15 Wisata Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi

shares |

Wisata Jambi- Jambi adalah sebuah Provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo.Dahulu Jambi merupakan bagian dari kerajaan melayu yang berpusat sepanjang sungai batang hari dengan pusat kerajaan di Dharmasraya Sumbar.Sejarah mencatat bahwa peristiwa ekspedisi pamalayu dari kerajaan Singosari dan penyerahan arca amongshapasa yang didirikan dipusat kerajaan Melayu Dharmasraya sekarang yang tersimpan di museum Nasional Jakarta.

Awalnya kata melayu bukan merujuk etnis tetapi adalah nama kerjaan yakni Melayu (perbukitan) yang didirikan etnis Minang, seiring waktu kata melayu berubah makna merujuk kepada etnis atau suku yakni orang atau keturunan yang berasal dari wilayah kerajaan melayu untuk merujuk tempat berasalnya Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Dharmasraya.Jambi sendiri menggunakan bahasa melayu yang mirip dengan bahasa lokal Dharmasraya dan hampir sama dengan bahasa yang digunakan melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, sama-sama menggunakan dialek pada akhir kalimat dengan huruf "O"


hotel wisata jambi wisata ke jambi paket wisata jambi wisata daerah jambi peta wisata jambi wisata mistis jambi jembatan wisata jambi wisata budaya jambi wisata merangin jambi info wisata jambi wisata ancol jambi tempat wisata alam jambi wisata taman aci jambi agen wisata jambi gambar wisata alam jambi

Itu sekilas mengenai provinsi Jambi dan untuk tempat wisata jambi juga seperti provinsi yang ada di Indonesia banyak memiliki destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, dengan berbagai objek wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan masih banyak lagi wisata lainnya. Bagi anda yang ingin mencari tempat liburan jambi dapat menjadi tujuan wisata yang menyenangkan, untuk lebih jelasnya berikut daftar tempat wisata di Jambi yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Napak Tilas di Komplek Candi Muaro Jambi

15 Wisata Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Candi Muaro Jambi merupakan sebuah komplek percandian Agama Hindu-Buddha yang terdapat di Kabupaten Muaro Jambi. Situs purbakala ini membentang dari barat ke timur di tepian Sungai Batanghari sepanjang 7,5kilometer.Kompleks percandian ini Lokasinya tersebar di Desa Muaro Jambi, Kemingking Dalam, dan Danau Lamo yang dapat ditempuh melalui darat dan sungai dengan jarak 30 Km jika ditempuh dari Kota Jambi. 

Meskipun Candi yang ada di Jambi ini tidak sepopuler candi yang ada di Pulau Jawa, namun menariknya komplek percandian ini adalah komplek candi yang terluas di Indonesia, anda bisa menyusuri bagunan bersejarah ini sebagai wisata edukasi agar lebih mengenal perkembangan jambi pada masa lalu. Komplek Candi yang bisa dikunjungi wisatawan diantaranya seperti Candi Vando Astano, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2, dan kolam Talaga Rajo.

2. Rasakan Sensasi Dinginnya Air Danau Gunung Tujuh di Kerinci

Rasakan Sensasi Dinginnya Air Danau Gunung Tujuh di Kerinci

Danau Gunung Tujuh merupakan destinasi wisata Danau yang berada di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.Bagi wisatawan yang sedang berada di Provinsi Jambi jangan melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam  yang menarik Kabupaten Kerinci ini.

Wisata alam Danau Gunung Tujuh bisa menjadi tujuan tujuan wisata alam yang menyenangkan, karena selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga tidak begitu sulit.Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut, sehingga bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para wisatawan yang datang ketempat ini.

3. Danau kaco, Pemandangan Indah Terselubung di Hutan Belantara

Danau kaco, Pemandangan Indah Terselubung di Hutan Belantara

Objek wisata alam Jambi yang menarik untuk dikunjungi adalah Danau Kaco terletak Desa Lempur yang letak Lokasi Danau Kaco berjarak kurang lebih 500 kilometer dari kota Jambi, perjalanan menuju Kota Sungai Penuh selama 8-10 jam, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan selama 1,5 jam menuju pintu masuk Desa Lempur. Setelah itu anda harus menyusuri hutan untuk menuju danau dengan berjalan kaki selama 3-5 jam.

