Kawah Putih Tinggi Raja, Surga Wisata Alam Tersembunyi di Sumatera Utara

shares |

Wisata Sumatera Utara- Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi di Pulau Sumatera bagian barat Indonesia yang mempunyai segudang destinasi wisata, baik itu wisata budaya maupun wisata alamnya. Tempat wisata di Sumatera Utara sudah populer dikalangan wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Seperti yang sudah mendunia Objek Wisata Alam Danau Toba yang sudah tidak diragukan lagi keindahan alamnya dan itu sudah tidak asing lagi bagi para traveler yang sudah sering berwisata di Provinsi ini.

Kawah Putih Tinggi Raja kawah putih tinggi raja sumut kawah putih tinggi raja simalungun kawah putih tinggi raja map
Img by: Asari Killua

Namun apakah anda tahu di Sumatera Utara juga ada objek wisata yang tidak kalah indah, mungkin kebanyakan dari anda masih banyak yang belum mendengar dan mengetahuinya mengenai objek wisata yang namanya Kawah Putih Tinggi Raja.

Walaupun Kawah putih tinggi raja masih belum dikenal luas bahkan masih jarang yang mengetahuinya, namun tahukah anda pemandangan di tempat ini sangat eksotis yang bisa anda jadikan tujuan wisata dengan panorama alam yang masih alami dan penuh ketenangan.

Mengenai Objek Wisata Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja dengan luas 4 hektare ini berada di Kawasan cagar alam, untuk cagar alam itu sendiri memiliki luas areal sekitar 176 hektare. Dengan rimbunya hutan anda pasti tidak menyangka jika didalamnya ada sebuah pemandangan yang eksotis terpancar keindahan dari sebuah bukit putih kapur dan aliran air panas.

kawah putih tinggi raja kabupaten simalungun kawah putih tinggi raja deli serdang kawah putih tinggi raja di medan
Img by: Asari Killua

Sedangkan sumber air panas kawasan ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada di daerah tersebut dengan suhunya bisa mencapai sekitar 60 derajat celcius. Sangat panas sekali sehingga anda bisa merebus telus didalam kawah tersebut.

Anda bisa melihat aliran air panas mengalir indah diantara batu-batu kapur yang berundak-undak seperti sengaja dibuat, padahal itu terjadi dengan sendiri oleh proses alam. Tempat yang nampak seperti salju karena bebatuan kapur yang di aliri air panas, bahkan ada juga menyebut daerah ini dengan sebutan "sumber air panas salju".

Saat anda berada di objek wisata kawah putih tinggi raja ada dua tempat yang bisa anda kunjungi, pertama adalah bukit kapur yang mana bukit ini dilalui oleh aliran air panas, sehingga membuat bebatuan ini menjadi indah dipandang oleh mata.

kawah putih tinggi raja dimana kawah putih tinggi raja di sumatera utara kawah putih tinggi raja maps

Dari proses alam di tempat yang dialiri air tersebut membuat bentangan sebuah keindahan seperti karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut dan dilewati oleh air panas yang menjadikan kawasan bebatuan terlihat seperti warna hijau keputihan.

Anda juga dapat melihat sebuah kolam alam letaknya berada diatas perbukitan tersebut yang didalamnya terdapat sumber air panas dengan ciri khas kawah berupa gelembung yang bisa dilihat didasar kolam.

Aliran air panas ini mengalir diantara semak-semak pepohonan,sehingga pepohonan tersebut tampak mengering kerana kepanasan dan berkumpul menjadi satu aliran membentuk sebuah danau yang airnya berwarna biru kehijauan dan akan membuat kagum setiap mata yang memandang.

Akses / Alamat Lokasi Wisata Kawah Putih Tinggi Raja

alamat kawah putih tinggi raja simalungun alamat lengkap kawah putih tinggi raja wisata alam kawah putih tinggi raja

Objek wisata ini lokasinya terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Untuk akses menuju objek wisata ini masih sangat sulit karena jalanannya yang belum dibangun dengan kondisi perbukitan terjal dan berkerikil.

Untuk Rute ke lokasi wisata kawah putih raja tinggi anda bisa melalui tiga rute, rute pertama bisa dari Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Raja Tinggi, untuk rute yang kedua anda bisa melului Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja dan yang kitiga anda bisa melalui rute Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja, Semua mempunyai jarak tempuh yang sama yaitu antara 80 – 90 km denga waktu 3-4 jam dari Kota Medan.

Baca Juga: 10 Tempat wisata di Sumatera Utara Wajib Anda Kunjungi

Okomodasi

Karena letaknya yang terpencil dan jauh dari jangkauan, ditempat ini belum terdapat okomodasi, jadi untuk keperluan anda sebaiknya anda sudah persiapkan dari rumah sebelum berangkat.

Tips Wisata Ke Kawah Putih Tinggi Raja

  • Sebaiknya berkunjung ke objek wisata kawah putih tinggi raja sebelum tengah hari, karena ketika hari makin siang genangan air makin panas karena terkena sinar matahari.
  • Perlu di ingat dengan mengunjungi sumber air panas ini tentu sangat berbahaya, oleh karena itu diharapkan untuk anda selalu berhati-hati.
  • Dengan kondisi air yang panas, jangan sekali-sekali mencoba untuk mandi karena itu dilarang dan sangat berbahaya.
  • Bila ingin berkunjung diharapkan untuk tidak pergi sendiri. ini untuk mencegah sesuatu terjadi anda bisa mengajak keluarga ataupun sahabat sesama traveler.
  • Karena ditempat ini tidak ada yang menjual makanan, bagi yang ingin berwisata ke Kawah Putih Tinggi Raja untu membawa bekal makanan dan minuman untuk keperluan selama dalam perjalanan.
  • Gunakan sepatu yang ringan agar anda tidak terlalu terasa lelah dalam perjalanan, selain itu menggunakan sepatu juga untuk keamanan saat berada dilokasi wisata, baik itu dari duri maupun dari air panas.

Perjalanan ke objek wisata kawah putih tinggi raja sangat sayang dilewatkan untuk tidak mengabadikannya melalui jepretan kamera. Pemandangan bukit kapur yang dihiasi oleh aliran air panas yang nampak sangat indah dengan perpaduan alam yang masih alami akan terlihat sangat cantik di dalam kamera anda.

Related Posts