9 Wisata Kuliner Jogja Untuk Kamu Penggila Pedas dan Makanan Berbumbu Gurih

shares |

Wisata Kuliner Jogja - Saat anda berkunjung ke Jogja untuk liburan dan menikmati pemandangan serta tempat wisata terkenal disana, jangan sampai lupa untuk mencicipi cita rasa kuliner Jogja yang manis, asam, pedas dan asin yang tersimpan dibalik kota ini. 

Mau tahu apa saja tempat makanan terenak dan terunik di kota Jogja?, langsung saja kamu simak pada ulasan berikut ini.

Wisata Kuliner Jogja Untuk Kamu Penggila Pedas dan Makanan Berbumbu Gurih

1. Entok Slenget Kang Tanir

entok slenget kang tanir
Entok Slenget Kang Tanir

Jika dibayangkan, daging itik atau entok memiliki tekstur yang alot dan susah untuk diolah, akan tetapi disini anda tidak akan menemukan daging entok dengan tekstur seperti itu namun sangat lembut dan lunak.

Kuliner yang satu ini sangat pas untuk kamu penggila pedas, daging entok akan disajikan bersama dengan kuah pekat tanpa menggunakan santan yang sudah dipotong dadu dan sudah diungkep terlebih dulu sehingga rasa bumbu sampai kebagian dalam daging.

Sepiring nasi didampingi dengan 1porsi daging entok berkuah mengepul serta lalapan daun kubis serta mentimun yang dipotong dadu sudah tidak sabar untuk dinikmati.

• Alamat: Pasar Agropolitan Pules, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta
• Jam Buka: 16:30 - Habis
• Harga: Rp.20.000/ porsi dan minum

2. Sate Petir Pak Nano

sate petir pak nano
Sate Petir Pak Nano

Sesuai dengan namanya, sate ini juga dikhususkan untuk kamu penggila pedas. Mnis gurihnya kecap bercampur dengan guyuran cabe rawit cincang yang berlimpah menjadikan sare ini memiliki keunikan tersendiri. Disini, kamu bisa memilih level kepedasan yang kamu inginkan. 

Sate kambing ini dibakar menggunakan tungku anglo tradisional yang membuatnya memiliki citarasa nikmat. Perpaduan cincangan cabe rawit, sate kambing dan bumbu kecap ini akan membuat kamu menyantapnya akan membuat keringat mengucur dengan deras sebab begitu banyaknya cabai yang digunakan dan tentunya membuat kamu pencinta pedas tidak akan bisa berhenti untuk mengunyah.

• Alamat:Jl.Ring Road Selatan 90, Tritonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
• Jam Buka: 12:00 - Habis


3. Oseng Oseng Mercon Bu Narti

oseng oseng mercon bu narti
Oseng Oseng Mercon Bu Narti

Berlanjut ke kuliner pedas berikutnya adalah Oseng Oseng Mercon Bu Narti. Disini kamu akan menikmati lezatnya kikil gurih berbalur bumbu kompleks serta level pedas yang akan meledak dalam mulut.

Dalam satu porsi, kamu akan dihidangkan sepiring nasi putih bersama oseng-oseng  isi kikil, kulit, gajih dan juga tulang muda yang terlihat sangat berminyak bertabur irisan cabai. Kamu tidak akan bisa berhenti menikmati kelezatan dari oseng-oseng nikmat ini meskipun citarasa pedas yang dihasilkan benar-benar spektakuler.

• Alamat: Jl.KH. Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta
• Jam Buka: 17:00 - 23:00
• Harga: Rp.15.000

4. Sop Merah Bu Asih

sop merah bu asih
Sop Merah Bu Asih

Sop yang memiliki citarasa gurih dengan kuah bening rasanya sudah biasa, namun berbeda dengan Sop Merah Bu Asih yang memiliki warna kuah berwarna merah karena menggunakan pasta cabai. Disini kamu akan melihat berbagai baskom yang diletakan berjejer berisi potongan daging ayam dan berbagai bahan untuk membuat sop yang disajikan secara tradisional.

Aroma khas dari kaldu dengan suwiran daging serta cekrer dan beberapa bahan lain seperti telur rebus, seledri, wortel, kubis dan daun bawang berlumur kuah berwarna merah siap untuk kamu nikmati. Kamu juga bisa pilih isi sop sesukanya sehingga semakin melengkapi kenikmatan kamu menyantap seporsi nasi ditemani dengan sop berkuah merah dengan cita rasa pedas gurih ini.

