Ini Dia 6 Lokasi Wisata Surabaya dan Sekitarnya Dengan Pemandangan Alam Nomor 1

shares |

Wisata Surabaya dan Sekitarnya-Surabaya yang dijuluki sebagai Kota Pelajar dengan ikon sura dan buaya ini memang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Disini bisa ditemukan berbagai lokasi wisata yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, wisata kota tua dan wisata alam. 

Salah satu lokasi yang akan kita ulas kali ini adalah lokasi wisata alam untuk menguak keindahan alam kota Surabaya yang harus kamu jelajahi.

1. Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran
Pantai Ria Kenjeran

Panti ini terletak tidak jauh dari jembatan Suramadu yang menjadi satu-satunya pantai paling eksotik untuk dikunjungi. Pemandangan sunset menawan saat sore menjelang malam, membuat pantai ini terlihat begitu menawan. Disini, anda tidak hanya bisa menikmati keindahan sunset sambil duduk-duduk di pantai saja.

Namun ada berbagai kegiatan seru yang bisa anda lakukan bersama dengan keluarga anda seperti menunggangi kuda, memancing, belanja souvenir, playground, penyewaan perahu, klenteng dan berbagai kegiatan lain. Lokasinya yang tidak terlalu padat pengunjung, membuat area pantai ini sangat cocok untuk melepas lelah segala kesibukan anda sehari-hari. 

Selain itu, pada hari Sabtu, Minggu dan beberapa hari khusus, Pantai Ria Kenjeran juga menggelar pertunjukan serta perlombaan yang sayang untuk anda lewatkan seperti pacuan kuda, Kenpark sirkuit, permainan layang-layang dan juga barongsay saat bulan purnama.

• Alamat: Kecamatan Kenjeran Timur, Surabaya, Jawa Timur
• Jam Buka: Setiap Hari 24 jam
• Harga Tiket: Rp.15.000
• Harga Sewa Perahu: Rp.5.000
• Parkir Motor: Rp.8.000
• Parkir Mobil: Rp.10.000

2. Mangrove Wonorejo

Mangrove Wonorejo
Mangrove Wonorejo

Lokasi mangrove Wonorejo ini bisa ditempuh sekitar 17.4 km dengan melewati jalan tol Waru-Juanda. Pada area seluas 200 hektar ini terlihat sangat lebat dan menjadi hunian dari 30 spesies binatang yang dilindungi seperti kera ekor panjang, pecuk hitam, kowak malam abu, dara laut kecil dan juga tempat persinggahan banyak burung pantai.

Untuk melihat pesona hutan bakau ini, anda harus naik kapal yang terdiri dari 2 jenis yakni kapal Jaya Samudra yang lengkap dengan toilet serta tempat tidur, kapal lundu yang memuat sekitar 60 orang dan kapal kecil yang hanya memuat 35 orang saja.

Tidak hanya pesona hutan mangrove yang ditawarkan disini, namun juga terdapat jogging track sebagai spot keren untuk berfoto selfie. Jika ingin menjelajah lebih luas, maka anda bisa menaiki sebuah kapal besar yang akan membawa anda berkeliling sampai Jembatan Suramadu.

• Alamat: Jl.Raya Wonorejo Np.1, Rungkut, Surabaya
• Jam Buka: Sabtu, Minggu dan hari libur 08:00 - 16:00
• Harga Tiket Masuk Hutan Bakau: Rp.25.000/orang, anak diatas 5 tahun: Rp.15.000/anak
• Speedboat: Rp.300.000/1 kali perjalanan
• Parkir Mobil: Rp.3.000


3. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Air terjun di daerah Surabaya ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan yang berada di tebung hijau sehingga air terjun ini terlihatt seperti sebuah tirai di seluruh bagian tebingnya. Pemandangan alam nan hijau dan udara yang menyegarkan di sekitar air terjun ini semakin melengkapi pesona air terjun tertinggi kedua di Indonesia ini. 

Air terjun ini merupakan air terjun abadi yang tidak pernah berhenti meski saat musim kemarau. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 200 meter ini , konon merupakan tempat peristirahatan terakhir dari mahapatih Majapahit yakni Gajah Mada. 

Bentuk air terjun ini terlihat sangat unik dengan tebing yang berputar serta berbagai tumbuhan serta lumut yang menutupi seluruh permukaan tebing. Air terjun ini juga dipenuhi dengan ceruk dan bukti yang juga meneteskan air pada seluruh bagian dinding tebing dan 3 buah bukit mengalirkan air dengan sangat deras.

