15 Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

shares |

Tempat Wisata di Tegal- Kabupaten Tegal merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Kota Slawi, berada sekitar 16 km di selatan Kota Tegal. Nama Tegal sendiri berasal dari nama Tetegal yang mempunyai makna tanah subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian. 

Ada juga sumber lain yang menyatakan, bahwa nama Tegal dipercaya berasal dari kata Teteguall. Sebutan yang diberikan seorang pedagang asal Portugis yaitu Tome Pires yang singgah di Pelabuhan Tegal pada tahun 1500–an.

Kabupaten Tegal berdiri pada tanggal 18 Mei 1601 pada saat Ki Gede Sebayu diangkat sebagai juru demung di Tegal oleh Sultan Mataram, dan kemudian mulai membangun daerah ini.(Sumber:wikipedia)

Tempat Wisata di Tegal tempat wisata di tegalalang tempat wisata di tegal dan brebes tempat wisata di tegal brebes tempat wisata di tegal rita park

Kabupaten tegal Banyak terdapat destinasi wisata menarik untuk tujuan wisata, Mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata keluarga, sampai wisata kuliner. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan tentang beberapa tempat wisata di Tegal, Jawa tengah, Indonesia.

Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi

1. Bukit Cepu, Menimati Keindahan Pemandangan Gunung Slamet Dari Ketinggian

 Bukit Cepu, Menimati Keindahan Pemandangan Gunung Slamet Dari Ketinggian

Bukit cepu merupakan Objek wisata alam di Tegal, tepatnya berada di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah atau sekitar 24 Km ke selatan dari pusat kota Kabupaten Tega. Untuk menuju tempat wisata tegal yang satu ini tidak mudah karena lokasinya yang bisa dilewati hanya berupa jalan setapak dan kondisi medan yang menanjak. 

Bagi yang datang menggunakan kendaraan dari luar Kota Tegal, kendaraan diparkir di bawah Bukit Cepu ini. Kegiatan yang menantang dan perlu tenaga ekstra yang harus dipersiapkan, karena Ada semacam anak tangga dari tanah yang berjumlah sekitar 950 buah yang harus anda lalui untuk mencapat kepuncak.

Rasa lelah akan terbayar setelah anda mencapai puncak dengan suguhan keindahan pemandangan langsung Gunung Slamet yang ada di sebelah tenggara bukit ini. Selain itu anda juga akan melihat banyak pohon-pohon pinus dan cemara yang tumbuh menjulang tinggi menambah keindahan Bukit Cepu. Tempat ini sangat recomended khususnya bagi pecinta fotografi.

2. Gunung Tanjung, Nikmati Petualangan di Alam Bebas Saat Wisata di Tegal
Gunung Tanjung, Nikmati Petualangan di Alam Bebas Saat Wisata di Tegal
Img by: indonesiategalwisataeksitis.blogspot.co.id

Gunung Tanjung merupakan wisata Tegal yang menawarkan pesona pemandangan daerah perbukitan yang cantik. Dari atas bukit anda dapat melihat banyak pemandangan alam yang menarik serta masih alami, sehingga Objek wisata Gunung Tanjung ini sangat cocok untuk Anda yang hobi berpetualang di alam bebas, terutama hiking.

Ditempat ini juga sudah tersedia warung-warung yang menjual jajanan, bagi yang sekedar ingin mengisi perut lapar selama perjalanan. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan selain memiliki pemandangan yang terkenal indah, penduduk setempatnya juga terkenal sangat ramah terhadap pengunjung.

Bagi yang tertarik mengunjungi objek wisata Gunung Tanjung ini lokasinya terletak di Desa Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Yang sudah penasaran ingin mengunjungi tempat ini lokasinya tidak jauh hanya sekitar 7 Km jika anda dari arah Kota Slawi.

3. Segarkan Badan Dengan Mandi di Pemandian Air Panas Guci Tegal

Segarkan Badan Dengan Mandi di Pemandian Air Panas Guci Tegal
Img by: tripadvisor.co.id

Pemandian Air Panas Guci merupakan salah satu tempat wisata alam yang menjadi favorit wisatawan saat ke Kabupaten Tegal khususnya di Guci. Pemandian air panas Guci sudah sangat terkenal di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah, tepatnya beralamat di Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.

Jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan dari Kota Slawi tempat wisata Guci indah di Tegal ini berjarak sekitar 30 km, sedangkan jika ditempuh dari Kota Tegal jaraknya sekitar 40 km. Objek wisata Guci ini memiliki keunikan tersendiri yaitu sumber air panasnya bukan hanya satu tapi berjumlah 25 buah dengan tingkat suhu airnya yang berbeda beda.

Air yang keluar dari Sumber air panas Guci di kawasan kaki Gunung Slamet ini dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti penyakit gatal, korengan dan penyakit kulit lainnya.

Selain terkenal dengan pemandian air panas guci tegal ini juga terkenal akan keindahan alamnya, jadi wisatawan yang datang selain menyegarkan badan di Air panas juga sekalian menikmati keindahan alam disekitar gunung slamet. Untuk Harga tiket masuk di pemadian air panas juga masih sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Baca Juga: Penginapan Murah di Wisata Guci Tegal, Jawa Tengah

4. Wisata Sambil menikmati Kuliner di Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA)

Wisata Sambil menikmati Kuliner di Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA)

Taman Rakyat Slawi Ayu merupakan objek wisata berupa sebuah taman yang digunakan sebagai tempat bersantai saat hari biasa maupun akhir pekan kabupaten Tegal tepatnya berlokasi di depan terminal bus Slawi, sangat mudah menemukan tempat ini karena letaknya yang strategis dan mudah dijangkau.

Tujuan awal pendirian Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) adalah sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal dalam berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan kegiatan lainnya.

Mengunjungi taman rakyat slawi ini selain bersantai dan kumpul dengan sahabat maupun keluarga anda dapat juga menikamati Kuliner khas Tegal, karena banyak terdapat penjual jajanan khas tegal ditempat ini .

TRASA ini mulai dibuka pada tahun 2013, meskipun Taman Rakyat Slawi Ayu masih tergolong wisata baru di tegal tapi tempat ini selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan.

5. Agro Wisata, Serunya Berkeliling ke Perkampungan dan Kebun Tebu Dengan Loco Antik

Agro Wisata, Serunya Berkeliling ke Perkampungan dan Kebun Tebu Dengan Loco Antik
Img by: Fahmi Ismail

Agrowisata Loco Antik merupakan wisata di Tegal yang dikelola oleh PG. Pangka yang merupakan bagian dari PTPN IV Jawa Tengah.  PG.Pangka ini merupakan perusahaan perkebunan dan pengolahan tebu dari peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda yang telah dinasionalisasi sebagai perusahaan Indonesia.

Dengan Loco Antik anda dapat berkeliling menikmati pemandagan indah perkampungan dan perkebunan tebu di tegal. Wisata loco antik menadi wisata keluarga yang banyak digemari anak-anak saat liburan.

Selain menikmati keindahan perkebunan dengan menggunakan lokomotif antik, anda juga dapat jalan-jalan mengujungi pabrik gula dan melihat secara langsung cara pembuatan gula pasir yang dilakukan dengan menggunakan mesin.

Ada kegiatan menarik yang ada di sini yaitu ritual temanten tebu, namun ini dilakukan pada saat-saat tertentu  saja, khususnya sebelum musim panen tebu dimulai. Ritual temanten tebu ini merupakan perwujudan rasa sukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang didapat pada tahun tersebut.

6. Tirta Waduk Cacaban, Liburan Tidak Ada Salahnya Menikmati Keindahan di Tempat Ini

Tirta Waduk Cacaban, Liburan Tidak Ada Salahnya Menikmati Keindahan di Tempat Ini
Img by: id.wikipedia.org

Tirta Waduk Cacaban adalah waduk sebagaimana umumnya yang memiliki fungasi utamanya sebagai sarana irigasai. Waduk tirta ini dibangun sejak tahun 1952 yang peletakan batu pertamanya dilakukan langsung oleh Presiden Soekarno.

Meskipun sebagai tempat sarana irigasi, waduk tirta Cacaban menawarkan pemandangan yang tak kalah menarik dari tempat wisata tegal lainnya. Selain sebagai sarana irigasi tempat ini juga oleh pemerintah Daerah Tegal akan dimanfaatkan sebagai Objek wisata, mengingat alam disekitar waduk memiliki pesona dan dayatarik yang akan dapat mendatangkan banyak wisatawan.

