11 Lokasi Wisata Bengkulu Dengan Pemandangan Terindah Tak Tergantikan

shares |

Wisata Bengkulu-Bengkulu menjadi salah satu kota di Indonesia yang menyimpan segudang kekayaan alam yang sangat menarik serta indah dan wajib masuk dalam daftar destinasi liburan anda. Berbagai tempat di Bengkulu ini masih sangat terjaga keasriannya yang tidak kalah dengan pemandang di Bali atau beberapa kota lainnya.

Untuk referensi, kami akan mengulas tentang beberapa lokasi wisata dengan pemandangan paling indah di Bengkulu berikut ini.

1. Pantai Tapak Balai

Pantai Tapak Balai
Pantai Tapak Balai

Untuk anda yang sudah pernah melihat secara langsung keindahan dari Tanah Lot Bali, maka anda juga harus mengunjungi salah satu pantai di Bengkuku bernama Pantai Tapak Balai dengan pesona indah tidak kalah dengan tempat wisata daerah Bali tersebut. 

Pesona alam dengan keindahan pantai pinggir tebing berwarna coklat serta pemandangan hijau ini sangat sayang untuk anda lewatkan. Kontras warna dari tebing, pepohonan hijau dan juga warna laut membuat area wisata ini menjadi spot teirndah untuk tempat berfoto. 

Sambil menikmati keindahan alam pantai ini, anda juga bisa merasakan kesegaran kelapa muda yang banyak dijual di sekitar pantai. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini, anda bisa menggunakan bus atau sepeda motor dengan tarif Rp.20.000.

• Alamat: Desa Tebing Kandang, Kecamatan Air Napal
• Tarif Kendaraan: Rp.20.000 motor / bus

2. Air Terjun Batu Layang

Air Terjun Batu Layang
Air Terjun Batu Layang

Air terjun yang ada di Bengkulu Utara ini memang belum terlalu sering terdengar namanya sebab terletak 55 km dari pusat kota Bengkulu. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 60 meter yang bisa anda kunjungi dengan sepeda motor kemudian dilanjutkan dengan 1 jam berjalan kaki. Air terjun ini juga bisa dibilang masih merupakan objek wisata perawan alias belum terjamah.

Disini anda tidak akan menemukan fasilitas lengkap seperti tempat wisata lain, namun anda akan merasakan nikmatnya keindahan alam yang masih sangat terjaga keasriannya. Untuk anda yang ingin bermalam, anda bisa mendirikan tenda di sekitar danau ini untuk merasakan sensasi menginap di alam terbuka ditemani dengan suara air tejun yang menenangkan. 

Namun, jauhnya perjalan serta rasa lelah akan segera terganti saat anda melihat keindahan dari air terjun ini lengkap dengan pemandang hijau yang tumbuh dengan subur di sekeliling air terjun ditambah dengan sejuknya udara sekitar.

• Alamat: Desa Batu Layang, Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara

3. Pantai Kota Agung

Pantai Kota Agung
Pantai Kota Agung

Pantai Kota Agung juga menyimpan pesona alam tersendiri yang cukup unik. Pantai ini memiliki warna pasir yang sedikit abu-abu lengkap dengan ombak yang indah. Disini, anda bisa menikmati matahari terbenam sambil mendirikan tenda, bakar ikan atau kegiatan alam yang menyenangkan lainnya.

Suasana pantai ini belum tercemar dan masih terjaga dengan baik, berbagai ikan laut aneka warna juga bisa anda nikmati sambil snorkling atau berenang di pantai ini. Lokasi ini juga menjadi area instagramable sebab latarbelakang yang dimiliki pantai ini sangat menarik.

•  Alamat: Desa Kota Agung, Kecamatan Air Besi

4. Pantai Urai

Pantai Urai
Pantai Urai

Pantai Urai ini juga terkenal dengan sebutan Pantai Abrasi urai yang mempunyai pemandangan indah saat sore hari dan menjadi tempat paling tepat untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Pantai yang mengalami abrasi ini tidak lantas membuatnya sepi dari wisatawan, namun sebaliknya selalu penuh oleh wisatawan di waktu liburan. 

Pantainya yang bersih serta pemandangan sekitarnya sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto selfie khususnya di bagian yang agak menjorok ke tengah laut, disitu terdapat sebuah pulau ukuran mini yang juga menjadi spot menarik untuk berfoto ria.

•Alamat: Desa Urai, Kecamatan Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara

5. Pulau Enggano

 Pulau Enggano
Pulau Enggano

Pulau ini menjadi pulau paling luar wilayah Indonesia dengan segudang pemandangan indah yang ditawarkan. Pulau ini ada di Samudera Hindia dengan jarak sekitar 9 mil dari Kota Bengkulu. Untuk menuju ke Pulau Enggano, anda bisa menggunakan pesawat Susi Air yang akan terbang 1 minggu sekali menuju ke pulau ini.

Disini anda akan dimanjakan dengan indahnya Goa Pantai Komang, Pantai Humo serta pemandangan bawah laut ekstra indah, bahkan anda tidak perlu snorkling untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya, sebab air laut disini sangat jernih. Untuk anda yang ingin bermalam, disini juga sudah disediakan hotel serta homestay yang akan menambah kenyamanan waktu liburan anda.

• Tarif Kapal: Rp.600.000 untuk pulang pergi dan Rp.300.000 untuk satu kali terbang.