Danau Kaco Jambi ini menawarkan panorama yang sangat memikat, Karena air Danau Kaco sangat bersih dan jernih, Karena kejernihannya tersebut anda dapat melihat langsung berbagai makhluk hidup yang ada di dalam Danau Kaco. Danau Kaco berada di dalam hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Pemandangan luar biasa dari danau ini masih terselubung di antara lebatnya hutan dan membutuhkan upaya yang cukup besar untuk mencapainya. Selengkapnya baca: Danau Kaco, Air Percikan Surga.

4. Menikmati Udara Segar Kebun Teh Kayu Aro Di Kawasan Gunung Kerinci

Menikmati Udara Segar Kebun Teh Kayu Aro Di Kawasan Gunung Kerinci

Jambi memiliki kebun teh tertua di Indonesia, karena perkebunan ini sudah ada semenjak masa kolonial Hindia Belanda pada sekitar 1925 dan ini merupakan kebun tek tertinggi didunia karena terletak pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut (mdpl).Lokasi kebun teh Kayu Aro berada di kawasan Gunung Kerinci, tepatnya di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia.Dapat di tempuh sekitar 10 jam perjalanan, karena lokasinya ada di Jambi dan berbatasan langsung dengan Sumatera Barat.

Perkebunan teh Kayu Aro menjadi tujuan objek wisata yang menarik saat berkunjung ke Jambi. dikebun teh ini akan disuguhkan pemandangan kebun teh yang asri serta udara yang segar. Perkebunan ini letaknya tidak jauh dari Gunung Kerinci sehingga melengkapi keindahan alam yang ada di kebun ini. 

5. Wisata Alam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh 

Wisata Alam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah taman nasional yang terletak di Sumatera, Indonesia. Taman Nasional ini terletak di provinsi Riau dan Jambi. Taman seluas 143.143 hektare ini terdiri dari hutan hujan tropis dan terkenal sebagai tempat terakhir spesies terancam seperti orangutan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung yang terancam. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga merupakan tempat tinggal bagi Orang Rimba dan Talang Mamak.

Tempat wisata alam Taman nasional Bukit Tiga Puluh ini sangat cocok bagi yang suka dengan petualangan di alam bebas, karena memang kondisi TNBTP merupakan destinasi wisata yang masih terjaga kealamiannya, Wisata yang bisa anda jelajahi di taman nasinal ini seperti Menyelusuri sungai dan melihat menyaksikan kehidupan tumbuhan/satwa, Melihat panorama air terjun, mandi dan pengamatan tumbuhan dan Wisata budaya, untuk melihat upacara keagamaan Suku Talang Mamak. Selengkapnya Baca: Wisata Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

6. Keseruan di Kompleks Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Keseruan di Kompleks Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi, tempat wisata di jambi berupa sebuah Kompleks yang terbagi menjadi dua bagian yaitu Taman Mini yang bernuansa wisata dan Taman Rimba Jambi yang bernuansa kebudayaan. Untuk Taman Mini merupakan salah satu bagian dari komplekstaman yang memiliki nuansa seperti Taman Mini  di Jakarta dengan banyak menampilkan berbagai replika bangunan khas  dari berbagai  daerah yang ada di Indonesia.

Untuk yang Taman Rimba ini menyerupai kawasan kebun binatang pada umumnya yang banyak terdapat koleksi binatang langka. Komplek taman tersebut luasnya mencapai sekitar 18 hektar dan setiap pekannya selalu ramai dikunjungi pengunjung karena ditempat tersebut juga terdapat sebuah stadion.

7. Kemegahan Masjid Agung Al Falah Dengan Julukan Masjid Seribu Tiang

Kemegahan Masjid Agung Al Falah Dengan Julukan Masjid Seribu Tiang

Masjid Agung Al Falah, tempat wisata di jambi yang terkenal dengan sebutan sebagai Masjid Seribu Tiang, karena masjid tersebut memiliki keunikan pada bangunan masjidnya yaitu Tempat peribadahan dipenuhi tiang penyangga tanpa dinding sehingga yang berada di dalam masjid merasakan hembusan angin secara langsung dari luar.

