Manjakan Lidah Kamu Dengan 5 Tempat Wisata Kuliner di Lamongan Kaya Rempah Paling Pol

shares |

Tempat Wisata Kuliner Lamongan - Untuk kamu pencinta kuliner khas Indonesia dan secara kebetulan ingin atau sedang berencana menuju ke Kota Lamongan. Berarti kamu cukup beruntung, sebab di Kota Lamongan memiliki makanan khas yang bercitarasa luar biasa enak, kaya bumbu dan wajib untuk kamu cicipi.

Kelezatan dari kuliner Lamongan bahkan sampai diburu para wisatawan luar Pulau Jawa serta mancanegara yang rela datang jauh-jauh ke kota ini hanya untuk menikmati kenikmatan wisata kuliner khas Lamongan ini. Masih bingung apa saja nama makanan khas tersebut?, berikut ulasan selengkapnya untuk kamu.


1. Asem Bandeng Cak Takim Menyegarkan

Asem Bandeng Cak Takim


Asem bandeng Cak Takim menjadi salah satu wisata kuliner Lamongan pertama yang harus kamu cicipi. Tempat ini berada di Desa Lopang, Kecamatan Kembang Tahu, Kabupaten Lamongan. Asem bandeng ini merupakan masakan Indonesia asli yang menggunakan bahan utama ikan bandeng dengan kepopuleran daging ikan bandeng yang sangat gurih.

Sajian daging bandeng nan empuk dengan kuah kental kaya rempah ini akan siap menggoyang lidah kamu dan membuatmu tidak akan bisa berhenti untuk terus menyantapnya. Ditambah lagi dengan irisan tomat segar serta cabai utuh di setiap porsinya yang menghadirkan rasa asam pedas pelengkap hidangan ini.


2. Menyeruput Kenikmatan Soto Lamongan

Soto Lamongan


Soto Lamongan memang sudah lama dikenal sebagai salah satu kuliner khas Lamongan yang sangat digemari pencinta kuliner seluruh Indonesia. Namun, untuk menikmati sumber kelezatan asli dari hidangan ini, kamu harus sambangi tempat makan yang berada di depot Asih Jaya, Jl. Panglima Sudirman A.4, dekat pertokoan Lamongan Indah, Lamongan.

Tampilan kuah berwarna kuning agak berminyak serta aroma rempah kuat yang semerbak serta kaldu ayam gurih tidak akan bisa menahan keinginan kamu untuk langsung mencicipi hidangan ekstra nikmat ini.

3. Nasi Boranan Lamongan Komplit

Nasi Boranan Lamongan


Yang namanya orang Indonesia, pastinya tidak lengkap jika makan tanpa menyantap nasi. Untuk mendapatkan sensasi berbeda daripada menyantap nasi putih biasa ditemani lauk pauk, sepertinya kamu harus coba nasi boranan khas Lamongan ini.

Kata Boranan sendiri berasal dari kata boran yakni sebutan tempat untuk menyimpan nasi. Hidangan ini disajikan dengan wadah yang sudah dilapisi dengan daun pisang kemudian ditambahkan dengan urap atau kramu dari berbagai jenis daun seperti taoge, kacang panjang, daun pepaya yang kemudian akan disantap bersama rempeyek kombinasi renyah dan gurih.

Yang istimewa dari naso boranan ini adalah disajikan juga bersama empuk yakni penganan yang terbuat dari campuran gaplek, tepung beras serta terigu yang kemudian adonan akan dibentuk menjadi bulatan - bulatan kecil lalu di goreng. Rasanya yang gurih karena tambahan bawang ini membuat nasi boranan semakin terasa lengkap.

Sementara untuk lauk pauknya, kamu bisa memilih ikan bandeng, udang, tempe goreng, ayam goreng atau dadar sesuai dengan selera kamu. Untuk menikmati hidangan ini, silahkan berkunjung ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, depan rumah sakit Muhammadiyah, Lamongan.


4. Tahu Campur Lamongan Unik Kelezatan Tiada Tara

Tahu Campur Lamongan


Jika mendengar kata tahu campur, mungkin yang ada di pikiran kamu adalah tahu campur biasa seperti yang sering kamu temukan di kota kamu. Tapi tunggu dulu, tahu campur khas Lamongan ternyata memiliki rasa berbeda dengan tahu campur umumnya dan sangat wajib untuk kamu coba.

Tahun campur yang juga menjadi salah satu ikon dari Kota Lamongan sampai mendapat julukan Kota Tahu Campur. Kuliner ini terdiri dari lontong, tauge, selada air, daging dan juga mie atau bihun serta tambahan kerupuk udang. Sedangkan untuk bumbu rahasia yang membuat tahu campur ini berbeda dengan tahu campur pada umumnya adalah penggunaan petis udang sebagai salah satu bumbu utamanya, ditambah dengan lento yakni sepotong gorengan yang terbuat dari bahan singkong.

5. Kare Rajungan Gurih Kental Sumber Kenikmatan

Kare Rajungan


Seafood berbentuk kecil yakni rajungan juga menjadi kuliner nikmat yang banyak dicari khususnya bagi pencinta makanan laut. Apabila kamu sedang melintas di pesisir Paciran yang berada di Kabupaten Lamongan ini, jangan lupa untuk mampir di rumah makan Tohjoyo yang sudah didirikan sejak tahun 2000 yang lalu.

Disini, kamu bisa menikmati berbagai hidangan seafood istimewa sekaligus menikmati makanan andalan tempat ini yakni kare rajungan. Saat pertama kali kamu menyeruput kuah kare serta menyuap daging rajungan yang lembut ini. Sensasi kenikmatan tiada tanding akan langsung kamu rasakan.

Kuah kare yang tidak terlalu pedas ini terlihat sangat keruh serta berminyak karena banyaknya rempah yang digunakan pada kuah kare tersebut. Sedangkan untuk rajungannya juga dipilih yang berkualitas baik sehingga cita rasa karena rajungan ini semakin istimewa.

Dalam setiap porsi kare rajungan terdiri dari dua ekor rajungan lengkap dengan bumbu kare melimpah dan kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 36 ribu saja untuk menikmati kare rajungan ini. Sebagai pelengkap, jangan lupa juga untuk memesan es legen atau es dawet siwalan yang sangat menyegarkan. Tempat Wisata Lamongan

Untuk kamu pencinta kuliner khas Indonesia dan secara kebetulan ingin atau sedang berencana menuju ke Kota Lamongan. Berarti kamu cukup beruntung, sebab di Kota Lamongan memiliki makanan khas yang bercitarasa luar biasa enak, kaya bumbu dan wajib untuk kamu cicipi.

Kelezatan dari kuliner Lamongan bahkan sampai diburu para wisatawan luar Pulau Jawa serta mancanegara yang rela datang jauh-jauh ke kota ini hanya untuk menikmati kenikmatan wisata kuliner khas Lamongan ini. Masih bingung apa saja nama makanan khas tersebut?, berikut ulasan selengkapnya untuk kamu.



Related Posts