10 Makanan Unik Khas Bali Menarik Untuk Anda Coba

shares |

Makanan Unik Khas Bali- Berwisata ke Bali tentu menikmati tempat-tempat wisata menarik sudah menjadi hal lumrah, karena memang Bali sudah sangat terkenal akan keindahan wisatanya yang banyak menarik wisatawan lokal maupun mencanegara untuk liburan ke Bali. Baca: 10 Tempat Wisata Favorit di Bali Yang Wajib Dikunjungi.

Kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dengan liburan di suatu daerah adalah untuk mencoba masakan khas, begitu juga jika sedang di Bali anda juga dapat berburu makanan khas Bali. wisata kuliner di bali ini memiliki daya tersediri bagi pecinta kulinernya, karena racikan dalam masakan Bali memiliki ciri khas bumbu dengan rempah-rempah yang menonjolkan rasa kuat dan pedas.

makanan unik khas bali makanan khas bali yang unik makanan khas bali dan resepnya makanan khas bali beserta penjelasannya makanan khas bali dan gambarnya

Untuk itu, Jika Anda wisata ke Bali jangan lupa mencoba menu masakan bali yang terkenal sangat enak. Nah, bagi yang beragama muslim Anda harus lebih memilih secara teliti makanan khas di Bali yang ingin Anda santap, karena tidak semua makanan Bali dapat di nikmati oleh yang beragama Islam.

Berikut beberapa makanan khas Bali yang bisa  anda Coba Saat Wisata Kuliner di Bali, untuk melengkapi kegiatan liburan anda di Bali.

Masakan Khas ini Bisa anda Coba Saat Wisata Kuliner di Bali

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu khas bali

Ayam Betutu adalah makanan khas Bali yang sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang pernah wisata di Bali, karena makanan Khas bali dengan Bahan utama ayam ini sudah cukup popoler sekali. Kuliner Ayam Betutu mempunyai cita rasa yang sangat nikmat, dengan ciri khas rasa pedas.

Sangat cocok bagi Para pecinta makan pedas, bersiaplah kangen dan jatuh hati dengan Ayam Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah.Ayam betutu Proses mengolahnya menggunakan bumbu cabai yang cukup banyak yang dimasak bersama dengan ayam sehingga bumbu meresap sampai ke dalam daging ayam tersebut. 

2. Sate Lilit

Sate Lilit makanan khas bali

Sate Lilit adalah makanan khas Bali, Biasanya bahan utama menggunakan bahan seperti daging sapi, daging ayam, udang, tahu, ikan dan masih banyak lainnya. Bahan ini disesuaikan dengan selera pembuatnya, jadi bisa menggunakan bahan utama yang bervariasi. Cara memasak atau mengolah sate lilit yaitu dengan cara daging dicintang terlebih dahulu.

Baru kemudian di beri dengan bumbu khas, dan daging yang telah dicinacang dililitkan di batang serai maupun tangkai bambu. Untuk dapat menikmati sate lilit anda tidak perlu repot mencarinya, karena Anda akan mudah menemukannya lapak yang menjual Sate Lilit, cukup berjalan kaki anda dapat menemukan pejual sate lilit yang mangkal di pinggir-pingir jalan di Bali.

3. Sate Plecing

Sate Plecing kuliner khas bali

Sate Plecing makanan khas Bali dengan ciri khas Pedas, karena olahan Sate Plencing ini mengunakan cabe rawit sebagai bumbu utamanya sehingga tidak heran jika makanan bali ini memiliki rasa yang sangat pedas sekali. Bagi yang menyukai kuliner dengan citarasa pedas harus mencoba kuliner Bali yang satu ini.

Cara mengolah sate plecing, Sebelum di olah menjadi masakan Sate Plencing, bahan utama yaitu daging di pukul-pukul terlebih dahulu agar mendapatkan tekstur daging yang empuk  selain itu dengan cara ini bumbu juga akan mudah meresap kedalam daging.

4. Tipat Blayag

tipat Blayag makanan tradisional khas bali

Tipat Blayag makanan khas Bali ini tak lain adalah ketupat yang disajikan dengan telor, ayam suwir, toge, sambal, yang kemudian disiram dengan kuah santan persis kuah kare. Tidak cukup itu saja, di atasnya kemudian di taburi kedelai goreng dan berbagai bahan yang tampak menarik dan dapat menggugah selera.

Untuk mencoba kuliner Khas Bali yang memiliki rasa lezat satu ini, anda bisa mendapatkannya saat berkunjung di Pulau Dewata.

