8 Wisata Kuliner Solo, Makanan Kaki Lima Dengan Cita Rasa Nomor Satu

shares |

Wisata Kuliner Solo-Untuk kamu yang sedang merencanakan liburan ke kota Solo, Jawa Tengah, jangan sampai kamu menyesal karena tidak menikmati cita rasa tiada bandingnya dari berbagai kuliner kaki lima di daerah ini. Meskipun hanya kuliner kaki lima, namun jangan salah dulu sebab citarasa yang tersaji.

Di beberapa tempat makan ini tidak kalah menggoda dibandingkan dengan restoran berbintang dan lebih nikmatnya lagi harga yang dibanderol lebih ekonomis sehingga tidak akan membuat kantung kamu kempis.

Wisata Kuliner Solo, Makanan Kaki Lima Dengan Cita Rasa Nomor Satu

1. Warung Pecel Solo

warung pecel solo
Warung Pecel Solo

Tempat makan yang pertama adalah warung pecel Solo yang terkenal dengan nama Warung Ndeso Resto yang menyediakan berbagai menu tradisional menggugah selera. Disini, kamu bisa menikmati seporsi nasi merah yang disajikan dengan daun bayam, daun pepaya, daun kenikir, jantung pisang, kembang turi dan gerusan sambal kacang nan gurih.

Rasa pedas manis dengan rasa nikmat yang tidak perlu diragukan lagi, tidak hanya menyediakn pecel, namun kamu juga bisa mencicipi berbagai minuman tradisional seperti beras kencur, temulawak, jahe pandan, kunir asem yang disajikan hangat ataupun dingin.

• Alamat: Jl.Dr.Soepormo No.55, Mangkubumen, Solo
• Jam Buka: 08:00 - 16:00 dan 18:00 - 22:00
• Harga Menu: Rp.8.000

2. Serabi Notosuman

serabi notosuman solo
Serabi Notosuman

Tempat ini merupakan warisan tempo dulu yang sudah ada sejak tahun 1923. Kamu penggemar camilan, harus coba kuliner yang satu ini. Campuran tepung beras, santan, gula dan beberapa bahan lainnya yang dimasak dengan menggunakan cetakan serta tungku tradisionalnya membuat kenikmatan penganan ini sayang untuk dilewatkan.

Serabi Notosuman memiliki lima varian rasa yakni original, pisang, nangka, keju dan juga coklat yang masing-masing memiliki keunikan rasa tersendiri.

• Alamat: Jl.Mr.Moh Yamin No.28, Jayengan, Serengan
• Jam Buka: 06:00 - 17:00
• Harga: Rp.20.000 - Rp.25.000/10 buah


3. Cabuk Rambak Bu Tuminah

cabuk rambak bu tuminah solo
Cabuk Rambak Bu Tuminah

Di belakang area stadion yang digunakan banyak warga untuk berolahraga ini semakin meriah dengan kehadiran banyak kios yang berjajar dengan rapi dan salah satunya adalah cabuk rambak Bu Tuminah ini.

Isi dari cabuk rambak ini adalah ketupat yang di iris tipis lalu dilumuri dengan bumbu wijen kental warna coklat yang memiliki rasa sangat khas. Setelah itu ditambah juga dengan karak atau kerupuk gendar yang semakin menyempurnakan makan kaki lima ini.

Cabuk yang merupakan bumbu wijen ini terbuat dari wijen, kemiri, kelapa parut, cabai dan juga jeruk nipis. 1 porsi cabuk rambak ini terbilang pas untuk satu orang, namun dengan rasa yang sangat nikmat, rasanya kamu bisa tambah sampai 2 hingga 3 porsi lagi.

• Alamat: Shelter PKL Manahan Solo, Jl.Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari
• Jam Buka: 06:00 - 11:00
• Harga: Rp.4.000

4. Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer

tengkleng bu edi pasa klewer solo
Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer

Satu lagi kuliner wajib yang harus kamu cicipi bernama tengkleng Bu Edi. Tengkleng merupakan tulangan kambing dengan sedikit daging yang masih menempel dan disajikan dengan kuah gulai encer pedas manis.Saking enaknya, tempa makan ini hanya buka sekitar 2 sampai 3 jam saja, sebab semua makanan akan langsung ludes terjual oleh para pencinta kuliner dari berbagai daerah.

Nasi putih dan tengkleng untuk 1 porsi ini disajikan dalam pincuk daun pisang dan kamu bisa tambah dengan otak atau sumsum kambing, iga, lidah, kaki, mata, pipi dan juga jeroan. Kalau kamu suka pedas, maka kamu bisa menambahkan dengan cabe rawit merah utuh yang juga dimasak bersama kuah.