Masjid Agung Al Falah adalah salah satu tempat wisata religi yang dibangun pada tahun  1971 sampai 1980 ini terbilang sangat besar karena bisa menampung jama'ah sekitar 10.000. Jika anda ingin mengunjungi masjid ini lokasinya berada disekitar Jalan Sultan Thaha Nomor 60, Kecamatan Telanaipura, Jambi.

8. Berburu Aneka Keramik di Pasar Sitimang Jambi

Berburu Aneka Keramik di Pasar Sitimang Jambi

Salah satu tujuan wisata belanja di Jambi adalah pasar keramik yang merupakan pusat penjualan keramik yang berada di kawasan pasar Sitimang, tepatnya di Jalan Dr. Wahidin Keamatan Pasar Kota Jambi, Indonesia.Di pasar keramik sitimang ini, Anda bisa menemukan keramik dalam berbagai bentuk seperti toples, guci, peralatan makan sampai hiasan rumah. Kelebihan dari Keramik-keramik yang dijual di sini adalah keramik dikirim langsung dari Cina dan motifnya juga sulit Anda jumpai di tempat lain.

9. Museum Negeri Jambi Wisata Mengenal  Budaya dan Sejarah

Museum Negeri Jambi Wisata Mengenal  Budaya dan Sejarah

Jika anda ingin mengunjungi wisata di Jambi yang berkaitan dengan wisata budaya dan sejarah, maka datang ke Museum Negeri Jambi adalah pilihan yang tepat. Museum Negeri Jambi berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1, Jambi. Bangunan museum ini dibuat menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi. Di sini, Anda bisa menemukan banyak koleksi benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti peralatan berburu, anyaman khas Jambi, batik tenun dengan motif bunga yang khas dan juga binatang yang diawetkan.

Tempat wisata Museum Jambi ini buka setiap hari pada Senin sampai Kamis pada pukul 08:00 – 15:00 dan Jumat pada pukul 07:15 – 11.00. Hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional museum ini tutup. Sedangkan biaya masuk museum adalah 3.000 Rupiah untuk dewasa dan 1.000 Rupiah untu anak-anak.

10. Air Terjun Tegan Kiri Dengan Panorama Alam Indah dan Alami

Air Terjun Tegan Kiri Dengan Panorama Alam Indah dan Alami

Air terjun tegan kiri adalah salah satu objek wisata alam di Jambi, tepatnya berada  berada di Dusun Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, Indonesia. berjarak kurang lebih sekitar 30 km dari ibu kota Kabupaten Bungo.Bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat karena akses jalan menuju air terjun ini sudah bagus dan mulus. 

Air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan masih alami, cocok bagi anda sedang berada di jambi dan menacri tempat yang menarik dengan nuansa alam yang alami. Air terjun Tegan kiri memiliki tinggian sekitar 10 meter. Untuk Sumber air terjun tegan kiri berasal dari perbukitan yang ketinggiannya sekitar 26 meter. 


11. Dayatarik dan Keunikan Wisata Budaya Rumah Tua Rantau Panjang

Dayatarik dan Keunikan Wisata Budaya Rumah Tua Rantau Panjang

Rumah Tua Rantau Panjang merupakan sebuah perkampungan saat ini menjadi tujuan wisata budaya dan sejarah yang berada di Desa Baruh kecamatan Rantau Panjang-Merangin, Jambi Indonesia. Rumah Tua Rantau Panjang ini menjadi objek wisata menarik, karena dikampung tersebut masih banyak tersimpan peninggalan bersejarah seperti peralatan pertanian tradisionil, benda-benda pusaka, batik tulis kuno, tenun ikat, perlengkapan pengantin.

Rumah-rumah di perkampungan ini masih dirawat & dihuni dan tersusun berdampingan, dengan gaya panggung (rumah diatas tiang), dilengkapi ornamen & ukiran di dinding & tiang-tiangnya. Masih terdapat ± 60 rumah yang diperkirakan berusia sudah mencapai 500 tahun.

