Gugusan 9 Pulau dan Pantai Eksotik di Sumenep, Madura

shares |

Gugusan 9 Pulau dan Pantai Eksotik di Sumenep, MaduraSumenep merupakan satu dari sekian banyak Kabupaten yang ada di bagian ujung Madura, Jawa Timur. Sumenep yang mempunyai banyak pulau seperti Pulau Poteran, Pulau Oksigen Gili Iyang dan lainnya ini membuat Kabupaten Sumenep menjadi destinasi wisata terindah yang menawarkan pesona alam tiada tanding dan tidak kalah dengan Pulau Dewata, Bali. Berikut ulasan beberapa pulau terbaik yang ada di Kabupaten Sumenep selengkapnya.

1. Pulau Mamburit, Pulau Beragam Suku

Pulau Mamburit


Jika kamu ingin menyingkir dari kepadatan kota dan menggantinya dengan suasana pantai sunyi sambil menikmati senja dengan background berbagai kapal berukuran besar atau sekedar berkeliling pantai sambil melihat keramba ikan para nelayan, maka Pulau Mamburit menjadi jawaban terbaik yang bisa kamu temukan di Sumenep.

Pulau ini hanya dihuni oleh 47 kepala warga yang terdiri dari berbagai suku seperti Bugis, Dayak, Jawa dan juga Madura namun hidup berdampingan dan sangat rukun. Keistimewaan yang tersaji di salah satu pulau Sumenep ini adalah pesona sunset luar biasa istimewa sambil ditemani dengan camilan sukun goreng khas Mamburit serta segelas kopi yang semakin melengkapi kenikmatan sweet escape kamu.

2. Menikmati Sunset di Pulau Payangan

Pulau Payangan


Pulau Payangan merupakan gugusan dari pulau karang di bagian Timur Pulau Madura. Keindahan alam yang ditawarkan pulau ini memang sangat mempesona serta pasir pantai dengan tekstus sangat lembut dan masih termasuk pantai perawan.

Pantai yang terlihat berkelok berwarna putih serta air laut berwarna biru gelap akan semakin terasa indah apabila senja mulai datang, dimana langit berubah menjadi merah yang akan terlihat sangat kontras dengan warna air laut dan juga pantai dari Pulau Payangan ini.


3. Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak


Memang tidak salah jika Pulau Gili Labak mendapat julukan dari surga wisata Pulau Madura. Sebab disini kamu bisa merasakan hamparan putih yang membentang luas sepanjang pulau lengkap dengan ketenangan ombak, air bersih dan jernih sekaligus berbagai terumbu karang terawat yang cocok untuk kamu penggemar snorkling.

Kamu yang ingin berkunjung ke Pulau Gili Labak ini bisa datang ke Terminal Bungurasih - Surabaya menuju ke Terminal Aryawiraraja - Sumenep dan bisa dilanjutkan kembali dengan bus ke Pelabuhan Kalianget. Dari Pelabuhan ini, kamu akan meneruskan perjalanan dengan menyewa perahu yang harganya memang terbilang cukup tinggi yakni 600 Ribu sampai 800 Ribu per perahu dengan kapasitas maksimal 15 orang.

4. Pulau Giliyang Dengan Tingkat Oksigen Terbaik di Dunia

Pulau Giliyang


Pulau Giliyang memang menjadi area dengan kadar oksigen terbaik sedunia yang diperoleh dari penelitian LAPAN pada bulan Desember 2011 lalu. Tidak hanya bisa merasakan kualitas oksigen terbaik sedunia, disini kamu juga bisa menikmati keindahan pulau dengan ombak yang tenang dan keramahtamahan warga setempat.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, kamu bisa menyewa perahu nelayan dengan tarif 300 Ribu sampai 500 Ribu per perahu bergantung dari seberapa pintar kamu saat menawar harga sewa perahu tersebut ya sobat.

Sesampainya di pulau ini, kamu bisa menghirup kesegaran udara serta kebersihan pantai sambil snorkling untuk menikmati eksotisnya terumbu karang yang masih sangat terawat kealamiannya.

