15 Tempat Wisata Paling Terkenal di Palu Sulawesi Tengah

shares |

Tempat Wisata Palu Sulawesi Tengah- Palu merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah selatan, dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur. 

Palu merupakan kota yang memiliki destinasi wisata yang terbilang cukup lengkap, karena ditunjang dengan kondisi alam yang mendukung yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk. 

tempat wisata dekat kota palu obyek wisata kota palu tempat wisata laut di palu tempat wisata menarik di palu nama tempat wisata di palu tempat wisata di palu sulteng tempat wisata palu sulteng tempat wisata di palu sulawesi tengah tempat wisata terkenal di palu

Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa anda kunjungi sebagai tujuan wisata saat liburan, diantaranya tempat wisata di palu adalah sebagai berikut.

Tempat Wisata Paling Terkenal di Palu Sulawesi Tengah

1. Jembatan Palu IV/Jembatan Ponulele

Jembatan Palu IV/Jembatan Ponulele

Saat anda berada di palu jangan lupa untuk jalan-jalan melintasi jembatan yang indah dan megah yaitu Jembatan Palu IV atau biasa dikenal dengan jembatan Ponulele. Jembatan Palu IV atau Jembatan Ponulele merupakan sebuah jembatan yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Jembatan ini diresmikan  oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan  Mei Tahun 2006. 

Panjang jembatan utama: 250 m Titik tertinggi lengkung jembatan: 20,2 m dari badan jembatan Lebar jembatan: 7,5 m ini membentang di atas Teluk Talise. Jembatan ini lokasinya berada di kelurahan Besusu dan Lere yang berfungsi untuk menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat. 

Jembatan yang didominasi warna kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis. Dengan keindahan pemandangan disekitar jembatan sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata.

2. Jembatan Gantung, Tatanga

Jembatan Gantung, Tatanga

Jembatan gantung ini nampak sederhana jika dilihat sekilas, namun bila diperhatikan benar kawasan ini memiliki pemandangan alam yang indah. Jembatan Gantung ini merupakan jembatan penghubung dua kelurahan di Kecamatan Tatanga dan Kecamatan Palu selatan yang terpisah oleh sungai Palu.

Meskipun jempatan ini sebagai jalan penghubung tidak ada salahnya bila anda ingin mengunjungi tempat ini. Saat menyeberangi jembatan gantung ada sensasi tersendiri, tentu beda dengan jembatan gantung pada umumnya, karena saat melintas jembatan serasa bergoyang.

Jembatan ini adalah hasil dibangun atas kerjasama calon legislatif Pemilu 2004 dan pemerintah Kota Palu yang bertujuan menghubungkan keluarga yang telah lama terpisah. Melintasi jembatan ini anda bisa mengabadikan dengan berfoto dengan aliran sungai dibawahnya ditambah pemandangan alam yang menarik akan menhasilkan foto yang akan terlihat indah.

3. Pantai Talise

 Pantai Talise

Saat anda mengunjungi kota palu, ada objek wisata yang dekat bisa anda kunjungi untuk melepas penat yaitu wisata pantai talise yang lokasinya terletak di sepanjang teluk Palu. persis di samping jalan besar negeri. Palu sendiri berdiri dipinggir teluk Palu.

Akses ke pantai talise juga sudah sangat mudah, karena letaknya yang tidak jauh dari kota palu ini bisa menjadi destinasi wisata murah dan meriah untuk liburan akhir pekan. Bagi anda yang dari luar palu ini menjadi wisata yang bisa anda kunjungi pertama kali karena aksesnya cukup dekat dan mudah dijangkau.

posisi Pantai Talise ini langsung di hadapan teluk Palu dengan pasr pituhnya serta ombaknya yang tidak begitu besar menjadikan tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga terutama untuk yang membawa anak-anak berlibur saat akhir pekan maupun liburan panjang sekolah.

Pantai ini juga sudah didukung dengan berbagai fasilitas penunjang, guna untuk memanjangkan wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Saat berwisata di pantai talise banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti berenang, menyelam berjemur atau bagi yang hobi mancing bisa juga memancing di pantai,

4. Pantai Taman Ria

Pantai Taman Ria

Bila anda sedang wisata ke Palu dan mengunjungi atau sedang melintasi jembatan palu IV bisa sekalian mengunjungi tempat wisata pantai taman ria, karena lokasinya tidak begitu jauh masih berada di sekitar Jembatan IV Palu.