6. Pantai Panjang

Pantai Panjang
Pantai Panjang

Pantai ini sudah cukup terkenal dan menjadi daerah favorit para wisatawan. Lokasi menuju pantai ini juga mudah dijangkau dan fasilitas yang ada juga sudah cukup lengkap seperti hotel, penginapan, restoran, pusat perbelanjaan, cafe, fasilitas olahraga dan juga arena bermain anak. 

Tidak hanya menikmati keindahan pantai, anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti snorkling, bermain voli pantai, selancar, joging atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati keindahan Pantai Panjang ini. 

Pantai ini dinamakan Pantai Panjang karena memang bentuknya yang memanjang disekitar bibir laut. Tampilan pantai ini juga akan terlihat indah jika diabadikan dalam foto menggunakan drone, sebab pemandangan dari ketinggian akan mencakup seluruh area ini dengan sempurna

• Alamat: Jl.Pesisir Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

7. Pulau Tikus

Pulau Tikus
Pulau Tikus

Pulau Tikus ini memiliki luas yang kecil yaitu hanya 1.5 Ha saja namun pesona alam serta terumbu karang yang ada disini tidak perlu diragukan lagi. Dengan keindahan terumbu karangnya, maka pulau ini menjadi destinasi favorit para wisatawan yang ingin menyelam ke bawah laut untuk bisa melihat pesona terumbu karang secara langsung. 

Warna warni dari terumbu karang yang cerah serta beberapa ikan laut cantik bisa anda nikmati sambil melakukan snorkling atau menyelam yang belum tentu bisa anda rasakan di beberapa objek wisata lainnya. 

Untuk bisa mencapai lokasi ini, terlebih dulu anda harus pergi ke Pulau Jakat yang akan diteruskan dengan sewa kapal nelayan dengan lama perjalanan selama 1 jam. Sementara jika dari Pelabuhan Barai bisa menggunakan kapal boat dengan waktu yang lebih singkat yakni hanya 40 menit saja

8. Air Terjun Tri Muara Karang

Air Terjun Tri Muara Karang
Air Terjun Tri Muara Karang

Air terjun ini memiliki keunikan dari segi airnya yang memiliki suhu berbeda-beda yaitu ada yang panas dan sebagian lagi dingin. Disini terdapat 5 buah air terjun, dimana dua air terjun disini merupakan air panas yang juga dilengkapi dengan pemandian air panas. 

Sementara untuk 3 air terjun lainnya memiliki suhu air yang dingin dan inilah yang menjadi daya tarik utama dari air terjun Tri Muara Karang.Ada 2 cara yang bisa tempuh untuk mencapai lokasi ini, yakni dari Desa Sindang Jati yang memiliki jalan cukup baik namun jaraknya terlalu jauh

Sementara dari Desa Belitar hanya memiliki jala setapak dan tidka bisa dilewati kendaraan, namun rute menuju ke air terjun jauh lebih dekat. Alamat: Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, KabupatenRejang Lebong.

9. Danau Nibung Mukomuko

Danau Nibung Mukomuko
Danau Nibung Mukomuko

Untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam sambil melihat beberapa satwa liar, maka lokasi ini sangat bagus untuk dikunjungi. Disini anda akan melihat aktivitas dari berbagai burung liar yang akan terlihat sangat indah saat diabadikan dalam sebuah foto.

Danau ini dikelilingi dengan hutan tropis yang bisa anda gunakan untuk memancing, berfoto dan juga mendirikan tenda. Untuk mencapai lokasi danau ini bisa menggunakan mobil dengan jarak sekitar 6 km dari Kota Muko Muko. Sementara jika ditempuh dari Bandara Fatmawati, maka anda harus menempuh jarak sekitar 300 km dengan memakai kendaraan umum.

10. Air terjun Curug Sembilan

 Air terjun Curug Sembilan
Air terjun Curug Sembilan

Air terjun ini memiliki keunikan berupa aliran air yang memiliki 9 tingkatan berbeda. pada masing-masing tingkat membentuk air terjun sehingga menghasilkan pemandangan eksotik sekaligus unik. Tempat wisata ini akan tetap terlihat indah jika diabadikan dalam foto dari berbagai arah, Ditambah lagi pesona pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun yang semakin melengkapi keistimewaan objek wisata alam ini. 

Air terjun ini berjarak sekitar 120 km dari kota Bengkulu dengan kawasan hutan lindung disekeliling air terjun. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai flora dan fauna langka pada habitat alaminya yang tidka mungkin anda dapatkan di tempat lain.

• Alamat: Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara.

11. Danau Lebong

Danau Lebong
Danau Lebong

Danau Lebong merupakan bekas galian tambang batubara yang sangat terlihat indah. Akan tetapi, air danau ini merupakan air asam yang sangat berbahaya dan beracun untuk mencemarkan lingkungan disekitarnya. 

Warna air biru muda dengan gradasi tersebut memang terlihat sangat indah dan saat terkena sinar matahari, maka air akan terlihat seperti berubah warna menjadi hijau. Untuk mencapai lokasi Danau Lebong ini, anda akan ditantang dengan medan yang cukup sulit sehingga memerlukan performa kendaraan yang optimal. 

Dari kota Bengkulu, jarak yang harus ditempuh terbilang cukup jauh yakni sekitar 35 kilometer. Setelah itu, perjalan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter menuju Desa Surau. Dari seni, jalur menantang pun siap anda hadapi untuk bisa mencapai lokasi danau indah tersebut.

• Alamat: Desa Surau, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah

Related Posts