10 Tempat Wisata di Padang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

shares |

Tempat Wisata di Padang- Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera, sedangkan Padang adalah ibukota provisinya. Nama Padang sudah sagat terkenal luas bahkan hampir dari sabang sampai merauke pasti sudah pernah mendengar nama ibukota provinsi Sumbar ini.

Bukan tanpa alasan padang menjadi terkenal, karena tempat ini terkenal akan kulinernya dan terbukti hampir diseluruh kota di Indonesia terdapat rumah makan padang. Baca: 10 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Paling Terkenal.



Tempat Wisata di Padang tempat wisata di padang panjang tempat wisata di padang sidempuan tempat wisata di padang pariaman tempat wisata di padang sumatera barat tempat wisata di padang kota tempat wisata di padang lawas tempat wisata di padang tiji tempat wisata di padang dan bukittinggi

Jadi Jika anda mengunjungi Padang jangan sampai lupa untuk mencoba wisata kulinernya. Kuliner Padang memang sudah sangat terkenal kelezatannya, bukan hanya terkenal di Indonesia saja tapi sudah sampai mancanegara. 

Selain terkenal akan kelezatan kulinernya, padang juga terkenal akan destinasi wisata yang menarik untuk anda kunjungi saat berada di Kota ini. Bagi anda yang sedang cari tempat wisata di padang bisa mengunjugi padang dengan cara traveling secara pribadi atau bisa juga dengan paket wisata menggunakan jasa Tour travel.

Untuk lebih jelasnya berikut tempat wisata di Padang yang menarik untuk anda kunjungi saat liburan ke padang, Sumatera Barat Indonesia.

Tempat Wisata di Padang Yang Menarik Untuk Dikunjungi 

1. Pulau Sikuai Tempat Wisata Romantis Cocok Buat Pasangan Yang Ingin Bulan Madu Bersama Pasangan


Pulau Sikuai Tempat Wisata Romantis Cocok Buat Pasangan Yang Ingin Bulan Madu Bersama Pasangan

Ingin mencari tempat liburan dengan suasana tenang yang terkesan romantis Pulau Sukuai bisa menjadi pilihan. Pulau ini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih cocok buat yang ingin merayakan honeymoon (bulan madu) bagi pasagan. 

Lokasinya yang jauh dari keramaian sehingga akan membuat liburan di Padang semakin membuat kesan tersendiri. Bagi anda tertarik untuk mengujugi pulau sukuai ini terletak di sisi barat pulau Sumatera.

Secara administrasi pemerintahan, pulau sukuai masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Untuk akses kepulau ini menggunakan transportasi laut seperti kapal, melalui pelabuhan Muara dengan waktu tempuh sekitar 45 menit, jika dari dermaga Airud Bungus bisa ditempuh sekitar 35 menit.


2. Pantai Pasir Jambak Tempat Menarik Untuk Liburan Dengan Keindahan Matahari Terbenamnya

Pantai Pasir Jambak Tempat Menarik Untuk Liburan Dengan Keindahan Matahari Terbenamnya

Wisata Padang terkenal akan pantainya yang indah tak terkecuali objek wisata pantai pasir jambak. Pantai ini terkenal akan pemandangannya yang indah, karena pantainya yang landai dengan hamparan pasir putihnya sehigga sangat cocok untuk tempat liburan keluarga.

Hembusan angin yang menyegarkan akan anda rasakan saat berada di pantai pasir jambak, karea pantainya yang luas dan banyak ditumbuhi pohon kelapa. Lokasinya juga tidak terlalu jauh hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Padang. Persisnya alamat pantai pasir jambak di Jalan. Teratai, Pasie Nan Tigo, Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. 

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berenang, keliling sekitar pantai atau bisa juga duduk santai sambil meikmati pemadangan dengan hembusan angin yang akan membuat ada betah berlama-lama di pantai yang ada di Padang ini.

Tak kalah menarik saat berada di pantai pasir jambak adalah menikmati keindahan saat matahari terbenam yang  eksotis. jangan lupa saat wisata di pantai ini untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan mement-moment liburan bersama keluarga.

3. Menghabiskan Akhir Pekan di Padang Sambil Menikmati Keindahan Pantai Nirwana

Menghabiskan Akhir Pekan di Padang Sambil Menikmati Keindahan Pantai Nirwana

Pariwisata padang khususnya objek wisata Pantai bukan hanya pantai pasir jambak saja yang bisa anda kunjungi, namun masih ada lagi patai yang tak kalah indah yaitu pantai nirwana. Pantai ini sangat ramai pengunjung selain akses lokasiya juga mudah dan jaraknya juga tidak terlalu jauh.

Pantai Nirmawa tidak tidak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur, tepatnya di alamat berada di jalan Raya Padang-Painan, Tlk. Bayur, Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat Indonesia. Jika dari selatan Kota padang jaraknya hanya sekitar 14 Km saja, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. 

