Jangan Ngaku Pencinta Kuliner Sebelum Menikmati 8 Makanan Khas Magetan Ini!

shares |

Makanan Khas Magetan - Mungkin, bagi kamu yang bukan orang Jawa Timur, Magetan masih terdengar asing di telinga kamu. Tetapi, perlu kamu ketahui jika Magetan ternyata menyimpan banyak sekali destinasi wisata tidak hanya pesona alam yang indah.

Namun juga kuliner nikmat dan unik yang sudah pasti tidak akan kamu dapatkan di daerah lain, hanya di Magetan. Penasaran?, langsung saja kamu simak ulasannya berikut ini.

1. Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Bagi masyarakat Magetan, Ayam Panggang Bu Setu Gandu sudah tersohor sampai ke pelosok Magetan. Tidak hanya kenikmatan ayam panggang yang ditawarkan, namun suasana lesehan di tempat ini memang sangat memikat para pengunjung untuk terus kembali datang dan bersantap disini.

Ayam Panggang Bu Setu Gandu berada di Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo ini selalu padat oleh pengunjung bahkan sampai dikunjungi juga oleh para Menteri yang kebetulan datang ke daerah Magetan.

Sajian daging ayam kampung empuk beserta lumuran bumbu menggigit sudah pasti tidak akan pernah kamu lupakan. Tempat lesehan sederhana ini menawarkan kehangatan khas pedesaan yang menjadi pelarian sempurna dari hiruk pikuk perkotaan membosankan.

Ayam panggang disini tidak di panggang bersentuhan langsung dengan api, namun diletakkan dalam tungku pembakaran tradisional yang terbuat dari tanah liat lengkap dengan bahan bakar kayu sehingga aroma ayam yang dihasilkan sangat khas.

Ada 2 pilihan rasa di Ayam Panggang Bu Setu Gandu ini yakni pedas gurih serta bumbu rujak dengan balutan bumbu berwarna merah. Sedangkan untuk penyajiannya, potongan ayam akan ditemani dengan sambal bawang terasi serta lalapan segar atau trancam yakni sejenis urapan segar.

Untuk mencicipi Ayam Panggang Bu Setu Gandu, silahkan kamu datang ke Jalan Cokroaminoto 165, Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Magetan yang buka dari jam 07:30 sampai dengan 21:30 ya sobat.

2. Sempolan Camilan Nikmat Khas Magetan

Sempolan

Apa itu sempolan?, sempolan merupakan camilan khas Magetan yang terbuat dari tepung kanji atau tapioka bercampur dengan daging ayam yang kemudian dibentuk dan ditusuk dengan tusuk sate dan di goreng.

Setelah itu, sempolan ini akan dicelupkan dalam adonan telur lalu digoreng kembali dan disajikan dengan siraman saus nikmat.

Untuk menikmati camilan khas Magetan ini, kamu bisa mengunjungi daerah Gorang gareng dimana terdapat banyak sekali penjual sempolan di berbagai warung pinggir jalan daerah ini.

Rasa nikmat bercampur gurih yang ditusuk pada bambu ini menjadi jajanan paling direkomendasikan untuk kamu yang berkunjung ke Magetan.


3. Menyantap Roti Bolu Dengan Aroma Jahe dan Jeruk

Roti Bolu

Mau cari oleh-oleh sat berkunjung ke Magetan, Roti Bolu khas Magetan ini menjadi pilihan terbaik untuk kamu jadikan buah tangan. Roti bolu merupakan roti berbentuk bulat sedikit lonjong dengan tekstur ekstra empuk yang jangan ditanya lagi kenikmatannya.

Pusat pembuatan roti bulo ini berada di Kecamatan Plaosan seperti Desa Sidomukti dan juga Desa Nitikan. Untuk pilihan, kamu bisa berkunjung ke Roti Bolu Dinawa milik Ibu Lanjar yang sudah membuat roti bolu ini sejak tahun 1970-an.

Hal unik dan khas dari roti bolu ini adalah aroma semerbak jahe serta jeruk yang membuat siapapun akan tergoda untuk mencicipi kuliner khas Magetan ini.

Dikukus atau dipanggang, roti bolu ini memiliki kenikmatan yang sama besarnya ini bisa kamu dapatkan dengan harga sangat murah yakni hanya 5 ribu Rupiah untuk tiap bungkusnya yang berisi 10 buah roti bolu.