Tekstur air terjun yang tipis dan memiliki warna putih semakin menambah keindahan air terjun ini dan tentunya juga akan tampak istimewa jika dijadikan background foto selfie anda. Disini juga disediakan kamar mandi umum serta beberapa warung sederhana yang bisa anda gunakan untuk mengisi perut sesudah merasakan dinginnya air terjun di Surabaya ini.

• Alamat: Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur
• Harga Tiket: Rp.5.000/orang
• Parkir Motor: Rp.3.000
• Pemadu Wisata + Kurir: Rp.10.000 - Rp.20.000

4. Taman Bungkul

 Taman Bungkul
Taman Bungkul

Taman ini mempunyai keunikan tersendiri dan menjadi taman terbaik yang dinobatkan oleh PBB dengan luas sekitar 900 meter. Wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga.
Pada bagian tengah taman terdapat sebuah air mancur yang sering digunakan untuk panggung musik dan beberapa acara lainnya.

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan disini adalah skateboard track, BMX track, jalur jogging dan juga area green park yang diatur dengan sangat apik. Disini juga menjadi surga bagi anda pencinta kuliber sebab telah disediakan berbagai kuliner khas Surabaya seperti lontong balap, rujak cingur, lontong mie dan berbagai makanan menggugah selera lainnya. 

Disini juga menjadi tempat ziarah sebab terdapat makan Sunan Bungkul yang sudah mencatat banyak sejarah mengenai agama. Baca Juga: Masjid Ampel dan Makam Sunan Ampel Wisata Religi Menarik di Surabaya

• Alamat: Jl.Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya
• Jam Buka: Setiap hari
• Parkir Motor: Rp.2.000
• Parkir Mobil: Rp.5.000

5. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo
Kebun Bibit Wonorejo

Daerah wisata ini merupakan tempat terbaik untuk anda pencinta tanaman, sebab disini merupakan pusat pengembangbiakan tanaman yang ada di Kota Surabaya di lahan seluar 5.9 hektar. Tidak hanya pemandangan asri yang dipenuhi dengan taman, di kebun ini juga terdapat sebuah pulau yang ada di bagian tengah taman dan menjadi spot favorit para pengunjung. 

Pada bagian sudut terdapat dermaga yang menjadi tempat berfoto paling indah dengan view spektakuler sehingga sering dijadikan tempat untuk melakukan foto pre wedding. Disini juga terdapat area wall climbing yang khusus disediakan untuk anak-anak serta kandang unggas seperti bebek dan juga angsa yang berenang dengan bebas di danau.

Kegiatan lain yang bisa anda nikmati disini adalah jogging track untuk mengelilingi kawasan danau, playground sebagai area bermain anak lengkap dengan permainan seperti ayunan, permainan tangga dan sebagainya. 

Setelah letih berkeliling danau dan menikmati indahnya pemandangan taman, maka anda bisa menyusuri jalan diatas batu dengan telanjang kaki sebagai terapi. Untuk anda pencinta bunga, anda bisa mengunjungi rumah anggrek yang memiliki berbagai jenis bibit anggrek unggulan.

• Alamat: Jl.Kendal Sari Blok RK No.70, Rungkut, Surabaya
• Jam Buka: 08:00 - 16:00 Setiap Hari
• Harga Tiket: Gratis
• Parkir Motor: Rp.3.000
• Parkir Mobil: Rp.5.000

6. Pantai Papuma

Pantai Papuma
Pantai Papuma

Pantai nan eksotik satu ini memiliki pemandangan luar biasa indah, pasir pantai lembut berwarna putih dan hamparan begitu banyak batu karang membuat pantai ini wajib untuk anda kunjungi. Kawasan ini cukup unik, sebab di pesisir pantai yang menjorok kedalam dipenuhi dengan banyak pohon jati dengan nama Hutan Maliki yang didalamnya tersimpan banyak flora dan fauna liar khas Indonesia.

Pantai Papuma ini mempunyai 6 karang dengan ukuran besar yang mempunyai nama berbeda yaitu Pulau Kresna, Pulau Batara Guru, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, Pulau Kodok dan Pulau Narada, tempat-tempat inilah yang menjadi spot menarik untuk anda berfoto selain pantai dan juga hutan nan lebat yang menyegarkan.

Disini, anda juga bisa menyantap ikan yang langsung ditangkap dari laut dan dibakar di pinggir pantai dari para nelayan yang baru saja turun kapal sekitar jam 11:00 sampai 13:00. Jika anda ingin beristirahat, disini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang bisa anda sewa, lengkap dengan arena bermain anak dan juga mushola.

• Alamat: Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur
• Harga Tiket: Rp.14.000/orang
• Sewa Penginapan: Rp.70.000 - Rp.100.000

Related Posts