Rekomendasi 7 Tempat Wisata Alam Jombang Sarat Akan Air Menyegarkan

shares |

Rekomendasi 7 Tempat Wisata AlamJombang Sarat Akan Air Menyegarkan - Jombang merupakan Kabupaten yang ada di Jawa Timur dengan pesona alam tersembunyi yang tidak kalah indah dengan beberapa lokasi wisata lain di Indonesia. Untuk kamu yang sedang merencanakan mengunjungi saudara atau berlibur ke daerah Jombang, berikut ini akan kami berikan rekomendasi wisata alam Jombang terbaik dan alami untuk kamu nikmati.

1. Kedung Cinet Sajian Green Canyon Mini Ala Jombang

Kedung Cinet


Kedung Cinet memang tidak salah jika disebut sebagai Green Canyon mini, karena tampilan memukau yang disajikan memang tidak kalah menarik dengan Green Canyon tersohor tersebut. Endapan aliran sungainya memiliki warna biru saat kemarau, membuatnya memang terlihat indah mempesona tiada tandingnya.

Saat musim hujan, kamu bisa menguji adrenalin kamu karena arus jeram yang ada di Kedung Cinet ini sangat deras, ditambah lagi dengan pesona kiri dan kanan tebing yang tersusun rapi dan terlihat seperti karya seni buatan yang terbentuk dari alam itu membuat lokasi ini menjadi spot cocok sebagai background foto selfie kamu.

Lokasi tepatnya dari Kedung Cidet berada di Desa Pojok Bgletih, Kecamatan Pladaan, Kabupaten Jombang yang bisa kamu tempuh sekitar 3 km dari Kota Jombang. Tempat wisata yang masih terbilang perawan ini juga free sehingga bisa kamu nikmati dengan puas saat mengisi hari liburan kamu.

2. Air Terjun Tretes Kawasan Sejuk di Tengah Hutan Rimba

Air Terjun Tretes


Untuk kamu yang ingin menikmati kesejukan dari Jombang, langsung saja datang ke Air Terjun Tretes yang berada di Taman Hutan Raya [Tahura], Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang ini. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi kedua di Jawa Timur sesudah Madakaripura dengan ketinggian 158 meter dan terletak di Pegunungan Anjasmoro.

Bisa terbayang suasan menyegarkan nan sejuk di destinasi wisata ini, ditambah lagi dengan kawasan hutan lindung vegetasi rindang yang membuat kamu serasa berada di dunia berbeda, jauh dari kesan padat perkotaan. Untuk masuk ke lokasi Air Terjun Tretes ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu Rupiah per orang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk menuju air terjun tersebut.


3. Goa Sigolo Golo Dengan Pemandangan Bulu View

Goa Sigolo Golo


Lokasi wisata Jombang berikutnya adalah sebuah goa bernama Goa Sigolo Golo yang berada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kabupaten Jombang. Lokasi goa ini sangatlah nyaman, sehingga membuatnya menjadi tempat wisata favorit untuk liburan.

Spot mempesona yang disebut banyak orang sebagai "bulu view" ini akan menyajikan pemandangan Gunung Kukus dan pada bagian bawahnya kamu bisa melihat pemandangan Sungai Boro. Akses yang harus kamu lewati untuk menuju lokasi air terjun ini. Namun saat kamu sampai di mulut goa menganga dengan pemandangan menakjubkan, dalam sekejap semua rasa lelah kamu akan terbayar.

4. Air Terjun Grenjengan Menenangkan Yang tersaji Dengan Unik

Air Terjun Grenjengan


Air Terjun Grenjengan berada di Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Untuk mengunjungi lokasi air terjun ini bisa kamu tempuh dari arah Suabaya yang diteruskan ke Pertigaan Mojoagung, Pertigaan Mojoduwur, Bareng Pasar dan Pertigaan Bareng Templek.

