Ungkap 5 Pesona Pantai Spektakuler Wisata Pacitan Yang Akan Membuat Anda Takjub

shares |

Wisata Pacitan- Sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini ternyata menyimpan pesona alam yang layak menjadi kunjungan wisata yang akan membuat anda tercengang. Tidak hanya dikenal sebagai tempat kelahiran Presiden ke-6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono, namun tempat ini juga memiliki potensi alam yang masih sangat terawat dan harus dikunjungi para pemburu foto atau tempat wisata tema alam yang belum terungkap.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak beberapa tempat paling recomended di daerah Pacitan yang akan kami ulas berikut ini. 

1. Pantai Banyu Tibo

pantai banyu tibo pacitan
Pantai Banyu Tibo

Salah satu pantai di daerah Pacitan ini juga dikenal dengan nama Kota Seribu Goa yang mempunyai jajaran pantai menarik dibandingkan dengan pantai lain di wilayah Pacitan dan juga Indonesia. Ada sebuah fenomena alam yang bisa anda nikmati di pantai ini yaitu sebuah air terjun unik yang langsung turun mengarah ke pantai.

Pantai ini memiliki pasir putih lembut serta air laut jernih yang masih sangat terawat, keindahan pantai semakin bertambah dengan adanya air terjun yang jatuh dari pinggir tebing tertutup lebat oleh tanaman hijau, air terjun ini merupakan air tawar yang bersumber dari air bawah tanah pengunungan karst di sekitar wilayah pantai.

Tidak hanya pemandangan pantai indah yang bisa anda saksikan, namun dari ketinggian tebing, anda bisa mendapatkan pemandangan lebih menakjubkan yang akan membawa anda sepeti berada di alam berbeda karena terbuai dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Saat air laut sedang surut, maka air terjun akan langsung turun menghantam area bibir pantai dengan volume air deras sehingga menciptakan suara air yang menyegarkan dan menjadi pengalaman seru yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Pantai ini masih sepi dari wisatawan, sehingga anda bisa benar-benar merasakan tenangnya berlibur disini sambil menikmati pemandangan yang dihadirkan pantai ini seperti bukit karst dan juga bebatuan karang indah yang semakin menyempurnakan keindahan alam Pantai Banyu Tibo ini.

Pantai berukuran sempit ini juga memiliki ombak yang cukup tinggi disaat air laut pasang, sehingga untuk anda pencinta surfing harus mengunjungi tempat ini dan merasakan ganasnya ombak yang tersaji disini. Untuk mengisi perut, anda bisa menikmati berbagai menu seafood segar yang langsung ditangkap seperti ikan gurame bakar, ikan mujaer bakar ditemani dengan nasi panas, lalapan dan juga sambal.

• Alamat: Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur
• Harga Tiket: Rp.6.000


2. Pantai Klayar

pantai klayar pacitan
Pantai Klayar

Pantai Klayar di daerah Pacitan ini juga menyimpan pesona alam unik yang juga tidak dimiliki pantai lainnya. Tidak hanya memiliki hamparan pasir putih, namun disini juga terdapat sebuah karang ukuran besar serta air terjun alami dengan ketinggian sekitar 10 meter ditemani dengan beberapa buah karang lain yang juga memiliki bentuk aneh sekaligus unik.

Oleh karena belum menjadi destinasi wisata yang belum terlalu tersohor, maka anda harus melewati jalanan berkelok serta naik dan turun agar dapat melihat keindahan pantai ini secara langsung. Pemandangan nelayan yang pergi melaut tentunya sudah menjadi satu pemandangan jarang yang bisa ditemukan terutama kita yang tinggal di pusat perkotaan. 

Disini juga terdapat 2 buah karang dengan ketinggian hampir sama dengan pohon kelapa yang menjadi ikon dari Pantai Klayar Pacitan, belum selesai sampai disini. Anda juga bisa menyusuri bagian belakang kedua karang tersebut untuk melihat karang lain yang menahan deburan ombak dari laut.

Anda juga akan menyaksikan hal menarik lainnya yaitu seruling samudera yang merupakan sebuah fenomena alam dimana terapat sebuah cekungan yang selalu diterjang ombak dan air laut akan keluar menyembur menuju permukaan lewat sela bebatuan dan menghasilkan bunyi indah seperti layaknya seruling.

