12 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

shares |

Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara - Pulau Sulawesi terdapat beberapa Provinsi, salah satunya Sulawesi Tenggara dengan ibukota di Kota Kendari. Provinsi ini mempunyai banyak destinasi wisata menarik patut untuk anda perhitungkan saat traveling ke Pulau Sulawesi. Banyaknya Destinasi wisata di Sulawesi Tenggara yang menyuguhkan keindahan alam baik itu di daratan maupun lautan,dan juga tidak ketinggalan untuk budaya serta sejarah yang terdapat di daerah ini.

Oleh karena itu banyak sekali wisatawan baik lokal maupun internasional yang menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai tujuan berlibur.Salah satunya Tempat wisata yang sudah terkenal kemancanegara dan sekaligus menjadi dayatarik wisatawan adalah Taman Nasional Wakatobi

Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara objek wisata di sulawesi tenggara tempat wisata di kendari sulawesi tenggara tempat wisata di raha sulawesi tenggara

Namun selain itu sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat wisata menarik lainnya yang bisa anda jelajahi saat berwisata di Provinsi Sulawesi Tenggara guna untuk menghabiskan waktu liburan, baik itu liburan panjang awal tahun maupun akhir tahun.Adapun Tempat wisata di Sulawesi Tenggara Yang Menarik untuk dikunjungi adalah sebagai berikut.

Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

1. Pemandian Air Panas Wawolesea ( Wales ) Memiliki Keunikan Dengan Aroma Khas Belerang dan Airnya Yang Asin Seperti Air laut 

Pemandian Air Panas Wawolesea ( Wales ) Memiliki Keunikan Dengan Aroma Khas Belerang dan Airnya Yang Asin Seperti Air laut
Sumber Img: http://www.wisatao.com/2016/08/wisata-pemandian-air-panas-wawolesea.html

Mengunjungi wisata di sulawesi tenggara anda harus mencoba hangatnya air di Pemandian Air Panas Wawolesea.Selain bisa menghangatkan dan menyegarkan badan untuk menghilangkan penat selama perjalanan pemandangan yang disuguhkan di tempat ini juga sangat menarik.

Di Tempat ini terdapat beberapa kolam pemandiannya dengan bentuk bertangga yang tersusun dari bebatuan kapur, Jika di lihat dari kejauhan akan tampak gradasi air yang membiru dan menyatu dengan putihnya kapur sehingga tampak unik dan menarik.

Sungguh tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja saja saat berada di Sulawesi Tenggara. Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini lokasinya berada di daerah pengunungan kapur yang berada di Desa Wawolesea, Kecamatan Lasolo, Kabupaen Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. 

Pemandian air panas seperti pada umumnya dengan aroma belerang layaknya di tempat pemandian air panas lainnya, namun keunikan dan dayatarik objek wisata ini adalah karena airnya memiliki rasa asin seperti layaknya air laut, tentu hal ini jarang ditemui ditempat pemandian yang sering anda jumpai.

2. Air Terjun Samparona Dengan Tiga Mata Air Terjun Yang Mengalir di Sisi kanan dan kiri tebing Menawarkan Keindahan Yang Eksotis dan Alami.

Air Terjun Samparona Dengan Tiga Mata Air Terjun Yang Mengalir di Sisi kanan dan kiri tebing Menawarkan Keindahan Yang Eksotis dan Alami

Ingin menikmati Suasana Alam dengan Pemandangan Indah anda bisa mencoba untuk mengunjungi objek wisata alam Air Terjun Samparona. Air terjun ini berketinggian mencapai 45 meter, dengan tiga mata air terjun yang mengalir di sisi kanan dan kiri tebing, sehingga nampak indah dan eksotis. 

Belum lagi Kawasan ini masih dihiasi dengan pepohonan yang nampak tumbuh subur menambah kesejukan setiap mata yang memandang. Anda juga dapat menikmati suara dari berbagai jenis burung yang akan menambah kesan ke alamian tempat ini 

Tempat wisata Air terjun Samparona ini banyak dijadikan tujuan rekreasi saat berada di Kota Bau-bau, tempatnya berada di Desa Kalisabu, Kecamatan Sorawolio, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Untuk Akses menuju lokasinya juga sudah tergolong mudah, anda bisa menggunakan kendaraan darat kemudian berlanjut jalan kaki yang tidak begitu jauh.

3. Maremo Air Terjun Bertingkat (cascade) Dengan Pemandangan Indah Yang Masih Alami Berada di Kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa

 Air Terjun Moramo air terjun moramo air terjun moramo di kabupaten konawe timur air terjun moramo – sulawesi tenggara

Suasanya alam yang tenang dengan gemuruh suara air yang jatuh diantara batu yang bertingkat itulah sedikit gambaran tentang keindahan air terjun maramo yang berada di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa.

