6 Tempat Rekreasi di Blitar Mempesona Paling Lengkap dan Recomended

shares |

Tempat Rekreasi di Blitar-Bicara tentang pesona alam di negeri Indonesia tercinta ini memang tidak ada habisnya. Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak biaya dengan berkunjung ke negeri orang untuk berwisata, menjelajahi seluruh wilayah indonesia yang menawarkan keindahan alam berbeda di setiap tempatnya.

Tempat wisata yang tidak akan membuat anda kecewa, bahkan tidak akan anda temukan di beberapa negara lain. Seperti salah satu daerah wisata di indonesia yang juga menyimpan berbagai pesona alam menanti untuk anda jelajahi di Blitar yang akan kami ulas berikut ini.

Tempat Rekreasi di Blitar Mempesona Paling Lengkap dan Recomended

1. Gunung Butak

gunung butak blitar
Gunung Butak

Untuk anda pencinta mendaki gunung, nampaknya nama Gunung Butak di daerah Blitar ini sudah tidak asing lagi di telinga anda yang terletak berdekatan dengan lokasi angker Jawa Timur yaitu Gunung Kawi.

Gunung ini merupakan gunungstratovolcano dengan ketinggian 2.868 meter dari permukaan laut. Pemandangan yang tersaji disini tidak kalah fantastis dengan gunung-gunung lainnya. Dari pos PTPN XII Sirahkencong, anda akan disajikan pemandangan perkebunan teh nan luas dan kemudian terus berjalan masuk ke dalam hutan tropis lebat dengan medan semakin menanjak.

Sesampainya di pos 4, maka anda akan disuguhkan pemandangan dari hutan cemara serta bunga edelweiss indah ditemani dengan beberapa hewan liar seperti sahutan monyet serta kicauan burung liar menenangkan. 

Semua rasa letih anda akan terbayar dengan pemandangan dari ketinggian puncak utama yang diselimuti awan putih serta beberapa gunung lain seperti semeru, welirang, arjuna dan beberapa gunung lain di wilayah Jawa Timur.

• Alamat: Ngadirenggo, Wlingi, blitar, Jawa Timur

2. Pantai Pasetran Gondo Mayit

pantai pasentran gondo mayit blitar
Pantai Pasetran Gondo Mayit

Jangan terkecoh dengan nama pantai yang cukup menyeramkan ini, sebab Pantai Pasetran Gondo Mayit juga memiliki pesona alam indah yang perlu anda eksplor. Dalam bahasa Jawa, Gondo Mayit memiliki arti bau mayat, namun ini hanyalah sebuah nama dari sebuah pantai yang menyajikan keindahan alam spektakuler. 

Pemandangan alam nan asri dengan pantai bersih membuat pantai ini layak untuk dikunjungi saat mengisi waktu libur anda. Pantai ini bersih dari karang dan sampah, sehingga anda bisa berenang dengan puas, akan tetapi anda harus berhati-hati, sebab ombak yang ada di pantai ini cukup ganas dan memang sering digunakan para surfer untuk menjajal keganasan ombak pada Pantai Pasetran Gondo Mayit ini.

Karena pantai ini masih sangat alami dan belum terjamah, maka anda tidak dapat menemukan warung atau restoran di sekitar wilayah ini, sebagai gantinya anda bisa menikmati ikan bakar yang langsung ditangkap dari laut dengan bumbu khas daerah yang memiliki citarasa tinggi. 

Disekitar pantai juga dikelilingi dengan perbukitan yang tertutup dengan berbagai tanaman hijau menyegarkan yang bisa anda daki untuk mendapatkan view indah lokasi foto selfie anda.

• Alamat: Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Blitar


3. Air terjun Ondo Rante

air terjun ondo rante
Air terjun Ondo Rante

Air terjun yang belum dikelola menjadi obyek wisata ini masih terjaga kealamiannya, nama Ondo Rante diambil dari tangga yang ada pada lereng gunung. Air terjun yang berada di kawasan hutan lindung Gunung Kelud ini menawarkan keindahan air terjun hangat yang sangat tepat anda gunakan untuk relaksasi.

Kenapa sangat cocok untuk relaksasi?, karena berbeda dengan gunung lainnya yang selalu memiliki suhu air dingin, Air terjun Ondo Rante justru mempunyai air hangat khususnya saat pagi hari dan inilah menjadi keunikan serta daya tarik dari wisata alam air terjun alami ini.