Asyiknya mengunjungi Objek wisata pantai taman ria anda bisa sambil berburu kuliner, karena ditempat ini anda akan melihat deretan tempat yang menjual berbagai macam kuliner (cape) yang lezat di sepanjang garis pantai. Penjual makanan ini buka dari sore hingga malam hari.

Untuk kuliner yang terkenal dan sangat populer dikawasan wisata pantai taman ria adalah Pisang epe dan sarabi dan menjadi santapan favorit wisatawan saat mengunjungi objek wisata ini. Masih banyak menu makanan lainnya yang bisa anda coba karena banyak sekali penjaja makanan ringan dan hidangan khas setempat lainnya.

5. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang

Pantai yang ada di palu lainnya bisa anda kunjungi adalah pantai tanjung karang yang memiliki pasir putih dan airnya yang jernih sangat cocok untuk anda yang hobi berenang liburan ketempat ini. Selain itu anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berjemur sambil bersantai menikmati pemandangan indaah disekitar pantai.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan snorkling maupun diving juga bisa karena dengan air yang jernih anda akan melihat pemandangan bawah laut yang indah dengan ikan yang berwarna warni lalu lalang. Untuk yang tidak membawa peralatan jangan kuatir, dtempat ini telah tersedia tempat penyewaan peralatannya.

Untuk yang tertarik ingin mengunjungi tempat wisata pantai Tanjung, anda bisa menempuh jarak perjalanan sekitar 1 jam dari kota palu atau sekitar 35 kilometer dengan menggunakan kendaraan baik mobil maupun motor. 

6. Danau Poso

Danau Poso

Bila ingin wisata di palu dengan nuansa alam yang indah danau poso bisa menjadi pilihan. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau poso ini salah satu danau terindah di dunia dengan pasir putih yang terdapat pada tepi sampai di dasar Danau.

Tertarik mengunjungi Danau poso lokasinya berada di kecamatan Pamona Utara dengan ibu kota Tentena, Palu, Sulawesi Tengah. Dikawasan danau anda akan menjumpai sekumpulan batu besar, uniknta batu tersebut muncul dari dalam danau.

Kumpulan batu tersebut terlihat seakan seperti sebuah kompleks batu yang terapung, masyarakat setempat menamai dengan sebutan Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangasa Angga, yang berarti sekumpulan batu yang bisa mengeluarkan bunyi jika dipukul.

Bukan hanya keindahan danau saja yang bisa anda nikmati, namun di sekitar tempat wisata danau Poso anda juga bisa menemukan beberapa goa yang cantik yang kedalamannya sampai ke dasar danau. Gua ini menambah dayatarik wisatawan saat mengunjungi danau poso ini.

7. Danau Sibili

Danau Sibili

Bukan cuma danau poso saja yang bisa anda kunjungi saat di palu, namun ada lagi danau yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi namanya adalah Danau Sibili. Danau ini merupakan danau alam yang lokasinya terletak di Kelurahan Pantoloan Kecamatan Tawaeli, Kota Palu. 

Dengan keindahannya danau ini menjadi salah satu objek wisata kebanggaan masyarakat tawaeli untuk liburan saat liburan. Danau yang terletak 24 km di utara Kota Palu ini awalnya merupakan danau yang dijadikan tempat pemancingan ikan oleh masyarakat sekitar. 

Namun Seiring berjalannya waktu danau ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar Tawaeli, sehingga saat ini danau Sibili dijadikan salah satu objek wisata andalan di daerah tersebut. Danau Sibili yang indah kota Palu ini sekarang selalu ramai pengunjung baik masyarakat sekitar maupun dari luar kota. 

Saat mengunjungi danau Sibili aktivisatas yang bisa anda lakukan selain menikmati keindahan alamnya, anda juga bisa memancing karena danau ini banyak sekali terdapat ikan dengan berbagai jenis varietas ikan seperti mas, bawal, mujair, gabus dan ikan jenis lainnya.

Bukan hanya itu saja, saat mengunjungi wisata danau sibili anda bisa menyusuri tepian danau dengan menggunakan perahu yang bisa anda gunakan disini. Dengan mendayung sambil menikmati keindahan wisata alam danau sibili merupakan kegiatan yang memiliki keseruan tersendiri, anda patut mencobanya.

