainya yang sampai ke mancanegara, disini masih banyak destinasi wisata alam yang mampu memanjakan diri kamu agar kembali bersemangat. Bukan hanya menyuguhkan keindahan panorama, tetapi ada keunikan yang beragam yang harus kamu lihat ketika kamu berwisata di Pangandaran.

 Wisata Paling Unik di Pangandaran
1. Pantai Karapyak, Pantai Karang dan Padang Rumput Laut Hijau

Pangandaran memang terkenal dengan keindahan panorama pantainya yang indah dan menawan hati. Ya, menawan hati kamu! Hehe. Salah satu pantai yang memiliki keunikan adalah Pantai Karapyak. Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Ciamis atau sekitar 20 km dari Pantai Pangandaran, menyimpan keunikannya tersendiri. Dimana kamu bakal menemukan perpanduan keindahan karang dan berbagai jenis rumput laut yang warna-warni. Kamu bakal bisa berfoto ria di antara padang rumput laut yang hijau atau di petak-petak kolam berkarang. 

7 Wisata Paling Unik di Pangadaran Yang Buat Kamu Makin Hitz

Selain itu, kamu bisa melihat berbagai jenis binatang laut yang super lucu dan unik, seperti teripang, bintang ular, bulu babi dan masih banyak lagi. Namun, keindahan ini hanya dapat kamu nikmati sekitar pukul 04.30 – 09.00 WIB atau saat keadaan masih surut. Ketika laut mulai pasang, maka dengan berat hati kamu hanya menikmati keindahan pantai yang biasa kamu temukan di tempat lain. Jadi, jika kamu ingin menikmati keindahan tersebut, datanglah di pagi buta dan jangan lupa membawa waterproff.

2. Cukang Taneuh, Green Canyon Mempesona

Jika di luar negeri, tepatnya Colorado, Amerika Serikat memiliki Grand Canyon, maka Indonesia memiliki Green Canyon. Plesetan dari nama aslinya Cukang Taneuh (Jembatan Tanah). Uniknya, ngarai yang terbentuk dari erosi tanah akibat aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit mampu menciptakan pemandangan yang aduhai. Kamu bisa menikmati menjelajahi sungai yang  diapit oleh dua bukit bebatuan tinggi dan rimbunnya pepohonan dan airnya super segar. Keren deh pokoknya!

Cukang Taneuh, Green Canyon Mempesona
Sumber: Libur Mulu (http://liburmulu.com/liburan-di-green-canyon-pangandaran/)

Kamu bisa sampai ke sini dengan dan harus menyewa perahu kayuh atau sampan dari Dermaga Cisareuh dengan Rp 75.000,- untuk maksimal 5 orang. Perjalanannya sekitar tiga puluh menit. Bukan hanya menjelajahi sungai di antara gua, kamu juga bisa melakukan hal lain seperti panjat tebing, berenang atau memancing. Dan jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga ini!

3. Goa Sumur Mudal, Goa Tenggorokan Manusia

Goa Sumur Mudal, Goa Tenggorokan Manusia
Sumber: Tekoo (http://tekooo.com/pesona-goa-sumur-mudal/)

Jika dilihat dari namanya, tempat ini sudah terlihat keunikannya. Tempat wisata yang satu ini berada di obyek wisata cagar alam Pangandaran. Goa Sumur Mudal adalah sebuah nama yang diberikan karena di dalamnya terdapat sebuah cekungan mirip sumur bermata air yang sangat deras sampai meluap (mudal), saking derasnya air tersebut mengalir melalui parit gua. Pemandangan berbagai bentuk stalaktit dan stalagmit seperti tenggorokan manusia, dan relief alam yang indah bak dinding candi yang terlukis di dinding goa menjadi keunikan tersendiri. Kamu akan merasakan sensasinya menyusuri candi di dalam gua yang basah dan gelap. Jangan datang malam-malam ya! Jika kamu berencana ke sana, jangan lupa bawa senter! Hihi.

