15 Objek Wisata Sumatera Barat Yang Paling Terkenal

shares |

Objek Wisata Sumatera Barat- Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan  ibu kota Padang. wilayah provinsi Sumatera Barat menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Provinsi Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Provinsi ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Indonesia, karena sudah ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan juga di Sumatera Barat ini sering diadakan berbagai festival dan acara sekelas internasional, sehingga provinsin yang terletak di Pulau Sumatera ini semakin dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

daftar objek wisata sumatera barat objek wisata painan sumatera barat objek wisata padang sumatera barat objek wisata pantai sumatera barat foto objek wisata sumatera barat objek wisata solok sumatera barat

Sumatera Barat hampir memiliki semua jenis objek wisata alam seperti laut, pantai, danau, gunung, dan ngarai. Selain itu pariwisata Sumatera Barat juga kaya akan budayanya yang khas, seperti Festival Tabuik, Festival Rendang, permainan kim, dan seni bertenun. Disamping wisata alam dan budaya, Sumatera Barat juga terkenal dengan wisata kulinernya. Baca: 10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal. Untuk lebih Jelasnya objek wisata Sumatera Barat, berikut ulasannya:

Objek Wisata Sumatera Barat Yang Paling Terkenal

1. Destinasi Wisata Alam Danau Maninjau Kabupaten Agam

Destinasi Wisata Alam Danau Maninjau Kabupaten Agam

Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut berada di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Danau ini merupakan salah satu danau terluas di Indonesia. Sedangkan untuk wilayah Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Bagi anda yang berkunjung di kawasan ini akan merasa nyaman karena di sekitar Danau Maninjau sudah banyak terdapat fasilitas wisata, seperti Hotel(Maninjau Indah Hotel, Pasir Panjang Permai) serta penginapan dan juga restoran biisa anda temukan ditempat ini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kabupaten Agam Sumatera Barat Yang Terkenal

2. Danau Singkarak Danau Membentang Luas di Kabupaten Solok dan Tanah Datar

Danau Singkarak Danau Membentang Luas di Kabupaten Solok dan Tanah Datar

Danau Singkarak adalah salah satu objek wisata di Sumatera Barat yang terkenal yaitu berupa sebuah danau yang membentang luas di dua kabupaten yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini merupakan danau terluas ke dua di pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin, Namun sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman.

Keindahan alam Danau Singkarak ini terbetuk dari salah satu hasil dari proses tektonik yang dipengaruhi oleh Sesar Sumatera. Danau ini adalah bagian dari Cekungan yang sangat dalam dan termasuk di antara segmen dari Sesar Sumatera. Cekungan dari danau ini terbentuk dari sebuah amblesan yang disebabkan oleh aktivitas pergerakan Sesar Sumatera, sedangkan Cekungan besar terbendung oleh material vulkanik dari letusan gunungapi dari daerah sekitarnya.

3. Lembah Anai Maskot Pariwisata di Sumatera Barat Yang Sangat Terkenal

Lembah Anai Maskot Pariwisata di Sumatera Barat Yang Sangat Terkenal

Lembah Anai adalah salah satu air terjun yang sangat terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Air terjun ini berketinggian sekitar 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Disekitar objek wisata Lembah Anai sudah terdapat berbagai fasilitas seperti warung yang terdapat di sepanjang jalan yang menyajikan aneka makanan dan minuman khas sumbar.

Lokasi Air terjun berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai,tepat terletak di pinggir jalan raya trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Tinggi, tepatnya di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Berjarak 60 km dari kota Padang dan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum (bus), mobil sewaan, atau mobil pribadi.

4. Mengunjungi Benteng Fort de Kock Wisata Sejarah Sumatera Barat


Mengunjungi Benteng Fort de Kock Wisata Sejarah Sumatera Barat

Fort de Kock adalah objek wisata sejarah berupa sebuah benteng peninggalan pada zaman Belanda yang berada di Kota Bukittinggi , Sumatera Barat, Indonesia. Benteng ini berada di lokasi yang sama dengan Kebun Binatang Bukittinggi dan Museum Rumah Adat Baanjuang. Kawasan benteng terletak di bukit sebelah kiri pintu masuk sedangkan kawasan kebun binatang dan museum berbentuk rumah gadang tersebut berada di bukit sebelah kanan.

