6 Tempat Wisata Menarik di Bangka Tengah Untuk Liburan

shares |

Tempat Wisata di Bangka Tengah- Wilayah Kabupaten Bangka Tengah Tengah terletak di Pulau Bangka, merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jika dilihat secara administratif wilayah Kabupaten Bangka Tengah berbatas-an langsung dengan daratan wilayah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, seperti wilayah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Bangka Selatan.

Kabupaten Bangka Tengah ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bangka yang resmi dibentuk pada tanggal 25 Februari 2003 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2003 (sumber:wikipedia)

Tempat Wisata di Bangka Tengah obyek wisata bangka tengah tempat wisata kabupaten bangka tengah objek wisata bangka tengah

Mengenai Pariwisata yang ada di kabupaten Bangka Tengah dengan kondisi geografis yang didominasi dengan wilayah kepualauan, tidak heran jika kabupaten ini memiliki destinasi wisata pantai yang indah, dan menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Berikut daftar tempat wisata di bangka Tengah yang menarik untuk anda kunjungi.

Tempat Wisata Menarik di Bangka Tengah

1. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai pulau ketawai di bangka pulau ketawai bangkabelitung gambar pulau ketawai foto pulau ketawai wisata pulau ketawai
Sumber img: bangkatengahkab.go.id

Pulau Ketawai dan Pulau Gusung Asam merupakan objek wisata di Kabupaten Bangka Tengah, dan menjadi salah satu tempat yang menarik dan menjadi kebangkagaan masyarakat Bangka Tengah. Pulau ini banyak dikunjungi wisatawan baik dari Bangka Tengah sendiri maupun masyarakat luar. Karena memiliki panorama yang indah. Ekosistem terumbu karang yang cukup luas dan kondisinya cukup beragam yang dapat menjadi daya tarik wisata yang menyukai kegiatan diving.

Untuk mencapai pulau ini, anda dapat melewati penyeberangan dari Ketapang Pelabuhan Pangkal Balam Kabupaten Bangka Tengah, namun anda juga bisa menggunakan jalur penyeberangan melalui Desa Kurau dan ini merupakan jalur lebih banyak wisatawan gunakan untuk menuJu Pulau Ketawai.

2. Pantai Tanjung Berikat

Pantai Tanjung Berikat pantai tanjung berikat bangka sejarah pantai tanjung berikat
Sumber img: bangkatengahkab.go.id

Objek wisata Kabupaten Bangka Tengah memiliki Panorama pantai yang indah dan menawan, salah satunya adalah pantai tanjung berikat.Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih merupakan ciri khas dan menjadi daya tarik tempat wisata ini yang akan membuat betah setiap pengunjung.

Ditambah dengan adanya upacara adat pantai, yaitu taber laut (sedekah laut) atau rebo kasan bagi orang bangka.Taber Laut merupakan upacara yang diadakan untuk perwujudan rasa syukur masyarakat nelayan atas dilimpahan hasil laut yang didapat dan dilaksanakan setiap tahun.

Lokasi Pantai Tanjung Berikat berjarak sekitar 1-2 km dari desa batu beriga atau 2 jam perjalanan dari Koba, sedangkan jika ditempuh dari Kota Pangkal Pinang sekitar 3 jam Perjalanan.

3. Pantai Tanjung Langka Koba

Pantai Tanjung Langka Koba

Wisata Pantai Tanjung Langka Koba merupakan tempat wisata di bangka Tengah yang keindahannya tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya. Saat air laut surut anda akan menyaksikan keindahan batu karang di sekitar pantai membuat tempat ini menjadi lebih menarik terutama bagi yang gemar dengan fotografi.

Selain itu pantai Tanjung Langka juga memiliki pasir yang putih dan cocok untuk menikmati keindahan sunset ketika matahari mulai tenggelamnya.Pantai tanjung langka koba  lokasinya terletak kurang lebih 5 km dari Kota Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung ke arah timur ,tepatnya di kompleks perkantoran PT.Kobatin.


