7 Tempat Wisata di Aceh Tamiang Yang Menarik Untuk di Kunjungi

shares |

Kabupaten Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur dan terletak di perbatasan Aceh-Sumatera Utara. Sejarah menunjukkan tentang eksistensi wilayah Tamiang seperti prasasti Sriwijaya, kemudian ada riwayat dari Tiongkok karya Wee Pei Shih yang mencatat keberadaan negeri Kan Pei Chiang (Tamiang), atau Tumihang dalam Kitab Nagarakretagama.

Daerah ini juga dikenal dengan nama Bumi Muda Sedia, sesuai dengan nama Raja Muda Sedia yang memerintah wilayah ini selama 6 tahun (1330-1336). Raja ini mendapatkan Cap Sikureung dan hak Tumpang Gantung dari Sultan Aceh atas wilayah Karang dan Kejuruan Muda pada masa itu. (sumber: wikipedia)

Tempat Wisata di Aceh Tamiang Yang Menarik Untuk di Kunjungi

Kabupaten Aceh Tamiang berada di jalur timur Sumatera, letaknya yang strategis karena hanya berjarak lebih kurang 250 km dari Kota Medan sehingga akses serta harga barang di kawasan ini relatif lebih murah daripada daerah Aceh lainnya. 

Seperti Kabupaten Lainnya di Kabupaten Aceh Tamiang juga memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa anda kunjungi.

Tempat Wisata di Aceh Tamiang Yang Menarik

1. Gua Walet

Gua Walet

Obyek wisata Gua Walet adalah gua tempat sarang burung Walet yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang, Indonesia. Untuk letaknya Gua ini angat jauh dari perkotaan, sehingga tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan oleh sebab itu Gua Walet terkesan menjadi tidak dikelola dengan baik.

Namun jika anda suka berpetualang wisata gua tersebut sangat cocok karena berada di kawasan yang masih alami. Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Lhokseumawe Aceh Yang Terkenal.

2. Air Terjun Kembar

Air Terjun Kembar

Diberi nama air terjun kembar karena air terjun ini memiliki dua air terjun yang berjajar di satu tempat. Obyek Wisata Air terjun kembar ini terletak di kampong Tenggulun, kecamatan Tenggulun dan memiliki jarak 60 km dari ibukota kabupaten Aceh taming, Indonesia.

Tempat Ini merupakan pemandangan yang jarang, kerana anda bisa melihat dua air terjun yang hampir sama disatu tempat. Di air tejun ini anda bisa mandi sepuasnya dibawah air terjun dengan air yang menyegarkan.

3. Gua Pintu Kuari

Gua Pintu Kuari

Tempat Wisata Gua Pintu Kuari ini juga merupakan situs budaya dan situs pra sejarah di Aceh. Dalam gua ini terdapat berbagai macam ornamen yang menandai bahwa dulunya di dalam gua ini pernah dijadikan tempat tinggal oleh manusia purba.

Gua ini bisa di jadikan tujuan wisata sejarah yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang, Indonesia. Untuk menuju ke tempat wisata Gua Pintu Kuari anda harus terlebih dahulu menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 45 km dari ibukota kabupaten.

4. Situs Bukit Kerang

Situs Bukit Kerang

Wisata Situs Bukit Kerang ini adalah wisata sejarah yang merupakan situs peninggalan pra sejarah yang masih dirawat dengan baik sampai sekarang. Situs Bukit Kerang ini merupakan tumpukan jutaan keping kerang sisa peradaban manusia purba di Aceh waktu zaman dahulu.

Tempat  wisata ini lokasinya terletak di Kampong Jambo Labu, kecamatan Bendahara. Untuk menuju tempat ini harus menempuh jarak sekitar 30 km dari kabupaten Aceh Tamiang dan sekitar 3 km dari Kota kecamatan Bendahara.

5. Pantai Balai

Pantai Balai

Pantai Balai merupakan tempat wisata di Aceh Tamiang yaitu salah satu kampong yang ada di kecamatan Seruway. seperti pantai di tempat wisata di Daerah lainnya, Pantai Balai juga memiliki hamparan pasir di tepi pantai yang indah.

Meskipun Pantai ini belum terlalu rame di kunjungi wisatawan namun tidak ada salahnya anda mencobanya. Pantai Balai dengan suasanya yang nyaman buat tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan nuansa alam tenang. Baca Juga: Objek Wisata Baru di Aceh Tamiang Yang Perlu Anda Tahu.

6. Air Terjun Tujuh

Air Terjun Tujuh

Tempat wisata alam Air Terjun Tujuh Tingkat memiliki keunikan jika dilihat dari kondisi air terjun itu sendiri dengan memiliki tujuh tingkatan dengan lingkungan yang berada tempat yang masih alami.

Air terjun Tujuh ini lokasinya Terletak di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang Indonesia, yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua.

7. Tangsar Alur Biak

Tangsar Alur Biak

Tempat wisata Tangsar Alur Biak merupakan wisata pemandian lokasinya terletak di kampong Bengkelang, kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Taming. Untuk mencapai lokasi wisata ini anda harus menempuh Jarak sekitar 40 km dari ibukota kabupaten Aceh Tamiang, Jika dari kota kecamatan bandar Pusaka kurang lebih sekitar 10 Km.

Demikian informasi 7 Tempat Wisata di Aceh Tamiang Yang Menarik, meskipun Secara umum daerah ini bukan merupakan tempat wisata terkenal luas, namun tidak ada salahnya anda berkunjung ke Aceh Tamiang untuk mengunjungi lokasi tempat wisatanya.

Related Posts