Keduanya dihubungkan oleh Jembatan Limpapeh yang di bawahnya adalah jalan raya dalam kota Bukittinggi. Kawasan ini hanya terletak 1 km dari pusat kota Bukittinggi di kawasan Jam Gadang, tepatnya di terusan jalan Tuanku nan Renceh. Kawasan benteng Fort de Kock menjadi menjadi Taman Kota Bukittinggi (Bukittinggi City Park) dan Taman Burung Tropis (Tropical Bird Park). Hingga saat ini, Benteng Fort de Kock masih ada bisa lihat dengan ciri khas bangunan bercat putih-hijau setinggi 20 m.

5. Istano Basa atau Istana Pagaruyung Objek Wisata Budaya Sumatera Barat

 Istano Basa atau Istana Pagaruyung Objek Wisata Budaya Sumatera Barat

Istano Basa yang lebih terkenal dengan sebutan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah objek wisata yang terkenal di Sumatera Barat. Istana Pagaruyung ini terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Saat ini Istana basa menjadi  destinasi wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat Indonesia. Mengunjungi tempat ini ada bisa melihat benda-benda peninggalan istana pada zaman dulu. meskipun sekarang sudah tidak banyak lagi karena pernah terjadi kebakaran.

Istano Basa yang berdiri sekarang sebenarnya adalah replika dari yang asli. Istano Basa asli terletak di atas bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966. Bangunan baru ini tidak didirikan di tapak istana lama,Namun di lokasi baru di sebelah selatannya. Pada akhir 1970-an, istana ini telah dibuka dan bisa dikunjungi untuk masyarakat umum sebagai objek wisata.

6. Ukiran Minangkabau di Istano Silinduang Bulan Khas Rumah Gadang Raja

Ukiran Minangkabau di Istano Silinduang Bulan Khas Rumah Gadang Raja

Istano Silinduang Bulan merupakan objek wisata berupa sebuah istana yang terletak di nagari Pagaruyung, Tanah Datar, Sumatera Barat. Nama Silinduang Bulan adalah nama yang diberikan kepada Istana Raja Pagaruyung setelah dipindahkan dari Ulak Tanjuang Bungo ke Balai Janggo pada tahun 1550 oleh Daulat Yang Dipertuan Raja Gamuyang Sultan Bakilap Alam (Sultan Alif Kalifatullah Johan Berdaulat Fil’Alam I), Raja Alam sekaligus pemegang jabatan Raja Adat dan Raja Ibadat Pagaruyung.

Rumah Gadang Tuan Gadih Istano Silinduang Bulan adalah rumah gadang yang sangat khusus dengan model alang babega. Mempunyai tujuh buah gonjong (tajuk) yang megah seakan mencucuk langit. Model alang babega merupakan khas rumah gadang raja. Ukiran yang membalut Istano Silinduang Bulan berjumlah lebih dari 200 macam motif ukiran.

Hampir seluruh motif ukiran Minangkabau terdapat di Istano Silinduang Bulan. Ukiran itu mendominasi bentuk luar fisik bangunan yang kaya dengan simbol-simbol. Setiap ukiran dan penempatannya mempunyai makna sendiri-sendiri, sebagai tanda bahwa Istano Silinduang Bulan adalah rumah gadang raja atau sebagai pusat adat.

Baca Juga: Nagari Pariangan Desa Terindah Di Dunia di Ranah Minang Sumatera Barat

7. Jembatan Lilitan Akar Membentang di Atas Aliran Batang Bayang

Jembatan Lilitan Akar Membentang di Atas Aliran Batang Bayang

Jembatan akar adalah jembatan tidak seperti jempatan pada umumnya, seperti namanya jembatan ini terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang tumbuh berseberangan dan membentang di atas aliran Batang Bayang di kecamatan Bayang Utara, kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.Dalam bahasa Minang, jembatan yang letaknya sekitar 88 km sebelah selatan kota Padang ini oleh masyarakat dinamakan titian aka.