• Alamat: Pasar Klewer Solo Lantai Dasar, Jl.Doktor Radjiman, Gajahan
• Jam Buka: 12:30
• Harga: Rp.15.000 - Rp.25.000/porsi


5. Sate Buntel Mbok Galak

sate buntel mbok galak solo
Sate Buntel Mbok Galak

Jangan coba makan ini kalau kamu tidak ingin ketagihan. Sate buntel Mbok Galak ini terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus atau di buntel dengan lemak kambing. Bisa terbayang kenikmatan sate kambing empuk dan gurih dari lemak kambing serta aroma bakaran dan gurihnya bawang putih menyerap ke dalam daging.

Dalam 1 porsi sate buntel ini terdiri dari 2 tusuk yang disajikan bersama dengan nasi, sambal kecap dan bawang merah, irisan kol, jeruk nipis dan cabe.

• Alamat: Jl.Mangun Sarkoro No.122, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta
• Jam Buka: 07:30 - 18.00
• Harga: Rp.25.000/2 tusuk

6. Tahu Kupat Sari Pak Brewok

tahu kupat sari pak brewok solo
Tahu Kupat Sari Pak Brewok

Lanjut lagi ke wisata kuliner kaki lima selanjutnya yakni tahu kupat sari Pak Brewok. Tahu kupat ini terdiri dari ketupat, tahu, bakwan, mie basah, kacang tanah goreng, tauge dan juga taburan seledri yang disiram dengan kuah beraroma bawang kuat.

Tahu goreng krispi ini sangat renyah saat berada di mulut membuat kenikmatan kuliner ini semakin sempurna. Tahu ini memang baru digoreng saat dipesan, sehingga teksturnya masih sangat renyah berbaur dengan kuah manis dan gurih yang sangat menggoda ini.

• Alamat: Jl.R.M Said No.193, Mangkubumen, Solo
• Harga: Rp.5.000/porsi

7. Sate Kere Yu Rebi

sate kere yu rebi kota solo
Sate Kere Yu Rebi

Ini merupakan salah satu ikon dari kota Solo dan bahan membuatnya bukanlah daging sapi atau daging kambing, melainkan sisa dari pembuatan tempe. Kuliner ini juga menjadi favorit dari Presiden Jokowi.
Jangan terkecoh dulu sebelum kamu menikmati kelezatan dari sate ini. 

Ampas tempe ini akan direndam dalam bumbu bacem lalu dibakar diatas bara api yang disajikan bersama dengan sambal kacang manis pedas. Selain sate yang terbuat dari ampas tempe, disini juga disediakan sate sapi dengan harga terjangkau untuk 1 porsinya. Konon, sate ini termasuk salah satu makanan mewah sebab hanya disantap oleh kalangan menengah atas saja.

• Alamat: Jl.Kebangkitan Nasional Kios 1-2, Sriwedari, Laweyan, Solo
• Jam Buka: 09:00 - 20:00
• Harga: Rp.10.000 - Rp.30.000

8. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

gudeg ceker margoyu dan bu kasno solo
Gudeg Ceker Margoyu dan Bu Kasno

Untuk kamu yang kelaparan saat tengah malam di kota Solo, kuliner ini jawaban paling cocok untuk kamu. Warung kaki lima ini menyediakan gudeg, sambel goreng, ceker ayam, ayam, telur pindang, tahu tempe dan berbagai makanan lain yang ditempatkan dalam baskom ukuran besar.

Kamu bisa pesan lauk sesukanya sesuai selera, tidak seperti gudeg Jogja yang lebih dominan dengan rasa manis, Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno ini lebih gurih dan asin ditambah ceker gurih serta bumbu areh berwarna putih pucat yang disiram diatasnya, membuat siapapun tergiur untuk mencicipi hidanga tersebut.

Tidak hanya gudeg dan cekrenya saja yang juara, namun sambel goreng serta kerupuk rambak yang terjadi disini juga tidak kalah nikmatnya. Untuk kamu pencinta pedas, kamu bisa tambah sambal matang yang disediakan dalam wadah kendi tradisional. artikel terkait: 15 Kuliner Tradisional Solo Yang Paling Terkenal Wajib Anda Coba.

Sajian 1 porsi nasi hangat ditemani dengan ceker yang sangat lembut dengan bumbu menyerap sampai ke tulang terasa lumer di mulut dan membuat kamu tidak ingin berhenti menikmati makanan ini. Alamat: Jl.Wolter Monginsidi No.41-43 RT 02 RW 01, Banjarsari, Margoyudan, Gilingan, Surakarta
• Jam Buka: 01:30 - 07:00
• Harga: Rp.21.000

Demikian ulasan 8 Wisata Kuliner Solo, Makanan Kaki Lima Dengan Cita Rasa Nomor Satu yang harus anda coba saat wisata di Solo, Kuliner solo ini bisa menjadi pelengkap kegiatan traveling anda tentu saja ini akan lebih menghemat acara perjalanan anda, karena bukan dijual di restoran berbintang, anda cukup mudah menemukan di tempat wisata kuliner solo murah di pasar tradisional. 

Related Posts