15 Oleh Oleh Khas Lampung Menggoda, Murah dan Paling Banyak Dicari

shares |

Oleh Oleh Khas Lampung-Provinsi Lampung terkenal dengan berbagai tempat wisata dengan pesona alam yang masih sangat terjaga keasriannya sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Namun tidak hanya pesona alam yang ditawarkan, baca: 15 Tempat Wisata Lampung Yang Menarik Untuk Liburan. tetapi juga banyak varian oleh oleh menarik dengan cita rasa khas dan hanya tersedia di daerah Lampung saja. 

Karena itulah, kamu jangan sampai lupa membeli beberapa kuliner unik sebagai buah tangan untuk dibagikan ke teman atau keluarga kamu. Simak referensi terlengkap oleh-oleh khas Lampung yang bisa anda beli dan bawa pulang dengan harga terjangkau.

Oleh Oleh Khas Lampung 

1. Kemplang

kemplang
Kemplang

Jika ditempat lain ada penganan bernama amplang, maka di Lampung ada camilan renyah bernama kemplang yang hampir sama bahan dasarnya yakni memakai ikan. Tekstur kemplang yang sangat renyah dan rasa ikan yang kuat membuat cemilan ini juga cocok dijadikan penamping makan nasi serta berbagai lauk.

Akan tetapi yang membuat camilan ini berbeda adalah pada proese pembuatannya yang unik yaitu menggunakan pasir yang terasa sangat lengkap disantap dengan sambal.

• Harga: Rp.25.000/plastik

2. Lempok Durian

lempok durian
Lempok Durian

Oleh oleh khas Lampung berikutnya adalah lempok yang terlihat hampir serupa dengan dodol dan jenang. Perbedaannya terletak pada bahan dasarnya yang memakai durian sehingga bisa dipastikan lebih nikmat dan unik.

• Harga: Rp.30.000/ 2 ons

3. Sambal Lampung

sambal lampung
Sambal Lampung

Kamu pencinta pedas?, jangan lupa beli oleh-oleh sambal Lampung ini. Sambal ini menjadi salah satu buah tangan wajib para wisatawan yang berkunjung ke daerah Lampung. Untuk menikmati sambal tempoyak dan seruit sayangnya kamu harus menyantap langsung disini sebab tidak tahan lama. 

Sedangkan sebagai pilihan oleh-oleh, kamu bisa memilih sambal goreng udang, sambal bawang lampung, sambal cuka, sambal ijo lampung, sambal terasi lampung dan sambal ikan peda lampung.

• Harga: Rp.25.000/botol

4. Keripik Nangka

keripik nangka
Keripik Nangka

Jika biasanya keripik yang kita nikmati terbuat dari singkong, tempe dan juga ubi. Keripik berbahan dasar nangka ini juga sangat sayang kamu lewatkan. Daging buah nangka yang sudah matang dimasak dengan cara di oven dan tidak digoreng sehingga lebih sehat. 

Perpaduan rasa manis dan juga gurih keripik ini sangat cocok untuk dibawa pulang atau sebagai cemilan perjalanan menuju kota anda masing-masing.

• Harga: Rp.10.000 – Rp.15.000

5. Pempek Khas Lampung

pempek khas lampung
Pempek Khas Lampung

Pempek khas Lampung ini berbeda dengan pempek Palembang sebab pempek Palembang lebih sering menggunakan ikan belida, sementara pempek Lampung memakai ikan tenggiri. Selain itu, kuah cuko pempek Lampung ini berbeda dengan pempek Palembang. 

Pempek ini juga cocok dijadikan oleh-oleh sebab tidak gampang basi dan kemasannya cukup praktis untuk dibawa bepergian.

Baca Juga: Kerseruan Wisata Taman Nasional Way Kambas Lampung

6. Engkak

engkak
Engkak

Salah satu penganan khas Lampung adlaah engkak yang terbuat dari beras ketan dan beberapa bahan lainnya. Kue ini terlihat seperti kue lapis legit namun tentunya berbeda tekstur dan juga dari segi rasanya.

7. Keripik Pisang Shinta

keripik pisang shinta
Keripik Pisang Shinta

Semua jajanan yang tersedia di tempat ini memiliki merk Shinta. Ada banyak varian rasa keripik pisang yang bisa kamu borong seperti jagung bakar, susu vanila, asin, kopi, mocca, melon, duren, manis, coklat, keju dan juga barbeque, cukup unik bukan?.

Kamu juga bisa berburu oleh-oleh lainnya disini seperti kerupuk kengkol, stik keju, tempe over, pie pisang, kopi dan masih banyak lagi yang lainnya.

