8 Wisata Ambarawa Yang Menarik Untuk Dikunjungi Saat Liburan

shares |

Wisata Ambarawa Jawa Tengah- Ambarawa adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Pada saat era kerajaan Mataram kawasan ini bernama Limbarawa.  Ambarawa dulunya juga pernah menjadi ibu Kabupaten Semarang yang kemudian sekarang berpindah menjadi di Ungaran.

Saat melakukan wisata di Semarang, tidak ada salahnya sekaling untuk menikmati wisata di Ambarawa. selain terkenal wisata alam yang indah, Ambarawa juga sangat terkenal akan wisata sejarah, karena ditempat ini banyak sekali penginggalan-peninggalan sejarah yang dapat anda jadikan sebagai wisata edukasi menambah pengetahuan.

tempat wisata di ambarawa tempat wisata di ungaran tempat wisata salatiga wisata ambarawa wisata bandungan wisata di ambarawa wisata di salatiga wisata pulau tidung wisata salatiga wisata ungaran

Keindahan serta banyaknya wisata sejarah di Ambarawa ini bisa anda jadikan tujuan wisata yang menyenangkan sekaligus untuk lebih mengenal akan sejarah di Indonesia khususnya yang ada di Ambarawa. Lebih jelasnya beberapa tempat wisata di Ambarawa Jawa Tengah, bisa anda baca berikut ini, untuk menjadi referensi saat anda liburan di Ambarawa.

Wisata Ambarawa Yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Museum Kereta Api Ambarawa, Mengenang Kejayaan Sejarah Transfortasi Masa Lalu

Museum Kereta Api Ambarawa, Mengenang Kejayaan Sejarah Transfortasi Masa Lalu
Img by: travel.detik.com

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah tempat wisata berupa stasiun kereta api namun sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah, tepatnya berada di Jalan Stasiun No 1 Ambarawa, Wisata ke museum ini anda akan melihat berbagai koleksi dan kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya.

Wisata di museum kereta api ambawara ini, pengunjung dapat melihat-lihat secara langsung koleksi lokomotif kereta api dan juga peralatan komunikasi masih sangat kuno yang digunakan pada zaman dulu dan masih terawat dengan apik di dalam Museum Ambarawa ini.

Ada yang lebih menarik lagi saat anda mengunjungi museum kereta api yanitu anda bisa menaiki kereta wisata dengan rute Ambarawa-Bedono pp serta Ambarawa-Tuntang pp. Kereta apai ini tidak melewati rel yang digunakan kereta api saat ini, namun Kereta api ini akan melewati rel bergerigi. 

Untuk Rel gerigi sendiri di Indonesia sudah sangat langka dan jarang bisa ditemui lagi, karena hanya ada di Ambarawa dan Sawahlunto sumatera barat. Untuk Harga Tiket Wisata Museum Kereta Api Ambarawa : Rp 5.000 untuk hari biasa sedangkan weekend naik kereta api Lori : Rp 15.000.

2. Benteng Fort Willem I (Benteng Pendem Ambarawa) Menikmati Suasana Tempo Doeloe

Benteng Fort Willem I (Benteng Pendem Ambarawa) Menikmati Suasana Tempo Doeloe
Img by: Bertha Thresia

Selain menikmati wisata sejarah di Meseum kereta api Ambarawa anda juga dapat mengunjungi tempat wisata sejarah lannya seperti Benteng Fort Willem I atau lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa. Benteng ini merupakan bangunan bersejarah yang berada di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

Dahulu benteng pendem di Ambarawa ini berfungasi sebagai sebagai benteng pertahan untuk pertahanan perang, seperti fungasinya benteng umumnya. Saat ini benteng tersebut difungsikan menjadi lapas dari mulai tahun 2013. Namun jangan kuatir saat anda berwisata kesini tetap masih bisa untuk berjalan keliling benteng dan akan merasakan sensasi suasana tempo Doeloe.

3. Menikmati Keindahan Rawa Pening Sambil Berkeliling Menggunakan Perahu

Menikmati Keindahan Rawa Pening Sambil Berkeliling Menggunakan Perahu
Img by: rowopening.blogspot.com

Bukan hanya wisata sejarah saja saat wisata di Ambarawa, namun anda juga dapat menikmati wisata alam di Ambawara salah satunya yaitu Rawa Pening. Lokasi wisata Rawa Pening ini menurut masyaratkan setempat banyak menyimpan cerita legenda. Terlepas dari itu semua wisata alam ini menawarkan pesona alam yang indah.

