Jelajahi 11 Pesona Tempat Wisata Alam dan Kuliner di Bangkalan Madura Yang Menggoda

shares |

Tempat Wisata di Madura - Apa yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar kata Madura ?. Kebanyakan orang akan langsung teringat dengan sate madura, Soto Madura, celurit dan berbagai hal umum lainnya. Namun, rasanya kamu harus menggali lebih dalam lagi tentang Pulau yang berada di wilayah Jawa Timur ini, sebab Madura menyimpan berbagai potensi wisata alam dan kuliner menggoda yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. 

Simak kumpulan tempat wisata Bangkalan Madura yang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang menjadi destinasi wisata terbaik rangkuman kami.


1. Pantai Rongkang Nan Alami

Pantai Rongkang
Objek wisata di Bangkalan ini lebih tepatnya terletak di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar dengan jarak tempuh 35 km dari pusat kota ke arah Selatan. Disini, kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai, namun kamu juga bisa melihat jembatan Suramadu yang amat panjang dan sangat cocok untuk dijadikan background selfie kamu.

Salah satu kelebihan dari pantai ini adalah deretan bebatuan besar di sepanjang pantai serta bukit berundak yang memiliki ketinggian 25 meter diatas permukaan laut. Saat makam, kamu akan melihat pemandangan spektakuler dari pantulan sinar kapal yang berlayar di Selat Madura dan juga keindahan pesisir pantai yang sangat cocok dinikmati bersama pasangan sebab sangat romantis.

2. Pantai Sambilangan Dengan Panorama Fantastis

Pantai Sambilangan

Satu lagi tempat wisata pantai yang terdapat di wilayah Bangkalan yakni Pantai Sembilangan dengan pemandangan fantastis yang hanya berjarak 7 km saja dari pusat kota. Pantai ini terletak di Desa Sambilangan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Pantai ini bisa dikatakan sebagai salah satu pantai perawan sebab letaknya yang berada di daerah terpencil sehingga jarang dikunjungi wisatawan. Kamu akan dikenakan biaya operasional untuk parkit hanya sebesar Rp.3.000 saja untuk mobil dan Rp.2.000 untuk motor.

3. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Pantai ini terletak di Jalur Utara Pulau Madura. Di sepanjang jalur Utara tersebut, kamu akan melihat hamparan dari beberapa pantai indah mempesona dan salah satunya adalah Pantai Siring Kemuning. Untuk mengunjungi pantai ini, maka kamu harus melewati jalur utara dan bukan jalur tengah yang akan menuju ke Kota Bangkalan, Kota Sampang, Pamekasan dan juga Sumenep.

Pantainya terbilang masih sepi dari wisatawan sehingga keasriannya masih terjaga. Selain itu juga terdapat banyak pohon rindang yang bisa kamu gunakan untuk santai sambil menikmati ikan bakar hasil tangkapan dari nelayan sekitar.

4. Pemandangan Indah Dari Atas Bukit Geger Bangkalan Madura

Bukit Geger
Bukit Geger berada di Desa Geger, Kecamatan Geger, Madura yang letaknya berada di pusat Kota Bangkalan. Lokasi bukit ini cukup strategis sehingga lebih mudah untuk kamu temukan. Bukit ini adalah salah satu peninggalan dari jaman purbakala sehingga cukup menarik untuk kamu kunjungi sebagai destinasi liburan sekaligus menimba ilmu.

Kamu akan disajikan dengan pemandangan super indah dari atas Bukit Geger ini. Udara yang terasa sangat segar dan bebas dari polusi membuat bukit seluas 4 hektar yang dijadikan kawasan hutan kayu mahoni semakin mempesona. 

Disini kamu bisa menjelajah ke beberapa goa yang ada di lokasi wisata ini seperti goa Petapan, Goa Potre, Goa Pelanangan, Goa Pancong Pote, Goa Ular, panjat tebing, cekungan Pangelean, Situs Pelanggiran dan berbagai pesona wisata lainnya.

5. Wisata Kuliner Topak Ladeh Goyang Lidah

Topak Ladeh

Saat kamu berliburan ke daerah Madura khususnya Bangkalan, jangan sampai lewatkan untuk mencicipi salah satu kuliner khas Madura bernama Topak Ladeh. Makanan ini adalah lontong yang disajikan bersama dengan kuah santan kental nan gurih, saat masuk suapan pertama masuk ke mulut kamu, dijamin akan memanjakan lidah kamu karena cita rasa kuliner ini yang sangat gurih.

Topak ladeh disajikan dengan potongan lontong serta kuah bubur santan kental serta ditambah dengan bumbu rempah yang komplit dan pada bagian atasnya diberi taburan bubuk jagung. 

Untuk menyantap makanan ini ditemani dengan krupuk puli atau krupuk nasi serta cabai utuh sebagai pengganti sambal. Kamu bisa menikmati Topak Ladeh di sekitar pasar Senen Bangkalan yang menjadi pusat penjualan kuliner khas Madura ini.

6. Gurihnya Tajin Sobih

Tajin Sobih
Satu lagi wisata kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Tajin Sobih. Tajin Sobih ini adalah penganan bubur dengan rasa manis gurih yang cocok untuk dijadikan camilan saat berkunjung ke Madura. 