• Alamat: Jl.Kolonel Sugiono 74, Yogyakarta
• Jam Buka: 17:00 - 21:00

5. Sate Klathak Pak Bari

sate klathak pak bari
Sate Klathak Pak Bari

Disni sate disajikan dengan cara yang unik yakni memakai jeruji besi dan tiap potong daging kambing matang secara sempurna yang dibakar diatas bara api. Cita rasa daging kambingnya juga unik yakni lebih dominan dengan rasa asin sebab hanya dibumbui dengan garam saat dibakar tanpa diberi tambahan bumbu kacang, bawang merah atau cabe seperti sate umumnya.

Sesudah matang, beberapa tusuk sate ini akan disajikan dengan sambal kecap dan kuah gulai. Sate yang dibakar tidak terlalu kering ini juga membuat daging tetap lembut namun matang dan sari daging berupa jus masih tersisa didalamnya. Perpaduan manis, asin, pedas dan juga gurih dari sate kambing ini akan langsung menggoyang lidah kamu.

• Alamat: Pasar Jejeran Wonokromo, Jl.Imogiri Timur, Pleret, Bantul, Yogyakarta
• Jam Buka: 18:30 - Habis
• Harga: Rp.20.000/porsi


6. Roro Jengkol's

roro jengkol's
Roro Jengkol's

Ini dia wisata kuliner bagi kamu penggemar jengkol namun tidak ingin merasakan aroma jengkol yang terlalu kuat. Disini kamu akan mencicipi cita rasa jengkol yang berbeda dari masakan jengkol lainnya. Kamu bisa memilih jengkol yang dimasak semur, gulai, rendang ataupun balado.

Jangan takut dengan aroma jengkol yang menyengat, sebab bau tersebut tidak akan bisa kamu cium sebab sudah tertutup dengan banyak bumbu dalam setiap masakan jengkol tersebut. Tekstur jengkolnya sangat empuk dan tidak ada rasa pahit yang sangat nikmta disantap bersama sepiring nasi panas.

• Alamat:Jl.Kabupaten KM 2, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta
• Jam Buka: 07:00 - 16:00

7. Rumah Makan Legokan Ngancar

rumah makan legokan ngancar
Rumah Makan Legokan Ngancar

Disini kamu bisa menikmati berbagai hidangan seperti ikan gabus serta ikan air tawar dari Sungai Bedog dan Progo. Kuliner yang disajikan disini terbilang cuku unik dan langka. Sayuran yang disajikan disini juga di petik langsung dari kebun.

Kamu bisa memilih berbagai sajian ikan seperti ikan goreng, mangut lele, sayur lompong kuah kuning dan berbagai hidangan yang akan membuat mulut anda tidak bisa berhenti mengunyah.

• Alamat: Tempuran Ngancar, Mangir Kidul, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta
• Jam Buka: 09:00 - 20:00

8. Soto Bathok Mbah Katro

soto bathok mbah karto
Soto Bathok Mbah Katro

Jangan lewatkan untuk mencicipi semangkuk soto sapi yang disajikan dalam sebuah batok dan bisa anda nikmati pada seretan saung bambu berjejer di pinggir sawah. Kamu bisa memesan soto daging sapi dan beberapa menu lainnya seperti sate telur puyuh bumbu bacem, tempe goreng dan sate usus.

Sajian soto dalam batok kelapa bersma dengan sambal dan jeruk nipis bisa langsung kamu santap sambil memandangi area sawah yang ada di sekitar saung tersebut.

• Alamat: Jl.Candi Sambisari, Yogyakarta
• Jam Buka: 06:00 - Habis
• Harga: Rp.5.000

9. Lotek Teteg

lotek teteg
Lotek Teteg

Lotek dan gado-gado yang tersaji disini berbeda dengan lotek dan gado-gado yang umumnya kamu makan. Padatnya pengunjung di tempat makan ini bukan tanpa alasan. Disini kamu bisa makan di lesehan atau tempat meja makan yang sudah disediakan. Porsinya yang menggunung membuat kamu puas menikmati makanan yang satu ini.

Saat suapan pertama masuk ke mulut, kamu akan merasakan bumbu kacang yang sangat kaya dan sudah menyerap ke dalam aneka sayur sepeti kacang panjang, bayam dan beberapa sayuran lainnya. Sang penjual juga membuat lotek serta gado-gado dalam cobek berukuran jumbo dan terdapat bumbu kacang padat dibagian tepi cobek sehingga terlihat sangat unik.

Alamat: Jl.Argolubang 184, Gang Delima IV/196, Baciro, Yogyakarta
Jam Buka: 09:00 - 16:30
Harga: Rp.16.000

Related Posts