Jembatan ini memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter dengan ketinggian dari permukaan sungai sekitar 10 meter, mulai dibentuk pada tahun 1890 dan baru dapat digunakan pada tahun 1916.Dengan kata lain, proses merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu lebih kurang 26 tahun. Saat ini, kondisinya semakin lama semakin kuat karena semakin besarnya akar pohon beringin yang membentuknya dan menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Sumatera barat.

8. Museum Adityawarman Taman Mini ala Sumatera Barat

Museum Adityawarman Taman Mini ala Sumatera Barat

Museum Adityawarman adalah museum sebagai tujuan wisata budaya terletak di Kota Padang provinsi Sumatera Barat. Museum ini diresmikan pada 16 Maret 1977 mengambil nama besar salah seorang raja Malayapura pada abad ke-14, Adityawarman yang sezaman dengan Kerajaan Majapahit. Museum ini memiliki julukan Taman Mini ala Sumatera Barat. Bangunan museum berada di areal lebih kurang 2,6 hektare dengan luas bangunan sekitar 2.854,8 meter persegi.

Sebagai museum budaya di Provinsi Sumatera Barat, Museum Adityawarman banyak menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah, seperti cagar budaya Minangkabau dan sekitarnya beserta beberapa cagar budaya nasional. Salah satu di antaranya adalah bangunan yang berarsitektur Minang, bernama Rumah Bagonjong atau Baanjuang.

9. Melihat Koleksi Museum Kereta Api Sawahlunto 

Melihat Koleksi Museum Kereta Api Sawahlunto

Museum Kereta Api Sawahlunto adalah sebuah museum stasiun kereta api di Sawahlunto yang termasuk ke dalam Divisi Regional 2 Sumatera Barat, Indonesia yang merupakan salah satu stasiun terminus yang ada di Sumatera Barat. Museum ini lokasinya terletak di kelurahan Pasar, kecamatan Lembah Segar, kota Sawahlunto. Stasiun Sawahlunto diubah fungsinya menjadi museum pada 17 Desember 2005, dan diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla.

Museum ini memiliki koleksi berjumlah 106 buah yang terdiri dari gerbong (5 buah), lokomotif uap (1 buah), jam (2 buah), alat-alat sinyal atau komunikasi (34 buah), foto dokumentasi (34 buah), miniatur lokomotif (9 buah), brankas (3 buah), dongkrak rel (5 buah), label pabrik (3 buah), timbangan (3 buah), lonceng penjaga (1 buah), dan baterai lokomotif (2 buah).

10. Lubang Tambang Mbah Soero Objek Wisata Ex Tambang Batubara

Lubang Tambang Mbah Soero Objek Wisata Ex Tambang Batubara

Lubang Tambang Mbah Soero adalah salah satu objek wisata sejarah sumatera barat tepatnya terletak di kelurahan Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Indonesia.Terowongan sepanjang 185 meter ini dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, tahun 1898. Awalnya Dari tahun 1898 hingga 1932, kegiatan penambangan batu bara di kota Sawahlunto masih menggunakan terowongan ini. 

Namun untuk keperluan wisata, pemerintah daerah setempat merenovasi terowongan ini menjadi tempat yang layak dikunjungi baik dari segi keamanan maupun kemudahan mencapai area dibawah tanah dengan membangun anak-anak tangga. Lubang Tambang Mbah Soero ini diresmikan sebagai objek wisata pada 23 April 2008. Keasliannya yang masih tetap dipertahankan, dapat dilihat dari bagian atap dan dinding yang terbuat dari batu bara.

11. Jelajahi  Lubang Jepang Objek Wisata Sejarah Kota Bukittinggi

Jelajahi  Lubang Jepang Objek Wisata Sejarah Kota Bukittinggi

Lubang Jepang Bukittinggi adalah salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara saat pendudukan Jepang di Indonesia sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan.Selain lokasinya yang strategis di kota yang dahulunya merupakan pusat pemerintahan Sumatera Tengah, tanah yang menjadi dinding terowongan ini merupakan jenis tanah yang jika bercampur air akan semakin kokoh.