Kamu bisa menemukan salah satu camilan lezat ini di Jl. RE Martadinata No.24, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Taji sobih ini terbuat dari tepung terigu dan juga tepung ketan dengan warna dan bentuk yang beragam seperti merah muda, coklat dan juga putih yang saat disajikan akan ditambahkan campuran gula merah.
  • Harga Menu: Rp.2.500 / porsi.

7. Nasi Serpang Madura Kaya Rempah

Nasi Serpang
Kamu pencinta kuliner yang kaya akan rempah dari Madura adalah Nasi Serpang. Nasi serpang ini sangat kaya akan bumbu yang tajam dan disajikan dengan berbagai pilihan lauk seperti daging dan ikan dan dilengkapi juga dengan kerupuk rambak bambu rujak yang akan membuat hidangan ini super lezat. 

Jika ingin menikmati hidangan lezat ini, kamu bisa berkunjung ke Jl. Panglima Soedirman, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.
  • Alamat: Desa Sabiyan, Kecamatan Arosbaya
  • Jam Buka: 05:30 - 07:30
  • Harga Menu: Rp.18.000 / porsi

8. Sop Kaldu Kokot Makanan Lezat Populer

Sop Kaldu Kokot
Jika kamu biasanya menikmati sop yang disajikan dengan irisan daging, sayuran, makaroni dan beberapa bahan lain yang biasa digunakan untuk sop. Berbeda dengan hidangan sop dari Madura ini, sop kaldu kokot terbuat dari kacang hijau yang diberi bumbu rempah nikmat serta tambahan kikil. Tidak hanya bahan utamanya saja yang unik, namun cara penyajian sop ini juga tidak kalah unik.

Kamu bisa memilih menggunakan bumbu petis atau kacang ulek yang keduanya sama-sama lezat dan sebagai saran, rasanya kamu harus coba kedua varian sop kaldu kokot ini. Untuk menikmati sop kaldu kokot, kamu bisa datang langsung ke Jl. Arif Rahman No.13 di bagian sebelah timur kota.
  • Alamat: Hl. Arif Rahman No.13
  • Jam Buka: 07:00 - 17:00
  • Harga Menu: Rp.30.000 / porsi

9. Bebek Sinjay Pedas Menggoda

Bebek Sinjay
Ini adalah kuliner khusus bagi kamu pencinta hidangan bebek. Bebek sinjay ini menjadi incaran para wisatawan yang datang ke daerah Madura. Sajian bebek enak ditemani dengan sambal ulek khas yang ekstra pedas dan sepiring nasi panas, tidak akan sanggup kamu tolak kenikmatannya.

Daging bebek ini disajikan dengan sambal mangga bercita rasa asam pedas yang sangat cocok dengan tekstur bebek lembut serta bumbu yang meresap sampai ke setiap serat daging berbeda dengan hidangan bebek umumnya yang amis dan alot. 

Saking larisnya hidangan ini, jangan sampai kamu datang diatas jam 1 siang, karena sudah pasti kehabisan, tidak heran jika weekend, kamu akan melihat antrian yang sangat panjang untuk menikmati hidangan bebek sinjay ini. Penasaran ?, langsung saja datang ke Jl. Raya Ketengan No.45, Kota Bangkalan saat kamu berkunjung ke Madura.
  • Alamat: Jl. Raya Ketengan No.45, Kota Bangkalan
  • Harga Menu: Rp.25.000 / porsi

10. Soto Mata Sapi Hidangan Ekstrim Nan Lezat

Soto Mata Sapi
Jangan takut dulu dengan hidangan yang terbuat dari mata sapi ini sebelum kamu mencicipinya. Salah satu kuliner ekstrim ini terbuat dari mata sapi utuh berbalut tulang, irisan daging sapi serta dicampur dengan bumbu rahasia yang dicampur dengan kuah. 

Kamu tidak akan menyangka saat menikmati rasa berkualitas dari soto ini yang akan membuat kamu nagih sampai berkali-kali. Kamu bisa datang ke Jl. Raya Burneh di Kota Bangkaln untuk merasakan kenikmatan kuliner khas Madura ini.
  • Alamat: Jl. Raya Burneh Bangkalan Madura, Kecamatan Burneh, Pancar, Banjaran
  • Harga Menu: Rp.12.000 / porsi

11. Wisata Religi Makam Aer Mata Arosbaya

Makam Aer Mata Arosbaya
Di wilayah Bangkalan Madura, tidak hanya memiliki pesona wisata pantai dan kuliner saja, namun juga terdapat wisata religi yang bernama Makam Aer Mata Arosbaya. Makam ini merupakan kompleks makam raja-raja yang dulu menjadi kepala pemerintah setempat sebelum Indonesia menjadi negara kesatuan.

Tempat wisata ini berada di Kabupaten Bangkalan Utara dengan jarak 30 km dari pusat kota. Tempat ini adalah salah satu situs bersejarah yang didalamnya tersimpan sejarah Islam beserta dengan peninggalan Islam kuno. 

Selain itu juga terdapat arsitektur corak Buddha Hindu di masa sebelumnya. Makam Aer Mata Arosbaya memilih cerita pilu yang menyedihkan dimana Tangisan Ratu Ibu tidak pernah mengering dan menjadi sumber mata air di daerah Pesarean.
  • Alamat: Terletak di Dusun Buduran, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan.

Related Posts