Air terjun maramo memiliki ciri khas bertingkat (cascade) dengan airnya yang sangat jernih dan suasana alamnya masih alami. Mengunjungi tempat ini akan memberi ketenangan pikiran setelah anda disibukan oleh aktivitas sehari-hari yang melelahkan dan membuat stres. 

Air Terjun Maremo memiliki keunikan tersendiri karena bebatuan yang dialiri air tidak licin seperti pada umumnya batuan yang terdapat di air terjun ini berupa batuan marmer, Hal tersebut dikarenakan lokasi Air Terjun Maremo  berada di daerah bebatuan kapur (airnya megandung sulful dan alkali) sehingga lumut sulit tumbuh. 

Obyek wisata air terjun yang indah ini berlokasi di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moremo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi tenggara.jaraknya kurang lebih 60 km jika anda dari pusat Kota Kendari atau bisa dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan dengan menggunakan Kendaraan dengan tujuan Tanjung Peropa.

Setelah sampai di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, perjalanan tidak bisa menggunakan kendaraan, hanya bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki yang tidak begitu jauh hanya sekitar 2 km.Namun jangan kuatir lelah anda akan terbayar setelah sampai ketempat wisata air terjun Maramo ini.

4. Menyegarkan badan Mandi di Air Terjun Tumburano Sambil Menikmati Keindahan Alam Yang Masih Terjaga Kealamiannya

Menyegarkan badan Mandi di Air Terjun Tumburano Sambil Menikmati Keindahan Alam Yang Masih Terjaga Kealamiannya

Air tejun Tumburano tempat wisata alam yang masih alami yang berada di Desa Wawoni Utara, Kecamatan Wawoni, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.Jarak Lokasi air terjun ini agak jauh dari pemukiman warga yaitu berjarak sekitar 6-7 km.

Untuk mencapainya anda harus melewati jalan setapak, saat musim kemarau anda bisa menggunakan motor, namun saat musim hujan untuk akses ke air terjun tumburana hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Walaupun air terjun ini jaraknya jauh dari pemukiman warga, Air Terjun Tumburanno sangat ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun asing karena keindahan alamnya, untuk ketinggian terjunan air di tempat wisata ini cukup tinggi sekitar 60 meter. selain itu mengunjungi objek wisata ini mandi merupakan kegiatan favorit bagi wisatawan.

Saat sampai ketempat ini semua rasa lelah anda akan terbayar dengan suguhan pemandangan alam dan air terjun yang sangat indah. Cocok sekali bagi anda yang mempunyai jiwa petualang karena medan yang anda lalu masih jauh dari kesan bagus dan masih kental dengan nuansa alamnya.

Mengunjungi wisata air terjun ini rasanya kurang afdhol jika anda tidak menyegarkan badan dengan mandi di airnya yang jernih. Air Terjun Tumburano merupakan tempat pemandian yang banyak dijadikan tujuan wisata saat akhir pekan. 

5. Hutan Suaka Tanjung Paropa, Berbagai tumbuhan liar dan satwa liar dapat Anda temui disini

Hutan Suaka Tanjung Paropa, Berbagai tumbuhan liar dan satwa liar dapat Anda temui disini

Hutan Suaka Tanjung Paropa fungsi utamannya adalah sebagai wilayah perlindungan system penyangga kehidupan serta menjadi wilayah perlindungan keanekaragaman. Saat mengunjungi wisata alam hutan suaka tanjung peropa berbagai tumbuhan liar dan satwa liar dapat Anda temui disini mulai dari anoa, rusa, kuskus, monyet hitam, dan berbagai jenis burung. 

Kawasan ini juga memiliki fungsi sebagai pengatur tata air bagi daerah Tanjung Peropa dan sekitarnya. Mata air tersebut mengalir ke sungai-sungai yang indah dan di manfaatkan untuk mengaliri sekitar 13 desa yang ada di sekitarnya.

Hutan Suaka Tanjung Paropa sudah di tetapkan menjadi kawasan suaka margasatwa pada tanggal 23 Desember 1986, karena didalamnya terdapat berbagai ekosistem hutan tropis, hutan bakau, hutan belukar dan juga hutan pantai. 

Sehingga mengunjungi tempat ini akan memberikan keseruan tersendiri, anda akan merasakan sensasi lansung menyatu dengan alam bebas yang bisa anda jadikan tujuan untuk menikmati keindanhan dan suasana suasana tenang.

