8 Wisata Alam dan Kuliner Nikmat Mempesona Paling Recomended di Kota Kediri

shares |

Wisata Alam dan Kuliner di Kota Kediri -  Kota Kediri merupakan sebuah kota yang ada di Provinsi Jawa Timur terletak di 130 km dari Barat Daya Kota Surabaya. Kota kediri yang terkenal sebagagai kota penghasil gula serta rokok ini juga menyimpan berbagai tempat wisata alam nan indah serta kuliner mengguggah selera yang sangat layak untuk kamu sambangi dan cicipi. 

Berikut ini, kami berikan beberapa tempat yang paling recomended untuk kamu kunjungi saat sedang mampir ke Kota Kediri untuk memuaskan mata kamu dengan pemandangan indah sekaligus menikmati cita rasa dari kuliner Kediri yang membuat lidah kamu bergoyang.

1. Wisata Alam Menyejukan Lengkap Dengan Kuliner Nikmat di Gunung Kelud

Gunung Kelud

Gunung Kelud yang terletak di Kediri Jawa Timur ini memiliki sejuta keindahan yang bisa anda nikmati sepuasnya. Untuk harga tiket masuk ke kawasan Gunung Kelud ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar 5 Ribu Rupiah, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu harga tiket menjadi naik yakni 10 Ribu Rupiah.

Disini, kamu kaan dimanjakan dengan pemandangan indah pegunungan, menikmati berbagai camilan khas Gunung Kelud seperti nasi pecel, lontong kikil, nasi goreng, mie, soto dan berbagai makanan nikmat pengisi perut lainnya.

Untuk menuju ke anak Gunung Kelud, kamu harus melewati terowongan dengan panjang 150 meter dengan berjalan kaki. Kamu akan melihat pemandangan kubah lava gunung kelut serta menikmati kehangatan dari air panas yang terletak di bawah Gunung Kelud tersebut.

2. Menikmati Pesona Air Terjun Dolo Menyegarkan

Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo ini terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, KedirI, Jawa Timur. Di tempat wisata Air Terjun Dolo ini sudah lengkap dengan berbagai sarana rekreasi seperti taman bermain, camping ground, arena hiking, arena joging dan lain sebagainya.

Hembusan udara menyejukkan serta hamparan pepohonan hijau serta kesegaran dari air terjun tentunya akan membuat kamu betah berlama-lama di area wisata Kediri yang satu ini.

Di kanan dan kiri air terjun terhampar hutam tropis sangat lebat serta pemandangan indah dari lereng Gunung Wilis yang semakin melengkapi pesona wisata di Air Terjun Dolo ini.

Air Terjun Dolo ini sendiri memiliki 3 tingkatan dengan 2 tingkat paling bawah memiliki diameter masing-masing sebesar 4 meter. Sementara tingkatan paling atas menjadi paling mempesona dengan ketinggian 30 meter, akan tetapi debit airnya tidak terlalu besar seperti di Coban Rondo sehingga pas untuk digunakan bermain bersama anggota keluarga kamu atau teman-teman.


3. Menikmati Peninggalan Kerajaan Kediri di Goa Selomangleng


Goa Selomangleng menjadi salah satu situs peninggalan dari jaman Kerajaan Kediri yang terletak di bawah kaki Gunung Klothok, lebih tepatnya berada di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto, kediri, Jawa Timur.

Goa Selomangleng ini juga dipercaya sebagai tempat pertapaan Dewi Kilisuci yang adalah Putri mahkota dari Raja Airlangga yang menolak untuk menerima tahta dari Kerajaan yang sudah diwariskan untuknya dan ia lebih memilih untuk menjauhkan kehidupan duniawi dengan melakukan tapabrata di Goa Selomangleng ini.

Tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata Kota Kediri dengan keunikan bongkahan batu yang terlihat seperti berserakan dan terdapat batu yang di pahat diantara bebatuan tersebut. Pada bagian luar juga terdapat relief indah yang bisa kamu lihat.

Saat mengunjungi Goa Selomangleng ini waktu malam, kamu akan mencium aroma dupa menyengat yang berasal dari dalam goa. Selain itu, di dekat lokasi Goa Selomangleng juga terdapat bangunan Museum Airlangga yang tersimpan benda purbakala peninggalan Kerajaan Kediri.