Bagi anda yang ingin mencari tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah, waduk tirta cacaban bisa menjadi altenatif wisata saat di Kabupaten Tegal.Saat ini Tirta Waduk Cacaban sedang dikembangkan menjadi obyek wisata.

Hal tersebut bisa dilihat dengan adanya pembangunan beberapa fasilitas oleh pemerintah di sekitar waduk, seperti pembangunan tempat sebagai bumi perkemahan, panggung hiburan, tempat bermain anak, warung apung, kapal wisata dan masih banyak lagi lainnya. Semua fasilitas tersebut dipersiapkan guna untuk memikat wisatawan untuk datang kewaduk ini. 

7. Curug Cantel , Keindahan Air Terjun Tersembunyi di Bumijawa Tegal

Curug Cantel , Keindahan Air Terjun Tersembunyi di Bumijawa Tegal

Curug Cantel merupakan wisata alam air terjun di Tegal, lokasinya berada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Akses untuk menuju lokasi wisata curug centel tergolong masih sulit, karena pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata tegal ini harus menempuh jalan sejauh 400 meter dari jalan raya.

Pemandangan yang indah, namun masih sepi akan pengunjung, ini karena letaknya tersembunyi dan jalan untuk menuju air terjun curug centel juga sangat sulit, hanya yang hobi dan punya jiwa petualang saja yang bisa menikamati keindahan alam curug centel. 

Dengan ketinggian sekitar 60 meter membuat air yang jatuh akan terasa sagat deras dan menimbulkan embun yang akan membuat segar pengunjung saat siang hari ang panas. Mandi di air alam yang masih jernih dan segar merupakan kegiatan yang menyenangkan, begitu juga saat mengunjungi wisata curug centel.

Namun disaran bagi yang ingin mandi merasakan segarnya curug centel disarankan agar tidak mandi didekat jatuhnya airdemi untuk keamanan pengunjung itu sendiri. Meskipun lokasinya yang tersembunyi keindahan alam yang akan anda dapatkan tidak akan membuat anda menyesal datang ketempat ini.

8. Curug Putri, Wisata Alam Dengan Pemandangan Indah Sayang Untuk dilewatkan

Curug Putri, Wisata Alam Dengan Pemandangan Indah Sayang Untuk dilewatkan
Img by: Khoerul Umam

Curug Putri adalah tempat wisata di Kabupaten tegal yang memiliki pemandangan alam Indah, curug ini meiliki ketianggian sekitar 25 meter. Meskipun Curug ini tidak setinggi Curug Cantel tapi pengunjugnya cukup ramai, karena akses menuju lokasinya lebih mudah dibanding lokasi menuju curug centel.

Lokasi Curug Putri Terletak perbatasan di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes tepatnya berada di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Jawa Tengah. Bisa ditempuh dengan 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Mekipun Curug putri dekat dengan kabupaten Brebes, tapi tempat wisata ini masih termasuk dalam kategori tempat wisata di Tegal dan sekitarnya karena lokasinya yang tidak jauh dari kota Tegal. Curug ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan karena selain selalu ramai, keindahan alamnya juga sangat menarik untuk dinikmati.

9. Rita Park, Wisata Baru di Tegal Banyak Wahana Permainan Yang Bisa Anda Coba disini

Rita Park, Wisata Baru di Tegal Banyak Wahana Permainan Yang Bisa Anda Coba disini
Img by: InfoTegal

Rita Park Adalah tempat wisata ditegal yang menjadi tujuan wisata keluarga favorit, karena banyak wahana permainan yang ditawarkan kepada pengunjung diantaranya seperti Bom-bom Car, Circus Travel, Flying Tiger, Cinema 5D, , Kiddie Ride Frog Jump dan lainnya.

Akses menuju lokasi wisata Rita park ini sangat sangat mudah, karena letaknya yang strategis yaitu lokasinya berada di kompleks Rita Supermall Jl. Kol. Sugiono No.155, Tegal Jawa Tengah. Banyaknya berbagai macam wahana permainan yang ada disini sehingga Rita Park sering disebut sebagai Dufan nya Jawa Tengah.