6. Taman Walikota Kendari Tempat Bersantai Sambil Menikmati Angin Sepoi-Sepoi Diantara Pepohonan

Taman Walikota Kendari Tempat Bersantai Sambil Menikmati Angin Sepoi-Sepoi Diantara Pepohonan

Mencari udara segar ditegah suasana kota kendari yang panas anda bisa mengunjungi Taman Walikota Kendari. Taman ini dibangun diatas area seluas 4 Hektar dengan dilengkapi berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung yang ingin bersantai melepas lelah seperti tempat duduk beton permanen, listrk gratis serta akses jalan.

Di tempat ini terdapat berbagai jenih pohon baik yang kecil maupun yang sudah tumbuh besar tumbuh subur menjadikan tempat ini nampak sejuk dan asri, sehingga berjalan dibawah pohon tersebut disiang hari akan terasa menyegarkan dengan hembusan anginnya.

Tempat ini cocok digunakan bagi anda yang ingin bersantai sambil berteduh dari terik matahari di siang hari. Beragam jenis pohon-pohon besar di kawasan taman ini terpeliharan dengan baik dan sudah berusia belasan tahun, jadi tampak rindang karena ditanam pada masa  pemerintah Loade Kaimoeddin.

7. Kendari Beach Tempat Wisata Sekaligus Tempat Favorit Untuk Nongkrong Yang dilengkapi Dengan Keberadaan Cafe-Cafe'di Kawasan ini

Kendari Beach Tempat Wisata Sekaligus Tempat Favorit Untuk Nongkrong Yang dilengkapi Dengan Keberadaan Cafe-Cafe'di Kawasan ini

Kendari Beach merupakan tempat wisata Pantai yang masih dalam bagian dari Teluk Kendari. Tempat ini menawarkan keindahan tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang ketempat ini. Banyak tempat yang bisa anda jadikan tempat nongkrong atau bersantai saat akhir pekan, karena di Kendari Beach sudah dilengkapi dengan keberadaan Cafe'-cafe'.

Jadi mengunjungi objek wisata ini bisa berwisata sambil nongkrong  di café-café bertenda berbetuk bulat yang menyediakan fasilitas seperti karaoke dan juga tersedia berbagai makanan dan minuman.

Selain itu tidak d kendari Beach anda juga banyak menjumpai para pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya seperti kacang rebus. Bagi yang ingin menikmati wisata kuliner di pantai ini juga terdapat rumah makan dengan menu ikan bakar yang lezat.

Pemandangan menarik disini anda bisa menikmati makanan sambil melihat kapal-kapal nelayan yang lalu lalang mencari ikan menjadi suatu keasikan tersendiri.

8. Taman Nasional Wakatobi Terkenal Akan Keindahan Wisata Bawah Lautnya, Menjadi Surganya Bagi Para Penyelam
 
 Taman Nasional Wakatobi Terkenal Akan Keindahan Wisata Bawah Lautnya, Menjadi Surganya Bagi Para Penyelam

Bagi anda yang hobi dengan wisata Bahari jangan lewatkan untuk mengunjungi Taman Laut Wakatobi yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Wakatobi. Kawasan ini terkenal akan keindahan bawah lautnya Sehingga daerah ini sangat cocok untuk wisata diving, snokerling, berenang maupun memancing.

Dengan berbagai karang serta bebabagai jenis ikan bisa anda nikmati saat melakukan kegiatan tersebut yang akan membuat anda betah berlama-lama berada di tempat ini.Lokasinya terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Indonesia. 

Wisata bahari ini merupakan obyek wisata andalan yag sudah lama di kenal baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara terutama yang memiliki hobi menyelam. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut. 

Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Di samping keindahan yang disajikan oleh beraneka ragam terumbu karang, taman tersebut juga memiliki anekan ragam spesies ikan yang bisa anda temui saat melakukan Snorkling maupun menyelam. 

9. Pantai Nambo Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Menghabiskan liburan Bersama keluarga

Pantai Nambo Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Menghabiskan liburan Bersama keluarga

Sulawesi Tenggatara banyak sekali wisata pantai yang indah tak terkecuali Pantai Nambo. Pantai ini Terkenal akan keindahannya karena memiliki hamparan pasir putih sepanjang 300 meter dan sduah dilengkapi fasilitas seperti gazebo, area parkir, kamar bilas, villa, serta warung-warung yang berjejer rapi di pinggir pantainya. 

Pantai Nambo memiliki Ombak yang relatif tenang serta airnya yang jernih menjadikan tempat ini sangat cocok untuk membawa keluarga untuk liburan ketempat ini terutama bagi anda yang ingin membawa anak-anaknya rekreasi.

