5 Wisata Warisan Budaya di Kota Semarang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

shares |

Wisata Warisan Budaya di Kota Semarang-Semarang merupakan ibukota perovinsi Jawah tengah ini sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Selain itu kota Semarang juga dikenal dengan kota perdagangan, terbukti Pertumbuhan ekonomi yang tinggi ditandai dengan banyaknya gedung tinggi berupa hotel, kantor dan apartemen di Kota Semarang. Baca: Daftar Nama dan Alamat HotelBintang 5, 4, dan 3 Di Semarang.

Semarang juga terkenal akan sejarah yang bisa anda lihat saat ini banyak sekali bangunan-bangunan peninggalan sejarah yang masih bisa kita jumpai sampai saat ini. Peninggalan bangunan bersejarah yang saat ini menjadi warisan budaya kota Semarang.


Warisan budaya di Semarang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik untuk anda kunjungi saat Wisata di provinsi jawa tengah khususnya di kota Semarang. Adapun wisata warisan budaya di Kota Semarang diantaranya yang paling populer adalah sebagai berikut.

Wisata Warisan Budaya di Kota Semarang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Di Kota Semarang Anda Bisa Melihat Deretan Gedung Dengan Gaya Arsitektur Eropa di Kota Lama

Di Kota Semarang Anda Bisa Melihat Deretan Gedung Dengan Gaya Arsitektur Eropa di Kota Lama

Wisata Budaya sekaligus wisata sejarah di kota Semarang lokasinya berada di area Kota Lama atau yang sering disebut Outstadt atau Little Netherland. Kawasan ini meliputi deretan gedung-gedung yang dibangun sejak zaman Belanda.

Secara umum karakter bangunan yang ada di wilayah kota lama Semarang ini dipengaruhi gaya arsitektur Eropa sekitar tahun 1700-an. Hal ini bisa dilihat ciri arsitektur bangunan yang khas dan ornamen-ornamen yang identik dengan gaya Eropa yang nampak indah dan masih berdiri kokoh sampai saat ini..

Seperti ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah. Dari segi tata kota, wilayah ini dibuat memusat dengan gereja Blenduk  dan kantor-kantor pemerintahan sebagai pusatnya. Bagaimanapun bentuknya dan apapun fungsinya saat ini, Kota Lama merupakan aset yang berharga bila dikemas dengan baik. Sebuah bentuk nyata sejarah Semarang dan sejarah Indonesia bernuansa tempo doeloe yang luar biasa besar nilai sejarahnya.

Luas Kawasan Kota Lama lebih kurang 31 hektar. Sesuai dengan Peraturan Daerah No. 8 Tahun 2003 tentang RTBL (Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan) Kawasan Kota Lama berjumlah 201 bangunan  yang dinyatakan sebagai bangunan konservasi adalah 105 buah.

2. Kawasan Pecinan Selain Wisata Sejarah Anda Bisa Berburu Kuliner Yang Dikenal Enak di Semarang dengan nuansa oriental

Kawasan Pecinan Selain Wisata Sejarah Anda Bisa Berburu Kuliner Yang Dikenal Enak di Semarang dengan nuansa oriental

Di kawasan pecinan  anda bisa menikmati wisata budaya sekaligus dilengkapi dengan wisata kuliner, karena di kawasan pecinan terdapat Warung Semawis yang lokasinya di Jalan Gang Warung Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah.

Anda bisa melihat di daerah kawasan ini terdapat banyak sekali deretan warung kaki lima yang menjual aneka makanan enak di Semarang yang dikenal paling terkenal dengan nuansa oriental. Dikawasan pecinan juga tersedia berbagai menu makanan seperti nasi tela, bakmi jowo, aneka masakan oriental khas gang warung, es marem, soto, aneka bubur, sate, ayam goreng.

Bilaanda ingin mencoba wisata kuliner di Semarang dengan makanan khas anda bisa mengunjungi tempat yang menjual makanan tersebut di Warung Semawis yang di buka hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pukul 17.00 sampai dengan dini hari, cocok untuk anda menghabiskan liburan akhir pekan.

