15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Paling Terkenal

shares |

Tempat Wisata di Kalimantan Timur- Kalimantan Timur (Kaltim) adalah sebuah provinsi Indonesia yang ada di Pulau Kalimantan yang dibagian ujung timur berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat.

Kalimantan Timur sebelum dimekarkan menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua. Kalimantan Timur ibukota provinsi Samarida, Provinsi ini mempunyai banyak sekali obyek wisata seperti Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, dan wisata lainnya.

15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Paling Terkenal

Dari sekian banyak tempat wisata di Kalimantan Timur, tentu ada beberapa tempat yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan diantaranya adalah sebagai berikut:

Tempat Wisata di Kalimantan Timur

1. Bukit Bangkirai 

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai merupakan tempat wisata alam di Kalimantan Timur, tepatnya terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Bukit Bangkirai dapat ditempuh selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan atau berjarak sekitar 150 km dari kota Tenggarong melalui perjalanan darat .

Wisata Bukit Bangkirai menawarkan pesona hutan tropis yang masih alami, kawasan wisata ini sudah dilengkatp dengan sarana dan prasarana wisata seperti restoran, lamin untuk pertemuan, kolam renang, serta cottage maupun jungle cabin.

Dapat menikmati suasana hutan hujan tropis yang masih alami dan bahkan kicauan burung dan suara-suara satwa hutan lainnya pun masih bisa anda dengar di hutan ini. Objek wisata di Kalimantan Timur ini dinamakan Bukit Bangkirai karena memang hutan yang didominasi oleh pohon jenis Bangkirai tumbuh di kawasan hutan lindung ini. 

2. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain merupakan kawasan wisata alam yang meliputi wisata agro, mengamati kehidupan beruang madu. Hutan Lindung Sungai Wain ini sisa hutan primer dataran rendah Kalimantan dan mungkin yang terakhir yang ada di Balikpapan. Agrowisata ini terletak di Jl Soekarno-Hatta Km 23.

Hutan Lindung Sungai Wain di huni oleh beranenekaragam hayati yang masih lengkap. Mengunjungo objek wisata ini anda masih dapat melihat populasi beruang madu, namun saat ini jumlahnya sudah sangat terbatas, biasanya beruang ini dapat dilihat pada siang hari.

Selain itu terdapat juga Helarctos malayanus (beruang matahari dari Malaya atau Sun Bear) yang Merupakan beruang terkecil dari jenis beruang lainnya, memiliki lidah dan kuku depan yang terpanjang digunakan untuk mencari makanan berbagai jenis serangga seperti rayap dan ulat kumbang yang hidup di dalam kayu lapuk.

3. Kebun Raya Samarinda

Kebun Raya Samarinda

Kebun Raya Samarinda Wisata di Kalimantan timur yang terkenal akan wisata alam. Tempat wisata yang terletak di sebelah Utara kota Samarinda, berjarak 20 km atau 30 menit dari pusat Kota Samarinda ditempuh dengan jalan darat.

Di Kawasan Kebun Raya Samarinda juga terdapat destinasi wisata lainnya seperti Danau alam, kebun binatang, dan juga dilengkapi dengan panggung hiburan, fasilitas olah raga dan perahu wisata. Daya tarik dari kebun raya samarinda ini salah satu yaitu adanya kebun binatang yang luas dan didalamnya anda bisa melihat beberapa ekor orang utan yang dilepas. 

Keseruan mengunjungi Kebun Raya Samarinda pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ramah yang ada di lokasi kebun Raya tersebut. Bahkan anda bisa melihat orang hutan yang ukurannya hampir sebesar manusia dewasa. Hal ini menjadi salah satu alasan banyak wisatawan mengungunjungi kebun raya Samarinda Kalimantan Timur Indonesia.

4. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang

Pesona Taman Nasional Kayan Mentarang yang memiliki dayatarik akan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa baik jenis langka maupun dilindungi. keanekaragaman tipe ekosistem dari hutan hujan dataran rendah sampai hutan berlumut di pegunungan tinggi. Keanekaragaman hayati yang terdapat di Taman Nasional Kayan Mentarang memang sangat mengagumkan.

Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) ini masuk dalam kawasan Cagar Alam yang memiliki kawasan hutan primer dan skunder tua terbesar yang masih tersisa di Pulau Kalimantan dan kawasan Asia Tenggara.

Nama Kayan Mentarang sendiri diambil dari dua nama sungai penting yang terdapat di kawasan taman nasional, yaitu Sungai Kayan di sebelah selatan dan Sungai Mentarang di sebelah utara ada juga berpendapat bahwa nama ini diambil dari nama dataran tinggi / plato di pegunungan setempat .

Plato di pegunungan tersebut yang bernama Apau Kayan yang membentang luas (mentarang) dari daerah Datadian / Long Kayan di selatan melewati Apau Ping di tengah dan Long Bawan di utara.

5. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai atau biasa disingkat TNK merupakan taman nasional yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil masuk wilayah Kota Bontang. Taman Nasional ini terletak di teluk Kaba, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam dengan kendaraan darat roda empat waktu (Balikpapan – Samarinda).

Kemudian dilanjutkan ke Bontang sekitar 3 jam (Bontang- ke Teluk Kaba) dengan menggunakan speed boat sekitar 30 menit. Selain itu antara Bontang-Sanggata terdapat jalan raya membelah taman nasional Kutai.

Teluk Kaba dan Muara Sangkimah ini tempat wisata bahari yang menjadi favorit wisatawan untuk melakukan kegiatan pengamatan satwa seperti orangutan, bekantan, rusa sambar, kancil, beruang madu dan burung.

Sedangkan di Teluk Lombok dan Muara Sungai Sangata wisatawan akan menikmati Wisata bahari dan pengamatan hutan bakau yang masih utuh nampak terlihat asri. Bagi yang ingin berkunujung ke Taman Nasional Kutai sebaiknya dilakukan pada bulan April s/d Oktober setiap tahunnya.

6. Kepulauan Derawan Berau (derawan island) 

Kepulauan Derawan Berau (derawan island)

Pulau Derawan (derawan island) adalah sebuah tempat wisata bahari yang sangat indah dan memikat, bisa dibilang sebagai surganya wisata bahari di Kalimantan Timur.  karena derawan wisata kalimantan ini menyajikan sebuah keindahan wisata alam baik diatas laut maupun keindahan bawah laut.

Mengunjungi tempat wisata di Pulau Derawan anda akan disuguhkan sebuah keindahan pemandangan permukaan air laut yang berwarna gradasi biru dan hijau, hamparan pasir putih pantai derawan, dan keindahan barisan pohon kelapa yang berjajar melengkapi keindahan pantai Derawan.

Dipulau ini juga terdapat rumah-rumah sederhana yang dipergunakan sebagai penginapan di derawan (homestay) yang menjorok ketengah laut yang nampak indah. Jika anda berada di penginapan Derawan akan dapat menikmati jernihnya air laut sehingga dapat melihat beraneka ikan warna-warni dan penyu yang berlalu lalang secara bebas.

Selengkapnya mengenai wisata pulau derawan kaltim bisa baca: Pulau Derawan dan Keindahan Pantainya Yang Memikat.

7. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Pulau Kumala merupakan tempat wisata berupa sebuah daerah delta yang terdapat di Sungai Mahakam dan memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dimulai pada tahun 2000, Pulau Kumala dibangun menjadi kawasan wisata yang terkenal di Kalimantan Timur.

Taman Wisata Pulau Kumala berjarak sekitar 27 km dari Kota Samarinda dan dapat ditempuh melalui Jembatan Kutai Kartanegara dalam waktu kurang lebih sekitar 30 menit. Sedangkan jika anda dari kota Balikpapan berjarak sekitar 130 km yang dapat ditempuh kurang lebih 3 jam melalui jalur transfortasi darat.

Selain dapat ditempuh menggunakan transfortasi darat ke Taman Wisata Pulau Kumala juga dapat di akses dengan menggunakan transportasi air melewati Sungai Mahakam. Tempat wisata Pulau Kumala yang terletak di tengah Sungai Mahakam ini merupakan taman rekreasi perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional.

8. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah adalah tempat wisata di Kalimantan Timur tepatnya berada di Kota Bontang. Obyek wisata Bontang ini menawarkan pesona alam bahari yang sangat indah yang akan membuat betah setiap pengunjung yang datang liburan ke Pulau ini.

Dengan suasana alam yang tenang Pulau beras basah sangat cocok untuk anda yang ingin liburan dengan suasana tenang untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Selain itu di Pulau Beras Basah anda bisa menikmati pemandangan pantai yang bersih dan hamparan pasir membentang luas.

Kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan di Pulau beras basah seperti berenang di sekitar pulau, bermain ombak dipantai yang aman, karena ombak di patai pulau beras basah terbilang tidak terlalu besar.

Bagi anda yang ingin berwisata mengunjungi tempat wisata pulau beras basah rutenya sangat mudah, Karena sudah tersedia sarana transportasi udara dengan tujuan ke kota Balikpapan. Selengkapnya bisa baca: Pulau Beras Basah Objek Wisata Andalan di Bontang Kalimantan Timur.

8. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari objek wisata di kalimantan Timur yang terkenal akan air lautnya yang jernih, gelombangnya juga terbilang kecil dengan pasir putih membentang seluas yang nampak indah, sehingga pantai ini sangat nyaman dijadikan untuk tujuan wisata keluarga saat akhir pekan.

Dipantai Manggar segarasari ini anda dapat melakukan kegiatan seperti bermain di air pantai, bisa juga berlayar maupun melakukan kegiatan olahraga volley pantai. Lokasi Pantai Manggar Segarasari berada di Kelurahan Manggar dan Teritip dengan jarak 9 km dari Bandara Sepinggan atau 22 km dari pusat kota Balikpapan.

Dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bagi yang ingin berwisata liburan di Pantai ini tidak bisa dilakukan malam hari karena tempat wisata pantai ini dibuka mulai pukul 06.00 – 18.00. 

9. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman awalnya adalah sebuah istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada tahun 1963. Museum ini dibangun sebagai pengganti Istana sebelumnya yang terbakar. Museum ini berada di Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, namun dikelola oleh Provinsi Kalimantan Timur.

kini telah dibangun Balai Kedaton sebagai tempat kediaman Sultan Salehuddin II yang telah dinobatkan kembali pada tahun 2002. Di dalam lingkungan Istana kesultanan terdapat pemakaman keluarga kerabat Kerajaan Kutai Kartanegara serta Masjid Hasanuddin saksi masuknya Islam di Kutai.

Di dalam Museum Mulawarman anda dapat melihat benda-benda sejarah yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti Singgasana, Tempat Peraduan, Pakaian Kebesaran, Tombak, Keris, Meriam, Kalung dan Prasasti Yupa serta Koleksi Keramik Cina.

Setiap bulan September di museum ini diadakan Upacara Erau, yaitu tarian Khas Kedaton Upacara Adat dan Mengulur Naga di Desa Kutai Lama dan ini menjadi salah satu dayatarik bagi wisatawan yang datang ke museum mulawarman.

10. Sungai Mahakam

 Sungai Mahakam

Sungai Mahakam merupakan kawasan wisata alam yang cocok untuk tempat bersantai terutama pada sore hari. Di sungai ini anda dapat menikmati jajanan yang dijual ditepian sungai, anda juga bisa melakukan kegiatan susur sungai ditepian sungai Mahakam menggunakan perahu.

Menyusuri tepian Sungai Mahakam, anda akan disuguhkan berbagai aktivitas sosial yang dilakukan oleh masyarakat yang wilayahnya dilintasi sungai tersebut. Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar yang ada di provinsi Kalimantan Timur dan Alur sungai ini sebagian besar mengitari wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda.

Bagian hulu sungai ini melintasi Kabupaten Kutai Barat, sementara bagian hilirnya melintasi Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda. Sebagian besar untuk daerah hulu Sungai Mahakam hanya dapat dijangkau dengan menggunakan transfortasi air seperti ketinting atau perahu motor.

