9 Kuliner Semarang Ini Cocok Untuk Anda Jadikan Oleh-Oleh

shares |

Kuliner Semarang-Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah, selain memiliki destinasi wisata yang menarik, kota ini juga kaya akan kuliner terutama makanan khas Semarang. Bila anda sedang libur panjang dan ingin menghabiskan waktu liburan dengan kegiatan traveling, tempat wisata Semarang bisa anda jadikan tujuan. 

Bukan hanya banyak tempat-tempat menarik saja yang bisa anda nikmati, namun bagi anda yang menyukai makanan khas, wisata kuliner kota semarang bisa menjadi pilihan, karena banyak sekali tempat makan yang menyediakan makanan enak di Semarang yang bisa anda coba. 

9 Kuliner Semarang Ini Cocok Untuk Anda Jadikan Oleh-Oleh

Namun kali ini bukan ingin membahas tempat makan enak di Semarang, melainkan ingin memberikan informasi tentang oleh-oleh semarang yang populer, cocok untuk dijadikan buah tangan saat anda pulang liburan dari Semarang. Langsung saja, berikut  kuliner Semarang yang Cocok untuk anda Jadikan oleh-Oleh.

1. Lunpia

lumpia semarang

Bila anda ke Semarang pasti akan makanan yang sangat terkenal yaitu lumpia, terbuat dari rebung yang dibungkus dengan lembaran tepung, bisa disajikan dengan digoreng lebih dahulu atau tanpa digoreng.

Lumpia selain berisi rebung dapat diisi dengan telur ayam dan udang yang dirajang kecil-kecil. Juga bisa disajikan dengan saos, acar, dan daun bawang. Kuliner ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh khas Semarang saat anda pulang wisata dari ibukota jawa tengah ini.

2. Wingko Babat

wingko babat

Wingko babat kuliner enak semarang ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat jawa tengah khususnya daerah semarang kota. Meskipun nama Babat adalah sebuah daerah pesisir di Jawa Timur, makanan yang terbuat dari bahan kelapa dan beras ketan ini kemudian makanan khas andalan Semarang.

Seiring dengan perkembangan jaman, citarasa wingko sudah beraneka ragam seperti ada rasa coklat, durian, nangka dan lain-lain. Jajanan semarang ini bisa anda jadikan oleh-oleh saat pulang dari semarang.

3. GanjelRel

Roti ganjel rel

Ganjelrel jika sekilas mendengar namanya, kuliner ini mungkin agak sedikit asing, karena bukan seperti nama makanan., namun ini merupakan roti dengan warna coklat dan di atasnya dilapisi wijen rasanya manis.merupakan makanan khas Kota Semarang yang popular.

Kuliner ini dinamakan ganjel rel karena bentuknya yang besar, seperti benda yang untuk menganjel rel kereta api. Namun dengan rasanya yang enak, manis juga tahan lama sehingga cocok oleh-oleh semarang ini untuk anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga.

4.  Kue Mochi

Kue mochi semarang

Kue mochi adalah kue basah yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan bahan lainnya. Mochi Semarang yang sangat terkenal dengan Mochi Gemini, selain kemasan yang menarik kelebihan dari mochi Gemini ini adalah karena kue itu terasa lebih gurih di lidah dan taburan atasnya bervariasi, salah satunya adalah wijen.

Tidak jelas sejarah mengenai kapan dan dari mana kue ini berasal, kue mochi telah mengalami variasi dalam rasa. Rasa durian adalah salah satu yang paling dicari bila wisatawan datang ke kota Atlas ini. Makanan khas semarang ini juga cocok untuk anda jadikan oleh-oleh saat pulang dari semarang.

5. Super Cake

Super Cake makanan khas semarang

Brillian Super Cake merupakan salah satu tempat wisata kuiner di Semarang yang menyediakan oleh-oleh khas yang cukup terkenal berada di kawsan Simpang Lima Semarang. Di tempat pusat oleh-oleh khas Semarang ini menyediakan  cake yang rasanya sangat enak, dengan tekstur yang halus dan terasa lembut di lidah.