8. Masjid Apung Argam Bab Al Rahman

Masjid Apung Argam Bab Al Rahman

Melihat bangunan masjid di Indonesia yang megah tentu sudah tidak asing lagi bagi anda, namun di palu menariknya bagunan masjidnya berada ditepian pantai, sehingga masjid tersebut tampak seperti mengapung diatas air, oleh sebab itu masjid ini dikenal dengan sebutan masjid apaung.

Masjid  Apung  dengan nama Argam Bab Al Rahman ini memiliki luas 121 meter persegi  yang mampu menampung sebanyak 150 orang. Masjid ini berlantai satu dengan empat menara di ke empat sudutnya.

Anda akan melihat  keindahan panorama alam pegunungan dan Teluk Palu saat berada di masjid ini, sehingga akan membuat betah jamaah maupun pengunjung yang sedang berwisata religi di palu khususnya di masjid apung  Argam Bab Al Rahman.

9. Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie

Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie

Bila anda tertarik untuk wisata religi di kota palu tidak ada salahnya untuk mengunjungi kawasan wisata Religi Sis Al Jufrie yang terletak di sepanjang Jalan Sis Aljufrie, Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Tatanga dan Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat.

Objek wisata Religi dikawasan ini terletak didepan pertokoan Palu plaza, yaitu Yayasan AL Khairaat Pusat yang merupakan Organisasi Islam Terbesar di Indonesia Timur. Disana terdapat makam Idrus Bin Salim Al Jufrie (SIS AL JUFRIE) Pendiri AL Khairaat, Masjid AL Khairaat, Masjid Nurul Khairaat, Dan Masjid Nur Sa'adah, dan Beberapa Sekolah berbasis islam.

Selain berwisata religi disini anda juga dapat melihat berbagai macam objek wisata belanja seperti yang terdapat disini adalah Pertokoan Palu Plaza. Anda bisa berburu berbagai perlengkapan busana muslim dan keperluan lainnya.

Bukan hanya itu saja anda juga bisa mencoba berbagai kuliner yang dijual, karena disini terdapat banyak sekali kuliner dengan aneka ragam yang dijual oleh masyarakat. Tempat ini selain menjadi tujuan wisata religi kota palu, anda juga bisa sekaligus wisata belanja dan wisata kuliner yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh. 

10. Banua Mbaso (Sou Raja)

Banua Mbaso (Sou Raja)

Sou Raja adalah rumah bangsawan di Palu, saat ini menjadi salah satu tujuan wisata sejarah di palu. Bangunan ini membuktikan bahwa Palu dahulu pernah diperintah oleh sebuah kerajaan. Untuk fungsinya sendiri Sou Raja ini dulunya sebagai rumah dinas Raja.

Oleh sebab itu hanya Raja dan keturunanya saja yang boleh tinggal di sini. Sou Raja sendiri dibangun dengan menggunakan pondasi kayu Ulin atau kayu Bayan, sedangkan atapnya selalu berbentuk segitiga.

Untuk dapat mengunjungi Sou Raja ini yang terletak di Palu Selatan, tepatnya di Desa Lere, masih kota juga. Akses ke wisata Sou Raja juga sangat mudah anda cukup menggunakan transportasi umum saja sudah bisa sampai ketempat ini.

Selain Sou Raja, di daerah ini anda bisa ziarah ke Makam Datok Karamah. Datok Karamah dipercaya berasal dari Aceh dan merupakan orang yang membawa ajaran Islam masuk ke Sulawesi Tengah.

11. Museum Sulawesi Tengah

Museum Sulawesi Tengah

Museum Sulawesi Tengah adalah satu tempat liburan bagi yang ingin tahu akan sejarah masa lalu yang merupakan museum terbesar di Sulawesi Tengah, terletak di Palu Barat.  Di Museum ini anda bisa melihat berbagai koleksi seperti gajah purba dan bagaimana kehidupan masyarakat Sulawesi Tengah jaman dulu.

Di museum ini anda juga bisa melihat berbagai macam koleksi seperti replika baju adat dari semua kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tengah, sejarah mangenai Sulawesi Tengah dan lain lain. Selain itu Anda juga akan bisa melihat cara orang zaman meramu, membuat kain dari kulit.