Di lokasi Goa Selomangleng kamu juga bisa menikmati kolam pemandian dengan tarif sebesar 4 Ribu Rupiah yang diperuntukkan khusus anak-anak. Sedangkan untuk harga tiket masuk ke Goa Selomangleng akan dikenakan biaya 4 Ribu Rupiah untuk orang dewasa dan 2.500 untuk anak-anak.

4. Gunung Klotok Dengan Julukan Si Cantik Tidur

Gunung Klotok

Gunung Klotok terletak di kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 536 meter dari permukaan laut dan nama Klotok sendiri diambil dari kata Kolo dan Tok yang berarti Bahaya dan tok berarti saja.

Keunikan yang disajikan Gunung Klotok ini adalah bentuknya yang terlihat seperti perempuan sedang tidur sehingga gunung ini mendapat julukan si cantik tidur.

Disini juga sudah dilengkapi dengan berbagai wahana serta sarana yang bisa kamu nikmati seperti wahana bermain keluarga, museum Airlangga, petilasan Mbah Boncolono dan berbagai pesona wisata lainnya.

Sementara untuk sarana keluarga, kamu bisa bermain di kolam renang khusus untuk anak-anak, bersepeda dan juga sering dijadikan sebagai kawasan motocross.

5. Hawa Menyejukan dan Pemandangan Kota Kediri Dari Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang

Objek wisata Kediri selanjutnya adalah Gunung Maskumambang yang memiliki pemandangan indah dengan deretan bukit jajaran Gunung Wilis. Udara yang tersaji di Gunung Maskumambang ini tentu saja sangat sejuk dan menyegarkan di tambah lagi dengan pepohonan rindang nan hijau yang menenangkan mata kamu.

Gunung Maskumambang ini tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung lainnya yakni hanya 300 meter dari permukaan laut dan kamu bisa puas melihat pemandangan Kota Kediri. Gunung Maskumambang ini terletak di Desa Sukorame, kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur.


6. Wisata Sate Burung Emprit

Sate emprit

Ini dia wisata kuliner unik yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Kediri. Sate emprit ini diolah dengan cara di bakar dan diberi bumbu kacang serta irisan bawang yang menambah kelezatan dari hidangan unik satu ini.

Untuk bisa menikmati satu porsi sate burung emprit, kamu juga hanya perlu merogoh uang sebesar 12 Ribu saja dan sudah bisa menikmati 10 tusuk sate burung emprit menggugah selera di Jl.Wahidin, Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

7. Kenikmatan Sate Bekicot Enak Menyehatkan

sate bekicot

Masih banyak orang Indonesia yang menganggap jika kuliner satu ini merupakan kuliner yang ekstrim. Akan tetapi, pikiran tersebut akan langsung berubah begitu kamu menyantap satu tusuk sate bekicot nikmat khas Kota Kediri ini.

Untuk menikmati kuliner ini, kamu bisa berkunjung ke Desa Djengkol, Kecamatan Plosokklaten, Kediri, Jawa Timur lebih tepatnya 10 kilometer kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

Sate bekicot nikmat dan memiliki banyak kandungan gizi seperti protein ini disajikan dengan bumbu kacang serta irisan bawang merah mentah yang semakin membuat lidah kamu tidak bisa berhenti bergoyang.

Tekstur daging bekicot yang kenyal namun tidak alot ini akan membuat kamu tidak puas hanya dengan menyantap beberapa tusuk saja dan akan berlanjut ke setiap tusuk selanjutnya  karena kelezatan dan gurihnya sate bekicot ini.

8. Nasi Pecel Tumpang Komplit Goyang Lidah

nasi pecel tumpang

Satu lagi kuliner khas dari Kota Kediri yakni nasi pecel tumpang. Yang unik dari nasi pecel ini adalah cita rasa berbeda dengan nasi pecel pada umumnya.

Kamu bisa mencicipi kenikmatan dari nasi pecel ini di Jl.Dhoho yang mulai buka dari jam 3 sore. Pecel ini disajikan dengan berbagai sayuran lalu di siram dengan sambal tumpang dan di santap bersama dengan peyek spesial yang membuat cita rasa pecel ini semakin komplit.

Related Posts