11. Taman Argowisata Batuah

Taman Argowisata Batuah

Taman Agrowisata Batuah merupakan obyek wisata berbasis agrobisnis yang memiliki luas taman mencapai 35 hektar yang di tanami berbagai jenis tanaman seperti tanaman hias, berbagai macam jenis anggrek diantaranya adalah Anggrek Alam, Dandrobium, Anggrek Vanda, Anggrek Bulan, dan tanaman hias lainnya.

Lokasinya Terletak di KM.24 Loa Janan yang merupakan jalan utama antara Samarinda dan Balikpapan. Taman Agrowisata Batuah ini dikelola oleh Dinas Pertanian Tanaman Propinsi Kalimantan Timur akan tetapi lokasi dan areanya berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lama tempuh untuk menuju lokasi taman Agrowisata batuah jika dari Balikpapan ke Taman Agro adalah sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan jarak tempuh dari Tenggarong ke Taman Agro adalah sekitar 45 menit. Selengkapnya baca: Taman Agrowisata Batuah, Tempat Wisata Murah di Kalimantan Timur.

12. Waduk Panji Sukarame

Waduk Panji Sukarame

Waduk Panji Sukarame adalah waduk yang juga dijadikan tempat rekreasi yang terletak di Kelurahan Panji Sukarame,  Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, dengan Luas lahan adalah ± 32 ha. Di sekeliling waduk banyak terdapat pondok-pondok untuk tempat beristirahat bagi para pengunjung.

Di area waduk juga sudah terdapat kafe atau warung untuk tempat makan dan minum dan juga panggung untuk tempat pertunjukan musik. Tak tauh dari waduk ini terdapat sebuah Museum Kayu Tuah Himba, berjarak sekitar 600 meter saja. Bangunan ini berupa rumah kayu panggung yang berukuran 20 x 20 M².

Awal mulanya dibuka objek wisata ini adalah karena adanya buaya yang telah diawetkan dalam Museum Kayu tersebut. Di dalam Museum Kayu ini juga anda dapat melihat beragam koleksi jenis kayu yang ada di Pulau Kalimantan.

13. Kedaton Kutai Kartanegara

 Kedaton Kutai Kartanegara

Kedaton Kutai Kartanegara adalah istana milik Sultan Kutai Kartanegara yang terletak di pusat kota Tenggarong, Kalimantan Timur, Indonesia. Istana ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2002 setelah dihidupkannya kembali Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura (Martapura) merupakan kesultanan bercorak Islam yang kembali eksis di Kalimantan Timur setelah dihidupkan lagi pada tahun 2001 oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai wisata budaya dan juga untuk melestarikan budaya dan adat Kutai Keraton.

14. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang

Desa budaya pampang ini merupakan sebuah Desa yang dihuni oleh suku Dayak yang biasanya pada hari Minggu mengadakan pertunjukan budaya. Di sini anda dapat melihat pertunjukan budaya yang ada di Indonesia, khususnya budaya Dayak kaltim.

Lokasi Desa Budaya Pampang berada di bagian kiri jalan poros sebelum Bandara Sungai Baru. Dari papan nama di pintu masuk menuju kawasan Desa Dayak, wisatawan masih harus menempuh jarak kurang lebih 1 kilometer menuju lokasi.

Jadi Desa budaya pampang ini merupakan tempat wisata budaya di Samarinda yang cocok dijadikan sebagai tempat wisata edukasi kepada anak-anak agar lebih mengenal dan belajar tentang budaya yang ada di Indonesia.

15. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara Setelah masjid Istiqlal di Jakarta. Keindahan masjid ini karena terletak tidak jauh dari sungai mahakam yang merupakan latar depan masjid.

Masjid ini banyak dikujungi wisatawan yang ingin berwisata religi di kota Samarinda Kalimantan Timur, salah satu tempat wisata religi yang paling banyak dikunjungi. terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda.  Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Masjid Islamic Center Samarinda dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2008 dengan luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi.

Baca Juga: Daftar Nama Hotel/Penginapan di Balikpapan Lengkap Dengan Alamat dan Nomor Telepon

Demikian ulasan tentang 15 Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Paling Terkenal, semoga bermanfaat bagi yang yang sedang mencari referensi tempat wisata di Kalimantan khususnya di kalimantan Timur, Indonesia.

Related Posts