11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Paling Laris dan Murah Meriah

shares |

Oleh Oleh Khas Banjarmasin-Saat berkunjung ke Ibukota Kalimantan Selatan yakni Banjarmasin, jangan hanya berkeliling ke berbagi tempat wisata yang menawarkan sejuta keindahannya saja. Namun kamu juga jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi berbagai kuliner unik dan nikmat khas daerah tersebut.

Sebagai kenang-kenangan, kamu bisa membawa buah tangan berupa oleh-oleh makanan khas dari Banjarmasin ini untuk dibawa pulang. Masih bingung apa saja kuliner khas dari Banjarmasin yang cocok untuk dibawa pulang?, silahkan kamu simak referensi terbaik yang kami berikan berikut ini.

Oleh Oleh Khas Banjarmasin Paling Laris, Wajib dan Murah Meriah

1. Rabuk Ikan

rabuk ikan
Rabuk Ikan

Rabuk ikan adalah sebutan masyarakat Banjarmasin untuk abon. Abon ini terbuat dari ikan asli tenggiri atau haruan [gabus]. Yang membuat penganan ini berbeda dengan abon umumnya adalah karena penggunaan bahan dasar ikan yang 100 persen asli tanpa bahan tambahan lain seperti abon yang dijual dipasaran.

Untuk merasakan sensasi gurih dan super nikmat ini, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak, sebab sudah bisa didapatkan dengan harga Rp.30.000 sampai Rp.5.0.000 per bungkusnya.

2. Amplang

amplang
Amplang

Jenis kerupuk asal Banjarmasin bernama amplang ini juga terkenal dengan nama kuku macan. Ini menjadi incaran pada wisatawan saat berkunjung ke kota ini. Amplang ini terbuat dari ikan pipih yang hidup di sungai atau rawa dan cuma bisa kamu temukan di kota Banjarmasin dan beberapa tempat lain di wilayah Kalimantan Selatan.

Ikan pipih diolah dengan campuran tepung dan bumbu rahasia, yang menjadikan penganan renyah ini terasa sangat gurih tak tertandingi. Kenikmatan amplang ini semakin istimewa dengan penambahan taburan bawang goreng dipermukaan sehingga menciptakan aroma yang semerbak. Kamu bisa mendapatkan 1 bungkus amplang ini dengan harga cukup murah yakni Rp.18.000 per bungkusnya.


3. Kue Rangai

kue ranggai
Kue Rangai

Untuk penganan oleh-oleh jenis kue, kamu bisa pilih kue rangai yang menjadi kue wajib acara adat masyarakat Banjarmasin. Kue bercitarasa manis dan gurih dengan taburan kelapa serta bumbu khusus ini juga menjadi pilihan tepat untuk dijadikan buah tangan.

Kue rangai yang terbuat dari tepung sagu ini cukup awet sampai 3 bulan lamanya dan sudah dikemas secara praktis, sehingga tidak sulit untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk harganya sendiri berkisar Rp.25.000 sampai Rp.35.000 per bungkusnya.

4. Ikan Seluang

ikan seluang
Ikan Seluang

Ikan seluang atau juga dikenal dengan ikan wader ini dijual sebagai makanan ringan gurih dan renyah khas Banjarmasin yang diolah dengan cara di goreng. Ikan seluang ini dilapisi dengan adonan tepung terigu dan bumbu sebelum digoreng dan dikemas dalam plastik rapat sehingga rasa gurih dan renyah dari ikan ini tetap terjaga sampai berhari-hari.

Rasanya, kamu tidak akan cukup hanya membawa 1 kantung ikan seluang renyah ini untuk oleh-oleh, sebab rasanya dijamin bikin kamu ketagihan. Untuk 1 bungkus ikan seluang ini bisa dibeli dengan harga Rp.25.000.

Belum lagi ditambah kandungan gizi yang terdapat dalam ikan kecil ini seperti memelihara sel dalam tbuh, asam linoleat tinggi, asam arakhidonat yang menjadi asam esensial baik untuk tubuh kita dan juga pertumbuhan.

5. Dodol Kandangan

dodol kandangan
Dodol Kandangan

Apa yang menjadi dodol kandangan ini berbeda dengan dodol lain seperti dodol garut?. Sebenarnya penganan dodol ini tidka memiliki banyak perbedaan. Dilihat dari bahan dasarnya juga sama sama memakai gula aren dan beras ketan. 

Akan tetapi, salah satu varian rasa dodol kandangan yakni durian memang benar-benar legit dan sangat kental aroam duriannya sehingga menjadi buruan pada wisatawan saat berkunjung ke kota ini. 

