Jelajahi 6 Keindahan Alam Tersembunyi Tempat Wisata Di Jogja Paling Instagramable

shares |

Tempat Wisata Di Jogja - Sektor pariwisata merupakan andalan utama bagi DIY, karena Banyak sekali objek yang menajdi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Jogja, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.Jika dilihat secara geografis, DI.Yoyakarta juga diuntungkan oleh jarak antara lokasi objek wisata yang terjangkau, dan mudah ditempuh. 

Kemajuan di sektor pariwisata yogyakarta mengalami peningkatan dan kemajuan yang sangat signifikan terlihat dari banyaknya perkembangan perekonomian bidang: jasa (tour and travel); perdagangan, hotel, dan restoran (kuliner). Dilihat dari perkembangannya sehingga jogjakarta sangat cocok untuk tujuan wisata bagi wisatawan nusantara bahkan mancanegara.

Untuk itu bagi anda yang ingin merencanakan sebuah liburan ke Jogja, karena banyak pilihan di destinasi wisata jogja, bukan hanya wisata Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Maliobro, namun masih banyak lagi tempat yang menarik yang secara khusus akan menjadi ulasan kali ini tentang menguak keindahan tersembunyi dari Jogja yang mungkin belum pernah anda kunjungi sebelumnya.

1. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo
Air Terjun Lepo

Jika di lokasi lain hanya memiliki satu air terjun, berbeda dengan air terjun Lepo yang menghadirkan 3 air terjun sekaligus dalam 1 lokasi dan juga 4 buah kolam alami yang bisa anda gunakan untuk berenang, berenang atau bermain air. Disini terdapat 4 tingkat kolam alami yang semuanya terhubung dengan 3 buah air terjun dengan kedalaman bervariasi yaitu 2 meter yang biasa digunakan untuk orang dewasa dan remaja untuk berenang.

Kolam kedua dengan kedalaman hanya sebatas pinggang orang dewasa yang sangat cocok digunakan untuk anda-anak dan kolam ketiga yang merupakan kolam terdangkal sehingga membuat dasar kolam yang tertutup endapan kapus bisa terlihat dari atas dengan sangat jelas. Pada kolam kedua terlihat pemandangan yang sangat indah yang dikelilingi oleh tebing bebatuan yang tersusun secara menakjubkan dan alami lengkap dengan titian kecil dan selokan kecil yang sangat menarik. 

Sebuah ceruk batu yang terdapat dibagian tepi kolam menjadi spot terbaik untuk berfoto selfie dan groufie. Sementara di kolam ketiga dilengkapi dengan tebing batu disekeliling air terjun dengan bentuk balok yang memang sengaja diukir sehingga terlihat sangat artistik. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap seperti kamar mandi, sebuah aula, deretan warung yang menyediakan beragam menu menggugah selera dan juga penyewaan tikar serta pelampung.

• Alamat: Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta
• Jam Buka: Setiap hari 
• Harga Tiket: seikhlasnya
• Parkir Motor: Rp.2.000
• Parkir Mobil: Rp.10.000

2. Kedung Pedut

kedung pedut
Kedung Pedut

Jika anda mencari sebuah wahana seperti waterpark namun dalam wujud alami, maka Kedung Pedut adalah pilihan paling tepat untuk anda kunjungi. Kedung Pedut merupakan sebuah kolam alami yang ada di lokasi ini sebab memiliki air terjun dengan ketinggian mencapai 15 meter sehingga sering digunakan untuk water canyon. 

Airnya terlihat sangat jernih sehingga bagian dasar yang merupakan bebatuan kecil tertutup dengan endapan kapur ini terlihat sangat jelas dari permukaan. Air terjun ini dikelilingi dengan beberapa buah bukit yang semakin menambah keindahan lokasi winsata ini. 

Disini, tidak hanya menjadi lokasi yang instagramable, namun anda juga bisa menikmati berbagai wahana tradisional yang terbuat dari bambu, mulai dari seluncur bambu, kursi bambu, jembatan bambu dan juga pancuran bambu yang semuanya terlihat unik sekaligus eksotis. Air terjun ini berasal dari 7 buah sumber mata air sehingga semakin menyempurnakan keindahan alam yang ditawarkan Kedung Pedut ini.

• Alamat: Katimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta
• Jam Buka: Setiap hari
• Harga Tiket: Rp.3.000
• Parkir Motor: Rp.2.000
• Parkir Mobil: Rp.5.000

3. Embung Batara Sriten

embung batara srinten
Embung Batara Sriten

Telaga buatan yang ada pada puncak tertinggi Gunung Kidul ini menyuguhkan indahnya panorama yang akan membuat siapapun terpesona melihatnya. Disini, anda bisa menikmati keindahan pemandangan telaga buatan dan dinginnya udara sekitar sambil duduk-duduk di gazebo atau pendopo yang sudah tersedia disini sambil menikmati minuman hangat yang dijual di beberapa warung kaki lima.

