8 Tempat Wisata Alam dan Kuliner Madiun Paling Hits

shares |

Tempat Wisata Alam dan Kuliner di Madiun - Madiun yang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur merupakan kota yang sangat terkenal dengan kota pendidikan, perdagangan serta industri yang kemudian mendapat sebutan Kota Gadis.

Daerah ini juga menyimpan banyak spot wisata alam menarik yang akan membuat kamu jatuh cinta dan ingin berlama-lama di beberapa tempat terkeren yang akan kami ulas berikut ini.

1. Pesona Alami Hamparan Gunung Wilis

Gunung Wilis

Lokasi wisata pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Gunung Wilis yang menjadi spot menarik untuk para pendaki sebab ketinggian dari gunung ini sangat cocok untuk pendaki pemula sebab memiliki ketinggian sedang. Untuk mencapai Gunung Wilis ini, kamu bisa melewati jalur pendakian dari Desa Kare, Kecamatan Kare.

Saat melakukan perjalanan ke Gunung Wilis, kamu akan disajikan dengan areal perkebunan Kopi Kandangan, melihat beberapa satwa liar, air terjun dan juga lembah yang sangat memanjakan mata kamu.

Gunung Wilis sendiri merupakan gunung non-aktif yang ada di Pulau Jawa dengan ketinggian 2.169 meter diatas permukaan laut, sementara puncaknya sendiri berbatasan dengan 6 Kabupaten yakni Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Ponorogo, Madiun dan juga Trenggalek. Spot paling menarik semua pendaki dan wisatawan di area ini adalah kealamian alam yang belum terjamah oleh manusia.

2. Kesegaran Guyuran Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru ini berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur dengan ketinggian 400 meter diatas permukaan laut. Pada bagian bawah air terjun ini bisa kamu pakai untuk berenang ataupun mandi dengan air jernih super segar yang akan membuat badan kamu lebih rileks.

Air Terjun Seweru, Serondo atau Kedung Malam ini memiliki berjuta pesona eksotis yang sayang untuk kamu lewatkan. Air terjun ini belum dikelola secara komersial sehingga masih sangat terjaga keindahannya. Untuk masuk ke lokasi air terjun, kamu harus berhati-hati karena keadaannya yang sempit, licin dan sedikit curam.

Bagi kamu para pencinta adventure, lokasi ini menjadi tempat yang tepat untuk hiking sekaligus melakukan penjelajahan. Sedangkan untuk arus yang berada disini juga tidak terlalu deras sehingga cukup nyaman untuk kamu gunakan berliburan.


3. Keunikan Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu berada di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur yang menjadi salah satu tempat wisata mudah  untuk kamu akses. Kamu akan disuguhi dengan suhu air dingin menyegarkan lengkap dengan hutan lebat yang mengelilingi lokasi air terjun tersebut.

Ketinggian air terjun ini sekitar 15 sampai 20 meter yang juga terdapat sungai di sekitar area air terjun dengan debit air yang sangat terpengaruh dengan curah hujan. Saat melakukan perjalanan untuk mencapai lokasi Air Terjun Krecekan Denu ini, kamu juga akan melihat hamparan sawah nan cantik dimana juga akan terlihat Gunung Lawu yang sangat indah saat cuaca sedang cerah.

4. Menikmati Aktivitas di Wisata Alam Grape

Wisata Alam Grape

Salah satu destinasi wisata Madiun ini berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Madiun, Jawa Timur yang terlihat sangat asri khas alam pedesaan. Disini terdapat sumber mata air yang berasal dari Pegunungan Dungus yang bersih dan sangat menyegarkan.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti hiking, berkemah dan besepeda sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan di Wisata Alam Grape ini. Lokasinya berada di pinggir hutan jati yang sangat rindang.

Sementara untuk mengisi perut, disini juga terdapat 2 tempat makan yang saling berdampingan dan berada di tengah hutan jati yang menawarkan kuliner khas Madiun menggoda.

Kamu bisa berfoto disebuah kali kecil yang letaknya berdekatan dengan tempat makan di wisata alam Grape ini sambil menyantap kenikmatan ikan bakar yang ditawarkan tempat makan tersebut.