Berbeda dengan lokasi air terjun lain yang memiliki ketinggian menjulang dengan aliran tetesan air deras, Air Terjun Grenjengan ini tidak berukuran tinggi namun melebar ke samping sehingga terlihat seperti setengah lingkaran dan cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama dengan keluarga. Deretan hutan rindang yang ada di sekeliling air terjun akan menambah ketenangan kamu saat rekreasi, ditambah menikmati dinginnya air sambil berfoto ria untuk mengabadikan momen tidak terlupakan. Saking tenangnya permukaan air, kamu bisa melihat hamparan bebatuan alam yang ada di dasar aliran sungai.

5. Kealamian Menyegarkan Air Terjun Ngebleng

Air Terjun Ngebleng


Air Terjun Ngebleng berada di sebuah Dusun Tondowesi Lor, Desa Pule, kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, dekat dengan Jombang. Air terjun ini selalu ramai oleh para wisatawan khususnya liburan bukanlah tanpa alasan. Air terjun ini memiliki pemandangan spektakuler dan sangat indah untuk kamu abadikan dalam foto.

Lokasi air terjun yang masih sangat asri dan terawat kealamiannya ini semakin menambah keistimewaan lokasi wisata ini, ditambah lagi dengan keramahan para penduduk sekitar air terjun. Air terjun ini juga memiliki 4 undakan. Namun, saat kamu baru sampai, maka kamu hanya melihat satu sampai dua undakan kecil dengan ukuran sekitar dua meter saja. Semakin tinggi undakan maka akan semakin tinggi ukurannya. Disini juga sudah disediakan beberapa fasilitas sederhana seperti kamar mandi, mushola, area parkir untuk kamu yang membawa kendaraan dan beberapa sarana sederhana lainnya.

6. Air Terjun Pudak Sari Destinasi Liburan Keluarga Menyenangkan

Air Terjun Pudak Sari


Air terjun ini juga menjadi lokasi liburan cocok bersama dengan keluarga, sebab untuk menuju lokasi ini bisa ditempuh dengan mudah. Lokasi air terjun ini berada di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang yang bisa kamu sambangi dengan kendaraan sampai lokasi air terjun dan diteruskan dengan jarak sekitar 1 km saja.

Saat memasuki air terjun, kamu akan disambut dengan rindangnya pepohonan di kiri dan kanan kamu yang menyajikan suasana sejuk, sehingga perjalanan 1 km menuju air terjun juga terasa sangat singkat. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini airnya sangat jernih dengan pemandangan kontras dari tebing batu berwarna hitam legam, serta hijaunya pepohonan di bagian kini dan kanan serta beberapa tebing di pinggir air terjun yang berwarna agak keemasan.

7. Air Terjun Sekelit Indah Penuh Dengan Kontras Warna

Air Terjun Sekelit


Air Terjun Sekelit berada di Dusun Gentaru, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Untuk menuju air terjun ini juga bisa kamu tempuh dengan medan yang tidak terlampau sulit, sebab ada petunjuk arah di jalan antara Mojokerto Wonosalam, pertigaan Desa Carang Wulung dengan tulisan "Selamat datang ke air terjun sekelip" dan kamu hanya perlu mengikuti petunjuk arahnya.

Untuk tempat parkirnya juga gratis dan kamu harus berjalan ke 500 meter menuju air terjun dengan melewati perkebunan jagung serta hamparan tanah lengkap dengan bebatuan yang tersusun rapi namun merupakan proses alamiah. Sesudah sampai ke lokasi, kamu akan di sambut dengan keindahan air terjun yang membuat kamu seakan seperti di hipnotis. Air terjun yang tinggi dengan aliran air deras menderu membuat kamu benar-benar merasa seperti di dunia berbeda terlepas dari semua kepenatan kamu saat beraktivitas sehari-hari. Ditambah dengan suara kicauan burung liar dikejauhan yang semakin melengkapi suasana liburan kamu semakin sempurna.


Demikian ulasan kami tentang beberapa destinasi liburan di Jombang yang sarat akan unsur air menyegarkan. Sempatkan diri kamu untuk berkunjung langsung ke Jombang sehingga bisa merasakan kenikmatan alam yang ditawarkan di lokasi wisata ini. Jangan lupa untuk share artikel ini pada teman kamu ya sobat.


Related Posts