4. Kenyal Gurih Nikmat Jenang Candi

Jenang Candi

Satu lagi kuliner khas Magetan yang cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh yakni jenang candi. Ada yang berbeda dari makanan ini jika dibandingkan dengan jenang pada umumnya karena terasa gurih dengan taburan wijen pada permukaannya.

Selain itu, jenang candi ini memiliki warna coklat kehitaman yang sangat cocok untuk kamu bawa pulang saat berkunjung ke Magetan. Sementara untuk harganya sendiri umumnya dijual per loyang berkisar 35 ribu sampai 50 ribu.

5. Ayam Kukus dan Gurame Manis Pawon Sewu Magetan

Pawon Sewu

Silahkan kamu datang ke Jalan Raya Sarangan No.25, Sidorejo, Kecamatan Plaosan, Magetan ini untuk mencicipi kenikmatan dari ayam kukus serta gurame manis yang siap menggoyang lidah kamu.

Untuk beberapa menu andalan Pawon Sewu ini diantaranya adalah ayam kukus bakar rujak, ayam kukus goreng manis pedas, ayam kukus bakar dan berbagai hidangan nikmat lainnya seperti iga bakar, udang pedas manis dan berbagai menu nikmat lainnya.

Lokasi rumah makan yang cukup luas dan berada diantara ladang sawah hijau menyejukkan ini serta gazebo dan rumah bambu tempat menyantap hidangan, membuat area ini menjadi spot terbaik untuk memanjakan lidah kamu.

6. Sop Buntut Bu Goprak

Sop Buntut Bu Goprak

Depot makan terkenal selanjutnya adalah Bu Goprak yang secara khusus menyediakan iga bakar serta sop buntut yang sudah sangat terkenal seantero Magetan. Semua orang tentunya akan langsung melean ludah saat terbayang sop buntut dan iga bakar ini.

Untuk kamu yang ingin mencicipi kelezatan dari Sop Buntut Bu Goprak ini bisa langsung datang ke Jalan Raya Sarangan di Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan, Magetan.

Beberapa hidangan yang bisa kamu pilih diantaranya adalah sop buntut, sop iga, iga bakar, iga pedas manis, tetelan lombok ijo, iwak kali dan berbagai hidangan lainnya. Untuk harganya sendiri juga sangat murah yakni hanya berkisar 9 ribu sampai 25 ribu saja.


7. Sajian Tepo Tahu Unik Khas Magetan

Tepo Tahu

Rasanya nama tepo ini tentu asing di telinga kita. Tepo merupakan makanan khas Magetan dari beras yang di kukus dan dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dicampur dengan tahu, tempe, telur goreng, lodeh dan taburan kacang.

Tempat tepo tahu yang paling recomended dan bisa kamu sambangi adalah di Jalan Mayjend Sungkono Sukowinangun, Panekan di depan rumah sakit Jalan Sudirman Tambran. Jika diliat dari tampilannya, tepo tahu ini tidak jauh berbeda dengan tahu gimbal atau kupat tahu.

Sajian irisan tepo, ditambah dengan bumbu kacang dan berbagai tambahan bahan lain serta cincangan daun seledri, bawang goreng, kecap manis dan kacang tanah goreng memang menjadi sajian lezat untuk mengisi perut kamu saat berkunjung ke Magetan.

8. Sate Landak Ekstrim Ekstra Lezat

Sate Landak

Untuk kamu pencinta kuliner yang ekstrim namun bercitarasa unik nan lezat, langsung saja cicipi enaknya sate landak yang memiliki tekstur daging unik di Magetan. Sate landak yang terdengar menakutkan ini nyatanya menjadi buruan para pencinta kuliner karena tidak hanya nikmat namun dibanderol dengan harga terjangkau yakni hanya 15 ribu per porsi.

Daging landak diolah dengan cara dipotong kecil dan ditusuk dengan tusuk sate kemudian dilumuri dengan bumbu bawang serta kecap lalu dibakar. Untuk kamu yang ingin mencicipi kuliner ekstrim ini, bisa langsung datang ke sepanjang jalour tembus Sarangan Karanganyar dimana terdapat banyak sekali penjual sate landak nikmat menggoda selera makan kamu.

Related Posts