Karena rawa pening merupakan tempat wisata berupa sebuah Danau Alam yang besar dan luasnya meliputi Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Tempat wisata rawa pening ini oleh masyarakat setempat selain dijadikan tempat tujuan wisata juga di manfaatkan masyarakan sebagai sumber mata air pertanian dan tempat mencari ikan.

Mengunjungi rawa pening kurang lengkap jika anda tidak menyusuri dan melihat keindahan daearah tersebut dengan menggunakan perahu. Untuk perahu anda bisa menyewanya langsung dari nelayan setempat. bagi yang hobi mansing disini juga tempat asyik untuk memancing dengan menggunakan perahu.

4. Keindahan Alam Bukit Cinta Rawa Pening Tempat Nyaman Saat Akhir Pekan

 Keindahan Alam Bukit Cinta Rawa Pening Tempat Nyaman Saat Akhir Pekan
Img: pakettourwisatathailand.blogspot.com

Jadi jika anda ingin melihat dan menikmati Pemandangan indah dengan hamparan pepohonan yang hijau serta hamparan perbukitan bukan hanya di Telaga Warna Puncak Bogor di Jawa barat saja yang anda bisa kunjungi, namun di semarang juga ada yang tak kalah menarik di daerah rawa pening yaitu bukit cinta.

Bukit Cinta Rawa Pening, Tempat ini menawarkan keindahan alam berupa lereng perbukitan yang sudah tertata rapi untuk menarik minat wisatawan untuk liburan. tempat masih disekitar kawasan Rawa pening, Bukit cinta yang banyak menarik wisatawan saat akhir pekan terutama  kalangan anak muda.

Untuk dapat masuk ketempat wisata bukit cinta rawa pening anda harus terlebih dahulu membayara tiket masuk di Loket, Harga tiket masuk hari biasa adalah Rp 6.000 per orang, sedangkan untuk hari libur sebesar  Rp.7.500/orang. 

Dibukit cinta sudah banyak disediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung diantaranya taman yang luas dilengkapi dengan kursi taman untuk tempat bersantai,selain itu juga disediakan wahana bermain jadi bukan hanya anak muda saja yang datang ketempat ini melainkan sebagai tujuan wisata keluarga juga.

Kegiatan menarik lainnya di Bukit Cinta adalah anda dapat menjelajah rawa pening dengan menggunakan perahu untuk melihat keindahan pemandangan sekitar rawa, bisa juga sampai ke tengah dengan biasanya sewa perahu bermotor Rp.30.000/setengah jam atau bisa juga lebih tergantung kesepakatan diawal saat menyewa.

5. Menikmati Liburan Sambil Wisata Kuliner di Kampoeng Rawa Ambarawa

Menikmati Liburan Sambil Wisata Kuliner di Kampoeng Rawa Ambarawa
Img by: sis sis

Kampoeng Rawa adalah objek wisata Alam di Ambarawa, Jawa Tengah,Tempat wisata ini terletak di sabuk hijau di sekitar kawasan Danau Rawa Pening.Wisata alam diambarawa ini anda dapat melihat banyak bangunan yang berdiri diatas danau rawa pening yang nampak indah perpaduan rumah apung denga alam rawa.

Selain menikmati keindahan ditempat ini wisatawan yang berkunjug juga sudah disediakan berbagai macam wahana dan hiburan. yang membuat wisatawan betah berada di kampoeng apung adalah tempatnya kuliner, anda bisa menocoba berbagai kuliner terutama kuliner yang berkaitan dengan hasil rawa dan juga menu makanan khas jawa.

Tempat biasa di sebut juga sebagai Wisata Apung Kampung Rawa ini sangat mudah dijangkau dari mana saja karena letaknya yang strategis yaitu berada di jalur jalan lingkar Ambarawa. Untuk Tiket masuk Kampoeng Apung Hanya hanya dikenakan tiket parkir aja, untuk sepeda motor hanya Rp 2.000, sedangkan untuk mobil Rp 5.000.

6. Melihat Koleksi Sejarah di Monumen Palagan Ambarawa dan museum Isdiman

Melihat Koleksi Sejarah di Monumen Palagan Ambarawa dan museum Isdiman
Img by: hamidanwar.blogspot.com

Monumen Palagan Ambarawa adalah sebuah monumen yang terdapat di Ambarawa, Kabupaten Semarang, tepatnya berada di alamat Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.Monumen ini merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember -15 Desember 1945 Ambarawa.