Bagi yang ingin liburan di Rita Park ini buka setiap hari mulai dari pukul 13.00-21.00 (hari Senin s/d Jum’at). Sedangkan untuk hari libur, Rita Park buka sejak pukul 09.30-18.00. Harga Tiket masuk Rita Park mulai dari Rp.25.000, tapi belum termasuk tiket wahana yang ada didalamnya.

10. Menikamati Liburan Di Wisata Air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal

Menikamati Liburan Di Wisata Air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal
Img by: InfoTegal

Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal  merupakan tempat wisata di Tegal yang berada dekat dengan terminal kota Tegal. Tempat ini sudah dibuka sejak 15 Juni 2010 dan dibangun diatas lahan yang luasnya sekitar 5 hektar, sangat cocok untuk tujuan wisata keluarga, karena banyak sekali terdapat fasilitas serta wahana permainan yang menyenangkan.

Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark anda dapat menghabiskan waktu liburan dengan wisata air modern ini. Berbagai wahana Permainan yang terdapat di Gerbang Mas Bahari Waterpark Tegal seperti Kolam Olympic, Wave Pool atau kolam ombak, Wet Futsal, Gerbang Mas Bahari Waterpark juga sudah menyiapkan tempat khusus untuk anak-anak yaitu Kiddy Pool.

Untuk yang ingin menikmati semua fasilitas dan wahana yang ada di Gerbang Mas Bahari Waterpark dikenakan harga tiketnya masuk Rp.15.000,-/orang (hari senin-jum'at). Sedangkan pada waktu hari Sabtu, Minggu dan hari libur harga tiket masuk Rp25.000,-/orang.

11. Guciku Hot Waterboom, Menikmati Hangatnya Air Dari Sumber Air Panas Guci Tegal

Guciku Hot Waterboom, Menikmati Hangatnya Air Dari Sumber Air Panas Guci Tegal
Img by: jalantraveller.blogspot.com

Guciku Hot Waterboom merupakan objek wisata di Tegal yang berbeda dengan waterboom pada umumnya, karena disini menggunakan air dari sumber air panas Guci dan ini merupakan dayatari tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Selain itu di Guci-ku Hot Waterboom anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas wahana yang menyenangkan seperti kolam khusus anak-anak, pancuran air panas konon katanya bisa menyembuhkan penyakit dan dan masih banyak lagi wahana lainnya.

Daerah Guci memang sudah sangat populer dikalangan wisatawan terutama mengenai pemandian air panas nya, banyak tempat yang bisa dikunjungi sebagai tujuan wisata yang salah satunya seperti yang sudah disebutkan tadi yaitu Guci-ku Hot Waterboom.

Bagi yang ingin megunjungi bisa langsung menuju alamat di Jalan Lingkar Barat, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

12. Waterboom Yogya, Jangan Salah Lokasi Wisata Ini di Tegal 

Waterboom Yogya, Jangan Salah Lokasi Wisata Ini di Tegal

Waterboom Yogya Merupakan tempat wisata Keluarga di Tegal, wahana air dulunya bernama Waterboom Dedy Jaya, karena ganti kepemilikan maka namanya jadi diganti juga. Sekilas Waterboom ini jika dilihat dari namanya banyak menyangka lokasinya di Jogja, padaha ini tempat Wisata di Kota Tegal.

Lokasinya wisata air ini berada di depan Terminal Slawi Kabupaten Tegal, jika dilihat Sekilas dari luar waterboom ini tampat sepi sepi. Karena memang posisinya berada di belakang toserba, Namun jika anda sudah masuk ke lokasi waterboom ini sanagt ramai pengunjung apalagi pada hari-hari libur.

Fasilitas yang terdapat di waterboom Yogya seperti empat kolam yang terbagi sesuai dengan usia dan tingkat kedalaman kolam. Bagi anak-anak atau balita, ada kolam khusus yang tidak terlalu lebar dengan kedalaman air 30 cm. Ada juga kolam dengan kedalaman 1,3 meter, 1,4 meter, dan 1,8 meter.

Waterboom Yogya ini buka hari Senin-Jum’at  mulai jam 09:00-17:30, dan harga tiket masuk Rp. 12.500/org, sedangkan untuk hari Sabtu-Minggu, Hari Besar buka mulai jam 08:00-17:30, dan harga tiket masuk Rp. 15.000/org

13. Dinginnya Air Kolam di Sulaku Bumijawa Park, anda harus Coba

Dinginnya Air Kolam di Sulaku Bumijawa Park, anda harus Coba
Img by: InfoTegal

Sulaku Bumijawa Park adalah tempat wisata di Tegal yang memiliki dayatarik tersendiri yaitu air disini suhu sekiatr 20°C karena lokasinya tidak jauh dari kaki Gunung Slamet. Tepatnya tempat wisata ini berada di Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal Jawa Tengah.

