8 Makanan Khas Kalimantan Selatan Yang Paling Terkenal

shares |


Makanan Khas Kalimantan Selatan - Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Provinsi ini cukup banyak memiliki tempat wisata yang sudah cukup terkenal diantaranya seperti pasar terapung, jembatan Barito, pulau kembang, dan masih banyak lagi wisata lainnya. Baca: 6 Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Asyik di Jadikan Tujuan Traveling.

Salah satu kegiatan saat wisata ke suatu daerah yang tidak boleh dilewatkan adalah untuk mencoba makanan khas daerah terssebut. hal ini sesuatu hal yang tidak bisa dipisah dengan yang namanya traveling.Jadi apabila anda berencana ingin berwisata ke Kalimantan Selatan, sebaiknya mencari tahu dulu makanan khas kalimantan selatan yang nanti bisa anda cari saat sudah sampai disana. 

nama makanan khas kalimantan selatan makanan tradisional khas kalimantan selatan gambar makanan khas kalimantan selatan makanan ringan khas kalimantan selatan makanan khas banjar kalimantan selatan

Berikut ini ada beberapa makanan khas Kalimantan Khusus Kalimantan Selatan yang bisa anda coba yang sudah terkenal dan memiliki rasa dan ciri khas tersendiri.

Makanan Khas Kalimantan Selatan 

1. Gangan Humbut

Gangan Humbut
Img by: Widhiaanugrah.com

Gangan Humbut merupakan Masakanan khas Kalimantan Selatan memiliki rasa khas yang sedikit manis tapi justru rasa manis itulah yang mampu mengugah selera dan biasanya gangan humbut sebagai pelengkap untuk hidangan sepiring nasi hangat.

Humbut adalah bahan makanan yang berasal dari bagian inti pohon kelapa yang kemudian diolah menjadi sayur, biasanya makanan khas ini disajikan sebagai menu wajib di pada saat acara hajatan seperti perkawinan dan sebagainya.

2. Gangan Asam Banjar

Gangan Asam Banjar
Img by;Tribunnews.com

Gangan Asam Banjar adalah salah satu sayur khas Kalimantan Selatan. Pembuatan sayur ini bahan utamanya harus menggunakan Ikan Haruan (Ikan Gabus), atau bisa juga diganti dengan Ikan Patin yang banyak terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Sayur berkuah warna kuning ini memiliki rasa sedikit asam, gurih, dan segar yang pasti mengugah selera untuk segera menyantapnya. Yang bisa anda coba saat wisata di Kalimantan Selatan.

3. Mandai Banjar

Mandai Banjar
Img by: masakandapurku.com

Manday Khas Kalimantan Selatan ini terbilang unik, karena terbuat dari kulit cempedak atau dalam bahasa Kalimantan Selatan disebut tiwadak. Kulit cempedak ini diawetkan dalam waktu yang cukup lama.Proses Proses pengawetannya hampir sama dengan cara membuat tempoyak dari buah durian yaitu dicampur dengan garam, kemudian didiamkan dalam tempat yang tertutup rapat dan di diamkan dalam waktu tertentu. 

Manday umumnya di olah dengan cara di goreng, walaupun ada juga yang memasaknya dengan cara digulai dan dibakar. Dengan ditambah beberapa rempah-rempah maka rasa asam dari kulit cempedak pasti menjadi kombinasi rasa yang nikmat.

4. Soto Banjar

Soto Banjar
Img by: Malik_Braun

Soto banjar mungkin sudah sangat terkenal di banding makanan khas Kalimantan Selatan lainnya.Soto Banjar ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan jenis Soto pada umumnya di Indonesia, perbedaannya mungkin hanya pada kuahnya yang lebih bening. Walaupun begitu ada juga Soto Banjar yang kuahnya agak keruh.

Keunikan Soto Banjar dibanding jenis Soto lain di Indonesia yaitu tidak mengunakan nasi melainkan sebagai pelengkap menggunkan ketupat dan mendapatkan rasa yang lengkap bisa ditambah dengan sate.

5. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan
Img by: enJol

Ketupat Kandangan Makanan ini mungkin tidak asing bagi sebagian orang, karena di Kalimantan Selatan dan sekitarnya, makanan ini sudah terkenal dimana-mana. Ketupat Kandangan memiliki kuah yang kental dabandingkan dengan soto banjar, karena dalam mengolahnya ditambahkan santan sebagai penambah rasa dan ciri khas. Biasanya ketupat kandangan sebagai pelengkap ditambahkan ikan atau telur.

Perbedaan Ketupat Kandangan dengan ketupat pada umumnya yaitu nasi ketupatnya agak lebih keras dan ini merupakan ciri khas kuliner ini, namun soal rasa tidak usah diragukan lagi. Bila anda berkunjung ke Kalimantan Selatan jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khas ini.

6. Patin Baubar

Patin Baubar
Img by: banjarmasin-culture.blogspot.co.id

Patin Baubar adalah makanan khas Kalimantan Selatan berupa pepes Ikan Patin yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah kemudian dimasak dengan cara dibakar (panggang) sampai rempah-rempah didalamnya meresap.

Dilihat dari cara masak ini yang membuat pepes ikan patin (Patin Baubar) menjadi lebih nikmat. anda bisa mencobanya nanti saat sedang jalan-jalan di kalimantan Selatan.

7. Iwak Basamu

Iwak Basamu
Img by: Banjarmasin Post

Iwak Basamu atau biasa disebut iwak pekasam, makanan khas kalsesl ini terbuat dari ikan haruan, bisa juga ikan papuyu dan ikan mangki, hampir sama dengan proses pembuatan mandai di beri garam namun jika pekasam khas kalimantan Selatan ditambah beras yang sudah ditumbuk dan masih kasar.

Kemusian disimpan didalam tempat yang tertutup rapat dan di diamkan beberapa waktu lamanya. Rasa dari Iwak basamu khas sulit untuk digambarkan dengan kata-kata.

8. Amparan Tatak

Amparan Tatak
Img by: klipingresep

Amparan Tatak adalah makanan khas Kalimantan Selatan berupa kue yang terbuat dari tepung beras dan santan, sedangkan bahan isian dari makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini adalah pisang atau terkadang bisa juga diisi dengan Nangka dan ditambah daun Pandan agar oaromanya lebih wangi.

Dikalimantan Selatan Kue ini sudah tidak asing dengan ciri khas rasa manis perpaduan antara tepung, gula dan buah pisang.

Related Posts