12. Kebun Raya Bukit Sari Jambi Wisata Bisa Menambah Ilmu Pengetahuan 

Kebun Raya Bukit Sari Jambi Wisata Bisa Menambah Ilmu Pengetahuan

Kebun Raya Bukit Sari Jambi secara resmi dibangun sejak tahun 1999 pada sebua Kawasan Hutan sekunder seluas 435 Ha.Lokasinya terletak di Perbatasan antara Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, berada tepat di sisi jalan Raya Lintas Sumatera yang menghubungkan Kota Jambi di Provinsi Jambi dan Kota Padang di Provinsi Sumatera Barat.tepatnya di sekitar 135 Km dari Kota Jambi atau sekitar 110 Km dari Kota Muara Bungo (Kabupaten Bungo).

Di Kebun Raya ini terdapat sekitar 500 spesies tanaman asli Jambi berguna untuk ilmu pengetahuan dan berbagai jenis satwa. Bagi yang menyukai wisata alam Tempat ini dapat dijadikan tujuan wisata menarik saat berada di Jambi.Selain dapat menimati pemandangan alam yang menarik juga bisa menjadi tempat wisata untuk menambah pengetahuan mengenai flora dan fauna yang terdapat di Kebun raya Bukit Sari Jambi.

13. Melihat Keindahan Pelagi di Air Terjun Telun Berasap Jambi

Melihat Keindahan Pelagi di Air Terjun Telun Berasap Jambi

Air Terjun Telun Berasap Kota Jambi menjadi salah satu obyek wisata unggulan yang memiliki panorama keindahan alam. Di area sekitar Air Terjun Berasap ini dapat menikmati keunikan pancaran cahaya pelangi yang dapat menambah pesona warna kehidupan yang nampak semakin bersahabat dengan alam melalui air terjun tersebut. Air terjun tersebut merupakan air sungai yang mengalir yang berhulu di Danau Gunung Tujuh.

Pesona alam yang dipancarkan oleh air terjun berasap ini salah satu obyek wisata alam yang begitu alami yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Jambi dan ingin menyaksikan secara langsung panorama keindahan alam dan suara desiran air terjun yang terus mengalir sangat deras.

14. Bersantai Menikmati Pemandangan di Sekitar Danau Sipin

Bersantai Menikmati Pemandangan di Sekitar Danau Sipin

Danau Sipin merupakan sebuah danau yang terletak di tengah kota Jambi, atau berada di samping fakultas Universitas Jambi, danau ini sudah sangat terkenal di Jambi.Bagi masyarakat Jambi, danau ini lebih dikenal dengan nama Solok Sipin, Solok sendiri berarti Danau, tempat ini menjadi wisata alam favorit bagi masyarakat sekitar, terutama para anak muda yang sering menghabiskan akhir pekan dan sore hari dengan menikmati pemandangan di danau Sipin ini.

Objek wisata danau Sipin menawarkan pemandangan alam yang cukup menenangkan dan menjadi tempat menarik bagi yang ingin bersantai. Danau Sipin ini biasanya akan ramai dikunjungi saat sore hari.di kawasan danau Sipin juga sudah terdapat kursi kursi yang bisa kita gunakan untuk bersantai.

15. Indahnya Wisata Alam Air terjun Sigerincing di Merangin

Indahnya Wisata Alam Air terjun Sigerincing di Merangin

Air terjun Sigerincing adalah wisata alam yang menarik untuk di kunjungi, karena menawarkan pemandangan eksotik dengan  ketinggian sekitar 30 meter. Mengunjungi wisata alam ini memiliki tantangan tersendiri karena anda harus menuruni ratusan anak tangga yang terdapat di tebing yang sangat curam dan terjal yang menantang. 

Air terjun Sigerincing lokasinya berada di Desa Tuo kecamatan lembah Masurai kabupaten Merangin Jambi, Indonesia. dapat di tempuh dengan dua jam perjalanan dari kota bangko.

Demikianlah informasi 15 Wisata Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang akan berwisata ke Jambi. Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa untuk mengshare info wisata jambi ini agar lebih dikenal luas.

Related Posts