3. Lawang Sewu, Bagunan Tua Peninggalan Sejarah Dengan Keunikan Yang Berada di Tengah Semarang Kota 

Lawang Sewu, Bagunan Tua Peninggalan Sejarah Dengan Keunikan Yang Berada di Tengah Semarang Kota

Lawang Sewu merupakan sebuah gedung tua peninggalan sejarah pada masa belanda yang memiliki nilai historis sangat tinggi, berdiri tepat di pusat keramaian di jantung Kota  Semarang, Jawa Tengah. Pada masa  lalu, gedung ini  merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau Jawatan Kereta Api. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907.

Lawang Sewu lokasinya terletak di kawasan bundaran Tugumuda yang dahulu disebut Wilhelminaplein. Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah masa kemerdekaan Indonesia dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT. Kereta Api Indonesia.

Pemerintah Kota Semarang memasukkan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang sangat dilindungi. Kini, Lawang Sewu menjadi salah satu obyek wisata sejarah yang ramai dikunjungi baik turis  lokal maupun turis  internasional.


4. Melihat Keunikan Arsitektur Baguanan Stasiun Tawang, Sebagai Pelengkap Kunjungan Wisata Di Semarang

Melihat Keunikan Arsitektur Baguanan Stasiun Tawang, Sebagai Pelengkap Kunjungan Wisata Di Semarang

Stasiun Tawang merupakan bagunan stasiun bersejarang dan salah satu tempat tujuan wisata di Kota Semarang. Stasiun Tawang ini dibangun pada tanggal 16 Juni 1864, di bawah komando arsitek J.P. De Bordesdan. Tempat ini merupakan pengganti Stasiun Tambak Sari milik NIS atau Jawatan Kereta Api milik pemerintahan kolonial Belanda pada masa itu.

Saat mengunjungi stasiun tawang anda akan melihat keunikan tersendiri jika dilihat dari arsitektur bangunannya. Karena bangunan stasiun tawang memiliki arsitektu berciri Indische dengan bahan untuk elemen dinding bermotif artistik dan dipadu aneka warna, sehingga menjadikan bangunan ini sangat mengesankan.

Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan bisa dengan berwisata di stasiun tawang yang salah satu tujuan wisata warisan budaya dan sejarah di Semarang. Berada di kawasan ini juga memiliki pemandangan menarik sehingga sangat cocok untuk anda yang hobi berfoto untuk mengabadikannya.

Baca Juga: 8 wisata Ambarawa Yang Menarik Untuk Dikunjungi Saat Liburan

5. Toko Oen, Tempat Wisata Kuliner Yang Identik Dengan Kuliner Semarang Tempo Doeloe 

Toko Oen, Tempat Wisata Kuliner Yang Identik Dengan Kuliner Semarang Tempo Doeloe

Wisata kuliner di semarang anda bisa mengunjungi tempat yang sudah sangat populer yaitu Toko Oen, menariknya tempat ini identik dengan kuliner Semarang tempo doeloe. Jejak nostalgia kuliner semarang tempoe doeloe disini masih dapat anda temui dan dinikmati.

Toko Oen lokasinya berada di Jalan Pemuda, Semarang, denga ciri khas bangunan tua, di sudut jalan, terkesan tua, kuno, tapi tapi masih kokoh. Dengan nuansa dan suasana cendrung kusam dan sangat kuno, namun tempat ini menjadi tempat favorit wisatawan saat wisata di Semarang..

Anda masih bisa melihat Bottom of Form interior ruangan masih terawat dengan baik meski sudah berusia lebih dari 70 tahun. Sebuah piano tua, foto sang pendiri, dan aneka perabot terbuat dari kayu jati tua, tetap lestari meski waktu telah menggerusnya.

Aneka toples-toples cookies yang berukuran besar, foto-foto hitam putih jaman khas zaman doeloe. Itulah gambaran nuansa saat anda berada di Toko Oen, restoran legendaris yang didirikan pada tahun 1936 yang bisa anda kunjungi sampai sekarang. Baca Juga: 9 Kuliner Semarang Ini Cocok Untuk Anda jadikan Oleh-oleh.

Related Posts