• Alamat: Jl.Pagar Alam No.36, Segalaminder, Bandarlampung

8. Pie Pisang Lampung

pie pisang lampung
Pie Pisang Lampung

Tidak hanya keripik pisang saja yang sangat diminati para wisatawan saat sedang berada di Lampung. Namun pie pisang yang sedang menjadi trend saat ini juga sangat wajib untuk kamu cicipi. 

Bagian crustnya lebih terasa plain atau hambar, namun kamu akan menemukan sensasi berbeda saat menggigit bagian pisangnya yang terasa manis asam dipadukan dengan layer fla manis dan gurih keju yang semakin melengkapi penganan ini.

Dalam 1 kotak pie pisang ini terdiri dari 5 buah pie dengan 3 rasa berbeda yakni coklat, keju, chocoball dan juga lamond kismis.

• Alamat: Jl.Jenderal Sudirman No.17A
• Harga: Rp.45.000, Mini:Rp.5.000/buah

9. Browkis

browkis
Browkis

Browkis atau brownies kulit pisang ini memiliki tampilan yang unik dan komposisi bahan dasar tepungnya memang terbuat dari kulit pisang. Namun jangan takut menemukan rasa sepat atau kurang sedap, sebab proses pembuatan tepung sudah menjalani proses khusus sehingga rasanya tetap nikmat tidak kalah dengan brownies umumnya.

Untuk pilihan rasa tersedia rasa chocochips, strawberry, coklat dan mix dengan harga terjangkau sehingga kamu bisa langsung beli banyak untuk dibagikan begitu kamu sampai di rumah.

• Alamat: Jl.Turi Raya, Gg. Sukrawijaya No.83, Tanjung Senang, Bandar Lampung
• Harga: Rp.20.000/250 gram

Baca Juga: Makanan dan Minuman Khas Riau Yang Terkenal

10. Kopi Lampung

kopi lampung
Kopi Lampung

Ada salah satu kopi nikmat yang harus kamu cicipi yakni kopi Lampung yang memiliki efek baik untuk melawan rasa kantuk kamu. Kamu bisa menikmati 1 cangkir kopi langsung di daerah Lampung atau membawa kopi ini sebagai oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau.

• Harga: Rp.50.000/500 gram

11. Manisan Lampung

manisan lampung
Manisan Lampung

Jangan lupa juga untuk membawa oleh-oleh manisan Lampung yang sangat nikmat dan juga menjadi oleh-oleh wajib para wisatawan yang satu ini. Ada banyak manisan awet yang bisa kamu beli disini seperti manisan pepaya, manisan salak, manisan lobi lobi dan sebagainya dengan harga murah.

12. Kopi Durian

kopi durian
Kopi Durian

Disini juga terdapat kopi khas yang harus kamu cicipi yakni kopi durian perpaduan dari kopi robusta dengan buah durian yang akan memberikan aroma tajam pada kopi. Disini tersedia dua macam kopi durian yakni kopi durian original dan juga kopi durian plus dengan aroma buah durian lebih kental dan lebih kuat. 

• Alamat: Jl.Manggis, Bandar Jaya, Terbanggi Besar, Lampung
• Harga: Rp.15.000/100 gram, Rp.30.000/250 gram, Rp.3.000/15 gram.

13. Bejak Enjak

bejak enjak
Bejak Enjak

Kuliner khas Lampung lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah bejak enjak penganan tradional Lampung dengan citarasa manis dan gurih. Camilan ini sangat kaya akan serat dan karbohidrat yang cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh sebab cukup awet untuk dibawa bepergian.

14. Keripik Bude Lampung

keripik bude lampung
Keripik Bude Lampung

Disini kamu bisa berburu berbagai oleh-oleh keripik seperti keripik pisang balado, keripik pisang coklat, keripik pisang original, keripik pisang lapis wijen, keripik pisang lapis kacang, marning jagung balado, keripik pisang lapis keju sab berbagai jenis keripik lainnya.

Bahan baku yang digunakan merupakan bahan pilihan dan tidak memakai bahan pewarna makanan atau bahan pengawet sehingga sangat aman untuk dikonsumsi dan yang pastinya juga halal.

• Alamat: Jl.Cendrawasih Rt/Rw 04/02, Desa Semuli Jaya, Kecamatan Abung Semudi, Kabupaten Lampung Utara

15. Mr.Monkey

Mr. monkey
Mr.Monkey

Salah satu kreasi keripik dari Lampung ini memiliki perbedaan dengan keripik pisang lainnya sebab bentuknya yang terlihat seperti waffle. Kamu juga bisa memilih beberapa varian rasa seperti strawberry, susu, coklat dan juga kopi dengan harga murah meriah serta sudah dikemas cantik sehingga cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

• Harga: Rp.12.000/140 gram

Itulah 15 Oleh Oleh Khas Lampung Menggoda, Murah dan Paling Banyak Dicari, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi untuk anda jadikan oleh-oleh khas lampung.

Related Posts