Pulau Rubiah Sabang, Surga Wisata Bawah Laut di Aceh

shares |

Wisata Pulau Rubiah Sabang- Sabang adalah sebuah kota yang terletak di bagian Utara Kota Banda Aceh, tepatnya beradadi Pulau Weh. Pulau Weh berupa sebuah pulau yang posisi pulau Weh sendiri berada terpisah dengan pulau sumatera. Pulau Weh memiliki pesona wisata yang menarik khususnya wisata bawah lautnya yaitu Taman Laut Pulau Rumbiah.

Taman Laut Pulau Rubiah ini Merupakan sebuah pulau cantik yang masih alami dengan luas wilayah hanya sekitar 2.600 Hektar. namun sangat terkenal dengan pemandangan alam bawah laut nya. Keadaan alam bawah laut yang masih terjaga dengan baik dan masih alami dengan berbagai macam biota laut bisa dilihat disana dan ini merupakan dayatarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ketempat ini.

Pulau Rubiah pulau rubiah sabang pulau rubiah di sabang pulau rubiah di aceh pulau rubiah bungalow

Pulau Rubiah dapat dikatakan sebagai surganya wisata taman bawah laut di Aceh, sehingga pulau ini sangat cocok untuk wisatawan yang hobi menyelam. Nama pulau Rubiah sendiri diambil dari nama seorang yang bernama Cut Nyak Rubiah yang makamnya dapat Anda temukan di pulau tersebut.

Pulau Rubiah saat ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni, namun saat berwisata di sini anda jangan kuatir jika tidak membawa perbekalan, karena disini sudah bisa anda temukan sebuah warung kecil yang menjual makanan dan minuman yang bisa Anda beli.

Baca Juga: 10 Kuliner Makanan Khas Aceh Paling Populer

Pulau yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ini, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara terutama jika saaat hari libur. Wisatawan yang datang ke pulau rumbiah selain untuk sekedar bermain di bersihnya pasir pantai, ada juga yang berkeliling pulau menggunakan perahu yang bisa di sewa, bahkan banyak yang berkunung menjajal snorkeling menikmati pemandangan indah wisata bawah laut pulau ini.

sejarah pulau rubiah snorkeling pulau rubiah misteri pulau rubiah nostalgia pulau rubiah pulau weh rubiah divers gambar pulau rubiah wisata pulau rubiah gambar pulau rubiah sabang
Img by: Yann SENANT

Pulau ini memiliki Air laut sangat bersih dan jernih, bahkan pengunjung dapat dengan mudah melihat pemandangan bawah laut dari atas permukaan air sampai dengan kedalaman 15 meter. Karang yang indah dan dihiasi dengan ikan berenang warna-warni cantik menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan.

Agar bisa puas melihat kehidupan ikan dan keindahan karang di sekitar pulau rumbiah anda bisa dengan melakukan kegiatan Snorkeling, sehingga dengan begitu anda dengan mudah melihat sekumpulan ikan laut yang berenang di sela-sela terumbu karang yang menyejukan mata.

Jenis ikan yang sering ditemukan disini beraneka macam antara lain seperti ikan Bendera, ikan Kepe-kepe, ikan warna, ikan Botana Biru, ikan Sersan, ikan Kerapu, ikan Mayor, kerang, ikan Putri Bali dan masih banyak jenis ikan lainnya yang terdapat di pulau cantik ini.

Selain itu juga terdapat banyak macam jenis biota laut yang terdapat di pulau ini, seperti bintang laut, bunga lili laut, cumi-cumi dan berbagai macam terumbu karang beraneka warna. Terumbu karang yang yang terdapat disini mulai dari karang keras hingga sampai yang empuk, seperti karang meja dan karang tanduk

Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan untuk kegiatan snorkling jangan kuatir, karena di pulau rumbiah ini sudah banyak tempat persewaan peralatan snorkling dan juga persewaan kamera Underwater seperti Gopro, untuk mengabadikan momen indah pemandangan bawah laut yang eksotis.

Akses / Lokasi Pulau Rumbiah Sabang

lokasi pulau rubiah peta pulau rubiah wisata pulau rubiah sabang tentang pulau rubiah penginapan pulau rubiah

Bagi anda yang ingin menikmati liburan ke Pulau Rubiah, lokasinya terletak sekitar 350 Meter dari pantai Iboih atau sekitar 23,5 Kilometer dari pulau Weh. Jika Anda ingin liburan kepulau ini, Anda dapat terlebih dahulu menuju pantai Iboih untuk kemudian menyebrang ke pulau Rubiah.

Dari pelabuhan Balohan, yang merupakan pelabuhan penyeberangan Banda Aceh - Pulau Weh, pengunjung dapat naik bus umum untuk menuju pantai Iboih. Ongkos yang di pasang sekitar Rp.50.000*) dengan jarak tempuh perjalanan sekitar satu jam.

Setelah anda sampai di pantai Iboih, langsung dapat melanjutkan perjalanan dengan menyeberang ke pulau Rubiah menggunakan kapal motor. Artikel terkait: Pulau Weh Tempat Wisata Paling Menarik di Sabang.

Related Posts