Dengan gelombang yang cendrung tenang menjadikan tempat ini menjadi pilihan bagi keluarga yang ingin liburan. Keindahan pantai yang menyejukkan mata pasti akan membuat anda betah berlama-lama ditempat ini. Biasanya pengunjung tidak akan melewatkan moment indah saat matahari terbena sambil duduk ditepian pantai. 

Baca Juga: Penginapan Murah di Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan Sumatera Barat

4. Suasana Tenang Patai Padang Pilihan Tepat Bagi Yang Mau Mencari Ketenangan Saat Liburan di Kota Padang

Suasana Tenang Patai Padang Pilihan Tepat Bagi Yang Mau Mencari Ketengan Saat Liburan di Kota Padang

Berwisata ke kota padang serasa kurang lengkap jika belum mengunjungi pantai padang. Pantai ini yang biasa dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Tap Lau (Tapik Lauik), nama ini diberikan oleh orang Minang yag memiliki arti  tepi laut.

Pantai ini untuk aksesnya sangat mudah, karena berada di kawasan perkotaan tepatnya di kecamatan Padang Barat. Pantai yang membentang luas dari daerah Purus hingga muara Batang Arau  dengan gelomang yang relatif kecil banyak dimanfaatkan para orang tua membawa anak-anak untuk liburan saat akhir pekan.

Anda tertarik mengunjugi pantai padang? jika anda yang berada diluar kota padang, bila start dari Bandar Udara Minangkabau jaraknya hanya sekitar 23 km yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan sekitar 30 Menit.

5. Pengen Melihat Keberadaan Batu Malin Kundang, Bisa Liburan di Pantai Aie Manih 

Pengen Melihat Keberadaan Batu Malin Kundang, Bisa Liburan di Pantai Aie Manih

Pnatai aie manih memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjug ke padang sumatera barat, selain memiliki pantai degan pemandangan yang indah pantai aie manih juga terdapat batu malin kundang. Tentu hampir semua orang tahu tentang cerita yang sangat me-legenda di Sumatera barat ini. 

Ceritak malin kundang yang menjadi batu karena durhaka dengan ibunya, di pantai inilah cerita tersebut dikisahkan. Lokasinya tidak jauh dari pelabuan Teluk Bayur, sehingga dari tempat ini juga anda bisa melihat keindahannya pelabuha tersebut. 

Tidak hanya itu saja, pantai ini juga menawarkan pemandangan Gunung Padang yang indah sebagai latar serta gelombang air laut yang tenang sangat cocok untuk tempat bersantai dan melepaskan penat dari rutinitas kerja yang melelahkan.

Secara geografis Batu Malin Kundang terletak di daerah Pantai Air Manis, Kelurahan Aie Mani, Kecamatan Padang Selatan, Padang, Provinsi Sumatera Barat. untuk akses menuju ke lokasi wisata legenda ini Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda empat atau juga roda dua dengan waktu tempuh sekitar lebih kurang 20-30 menit perjalanan dari pusat Kota Padang.

6. Jembatan Siti Nurbaya Tempat Menarik Untuk Menikmati Suasana Sore di Padang

Jembatan Siti Nurbaya Tempat Menarik Untuk Menikmati Suasana Sore di Padang

Pasti anda masih ingat tentang cerita kisah siti nurbaya yang sangat terkenal dari tanah minang. Ini merupakan kasil karya sastrawan Sumatera Barat yaitu, Siti Nurbaya. di Kota padang ini terdapat jembatan yang menjadi ikon cerita tersebut.

Berada di Jembatan Siti Nurbaya di Kota Padang anda akan diberikan suguhan pemandangan indah yang dihiasi kapal-kapal berlalulalang pada siang hari serta eksotis langit di sore hari ketika matahari terbenam. 

Saat wisata di Padang khususnya di kawasan jembatan siti nurbaya jangan sampai melewatkan juga untuk menikmati wisata kuliner Padang. Pada malam hari anda akan banyak menjumpai berbagai kuliner untuk melengkapi perjalanan anda selama di kota Padang.

7. Air Terjun Tigo Tingkek ( Tiga Tingkat ) Keindahan Wisata Alam di Padang Cocok Bagi  Anda Yang Memiliki Jiwa Petualang

Air Terjun Tigo Tingkek ( Tiga Tingkat ) Keindahan Wisata Alam di Padang Cocok Bagi  Anda Yang Memiliki Jiwa Petualang

Air Terjun Tigo Tingkek adalah objek wisata alam yang terletak dikaki Bukit Barisan, Air terjun ini berada di ketinggian  sekitar 600 m di atas permukaan laut. Seperti namanya air terjun tigo tingkek atau tiga tingkat (bhs Indonesia)karena memang air terjun ini memiliki tiga tingkatan air terjun, Biasa Masyarakat  Cindakir menyebutnya dengan nama Lubuk Hitam.