Super Ceke ini banyak varian rasa yang dapat menjadi pilihan, seperti rasa keju, kismis, coklat, dan almond. Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini memiliki kemasan yang modern dan terjamin higienisnya dan juga tahan hingga beberap hari. Baca Juga: 9 Wisata Belanja di Semarang Yang Paling Terkenal.

6. Tahu Pong

tahu pong kuliner khas semarang

Tahu merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, cuma bedanya dengan tahu pong khas semarang ini, jika tahu pong salah satu tahu yang bagian luarnya digoreng kering sedang bagian dalamnya berongga (kopong bhs jawa).

Dengan dalam berongga inilah maka tahu tersebut dinamakan tahu pong atau tahu kopong. Saat anda berkunjung ke Semarang jangan lupa untuk mencicipi kuliner semarang yang satu ini, Selain bisa menjadi cemilan saat traveling bagus juga untuk oleh-oleh saat anda pulang dari Semarang.

7. Tahu Bakso

tahu bakso ungaran semarang

Tahu Bakso merupakan cemilan atau jajanan semarang yang juga enak dinikmati saat traveling juga cocok untuk anda jadikan oleh-oleh khas Semarang yang bisa anda bawa pulang. Makanan enak ini merupakan tahu yang bagian tengahnya diselipi bakso.

Tahu bakso adalah oleh-oleh khas Semarang atau biasa orang menyebutnya dengan tahu bakso ungaran, karena memang dari daerah ungaran, Semarang. Meskipun didaerah lain ada yang menjual kuliner khas semarang ini tentu saja memiliki rasa yang berbeda dari tempat asalnya yaitu ungaran.

8. Tumpi

Tumpi

Tumpi merupakan cemilan renyah sejenis peyek, namun menggunakan bahan campuran kacang hijau sebagai pengganti kacang tanah dalam peyek. Rasa gurih dan renyah pada tumpi sangat terasa sekali. Berbeda dengan peyek yang agak keras karena tumpi digoreng dengan sedikit tipis dengan kacang hijau yang cukup jarang.

Produksi tumpi yang paling banyak terdapat di daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Daerah ini memang terkenal dengan produksi keripiknya. Penyimpanan yang bagus dan rapat dapat menjaga tumpi tetap renyah serta tahan lama. Jajanan ungaran khas Semarang ini bisa anda jadikan oleh-oleh dan bisa tahan lama.

9. Bandeng Presto

bandeng presto khas semarang kuliner enak semarang

Kuliner Semarang yang sudah tidak asing lagi yaitu Bandeng Presto, ini merupakan kuliner khas semarang terbuat dari ikan bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi biasanya disebut presto. Cara ini dilakukan untuk membuat duri ikan bandeng tersebut menjadi lunak sehingga enak untuk dimakan.

Makanan enak semarang satu ini sayang untuk anda lewatkan jika sedang wisata kuliner di Semarang. Untuk bandeng presto biasa cara masaknya cukup digoreng dengan memakai minyak panas. Bandeng dengan kondisi ini dapat disimpan dalam lemari pendingin dalam waktu yang cukup. Dengan Kemasan yang menarik dan rasa yang enak, bandeng presto khas semarang ini kuliner wajib anda bawa saat pulang dari Semarang.

Itulah tadi ulasan mengenai 9 Kuliner Semarang Cocok Untuk Anda Jadikan Oleh-Oleh, kuliner Semarang ini banyak juga hasil dari perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa, karena kita tahu bahwa di semarang banyaknya keturunan Tionghoa yang menetap, Tak lepas dari sejarah laksamana cheng ho yang sangat terkenal yaitu seorang pelaut dan penjelajah asal Tiongkok. Baca Juga: 6 Wisata Seputar Semarang Kota Yang Menarik Untuk Dikunjungi.

Related Posts