Pantai Burung Mandi, Tempat Asyik Menikmati Liburan di Belitung Timur

shares |

Wisata Pantai Burung Mandi di Belitung Timur- Pantai Burung Mandi merupakan salah satu wisata pantai kebanggaan masyarakat Belitung Timur, kaeran panatai ini memeiliki keindahan yang sangat menakjubkan, dan ini pula yang membuat objek wisata pantai burung mandi selalu ramai dikunjungi wisatawan sebagai tujuan rekreasi untuk mengisi waktu liburan.

Hamparan pasir putih disepanjang bibir pantai yang tampak indah dipandang mata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berlibur kepantai ini. Pantai yang landai sehingga sangat cocok untuk anda bisa menikmati suasana pantai sambil bermain air, di dukung lagi dengan ombak yang tidak begitu besar sehingga sangat nyaman untuk lokasi bermain, terutama bagi anak-anak.

Pantai Burung Mandi gambar pantai burung mandi

Namun, karena Pantai Burung Mandi Belitung Timur manghadap langsung ke Laut Jawa, dan  tanpa adanya pulau pelindung di lepas pantainya, Sehingga pada musim tertentu ombak dan angin akan bertiup ke arah pantai, dan membuatnya air lautnya cukup besar, disarankan jika pas keadaan seperti ini wisatawan terutama anak-anak tidak mandi dipantai. kecuali pas waktu ombak tenang baru bisa lagi beraktivitas di bibir pantai yang landai ini.

Pantai Burung mandi ini juga menyuguhkan pemandangan alam yan indah dengan deretan pohon pinus yang tumbuh disekitar pantai. Berteduh dibawah deretan pohon pinus dengan hembungan angin laut yang segar akan membuat wisatawan yang datang di pantai burung mandi akan merasa semakin betah berlama-lama menikmatinya.

lokasi pantai burung mandi sejarah pantai burung mandi

Banyak perahu atau kater dengan warna warni cat menghiasi pantai menambah keindahan dan menjadi daya tarik tersendiri. Kater sendiri merupakan perahu nelayan tradisional yang keberadaannya saat ini sulit ditemukan karena kebanyakan nelayan menggunakan perahu bermotor. Perahu nelayan / kater ini dengan ciri khas memiliki sayap dikedua sisi perahu atau berada di bagian kanan dan kiri yang terbuat dari bambu atau pipa paralon, berfungsi untuk menyeimbangkan posisi kater sewaktu melaut dari goyangan gelombang. 

Bagi anda yang ingin merasakan berpetualang dan merasakanan sensasi menggunakan kater, ditempat ini anda bisa mneyewa, namun harus dengan pendampingan nelayan atau pemilik perahu tersebut. Untuk tarif sewa kater sebesar Rp 75 ribu per orang dan Rp 120 ribu per dua orang atau rombongan. Ada juga mancing bekater di area lokai Pantai Burung Mandi sekitar 10 mil dari bibi pantai, tarifnya Rp 150 ribu per orang dan Rp 250 ribu per dua orang atau dengan rombongan.

Fasilitas di Objek Wisata Burung Mandi Belitung Timur

Sebagai pelengkap dan penunjang wisatawan yang berwisata di pantai Burung mandi, pantai ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai. Beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati saat berlibur dipantai burung mandi diantaranya dengan adanya warung-warung yang mudah anda temui disekitar pantai, meskipun sederhana namun sudah bisa memenuhi kebutuhan anda selama berada di pantai ini.

Fasilitas di Objek Wisata Burung Mandi Belitung Timur

Pondok / warung sederahana ini menyediakan berbagai makanan mulai dari makanan ringan sampai dengan makanan berat yang bisa mengenyangkan seperti makanan seafood yang merupakan menu favorit ditempat tersebut.Anda bisa duduk santai menikmati hidangan dengan di gazebo yang terdapat dipantai ini, yang akan menambah selera makan anda dengan suasanya yang nyaman.


Dipantai ini juga sudah terdapat pentas yang sering digunakan untuk panggung hiburan seperti hiburan musik maupun pentas seni, terutama pada hari-hari besar agama yaitu saat lebaran dan tahun baru. 

Akses / Lokasi ke Tempat Wisata Pantai Burung Mandi Belitung Timur

Untuk Fasilitas seperti Hotel, dipantai Burung mandi belum terdapat hotel, namun bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama dan bermalam sudah adadua home stay yang bisa digunkan bagi pengunjung yang berniat menginap.

Akses / Lokasi ke Tempat Wisata Pantai Burung Mandi Belitung Timur

Pantai burung mandi adalah salah satu objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Belitung Timur, tepatnya berada di Desa Burung Mandi Kecamatan Damar. dengan jarak sekitar 18 Km dari pusat kota manggar dan jika dari kota tanjung pandan sekitar 90 Km dan Letaknya tidak begitu jauh dengan keberadaan Vihara Dewi Kwan Im, hanya sekitar 800 M kearah timur.

Untuk akses lokasi ke Pantai Burung Mandi di Belitung Timur ini sudah memiliki insfratuktur yang sudah bagus, Jalanan menuju kepantai juga sudah beraspal mulus sampai ke pinggir Pantai. Di pinggir pantai, jalan kemudian bercabang ke arah kiri dan kanan memanjang sepanjang pinggiran Pantai Burung Mandi. Baca Juga: 5 Wisata Pantai di Bangka Belitung Paling Menarik.

Related Posts