4. Air Terjun Sadap

wisata air terjun sadap lokasi air terjun sadap sejarah air terjun sadap
Sumber img: bangkatengahkab.go.id

Air Terjun Dusun sadap  berada di bawah kaki Bukit Pading ini memiliki lebar sekitar 3 m dan panjang 6 meter dengan kemiringan jatuhnya air sekitar 45 derajat ke dasar kolam dibawahnya. Air terjun ini mengalir membentuk garis lengkung dengan ketinggian kurang lebih 7-8 meter dengan alur air bebatuan granit yang berlumut berwarna coklat kehitam-hitaman menjadi sangat menarik. Pemandangan alam di sekitar air terjun juga tak kalah menarik karena memang kondisinya masih alami.

Lokasi Terletak di Dusun Sadap, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Propinsi Bangka Belitung.Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan jarak sekitar 7 km dari Kota Koba, ibukota kabupaten Bangka Tengah atau 75 km dari Pangkal Pinang (ibu kota Kepulauan Bangka Belitung).  

5. Hutan Pelawan

Hutan Pelawan hutan pelawan di bangka hutan pelawan namang bangka tengah hutan pelawan pangkalpinang
Sumber img: bangkatengahkab.go.id

Hutan Pelawan adalah objek wisata alam di Bangka tengah yang merupakan keberadaan lebah yang menghasilkan madu pahit. Ini terjadi karena lebah-lebah tersebut mengisap serbuk bunga pohon pelawan, sehingga madu yang dihasilkan terbilang pahit yang menjadi produk khas Kabupaten Bangka Tengah.Hutan Pelawan berlokasi di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung Indonesia. 

Sesuai namanya, kawasan hutan ini didominasi oleh keberadaan pohon pelawan. Pohon berkayu merah yang disebut-sebut sebagai endemik Provinsi Bangka Belitung.Salah satu keunikan dari hutan Pelawan adalah tempat / habitat jamur pelawan dan jamur ini juga bisa dijadikan santapan lezat saat makan bedulang alias makan bersama di saung Desa Namang. 

6. Ex Mining Perlang

Ex Mining Perlang
Sumber img: bangkatengahkab.go.id

Ex Mining Perlang adalah tempat wisata bekas penambangan timah yang lokasinya berada di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Lahan bekas galian pasir timah yang terisi air hujan membentuk danau yang dikenal dengan nama “Kolong” atau “Camuy” bagi masyarakat Bangka. Air Danau yang jernih dan Biru serta tumpukan batu dan pasir sisa penambangan menjadikan lokasi wisata ini tempat menarik untuk yang hobi berfoto .

Akses lokasi tempat wisata ini jika anda dari Kota Koba bisa menggunakan kendaraan dengan tujuan Desa Perlang. Anda dapat menggunakan kendaraan sewa berupa mobil yang sudah tersedia di beberapa tempat penyewaan mobil di Kota Koba. Sarana Transportasi umum belum ada ke tempat wisata ini, sehingga Lahan Bekas Penambangan Timah ini masih terjaga keasriannya. Selama perjalanan menuju lokasi, pengunjung akan disuguhi pemandangan danau-danau bekas penambangan timah yang nampak menakjubkan.


Sebetulnya jika di ekplore tempat wisata di Bangka Tengah masih banyak sekali yang bisa dijadikan destinasi wisata menarik. Namun kali ini cukup 6 Tempat Wisata Menarik di Bangka Tengah Untuk Liburan yang diulas. Semoga informasi ini bermanfaat dan kedepannya bisa lebih banyak lagi tempat-tempat menarik yang akan diulas, Jika anda dari Kabupaten bangka Tengah dapat Juga berkontribusi untuk mengenalkan wisata di daerah anda agar lebih deikenal luas.

Related Posts