5. Berkeliling Pantai di Pulau Gili Genting

Pulau Gili Genting


Pulau Gili Genting menjadi salah satu pantai yang masih sangat bersih dan alami serta berada di daerah yang cukup terpencil. Oleh karena itu, jika kamu ingin berkunjung ke objek wisata ini, maka perjalanan agak panjang harus kamu tempuh yakni dengan memakai perahu motor dari Pelabuhan Pagar Batu, Bluti atau Pelabuhan Tanjung untuk menyebrangi lautan.

Pulau ini terbilang pulau yang unik dan spesial dengan dataran tebing yang tinggi dari laut karena memiliki banyak bebatuan karang di garis pantainya. Selain menikmati keindahan alam pantai yang ditawarkan, kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi pulau yang hanya bisa kamu rasakan di Pulau Gili Genting ini.

6. Pulau Sapeken Dengan Terumbu Karang Memukau

Pulau Sapeken


Pulau Sapeken merupakan pulau yang berada di bagian paling Timur Kepulauan Madura yang memerlukan perjalanan panjang untuk menikmati apa saja keindahan yang ditawarkan oleh pulau ini.

Awali perjalanan kamu dari Pelabuhan Sumenep menuju ke Pulau Kangean memakai kapal ferry selama 18 jam atau bisa juga memakai kapal express dengan waktu tempuh hanya 4 jam saja dengan harga tiket 125 Ribu per orang untuk kelas bisnis.

Sesampainya di Pulau Sapeken ini, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan perahu motor selama 2 jam dengan sajian pemandangan indah dari atas perahu yang sangat berbeda jauh dengan keadaan kota penuh sesak yang sudah kita lihat setiap hari.

Begitu sampai, kamu akan melihat hamparan terumbu karang yang sangat memukau cocok untuk kamu penggila snorkling.

7. Hamparan Pasir Putih Pantai Ambunten

Pantai Ambunten


Seperti namanya, Pantai Ambunten ini terletak di Desa Ambuten Barat, Kecamatan Ambuten, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Beberapa keunggulan dari destinasi wisata ini adalah keadaan ombak yang sangat tenang lengkap dengan batu karang tersusun rapi di sekitar tepi pantai lengkap dengan pasir putih di area pantai.

Tempat yang belum dikelola ini, membuat Pantai Ambunten masih sepi dari wisatawan sehingga sangat tepat untuk kamu yang ingin mencari ketenangan dalam mengisi waktu liburan. Kamu juga hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar 7 Ribu sudah termasuk dengan parkir motor.


8. Pulau Saur

Pulau Saur


Ada banyak pesona alam yang siap diberikan untuk kamu di Pantai Saur, Sumenep ini seperti hamparan pasir putih, rimbunnya pohon cemara di sekitar pantai sampai pesona bawah laut nan eksotis yang akan membuat kamu betah berlama-lama di lokasi wisata ini.

Pulau Saur ini berada di Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura dengan taman terumbu karang luar biasa indah dan layak untuk kamu telusuri. Dengan visibilitas yang tidak terlalu dalam, maka kamu tidak perlu diving atau menyelam untuk melihat keindahan bawah laut Pulau Saur, hanya dengan snorkling saja maka kamu sudah akan terpana dengan keindahan terumbu karang yang tertata artistik di Pulau Saur ini.

9. Keteduhan Tiada Tading di Pantai Lombang


Pantai Lombang


Pantai Lombang juga menjadi objek wisata terkenal yang ada di Sumenep yang terletak 25 km ke arah timur dari pusat kota Sumenep. Untuk lokasi lebih tepatnya berada di Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Madura.

Tidak hanya menikmati halusnya pasir pantai berwarna putih serta ketenangan ombak, disini kamu juga akan dimanjakan dengan lebatnya pohon cemara yang tersusun rapi mengikuti garis sepanjang bibir pantai. Untuk menikmati keindahan alam di Pantai Lombang ini, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar 7 Ribu dan juga parkir sebesar 2 Ribu atau 5 Ribu bergantung dari kendaraan yang kamu bawa.


Related Posts