Pantai Nambo yang cocok untuk tujuan wisata keluarga ini lokasinya berada di Kota Kendari, Kecamatan Abeli yang jaraknya sekitar 16 km dari pusat Kota Kendari. Untuk Akses jalan menuju ke lokasi sangat menyenangkan karena jalan yang berliku serta jurang dan tebing di sisi kanan kirinya menjadikan pemandangan yang tidak membosankan selama anda menempuh perjalanan. 

10. Pulau Labengki Memiliki Kawasan Spot Menarik Untuk Menyelam Serta Pantainya Juga Indah 

Pulau Labengki Memiliki Kawasan Spot Menarik Untuk Menyelam Serta Pantainya Juga Indah

Selain Taman laut Wakatobi kawasan Pulau Lebengki bisa menjadi tujuan wisata bahari bagi anda yang menyukai kegiatan Snorkling dan Diving. Dipulau ini banyak sekali titik spot menyelam dan snokerling, Karena memiliki pemandangan indah dengan karang yang cantik serta airnya juga jernih menjadi tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan yang hobi menyelam. 

Pulau ini juga memiliki pantai indah dengan pasir putih yang membentang, sehinga anda bisa menikmati jalan-jalan ditepian pantai sambil menikmati pemandangan di sekitar pulau labengki.Di pulau ini belum terdapat fasilitas apapun seperti penginapan dan warung makan, jadi jika ingin berlibur kepulau labengki sebaik persiapkan terlebih dahulu perbekalan.

Meskipun belumterdapat penginpan, anda bisa menghabiskan liburan kepulau labengki dengan cara membawa tenda untuk menginap, ketengan dan kenyaman saat malam akan membuat anda lebih bisa menenangkan diri sejenak dari hirup pikuk kendaraan. 

Bagi yang ingin mengunjungi wisata pulau labengki lokasinya sekitar 70 km dari pusat Kota Kendari, tepatnya berada di Desa Lebengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

11. Mengunjungi Tempat Wisata Benteng Keraton Buton Bukan Hanya Melihat Peninggalan Sejarah Saja, Anda juga Akan Disuguhkan Pemandangan Indah.

Mengunjungi Tempat Wisata Benteng Keraton Buton Bukan Hanya Melihat Peninggalan Sejarah Saja, Anda juga Akan Disuguhkan Pemandangan Indah

Benteng Buton ini adalah salah satu tempat wisata peninggalan sejarah dengan bentuk lingkaran dengan keliling sekitar 2.740 meter. Sebelumnya Benteng ini di fungsikan sebagai Ibu Kota Kesultanan Buton yang memiliki arsitek unik, dengan bahan batu kapur yang berasal dari gunung.

Benteng Keraton Buton ini memiliki 12 pintu gerbang dan 16 emplasemen meriam. Benteng ini terletak di puncak bukit. Ketika Anda di Benteng Keraton Buton akan melihat keindahan kota Buton atau kota Bau-Baud ari ketinggian. Sampai saat ini Benteng Keraton Buton masih terjaga dengan baik serta berdiri kokoh.

Benteng keraton buton ini memiliki ciri khas tersendiri yang di miliki oleh orang sulawesi, sehingga banyak para wisatawan yang penasaran ingin melihat secara langsung benteng Buton ini. Mengunjungi benteng Keraton Buton bukan hanya wisata sejarah saja yang akan anda dapatkan, namun anda juga akan di berikan pemandangan yang indah saat berada di benteng ini.

12. Kekayaan Alam Bawah Laut Pantai Liwutongkidi Menjadi Daya Tarik Tersendiri Bagi Wisatawan Saat Mengunjungi Tempat Ini

Kekayaan Alam Bawah Laut Pantai Liwutongkidi Menjadi Daya Tarik Tersendiri Bagi Wisatawan Saat Mengunjungi Tempat Ini

Pantai Liwutongkidi memiliki dayatarik dengan hamparan pasir putih yang bersih.Bukan hanya itu saja, kekayaan alam bawah laut dari Pantai Liwutongkidi juga menjadi daya Tarik wisatawan terutama bagi yang hobi dengan kegiatan Snorkling maupun menyelam. 

Suasana pantai yang tenang dengan pemandangan yang indah akan membuat anda merasakan kebahagian tersendiri, karena banyak terdapat pepohonan yang tinggi sehingga memberikan rasa sejuk dan asri dan akan  membuat anda betah berlama-lama di pantai ini.

Berbagai jenis terubu karang yang unik dapat Anda temui di tempat ini. Pantai ini berada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, aksesnya bisa ditempuh dengan menggunakan trasnsportasi pesawat dengan waktu tempuh selama 1 jam dari kota Kendari.

Jika anda menggunakan transfortasi kapal laut akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Jangan Lupa Baca Juga: 15 Wisata Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi.

Related Posts