Lokasi Terletak di Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Propinsi Sumatera Barat, Indonesia. Akses untuk menuju ke wisata air terjun tigo tingkek ini jika Dari Pusat Kota  padang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan Angkot Jurusan Padang-Bungus Teluk Kabung.

Alternatif lain yaitu dengan menggunakan Taxi berjarak sekitar 22 Km arah Selatan Kota Padang atau sekitar 30 menit perjalanan. Namun tidak semua orang dapat menikmati ketiga tingkat tersebut, karena perjalanan menuju tingkatan di air terjun tersebut lumayan barat.

Apa lagi untuk mencapai tingkatan yang ketiga lebih berat lagi, karena medannya yang licin dan terjal yang akan memacu adrenalin anda. Air Terjun Tiga Tingkat adalah tempat wisata yang sangat cocok bagi anda yang gemar dengan wisata alam dan petualangan.

8. Lembah Anai, Pemandagan Alam Perpaduan air Terjun dan Kawasan Lembah Yang Eksotis

Lembah Anai, Pemandagan Alam Perduan air Terjun dan Kawasan Lembah Yang Eksotis

Lembah Anai adalah salah satu air terjun yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Orang Padang biasa menyebut air terjun ini dengan sebutan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai.

Dilokasi ini terdapat 3 air terjun yang bisa anda kunjungi, yang menarik salah satunya air terjun tersebut terletak di pinggir jalan yang sering dikenal dengan Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Wisatawan yang ingin menyaksikan dua air terjun tersebut dapat menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai.

Tak jauh dari lokasi air terjun ini terdapat aliran sungai besar berbatu yg mengalir air yang jernih. yang menjadikan tempat ini lebih indah dan mempunyai dayatarik tersendiri karena di atas sungai tersebut terdapat jembatan rel kereta api peninggalan Belanda.

Lokasi terletak tepat di pinggir jalan raya trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Tinggi, tepatnya di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Baca juga: Nagari Pariangan Desa Terindah Di Dunia di Ranah Minang Sumatera Barat.

Berjarak 60 km dari kota Padang. Untuk mencapai lokasi ini perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum (bus), mobil sewaan, atau mobil pribadi. Jika menggunakan angkutan umum, perjalanan dimulai dari Bandar Udara Ketaping Padang menuju Kawasan Cagar Alam Lembah Anai dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

9. Melihat Keindahan Kota Bukit Tinggi Dari Menara Jam Gadang 

Melihat Keindahan Kota Bukit Tinggi Dari Menara Jam Gadang

Salah satu wisata bersejarah di Kota Padang yang masih anda jumpai sampai saat ini adalah bagunan yang menjulang tinggi dan masih berdiri kokoh hingga sekarang adalah Bagunan Jam Gadang. Meskipun lokasi jam gadang tidak tepat berada di Kota Padang, namun Jam Gadang ini justru menjadi ciri khas dari pariwisata Kota Padang.

Lookasi Jam Gadang ini terletak di Kota Bukittinggi Meski begitu baguanan bersejarah ini menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Bangunannya yang unik berupa menara dengan bentuk atap khas Minangkabau memiliki pesona tersendiri.

Rasanya belum afdol jika anda mengunjungi kota padang namun belum sampai ke menara jam gadang sumatera barat ini. Kelebihan anda mengunjungi jam gadang dapat melihat keindahan kota bukit tinggi dari ketinggian dengan cara anda naik ke menara jam tersebut.

10. Museum Adityawarman, Taman Mininya Kota Padang Yang Siap Untuk Tujuan Liburan Akhir Pekan Menyenangkan

Museum Adityawarman, Taman Mininya Kota Padang Yang Siap Untuk Tujuan Liburan Akhir Pekan Menyenangkan

Museum Adityawarman adalah sebuah museum yang paling terkenal di kota Padang. Museum yang dibangun pada tahun 1974 ini selain sudah menjadi ikon kota Padang, juga sudah menjadi salah satu tempat wisata budaya di Padang.

Bukan hanya sekedar museum di kawasan museum juga dibagun sebuah taman yang tertata sehingga nampak sangat indah. Bila di Jakarta Ada Taman Mini Indonesia Indah, kalau di Padang Museum Adityawarman bisa dibilang juga sebagai Taman Mini-nya kota Padang. 

Museum yang berada di atas tanah seluas 2,6 hektar ini Sebagai museum budaya, karena Museum Adityawarman menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah, seperti cagar budaya Minangkabau dan sekitarnya beserta beberapa cagar budaya nasional. 

Salah satu di antaranya adalah bangunan yang berarsitektur Minang, bernama Rumah Bagonjong atau Baanjuang. Selain untuk wisata sejarah museum ini bagus sebagai tujuan wisata edukasi saat akhir pekan.

Demikian informasi 10 Tempat Wisata di Padang Yang Menarik Untuk Dikunjungi, semoga bermanfaat dan bisa menambah daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi saat berada di Sumatera Barat Khususnya di Padang. Silahkan di share ke teman anda jika informasi wisata ini bermanfaat.

Related Posts