Anda juga bisa menyaksikan wara setempat memetik buah kelapa yang nantinya akan dijadikan bahan baku membuat gula jawa bernama legen. Sebagai penutup, anda bisa menikmati keindahan sunset memukau yang turun secra perlahan bersama dengan suasana pantai yang mendukung.

• Alamat: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
• Harga Tiket: Rp.10.000

3. Pantai Kunir

pantai kunir pacitan
Pantai Kunir

Hampir seluruh pantai di Pacitan memang memiliki pasir putih yang sangat lembut serta air laut yang masih terjaga kebersihannya seperti di Pantai Kunir ini. Pantai ini bisa dikatakan anti mainstream dan belum terjamah oleh para wisatawan.

Keunikan yang ditawarkan pantai ini adalah di sekitar wilayah pantai terdapat hamparan rumput luas hampir mencapai lapangan sepak bola dan disini menjadi spot nyaman untuk anda membangun tenda jika ingin bermalam sambil menikmati suasana sekitar yang sangat menawan.

Tidak berhenti disini, anda juga masih akan disuguhkan dengan pemandangan indah lainnya dari sebuah sungai yang bermuara ke pantai dikelilingi dengan hutan belantara lebat, bentuk muara sungai ini menyerupai telaga dengan air sangat jernih dan tenang yang membuat siapapun akan tergoda untuk langsung melompat dan berenang disitu.

• Alamat: Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro, Pacitan, Jawa Timur


4. Pantai Taman

pantai taman pacitan
Pantai Taman

Berbeda dengan pantai lain di daerah Pacitan, pantai ini memiliki berbagai aktivitas menarik yang bisa anda lakukan tidak hanya sekedar menikmati keindahan taman yang ditawarkan. Disini, anda bisa melihat sebuah danau kecil yang juga memiliki sumber mata air sehingga air danau memiliki air payau yakni campuran antara air laut dan juga air tawar.

Yang membuat pantai ini semakin menarik adalah karena menjadi tempat para penyu bertelur seperti penyu hijau, penyu sisik, penyu abu-abu dna juga penyu belimbing. Seperti yang kita ketahui, penyu termasuk salah satu hewan purba yang sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu sehingga berkunjung ke lokasi wisata ini akan menjadi pengalaman yang tidak bisa tergantikan dengan apapun juga.

Di pantai ini juga terdapat sebuah tebing yang menjulang tinggi dan menjadi jalur flying fox paling panjang di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2013 lalu. Wahana uji adrenalin flying fox ini memiliki ketinggian 74 meter dengan panjang 415 meter serta kecepatan meluncur sampai 50 km dengan jarak tempuh sekitar 30 detik.

• Alamat: Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan
• Harga Tiket: Rp.5.000
• Parkir Motor: Rp.2.000
• Flying Fox: Rp.25.000 Sabtu dan Minggu jam 09:00 - 12:00

5. Pantai Soge

pantai soge pacitan
Pantai Soge

Saat anda berkunjung ke daerah Pacitan, pastikan anda tidak melewatkan salah satu pantai bernama Pantai Soge, sebab pantai ini terletak di pinggir. Hentikan kendaraan anda sejenak dan nikmati pemandangan istimewa yang disajikan pada pantai ini. 

Pemandang indah pertama yang akan anda lihat adalah hadirnya sebuah muara dilanjutkan dengan alur sungai berkelok yang mengalir melewati pasri putih dan disambut dengan deburan ombak menghamtam yang sangat menenangkan. 

Disini juga tercipta sebuah danau yang terbentuk karena gundukan pasir sehingga air laut tidka bisa masuk ke dalam danau dan akhirnya kembali ke pantai, danau ini ukurannya termasuk kecil, namun anda bisa menggunakan speed boat atau sebuah kapal kecil untuk menjelajahi danau tersebut. Disini juga terdapat sebuah jembatan yang memiliki latar belakang indah, cocok untuk mengabadikan foto sebagai kenang-kenangan anda.


• Alamat: Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur
• Sewa Speed Boat atau Perahu: Rp.15.000

Related Posts