Salah satu yang menjadi dayatarik dari museum ini dengan adanya batu megalith berbentuk manusia yang dibuat oleh nenek moyang suku Kaili yang berasal dari Lembah Napu.
12. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu

Tempat wisata di kota Palu lainnya dengan nuansa alam adalah Taman Nasional Lore Lindu. Bagi yang menyukai kegiatan petualangan dialam Taman Nasional Lore Lindu bisa menjadi tujuan. Anda akan melihat suguhan pesona alam yang indah seperti Gunung, danau, flora dan fauna.

Selain itu Pantainya yang ada di kawasan Taman nasional Lore Lindu juga tak kalah menarik yang tentunya masih sangat alami. Apalagi saat anda menjelajahi kawasan taman nasional ini akan melihat berbagai batu dengan bermacam bentuk. Batu ini sudah ada sejak dari jaman megalitik di sini.

Banyak hal bisa dilakukan di kawasan Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Hewan dan flora yang dilindungi bisa anda jumpai di tempat ini.

13. Cagar Alam Morowali

Cagar Alam Morowali

Taman nasional Cagar Alam Morowali masih masuk dalam kawasan wisata Palu Sulawesi tengah ini berupa wisata alam yang terdiri dari pulau-pulau yang terdapat di kawasan teluk, kawasan dataran rendah, dan daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.421 m.

Di kawasan ini masih bisa anda jumpai kehidupan masyarakat tradisonal dari suku Wana yang masih benar-benar tradisional dan belum mengenal kehidupan modern. Pekerjaan yang mereka lakukan masih seperti berburu dan berladang berpindah-pindah.

Pada kawasan Cagar Alam Morowali, masih bisa anda jumpai sejumlah binatang seperti anoa, burung maleo, babi rusa, dan sejumlah kelelawar terkecil di dunia, dan kawasan ini merupakan habitat aslinya.

14. Sinkhole Presentasi Donggala

Sinkhole Presentasi Donggala

Sinkhole merupakan sebuah tempat wisata berupa sebuah lubang besar (sumur raksasa) yang mirip seperti kolam yang terisi air laut. Masyarakat sekitar biasanya menyebut objek wisata ini dengan sebuatan sumur laut.

Konon di tempat wisata baru yang unik ini terdapat terowongan yang menghubungkan lubang tersebut langsung ke laut Palu, Sulawesi Tengah. Letaknya sekitar 45 kilometer dari kota Palu atau 45 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Tepatnya sekitar 12 kilometer dari pusat kota Donggala. Pusentasi ini memiliki diameter lubang 10 meter, berisi air laut dan berbagai jenis ikan laut, yang airnya akan surut jika laut pasang, dan sebaliknya airnya akan naik jika laut surut. Suatu fenomena keajaiban alam yang wajib anda kunjungi saat anda berada di Sulawesi Tengah, Indonesia. Baca: Sinkhole Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah.

15. Tugu Nosarara Nosabatutu (Tugu Perdamaian)

Tugu Nosarara Nosabatutu (Tugu Perdamaian)

Tugu Nosarara Nosabatutu (Tugu Perdamaian) adalah tempat wisata di Palu tepatnya berada di Jalan Soekarno Hatta Palu, di bukit Jabal Nur. Tugu ini memiliki ketinggian di atas 1000 kaki di atas permukaan laut.

Bila anda masuh kedalam bagunan Tugu ini di dalamnya akan melihat sebuah Gong Perdamaian Nusantara, yaitu Gong yang berdiameter kira-kira dua meter dan terbuat dari perunggu dengan berat mencapai satu ton.

Di Lokasi ini kedepannya akan dibangun menjadi beberapa objek wisata untuk rekreasi seperti bumi perkemahan, lokasi konser, ATV Track, arena balap motor cross, pasar indsutri untuk kerajinan lokal Sulawesi Tengah, lapangan olahraga tembak, serta taman hijau.

Demikian informasi 15 Tempat Wisata Paling Terkenal di Palu Sulawesi Tengah, semoga bermanfaat dan bisa menambah daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi berikutnya. Tolong di Share agar wisata di palu lebih dikenal luas sampai mancanegara.

Related Posts