8 Tempat Wisata Lumajang Menawarkan Keunikan Artistik Alami Tak Tertandingi

shares |

Tempat Wisata Lumajang - Lumajang adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Timur dengan potensi berjuta tempat wisata eksotik dan menarik untuk kamu kunjungi. Sesudah membahas beberapa peson wisata di wilayah Jawa Timur lainnya, kini giliran daerah Lumajang yang akan kami bedah secara tuntas untuk menambah referensi tempat liburan dengan pemandangan alam indah mempesona, langsung saja disimak ulasan selengkapnya berikut ini.


1. Goa Tetes Lumajang

Goa Tetes Lumajang


Khusus untuk kamu yang gemar backpacker, destinasi wisata Goa Tetes yang ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang ini layak untuk kamu coba teman.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata alam ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 55 km ke arah Selatan. Tunggu dulu, perjalanan kamu menuju ke spot goa ini tentunya tidak akan membosankan, karena di sepanjang perjalanan kamu akan melihat beberapa air terjun indah menyejukkan mata kamu sehingga perjalanan jauh yang kamu tempuh tidak akan terasa melelahkan. Sesampainya di Goa Tetes, kamu akan di sambut dengan fenomena alam berupa stalagtit dan stalagmit yang berada di dalam goa ini.

2. Danau Ranu Kumbolo Lumajang

Danau Ranu Kumbolo Lumajang


Danau Ranu Kumbolo menjadi salah satu danau yang cukup terkenal di Lumajang. Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan, maka kamu harus rela mendaki ke Gunung Semeru lebih dulu, sebab danau ini terletak di lereng gunung tersebut.

Jika kamu ingin merasakan keindahan surga dunia, rasanya danau ini menjadi salah satu pilihan tepat karena sajian pemandangan danau membulat yang berada di tengah-tengah rimbunnya pepohonan di deretan bukit serta gunung dan juga langit cerah sebagai pemisahnya memang membuat pemandangan di Danau Ranu Kumbolo ini terlihat sangat spektakuler.

3. Pantai Dampar Lumajang

Pantai Dampar Lumajang


Pantai Dampar menjadi salah satu pantai perawan karena lokasinya yang terpencil dan berada jauh dari jalan utama di Desa Dampar, Kecamatan Pasirian ini. Pantai yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Danau Dampar ini menawarkan keindahan pasir hitam lembut yang sangat eksotik dan memikat.

Lokasi pantai ini sangat pas untuk dijadikan sarana mengasingkan diri dari hiruk pikuk perkotaan yang membosankan. Suasana tenang, sambil berjemur, menyelam, berenang atau berselancar akan memanjakan kamu sejenak di area wisata perawan ini.


4. Puncak B-29

Puncak B-29


Mencari destinasi wisata populer di Lumajang ?, Puncak B-29 jawabannya khususnya untuk kamu para pendaki sejati. Kamu akan dihibur dengan pemandangan keindahan pesona alam dari atas ketinggian 2.900 meter dari permukaan laut serta menikmati keindahan Gunung Bromo serta barisan perbukitan di sekelilingnya.

Puncak B-29 ini juga menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang lebih tepatnya ada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Saat sampai di puncak ini, dijamin kamu tidak akan berhenti berdecak kagum dengan hamparan keindahan alam yang ternyata dimiliki juga oleh Indonesia, tidak kalah dengan destinasi wisata ala luar negeri.

5. Air Terjun Coban Sewu

Air Terjun Coban Sewu


Air Terjun Coban Sewu memiliki arti air terjun seribu dan nama ini tidak disandangkan dengan sembarangan loh, Karena pada kenyataannya, air terjun yang ada disini memang memiliki sumber yang sangat banyak.

Air terjun disini berasal dari tebing yang berbentuk seperti lingkaran menjulang tinggi sehingga terlihat seperti tirai yang akan membuat kamu terpana karena alam juga bisa menyajikan keindahan super artistik secara alami.

Lokasi Air Terjun Coban Sewu ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Suara gemuruh air terjun, kicauan burung serta hewan liar di kejauhan, pemandangan sejuk dari deretan pohon hijau yang lebat dan keunikan air terjun ini tidak akan bisa kamu temukan di tempat lain, hanya di Lumajang inilah kamu bisa menikmati kelengkapan indahnya alam menyejukkan untuk sarana liburan kamu.

6. Air Terjun Coban Pawon Lumajang

Air Terjun Coban Pawon Lumajang


Satu lagi karya alam unik yang ditawarkan Kabupaten Lumajang yakni Air Terjun Coban Pawon. Apa uniknya ?, sebab air terjun ini berada di dalam sebuah goa yang bentuk goanya sendiri terlihat seperti pawon atau dapur.

Konon ceritanya, satu saja percikan dari air terjun ini bisa menyembukan banyak penyakit juga loh sobat. Untuk mengunjungi objek wisata ini, kamu bisa berkunjung ke Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dan lokasinya dengan dengan kebun teh Kertowono.

Cahaya matahari yang menembus ke dalam Goa ini membuat seisi goa bisa kamu lihat dengan jelas dan kamu juga bisa melihat sungai mengalir menuju ke hilir dari dalam goa yang memiliki diameter 6 meter tersebut.

7. Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air Terjun Kapas Biru Lumajang


Air terjun unik lainnya yang ada di Kabupaten Lumajang adalah Air Terjun Kapas Biru yang ada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Untuk bisa menikmati keindahan dari air terjun ini kamu akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu Rupiah saja serta biaya parkir motor 2 ribu dan 5 ribu untuk mobil. Air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter ini terbilang unik karena aliran air yang berwarna seputih kapas namun genangan air dibawahnya berwarna biru terang yang sangat kontras dan mempesona.

Ditambah lagi dengan rimbunnya pepohonan serta tebing indah yang ada di sekitar Air Terjun Kapas Biru semakin menambah kelengkapan destinasi wisata menyegarkan yang satu ini.


8. Pantai Watu Godeg Lumajang

Pantai Watu Godeg Lumajang


Pantai Watu Godeg ini berada di Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pesona wisata yang tersaji disini sangat mengagumkan yakni dengan perpaduan ombak tinggi, bukit yang dipenuhi dengan tanaman kecil yakni pandan laut menyelimuti bebatuan tebing yang terlihat sangat kontras sehingga cocok untuk spot selfie dengan latar belakang indah tiada duanya.

Nama Watu Godeg sendiri berasal dari dua kata yaki Watu yang berarti batu dan Godeg yang berarti bergoyang. Nama ini digunakan karena peristiwa alam yang unik yakni sebuah batu tinggi menjulang besar yang ada di kawasan pantai dan pada saat air laut sedang pasang, maka batu ini akan bergoyang karena terjangan ombak.


Disini juga terdapat sebuah rawa yang bisa kamu gunakan untuk berenang dengan suasana nyaman ketenangan air dan kesejukan udara karena rimbunnya pepohonan di sekitar. Sehingga, dengan berkunjung ke lokasi wisata ini, kamu bisa menikmati dua macam pesona alam dengan pemandangan berbeda namun berada di satu tempat yang sama.

Related Posts