Harga dodol ini juga cukup terjangkau yakni berkisar mulai dari Rp.2.000 sampai Rp.9.000 bergantung dari ukurannya. Yang membuat dodol ini awey bukan karena penambahan bahan pengawet saat proses pembuatannya, namun karena gula aren yang membuat dodol ini bisa bertahan hingga beberapa hari.

6. Brownies Labu

brownies labu
Brownies Labu

Oleh-oleh khas Banjarmasin ini menjadi salah satu makanan yang sedang digandrungi saat ini. Tekstur brownies yang sangat lembut dan rasa manis tidak berlebihan menjadi keistimewaan dari brownies labu Banjarmasin.

Kamu juga bisa memilih beberapa varian brownies labu lainnya seperti brownies labu berry, brownies labu chocolate chips, brownies ritch, brownies cheese bite dan lainnya hanya dengan Rp.35.000/ kotaknya.

7. Kerupuk Ikan Air Tawar

kerupuk ikan air tawar
Kerupuk Ikan Air Tawar

Tidak afdol rasanya berkunjung ke Banjarmasin tanpa membawa oleh-oleh berbagai kerupuk ikan air tawar disini. Kamu bisa borong berbagai kerupuk gurih asli seperti ikan gabus, belut dan juga patin hanya dengan Rp.25.000/bungkusnya.

Untuk ikan sepat, berukuran kecil dan juga besar dan yang dijual sebagai ikan kering adalah ikan sepat berukuran kecil. Kamu bisa membeli ikan sepat yang sudah jadi dan siap santap atau juga bisa membeliikan sepat kering yang lebih awet dan tinggal kamu goreng sendiri di rumah. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp.35.000 sampai Rp.40.000 per kantungnya.


8. Kue Roko

kue roko
Kue Roko

Kue roko atau dikenal juga dengan nama kue gapit ini memiliki bentuk yang serupa dengan kue semprong dengan tekstur ekstra renyah serta gurih. Kamu bisa mendapatkan kue roko khas Banjramasin untuk oleh-oleh ini dengan harga Rp.35.000 sampai Rp.50.000.

9. Kripik Pisang Maholi

kripik pisang maholi
Kripik Pisang Maholi

Kripik khas Banjarmasin yang terbuat dari pisang ini tidak mengandung bahan pemanis sama sekali sehingga sangat aman untuk dikonsumsi dan dijadikan salah satu oleh-oleh. Kamu juga bisa membeli berbagai keripik pisang maholi seperti rasa green tea, keju, kopi dan beberapa varian rasa lainnya dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp.23.000.

10. Sambal Acan Raja Banjar

sambal acan raja banjar
Sambal Acan Raja Banjar

Sambal acan raja Banjar atau disngkat dengan ARB ini juga harus masuk ke daftar belanja oleh-oleh kamu. Sambal ini sudah dikemas dalam botol sehingga akan mempermudah kamu untuk membawa pulang sebanyak mungkin. 

Ada beberapa varian rasa sambal yang bisa kamu pilih seperti rasa terong asam, rasa mangga, rasa limau, rasa binjai dan juga rasa rimania.

Sensasi pedas dari cabai asli Banjarmasin berpadu dengan aneka rasa buah-buahan  serta bumbu turun temurun yang digunakan, membuat rasa sambal ini bikin ketagihan dan bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh daerah Banjarmasin dengan harga Rp.18.000/ botolnya.

11. Wadai Banjar

wandai banjar
Wadai Banjar

Wadai Banjar merupakan pengan khas Banjarmasin yang juga dikenal dengan nama bingka. Rasanya yang manis dna tekstur legitnya didapat dari bahan dasar ketan. Kue ini umumnya dijual dalam ukuran sedang berbentuk bunga yang bisa kamu temukan di beberapa toko oleh-oleh dengan varian rasa seperti original pandan dan juga labu.

Lebih baik, kamu membeli kue wadai ini saat akan pulang saja, sebab kue ini hanya tahan sampai 3 hari sebab tidak memakai bahan pengawet sama sekali. Untuk harganya bisa didapat sekitar Rp.25.000 sampai Rp.30.000 per kotaknya.

Itulah 11 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin Paling Laris dan Murah Meriah, bisa anda bawa pulang sebagai buah tangan jika sedang berwisata di Banjarmasing Kalimantan Tengah. Baca juga: 6 Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Asyik Dijadikan Tujuan Traveling.

Related Posts