Suhu air terjun yang hangat ini berasal dari kawah Gunung Kelud sehingga juga tercium aroma belerang pada aliran air terjun yang mencapai ketinggian sekitar 30 meter ini. Sambil menikmati kehangatan air terjun, anda juga disuguhkan dengan lokasi alam hijau yang tumbuh subur di sekitar air terjun sehingga acara rekreasi sekaligus relaksasi anda semakin komplit

• Alamat: Desa Sumbersari, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

4. Pantai Jolosutro

pantai jolosutro blitar
Pantai Jolosutro

Jika biasanya anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai berpasir putih, maka hal berbeda terjadi jika anda mengunjungi Pantai Jolosutro ini. Disini, pasir pantai berwarna hitam kelam yang membuatnya terlihat eksotis.

Keindahan pantai ini masih terjaga dengan sangat baik dengan hamparan langit berwarna biru cerah, air laut jernih serta pasir nan ekstis tersebut saling melengkapi menciptakan suasana mempesona serta suasana lebih sejuk berbeda dengan pantai lain yang umumnya berhawa panas.

Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang cukup besar sehingga cocok digunakan untuk surfing. Di bagian barat pantai ini terdapat sebuah bukit cantik yang memisahkan Pantai Jolosutro dengan Pantai Karang Nritep dibagian sebelahnya. Anda bisa mendaki bukit tersebut untuk mendapatkan spot terindah 2 pantai sekaligus.

Para penduduk yang mayoritas beragama Hindu disini juga sering melakukan upacara lelarung saji yang juga menjadi pemandangan menarik dari pantai ini. Untuk mengisi perut, anda bisa menikmati berbagai hidangan yang tersaji di beberapa warung sederhana berupa makanan laut seperti ikan bakar, kerang yang dimasak asam manis, udang dan berbagai hidangan laut menggoda lainnya dengan harga sangat terjangkau.

Setelah lelah menikmati keindahan pantai, makanan dan juga sunset di pantai, anda bisa melepas lelah dengan menyewa tenda serta perlengkapan tenda lainnya dan nikmati waktu istirahat anda ditemani suara deburan pantai yang memuaskan tersebut.

• Alamat: Ringenrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur
• Harga Tiket: Rp.5.000

5. Bukit Teletubbies Blitar

bukit tetetubbies blitar
Bukit Teletubbies Blitar

Jika anda pernah menyaksikan salah satu anak-anak yakni Teletubbies, maka anda tentu ingat dengan perbukitan yang dijadikan tempat bermain keempat tokoh dalam film tersebut. Bukit Teletubbies Blitar ini merupakan wujud nyata dari film tersebut yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Kawasan wisata ini menjadi terkenal sebab kemiripan bentuk bukit ini dengan film Teletubbies tersebut.

Pemandangan yang tersaji disini terlihat sangat indah yakni berupa perbukitan hijau nan luas yang merupakan perkebunan teh. Disini juga terdapat pemandangan indah dari Gunung Kelud dan juga sebuah wahana menaiki balon udara dengan biaya yang cukup murah.

Belum habis fasilitas yang ditawarkan disini, sebab anda juga bisa naik ke rumah pohon yang juga tersedia disini serta berfoto dengan keempat tokoh teletubbies untuk kenang-kenangan anda. Untuk spot foto, disediakan sebuah spot yang sangat instagramable berupa photobooth berlatarbelakang berbagai bunga nan indah.

• Alamat: Tower Dusun Kampunganyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Gunung Kelud
• Tiket Balon Udara: Rp.5.000
• Tiket Rumah Pohon: Rp.3.000
• Foto Dengan Teletubbies: Rp.5.000
• Parkir Motor: Rp.8.000
• Photobooth: Rp.3.000 - Rp.5.000


6. Telaga Rambut Monte

telaga rambut monte blitar
Telaga Rambut Monte

Rambut Monte merupakan lokasi wisata di Blitar yang merupakan tempat wisata bersejarah. Disini anda akan melihat bagian dari candi Monte yang hanya berupa bagian kakinya saja. Sementara keindahan alam bisa anda dapatkan pada telaga rambut monte yang posisinya berada tepat dibawah candi yang konon dikatakan terdapat ikan Dewa hidup pada danau ini.

Telaga ini tidak terlalu luas, namun airnya tetap terjaga kebersihannya dan berwarna tosca yang sangat indah dan menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata ini. 


• Alamat: Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
• Harga Tiket: Dewasa [Rp.3.000], Amak-anak [Rp.2.000]
• Parkir Motor: Rp.1.000

Related Posts