Monumen Palagan Ambarawa ini berdiri pada tahun 1973 yang telah diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 15 Desember 1974. Mengunjungi monumen bersejarah ini anda akan tahu mengenai sejarah singkat tentang pertempuran yang terjadi di Ambarawa tersebut dan dapat dilihat pada relief yang anda pada bagian monumen tersebut. 

Melihat Koleksi Sejarah di Monumen Palagan Ambarawa dan museum Isdiman
Img by: hamidanwar.blogspot.com

Di Palagan Ambarawa juga terdapat museum Isdiman yaitu sebagai tempat untuk mengabadikan berbagai peninggalan sejarah serta peralatan tempur peninggalan tentara Jepang dan tentara Belanda zaman dulu. Selain itu mengunjungi museum ini anda juga dapat melihat koleksi seragam yang dipakai tentara Belanda maupun tentara Jepang pada waktu itu dan juga seragam yang dipakai oleh tentara Indonesia. 

Bukan hanya itu saja masih banyak lagi koleksi-koleksi sejarah bisa anda lihat di museum Isdiman ini. untuk diluar degung museum ambarawa anda juga dapat melihat beberapa tank kuno yang dipakai oleh tentara sekutu, mobil angkut personil serta beberapa meriam yang digunakan untuk melawan tentara Indonesia saat itu.

7. Pemandian Muncul, Tempat Menyegarkan Badan Sekaligus Menikmati Kuliner

Pemandian Muncul, Tempat Menyegarkan Badan Sekaligus Menikmati Kuliner
Img by: Raihan Raisyauqy

Pemandian air alam muncul atau biasa disebut pemandian muncul sebuah kolam renang memiliki kualitas air yang bagus dan disertai dengan sirkulasi air yang sangat amat terjaga, karena sumber air berasal dari dalam tanah yang ada dibawah dasar kolam tersebut dan keluar secara terus menerus dan ini menjadi salah satu dayatarik tempat wisata ini. 

Dengan dayatarik Airnya yang selalu mengalir dari dasar kolam ini menjadikan pemandian muncul sebagai tujuan wisata yang banyak dikunjungi terutama untuk wisata keluarga. Pemandian Muncul ini di buka dan dikelola langsung oleh pemerintah daerah kabupaten Semarang. tepatnya lokasi wisata pemandian muncul berada di alamat Jalan Raya Muncul, banyu biru, Ambarawa, Jawa Tengah, Indonesia. 

Untuk harga tiket masuk kolam renang dan pemandian air alam muncul masih sangat terjangkau harganya sekitar Rp 5000 dan untuk hari libur harga tiket Rp 10.000. 

Selain menyegarkan badan mandi dikolam renang yang jerni di area ini anada juga dapat menikmati kuliner makanan lokal khas banyubiru ambarawa yang sangat terkenal yaitu pecel keong , pecel ini seperti pecel pada umumnya, namun yang membedakan adalah kelngkapan penyajiannya yaitu diberi keong dan kombinasi berbagai jenis keripik ikan.

8. Menikmati Keindahan Kota Ambarawa di Malam hari dari losari coffee plantation Resort

Menikmati Keindahan Kota Ambarawa di Malam hari dari losari coffee plantation Resort
Img by: www.booking.com

Untuk yang suka dengan suasana alam yang tenang losari coffee plantation Resort bisa menjadi pilihan liburan. tempat ini merupakan kawasan perkebunan warisan kolonial Belanda dan sekarang diubah menjadi eksklusif Eco Resort & Spa dengan fasilitas yang luar biasa menarik.

Resort ini sangat cocok untuk liburan keluarga ataupun bersama sahabat, karena ditempat ini anda dapat menyewa satu tempat dengan anggota 3-5 orang. Resort ini memiliki lahan sangat luas dan lokasinya juga sangat menyenangkan apalagi ditambah dengan panorama alam indah. anda juga dapat melihat keindahan pemandangan Kota Ambarawa yang indah di malam hari.

Selain itu Pemandangannya lainnya ditempat ini juga dapat menikamti indahnya gunung Merbabu, Merapi, Andong, Sumbing, Sundoro, dsb.Karena memang lokasinya yang berada di dataran tinggi. Dengan dikelilingi perbukitan sehinggga tempay ini memiliki hawa sejuk dan nyaman.

Related Posts