4. Curug Bojong, Air Terjun Penuh Lika-Liku

Curug Bojong, Air Terjun Penuh Lika-Liku
Sumber: Detik Pangandaran (http://www.detikpangandaran.com/2016/03/curug-bojong.html)                      

Nama Curug Bojong diberikan oleh masyarakat sekitar karena aliran sungai Curug Bojong berasal dari Kampung Bojong. Keindahan panorama Curug Bojong yang begitu epik adalah keunikan yang harus kamu lihat saat kamu berwisata ke Pangandaran. Kamu bisa menikmati pemandangan Curug Bojong yang luas dengan batuan super besar, berliku, licin dan di beberapa sisinya terdapat cekungan sehingga aliran air jatuh di bawahnya. Berbeda dengan curug pada umumnya yang hanya memiliki satu arah keluarnya air dan itu biasanya dari jarak atau ketinggian yang menjulang. Selain itu, di tepi Curug Bojong terdapat hutan yang rimbun dan hijau sehingga memberikan sensasi dingin dan sejuk tersendiri. Untuk bisa menikmatinya, kamu hanya perlu menempuh jarak ± 6 km dari Pangandaran.


5. Pantai Batu Hiu, Pantai Hiu Raksasa

Pantai yang dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat ini tak kalah indahnya dengan Pantai Pangandaran lainnya. Sebuah keunikan muncul karena adanya batu besar yang menjorok ke lautan yang bentuknya seperti sirip hiu. Hal ini pula yang menjadikan pantai ini dinamakan Pantai Batu Hiu. Kamu bisa menikmati keindahan yang luar biasa dari atas bukit yang terdapat di pantai ini, ditemani suara deburan ombak dan pemandangan birunya samudra yang terpampang begitu luas. 

Pantai Batu Hiu, Pantai Hiu Raksasa
Sumber: Tempat Wisata (http://www.tempatwisatamu.com/tempat-objek-wisata-pantai-batu-hiu.html)

Uniknya lagi, untuk sampai ke atas bukit, kamu harus melewati gerbang-gerbang bukit berupa terowongan kecil yang bentuknya menyerupai Ikan Hiu. Jadi, seolah-olah kita masuk ke dalam mulut Ikan Hiu. Kamu juga bisa bermain air di pantai ini, namun berhati-hatilah karena banyak bubur-ubur berserakan. Pantai ini terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi atau sekitar 14 km dari Pangandaran ke arah selatan.

6. Citumang Pangandaran, Sungai Biru yang Hening

Citumang Pangandaran, Sungai Biru yang Hening
Sumber: Klik Hotel (https://www.klikhotel.com/booking/pantai-batu-hiu-pangandaran.html)

Pemandangan sungai di antara pemukiman penduduk mungkin sudah terlalu biasa dan tak berhasil menenangkan pikiran kamu. Kali ini relaksasikanlah dirimu dengan menyusuri Citumang Pangandaran, yakni sebuah sungai yang mengalir membelah hutan jati yang masih sangat asri. Bahkan air di sungai ini sangat jernih dan bening kebiruan. Tepian sungainya terdiri atas ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus gua. Suasana hening yang disajikan menjadi alasan tepat sebagai tempat relaksasi terbaik bagi Anda sebelum kembali ke dunia kerja. Destinasi menawan ini terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi Ciamis atau sekitar 15 km dari Pangandaran ke arah barat.


7. Desa Wisata Selasari, Desa Sejuta Goa

Desa Wisata Selasari merupakan desa yang berada di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran ini sangat unik karena kekayaan wisata alamnya yang mampu memanjakan mata. Kali ini jelajahilah sebuah desa wisata yang di dalamnya terdapat lebih dari 90 Goa. Bayangkan betapa uniknya dan mungkin kamu tak akan sanggup menjelajahi semua gua itu dalam satu hari. Goa-goa tersebut berada di Pusat Wisata Sutra Reregan. Selain itu, desa wisata ini memiliki perbukitan yang masih asri dan tentunya memberikan pemandangan yang indah dan kesejukan yang tiada tara.

Desa Wisata Selasari, Desa Sejuta Goa
Sumber: Sutra Reregan (http://sutrareregan.blogspot.co.id/2014/04/foto-desa-wisata-selasari.html)

Nah, masih berpikir dua kali untuk menyambangi obyek wisata paling unik di Pangandaran ini? Rasanya sangat disayangkan jika 7 Wisata Paling Unik di Pangadaran Yang Buat Kamu Makin Hitz tersebut dilewatkan begitu saja. Manjakan diri Anda dengan menikmati wisata alam Pangandaran yang tidak hanya indah tetapi juga unik. Selamat berlibur dan menambah tingkat hit dalam dirimu!

Related Posts