5. Air Terjun Kucur Peraih Penghargaan Kalpataru

Air Terjun Kucur

Satu lagi pesona air terjun yang ditawarkan dari Madiun bernama Air Terjun Kucur. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun ini merupakan air terjun buatan yang dibangun untuk mengatasi kekeringan pada saat musim kemarau datang.

Air terjun ini memiliki 4 tingkatan dengan ketinggian 15 sampai 20 meter pada tingkatan pertama dan 2 sampai 3 meter untuk tingkatan kedua sampai keempat. Air terjun yang berada di Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Madiun ini memang menjadi salah satu destinasi wisata baru yakni pada tahun 2008.

Air terjun Kucur yang berada di kaki Gunung Wilis ini sangat bersih dan terawat sampai mendapatkan penghargaan Kalpataru karena keindahan dan keasrian yang selalu dijaga dengan baik oleh penduduk sekitar. Kamu bisa menjelajahi area sekitar air terjun sambil bersepeda yang tentunya akan menjadi pengalaman tidak terlupakan untuk mengisi liburan kamu.


6. Wisata Alam Pesanggrahan Spot Selfie Terbaik

Wisata Alam Pesanggrahan

Untuk kamu penggemar selfie dan mencari spot terbaik, Wisata Alam Pesanggrahan jawabannya. Pemandangan hutan alami di lereng Gunung Wilis bisa kamu nikmati seluruhnya dari ketinggian rumah pohon yang ada di kawasan wisata ini.

Wisata Alam Pesanggrahan terletak di Dusun Mbade, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun yang memiliki lima buah gubuk beratap jerami yang sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menikmati alam sekitar.

Tidak sampai disini, ada juga sebuah air terjun, Trail Advanture serta Bumi perkemahan yang bisa kamu nikmati di lokasi wisata Madiun yang satu ini. Saat sampai di lokasi, kamu akan langsung disuguhi dengan pemandangan indah tiada dua dari Kota Madiun yang tentunya tidak akan bisa kamu rasakan di tempat lainnya.

7. Menikmati Citarasa Ayam Bakar Cobek Khas Madiun

Ayam Bakar Cobek

Setelah puas menikmati pesona alam Madiun, sudah waktunya kamu mengisi perut dengan kuliner khas Madiun yakni Ayam Bakar Cobek yang nikmat luar biasa. Lokasi warung yang berada di Jalan Kelapa Manis ini menawarkan kenikmatan ayam bakar berbeda dengan tempat lainnya dan pilihan menu ayam bakarnya pun cukup bervariasi.

Sebagai rekomendasi, silahkan kamu coba ayam bakar cobek madu yang akan langsung menggoyang lidah kamu ditambah lagi dengan penyajiannya di sebuah cobek kecil berwarna hitam nan unik yang akan membuat kamu lebih terpikat dengan hidangan yang satu ini.

8. Kenikmatan Luar Biasa Nasi Bakar Cak Wot

Nasi Bakar Cak Wot

Ada sensasi tersendiri saat kamu menyantap cara penyajian nasi yang dibakar khas Cak Wot Madiun ini dan wajib untuk kamu cicipi. Aroma bakar serta bungkus daun pisang yang harum serta perpaduan lauk pauk akan langsung membangkitkan nafsu makan kamu seketika.

Ada banyak lauk yang bisa kamu pilih di Nasi Bakar Cak Wot ini seperti ayam goreng kampung, udang bakar, empal gepuk, ikan dorang penyet pedas manis atau iga bakar serta buntut bakar. Namun kamu juga bisa memesan paket nasi bakar plus lauk yang sudah disediakan dengan banderolan harga hanya 14 ribu Rupiah saja loh teman.

Tidak hanya menyediakan berbagai lauk daging nikmat, namun Nasi Bakar Cak Wot ini juga menyediakan berbagai hidangan seafood seperti sambel goreng udang, cumi bakar, ikan cucut bakar dan berbagai olahan seafood nikmat lainnya.

Yang lebih nikmatnya lagi, menu yang kamu pesan akan disajikan dengan cobek tanah liat lengkap dengan berbagai lalapan siap untuk kamu nikmati.

Related Posts