Disini juga terdapat sebuah makam tiban yang dipercaya sebagai tempat petilasan Syeh Wali Jati, kerabatn Sultan. Anda bisa menikmati pemandangan seluas 360 derajat wilayah sekitar yang tempatnya lebih rendah seperti Rawa Jombor, Merapi dan barisan Gunung Kidul. Pemandangan sunset yang tersaji disini tentunya membuat lokasi ini menjadi tempat terindah untuk mengabadikan foto dengan latarbelakang mempesona yang tak tertandingi.


• Alamat: Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Gunung Kidul, Yogyakarta.
• Jam Buka: Setiap Hari
• Harga Tiket: Rp.3.000
• Parkir Motor: Rp.2.000
• Parkir Mobil: Rp.10.000

4. Goa Kidang Kencana

goa kidang kencana
Goa Kidang Kencana

Ingin merasakan sebuah petualangan seru dalam menyusuri perut bumi?, Gua Kidang Kencana menjadi jawaban paling tepat untuk anda kunjungi dan paling direkomendasikan. Goa alami ini terletak di balik bukit dan tanah karst dengan berbagai pepohonan lebat diatasnya. 

Lokasi goa ini tidak jauh dari Goa Kiskendo. Mulut goa ini sangat curam dan sempit dengan diameter kurang lebih hanya 2 meter, didalam terdapat aliran sungai kecil dengan pemandangan dinding endokarst yang spektakuler. 

Lorong goa ini dapat tembus ke sisi lain bukti dan memang dipelihara secara alami tanpa diberi perubahan sama sekali. Ornamen dan ukiran unik nan eksotik pada dinding goa yang mengundang decak kagum ini tentunya tidak bisa anda dapatkan di tempat lain.

• Alamat: Sabrang Kidul, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta
• Jam Buka: Setiap hari
• Harga Tiket: Seikhlasnya
• Parkir Motor: Rp.2.000
• Parkir Mobil: Rp.5.000

5. Goa Jomblang

goa jomblang
Goa Jomblang

Goa ini adalah sebuah goa vertikal yang dilengkapi dengan hutan purba lebat pada bagian dasarnya. Anda akan menyusuri lorong 300 meter sambil menikmati keindahan ornamen goa yang mempesona, sementara ketinggian dalam goa ini mencapai 40 sampai 80 meter.

Di dalam goa, berbagai semak, lumut, paku-pakuan serta berbagai pohon besar tumbuh dengan sangat lebat dan subur, sementara pada dinding goa dihiasi dengan stalaktit, stalagmit dan juga bebatuan kristal nan indah.

Belum cukup sampai disini, anda juga akan menikmati sebuah cahaya indah yang terpancar dari matahari menembus kedalam sela bebatuan sehingga terlihat seperti surga di ujung goa lengkap dengan tetesan air serta aliran sungai seperti layaknya pemandangan di sebuah khayangan.

• Alamat: Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta
• Jam Buka: 10:00 - 14:00
• Harga Tiket Paket: Rp.450.000/orang


6. Desa Wisata Ketingan

desa wisata ketingan
Desa Wisata Ketingan

Untuk anda yang ingin menikmati pesona keindahan alam lengkap dengan ribuan burung liar yang beterbangan, maka Desa Wisata Ketingari ini merupakan destinasi tepat untuk anda kunjungi. Pesona keindahan alam disini sudah pasti tidak akan anda temukan ditempat wisata lainnya, sebab disini anda akan menyaksikan sebuah fenomena alam unik.

Fenomena alam tersebut berupa ribuan burung kuntul yang membuat sarang di berbagai pohon tinggi disini dan jenis burung ini memang hanya tinggal pada desa ini. Disini, semua burung bisa hidup dengan bebas tanpa takut punah karena dibur. Bahkan, saat anak burung kuntul ini terjatuh, maka warga akan merawatnya sampai sembuh yang kemudian akan dilepas kembali ke alam bebas. 

Anda akan dimanjakan dengan aktivitas burung kuntul ini seperti saat mereka mencari makan, membuat sarang, kicauan yang indah sehingga area wisata ini tentu menjadi spot palin mempesona untuk anda pencinta fotografi atau selfie. 

Jika anda berkunjung di bulan September, maka tidak hanya pesona alam yang bisa anda dapatkan, namun juga berbagai pertunjukan seni yang digelar seperti kirab, wayang, pertunjukan pek bung yang merupakan alat musik tradisional, gejong lesung, jathilan dan juga kenduri.


• Alamat: Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta
• Harga Tiket: Gratis
• Homestay: Rp.75.000/malam dan 3 kali makan

Related Posts