5. Serombotan

Serombotan kuliner tradisional khas bali

Makanana Khas Bali yang satu ini merupakan hasil dari perpaduan dari berbagai sayuran antara lain seperti kacang panjang, toge, bayam, terong bulat, dan kangkung. Kesemua dari sayuran tersebut di rebus higga matang terkecuali sayur terong. Setelah itu di tiriskan dan di potong pendek guna mempermudah penyajian dan memakannya.

Selain sayuran yang sudah disebutkan di atas ada juga menu Serobotan yang di sajikan menggunakan beberapa jenis sayuran kacang-kacangan hingga disebut dengan “Serobotan Kacang”. Sementara bumbu yang digunakan ada 3 jenis seperti bumbu kelapa parut, bumbu kacang dan yang terakhir adalah bumbu Unyah Sere Limo. 

6. Rujak Bulung

Rujak Bulung jajanan tradisonal khas bali

Rujak Bulung makanan khas ini berupa rujak khas Bali,tidak seperti rujak-rujak pada umumnya, rujak ini berbahan dasar rumput laut yang di racik dengan garam, cabe rawit, terasi, kencur, kelapa parut, kuah pindang dan memiliki rasa yang luar biasa pedasnya.

BAgi anda yang ingin mencoba Rujak Bulung bisa mendapatkannya di salah satu kedai di sekitar Jalan Blambangan atau di kedai-kedai lain yang menyebar di Pulau Dewata Bali.

7. Tipat Cantok

Tipat Cantok khas bali

Tipat Cantok Kuliner khas Bali yang Olahan hampir sama dengan kuliner gado-gado, yang membedakan hanya pada racikan bumbunya. Tipat Cantok ialah ketupat dalam bahasa Indonesia atau lontong yang di ulek bersama berbagai sayuran rebus. Semua bahan di campur menjadi satu ke dalam wadah dengan saus kacang tanah yang mampu menggoda selera.

Tipat Cantok dalam penyajiannya dilengkapi dengan taburan bawang goreng, kacang merah goreng, Untuk pelengkap disetiap tempat belum tentu sama ada yang dilengkapi dengan tambahan telur, daging dan lain sebagainya.

8. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng makanan khas bali

Nasi Tepeng merupakan salah satu jenis makanan untuk sarapan bagi masyarakat Gianyar. Makanan khas Bali bernama Nasi Tepeng ini dimasak dengan racikan rempah-rempah yang lengkap dan dicampur lada yang identik dengan rasa pedas. 

Dalam penyajiannya Nasi Tepeng di lengkapi dengan sayuran seperti kacang merah, kacang panjang, nangka muda , terong, kelapa parut, daun kelor yang bisa menggugah selera. Ciri khas Nasi Tepeng cara Penyajiannya menggunakan alas daun pisang.

9. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo khas bali

Nasi Jinggo merupakan nasi siap saji khas Bali yang di bungkus dengan daun pisang dengan porsi kecil sekitar sekepalan orang dewasa. Karena porsi Nasi Jinggo sangat sedikit, pembeli biasanya tak cukup hanya menyantap satu porsi saja.

Nasi Jinggo Seperti halnya Nasi Kucing Khas Kuliner Tradisional Jogja yang di jual di warung angringan pada umumnya, ini merupakan kuliner murah di bali yang termasuk makanan sangat populer di Bali.

Pelengkap Nasi Jinggo juga bervariasi seperti ayam suwir, mie goreng, kering tempe, telor dadar dan lain sebagainya. Nasi Jinggo kini di jual mulai dari harga Rp 1.500, 2.000 hingga 5.000 per porsinya.

10. Kue Bagiak

Kue Bagiak oleh-oleh khas bali

Kue Bagiak merupakan kue tradisional Bali terbuat dari bahan tepung sagu beserta parutan kelapa dan dicampur bahan-bahan lainnya, sehingga menghasilkan kue dengan citarasa manis, gurih, garing beraromakan kayu manis. Kue Bagiak sejenis kue kering yang berbentuk lonjong berukuran sepanjang jari telunjuk orang dewasa.

Ciri Khas Kue bagiak bertekstur agak keras saat digigit dan akan terasa lembut di mulut saat mengunyahnya. Kue ini biasanya di sediakan dalam berbagai varian rasa dan cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas bali bagi para wisatawan yang berkunjung di Pulau Bali.

Itulah 10 Makanan Unik Khas Bali Menarik Untuk Anda Coba, bisa untuk menjadi referensi tujuan wisata kuliner di Bali, bisa langsung dinikmati ditempat dan ada juga yang bisa di jadikan oleh-oleh khas Bali sebagai buah tangan saat anda pulang liburan dari Bali, Indonesia.

Related Posts