Banyak fasilitas permainan di Sulaku Bumijawa Park yang tidak akan membuat anda bosan berada disini seperti fasilitas kegiatan outbound, playground, pemancingan, penginapan, agrowisata, futsal center, waterboom, kedai jamu, bahkan kita bisa berkeliling kebun dengan menaiki ATV.

Bagi anda yang sedang liburan di kota tegal jangan lupa untuk mengunjungi sulaku bumijawa park dan jangan lewatkan juga untuk mencoba flying fox yang ada di sini. Ada beragam panjang lintasannya, ada yang 60 meter, 150 meter, hingga 200 meter dengan kecepatan rata-rata 80 KM / jam melintasi kebun yang ada di Sulaku, yang pasti seru tentunya.

14. Pantai Alam Indah, Keindahan Pantai Dengan Ombak Yang Tenang

Pantai Alam Indah, Keindahan Pantai Dengan Ombak Yang Tenang

Wisata pantai Kota Tegal yang menjadi tujuan banyak wisatawan saat liburan yaitu Pantai alam Indah atau biasa masyarakat setempat menyebutnya dengn nama PAI. Letaknya yang strategis menjadikan pantai PAI selalu ramai oleh pengunjung.

Pantai Alam Indah Tegal ini memiliki bentuk pantai yang datar dengan pasir pantai yang berwarna coklat dengan panjang pantai 2100 meter, dan ombaknya juga relatif kecil sangat cocok untuk wisata keluarga, karena sangat aman untuk tempat bermain anak-anak saat liburan.

Selain Memiliki pemandangan yang indah, karena masih terjaga dengan baik dan bersih dari sampah, PAI juga terdapat beberapa fasilitas menarik diantaranya adalah waterboom, Monumen Bahari serta wisata berkeliling pantai dengan perahu.

Bagi yang ingin  menghabiskan liburan dan ingin berkunjung ke objek wisata Pantai Alam Indah tegal ini lokasinya berada di jalan Sangir Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal Jawa tengah, Indonesia.

15. Bersantai di Pantai Purwahamba Sambil Menikmati Keindahan Alamnya

Bersantai di Pantai Purwahamba Sambil Menikmati Keindahan Alamnya

Pantai Purwahamba Indah merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menjadi unggulan Kabupaten Tegal. Tempat wisata tegal ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik hari-hari biasa maupun saat hari libur.

Lokasi Pantai Purwahamba Indah ini lokasinya terletak di Jl. Raya Tegal-Pemalang Km. 14 Tegal. Jika ditempuh dengan menggunaan kendaraan dari Kota Tegal ke arah timur sekitar 14 km.

Pantai Purwahamba memiliki suasana pantai dengan ombak yang cenderung tenang dan memiliki hawa yang sejuk karena terdapat banyak tumbuhan nyiur yang subur, sehingga pantai ini sangat cocok sebagai tempat untuk refresing setelah sibuk dengan pekerjaan.

Banyak Fasilitas di Pantai ini bisa anda nikmati seperti Sepeda Air, Kreta Mini, Kebun Binatang Mini, Taman Ria, Dermaga, Gazebo, Shelter, Kolam Renang Internasional, Waterboom,  Ruang Pertemuan, CafĂ©, Hotel Melati, Toilet / WC, Musholla, Tempat Parkir.

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai Purwahamba Tegal adalah untuk Hari Biasa : Dewasa : Rp. 3.000,- /orang, Anak-anak: Rp. 2.500,- /orang. Harga Tiket Masuk Untuk Hari Libur/Tanggal Merah, Dewasa: Rp. 3.500,- /orang, Anak-anak: Rp. 3.000,- /orang (*harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Demikian informasi tentang 15 Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik Untuk Anda Kunjungi, semoga bermanfaat dan dapat anda masukan untuk daftar wisata yang akan anda kunjungi berikutnya saat liburan tiba.

Related Posts