Lubang Jepang mulai dikelola menjadi objek wisata sejarah pada tahun 1984, oleh pemerintah kota Bukittinggi. Beberapa pintu masuk ke Lubang Jepang ini diantaranya terletak pada kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.Diperkirakan puluhan sampai ratusan ribu tenaga kerja paksa atau romusha dikerahkan dari pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan untuk menggali terowongan ini.

12. Menjelajahi hutan alam di Wisata Pulau Sikuai Kota Padang

Menjelajahi hutan alam di Wisata Pulau Sikuai Kota Padang

Pulau Sikuai merupakan salah satu tempat wisata pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatera. Secara administrasi pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan kapal, melalui pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari dermaga Airud Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit.

Sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak swasta, telah memfasilitasi pulau ini dengan hotel resort berbintang tiga.Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Walaupun dengan tarif sewa cukup mahal, namun sebanding dengan keindahan pantai yang akan didapat saat wisatawan berada di Pulau Sikuai. Di Pulau ini anda dapat mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing ataupun wisata bahari.

13. Menikmati  Kereta Api Wisata Yang lewat Pantai Gandoriah

Menikmati  Kereta Api Wisata Yang lewat Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak sekitar 100 meter dari pusat kota Pariaman, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Pantai ini saat hari libur akan dilewati oleh kereta api wisata yang datang setiap hari dari stasiun Simpang Haru Padang menuju stasiun Pariaman.dan ini menjadi salah satu dayatarik wisatawan yang datang Di pantai Gandoriah dan di pantai ini pula setiap tahun dilaksanakan upacara pembuangan Tabuik di waktu matahari terbenam pada tanggal 10 Muharram.

Selain menikmati keindahan panoramanya yang indah, pantai ini juga menyajikan berbagai aktivitas rekreasi laut yang bisa menjadi pilihan saat liburan. Diantaranya, renang, selancar, dan beraneka jenis olah raga pantai lainnya.Keunggulan yang dimiliki Pantai Gandoriah juga didukung oleh aksesnya yang strategis. Posisinya yang berada di pusat kota, menjadikan pantai ini selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Pariaman Sumatera Barat Terkenal Yang Bisa Anda Kunjungi

14. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kebun Binatang Bukittinggi ini adalah salah satu kebun binatang di pulau Sumatera, lokasinya terletak di atas Bukit Cubadak Bungkuak Bukittinggi, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan ini juga merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia, dan satu-satunya di Sumatera Barat dan dengan koleksi hewan terlengkap di pulau Sumatera.

Kebun binatang Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan ini juga merupakan objek wisata andalan di kota Bukittinggi dan kebun binatang ini dihubungkan oleh Jembatan Limpapeh dengan objek wisata benteng Fort de Kock. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, menjadikan kebun binatang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi kota Bukittinggi.

15. Jam Gadang, Menara Jam Raksasa di Kota Bukit Tinggi

Jam Gadang, Menara Jam Raksasa di Kota Bukit Tinggi

Jam Gadang merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Sumatera Barat yang merupakan sebuah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara jam ini memiliki jam dengan ukuran yang sangat besar. dinamakan Jam Gadang karena di empat sisinya memiliki besar yang sama yang dalam bahasa Minangkabau yang artinya "jam besar".

Jam gadang ini merupakan ikon dan pusat penanda kota Bukittinggi, selain itu Jam Gadang saat ini juga telah menjadi destinasi wisata, ini terlihat dengan diperluasnya taman di sekitar menara jam ini. Taman di arae jam gadang tersebut menjadi sarana interaksi masyarakat baik di hari kerja maupun di hari libur. Acara-acara yang sifatnya umum biasanya diselenggarakan di sekitar taman dekat menara jam ini.

Demikian informasi mengenai 15 Objek Wisata Sumatera Barat Yang Paling Terkenal, tempat-tempat tersebut yang bisa anda jadikan tujuan wisata saat anda traveling kepulau Sumatera khususnya di Sumatera Barat. 

Related Posts